Home > Adventorial >>
Berita Terhangat..
Rabu, 26 April 2017 18:25
PLN akan Ganti Rugi Konsinyasi 24 Titik Tapak Tower di Dumai dan Rohil

Rabu, 26 April 2017 18:21
Tak Dihadiri PT Safari Riau,
Mediasi Warga Terantang Tuntut Haknya Belum Berhasil


Rabu, 26 April 2017 17:49
BPBD Bengkalis Selamatkan Korban Kapal Terbakar

Rabu, 26 April 2017 17:40
Dibuang Orantuanya,
Bayi Prematur dari Bangun Jaya Meninggal di RSUD Rohul


Rabu, 26 April 2017 17:35
Kisruh Koperasi BBDM, Oknum Dewan Bengkalis Diminta Netral

Rabu, 26 April 2017 17:28
PT Arara Abadi Didesak Realisasikan Normalisasi Sungai Merawang di Pelalawan

Rabu, 26 April 2017 17:25
Puluhan Motor Ditilang Polisi karena Masih Melintasi Flyover

Rabu, 26 April 2017 17:17
Catut Nama Disdik, Para Guru SD di Bengkalis 'Dipaksa' Beli Buku 'Siluman'

Rabu, 26 April 2017 17:09
Kadisdik Riau Tegaskan Gaji Guru Bantu dan Guru Honor SMA Segera Dibayarkan

Rabu, 26 April 2017 17:06
Pidato Pengantar RAPBD 2017, Bupati Prediksi RAPBD Kuansing Rp1,3 Triliun

Rabu, 26 April 2017 16:54
Sosialisasi Pembatasan BBM Bersubsidi oleh Pemerintah Dianggap Belum Maksimal

Rabu, 26 April 2017 16:50
Praperadilan, Warga Siakkecil Bengkalis Minta Ganti Rugi ke Polda dan Kejari Rp97 Juta

Rabu, 26 April 2017 16:46
Digerebek Polisi,
Pengedar di Kampung Dalam Sembunyikan Sabu dalam Charger Handphone


Rabu, 26 April 2017 16:30
Izin Berkantor Sudah Keluar,
Izin Operasi Gojek Tunggu Rekom Instansi Terkait


Rabu, 26 April 2017 16:25
Bupati Inhil Hadiri Milad ke-21 Kecamatan Gaung



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 9 Desember 2016 17:26
Semangat Pantang Menyerah Peraih Beasiswa

Tidak memiliki biaya bukan halangan bagi mereka yang memiliki keinginan kuat untuk bersekolah. Hal tersebut dibuktikan para pemuda-pemudi Riau yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di ATPK Bandung.

Riauterkini-PANGKALAN KERINCI - Tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi bukan halangan bagi mereka yang memiliki keinginan kuat untuk bersekolah. Hal tersebut dibuktikan oleh para pemuda-pemudi dari berbagai kabupaten di Riau yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung.

Awalnya peluang Nazri (18) untuk melanjutkan pendidikan sangat kecil. Pasalnya, kedua orang tuanya telah mengatakan bahwa mereka tidak sanggup menyekolahkan Nazri ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan tidak memiliki biaya untuk menyekolahkannya. Namun, pemuda asal Desa Pelantai Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau ini akhirnya berhasil kuliah di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung melalui beasiswa dari Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Nazri yang selalu juara kelas ini mendapatkan informasi beasiswa PT RAPP dari gurunya di SMAN 1 Belitung, Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia pun bersemangat untuk mencari tahu untuk memperoleh beasiswa tersebut agar bisa berkuliah dan membahagiakan kedua orang tunya. Seleksi demi seleksi ia lalui hingga akhirnya berhasil meraih mimpinya untuk berkuliah.

“Kami orang susah. Ini peluang untuk meningkatkan ekonomi keluarga kami. Kalau tidak kuliah, saya jadi buruh angkut di kampung saya. Beasiswa ini merupakan bukti bahwa RAPP peduli dengan pemuda-pemudi daerah sehingga kami mendapatkan kesempatan untuk sekolah ke jenjang lebih tinggi,” ujarnya.

Nazri tidak sendirian, masih banyak lagi pemuda-pemuda daerah di Riau yang gigih mempejuangkan mimpinya. Seorang putra dari Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Aulia Agung Saputra tidak menyangka bisa meneruskan cita-citanya. Terlebih bisa menuntut ilmu di ATPK Bandung. Sebelum berkuliah di ATPK Bandung, ia sempat menjadi pekerja kasar seperti tukang antar air galon dan tukang parkir karena permasalahan keluarga.

“Setelah lulus dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, mengikuti tes di PT RAPP untuk kuliah di ATPK Bandung. Tapi setelah itu tidak ada kabar dari pihak PT RAPP terkait hasil tes dan saya pasrah bagaimanapun hasilnya,” jelasnya.

Di tengah kepasrahannya, kabar gembira datang dari PT RAPP. Ia dinyatakan lulus dan berhak untuk kuliah di ATPK Bandung melalui program Beasiswa.

"Mendengar kabar itu alangkah senang dan gembiranya saya, berkat PT RAPP saya bisa menggapai cita-cita dan kuliah maka untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pihak PT RAPP,"ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Direktur ATPK, Soeprapto mengatakan mahasiswa ATPK Bandung asal Provinsi Riau penerima beasiswa dari PT RAPP adalah mahasiswa berprestasi karena selalu menjadi tiga besar lulusan terbaik. Mereka pun memiliki kepedulian yang tinggi dengan masyarakat di sekitar mereka.

“RAPP sendiri telah menggulirkan program penerimaan ATPK Bandung sejak tahun 2006. Setiap tahun mahasiswa penerima beasiswa dari RAPP selalu mendominasi dalam prestasi, seperti menjadi lulusan terbaik. Mereka juga punya kepedulian sosial yang tinggi, baru-baru ini mereka juga menggalan dana untuk bantuan banjir di daerah sekitar Bandung,” ujarnya.

Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou menjelaskan setelah lulus dari ATPK Bandung, penerima beasiswa ini akan langsung bekerja di perusahaan pulp dan kertas di Pangkalan Kerinci ini. Sampai saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 53 lulusan ATPK Bandung yang bekerja di RAPP sebagai tenaga ahli operasional dan 12 orang lainnya masih menjalankan pendidikan.

"Pemberian beasiswa ini merupakan program rutin perusahaan untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik, sesuai visi dari founder kita, Bapak Sukanto Tanoto melalui tiga pilar, yakni education (pendidikan), empowerment (pemberdayaan), dan enhancement (peningkatan kualitas hidup)," katanya. ***(rls)

Keterangan foto:

ATPK 1 : Suasana praktek mahasiswa ATPK penerima beasiswa dari PT RAPP di Laboratorium di kampus ATPK, Bandung, Jawa barat. Setelah lulus penerima beasiswa ini akan langsung bekerja di PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

ATPK 2 : Para mahasiswa ATPK penerima beasiswa dari PT RAPP tengah berdiskusi di Perpustakaan Kampus ATPK, Bandung, Jawa Barat. Direktur ATPK, Soeprapto mengatakan mahasiswa ATPK Bandung asal Provinsi Riau penerima beasiswa dari PT RAPP adalah mahasiswa berprestasi karena selalu menjadi tiga besar lulusan terbaik.

ATPK 3 : Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou tengah memberikan penjelasan tentang CD RAPP di Kampus ATPK Bandung, Jawa Barat. Pemberian beasiswa merupakan program rutin perusahaan untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik.

ATPK 4 : Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou memberikan motivasi kepada para mahasiswa ATPK penerima beasiswa dari PT RAPP di Kampus ATPK, Bandung, Jawa Barat.

ATPK 5 : Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou tengah menjelaskan program beasiswa dari CD PT RAPP kepada mahasiswa ATPK penerima beasiswa PT RAPP di Kampus ATPK, Bandung, Jawa Barat akhir November lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh penerima beasiswa RAPP dari Riau.

ATPK 6 : Direktur ATPK, Soeprapto menerima cenderamata dari Tim Corporate Communication, Disra Aldrick yang didampingi Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou. RAPP sendiri telah menggulirkan program penerimaan ATPK Bandung sejak tahun 2006. Setiap tahun mahasiswa penerima beasiswa dari RAPP selalu mendominasi dalam prestasi, seperti menjadi lulusan terbaik.

ATPK 7 : Koordinator program pendidikan CD PT RAPP, Vonne Kandou tengah berdiskusi dengan mahasiswa ATPK penerima beasiswa dari PT RAPP di Kampus ATPK, Bandung, Jawa Barat.







Berita lainnya..........
- Advertorial
Penyerahan Rekomendasi LKPJ Riau TA 2016,
DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna Istimewa

- Dukung Visi Dan Misi Kota Metropolitan-Madani,
Balitbang Pekanbaru Berkomitment "Telurkan" Kebijkan Berkualitas

- Adventorial,Adventorial,
DPRD Riau Paripurnakan Hasil Konsultasi ke Kemendagri Soal Tatib Pemilihan Wagubri

- Budaya K3 Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia
- Diinisasi dan Dibina RAPP,
Mereka Dedikasikan Hidup Jaga Desa Bebas dari Api

- Sukseskan "Riau Menyapa Dunia", Pemprov Riau Terus Benahi Infrastruktur
- Pemprov Riau Perkuat Pendidikan dan Peningkatan Kualitas SDM


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 23.20.64.96
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com