Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Kamis, 22 Pebruari 2018 21:38
Kapolres Inhu Resmikan Rukan Bhabinkamtibmas di Batang Peranap

Kamis, 22 Pebruari 2018 21:33
Sidang Pemalsuan Surat Tanah,
Saksi Ngaku Pernah Diminta Batalkan Jual Beli Lahan


Kamis, 22 Pebruari 2018 19:41
Pjs Bupati Inhil Buka Kemah Prestasi Terpadu Gerakan Pramuka

Kamis, 22 Pebruari 2018 19:34
Bupati dan ASN Inhu Teken Pakta Integritas Hindari Suap dan Pungli

Kamis, 22 Pebruari 2018 19:27
Peringati HPSN, DLHK Pekanbaru Gelar Kampanye Peduli Sampah

Kamis, 22 Pebruari 2018 17:46
Bukan untuk Menjatuhkan, LE Laporkan 3 Pesaingnya ke Bawaslu

Kamis, 22 Pebruari 2018 17:24
Ditemui Demonstran dari BEM se-Indonesia,
Legislator Riau Janji Perjuangkan Aspirasi Mahasiswa


Kamis, 22 Pebruari 2018 17:16
Menuju Swasembada Daging,
Cagubri Andi Rachman Bertemu Para Peternak Pejuang di Siak


Kamis, 22 Pebruari 2018 17:11
Warga Arengka Serahkan Siamang Peliharaannya ke BBKSDA Riau

Kamis, 22 Pebruari 2018 17:06
Di Bathin Solapan, Bengkalis
Pipa Bocor, Minyak Mentah Chevron Genangi Pemukiman Warga


Kamis, 22 Pebruari 2018 16:57
Pusat Berlakukan Moratorium Proyek Konstruksi, PSN di Riau Masih Tetap Jalan

Kamis, 22 Pebruari 2018 16:53
Gabungan Polda Riau dan Mabes Polri Tangkap Pelaku Hate Speech Medsos

Kamis, 22 Pebruari 2018 16:47
BEM se Indonesia demo di DPRD Riau,
Arus Lalu Lintas Jalan Sudirman Pekanbaru Dialihkan ke Mekar Sari


Kamis, 22 Pebruari 2018 16:42
14 Sumur Beroperasi,
BOB PT. BSP Dituding Tidak Pernah Perhatikan Desa di Bengkalis


Kamis, 22 Pebruari 2018 16:26
Susun Rancangan RKPD 2019, Bupati Rohul Gelar FKB di Rumah Dinas‎ Wabup



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 15 Mei 2017 18:19
Pelalawan Terima Penghargaan 'Desa Wisata Kreatif Awards' 2017

Selama kepemimpinan Bupati Harris, Pelalawan banyak meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan terbaru adalah 'Desa Wisata Kreatif 2017' dari Kemendes-PDTT.

RIAUTERKINI- Dari tahun ketahun-tahun selama kepemimpinan bupati Pelalawan HM Harris terus menoreh berbagai prestasi diberbagai hal. Penghargaan terbaru adalah desa Teluk Meranti kecamatan Teluk Meranti dinobatkan menerima penghargaan 'Desa Wisata Kreatif 2017' dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDDT).

Penghargaan ini, diterima wakil bupati Zardewan mewakili bupati Pelalawan HM Harris di kota madya Bukit Tinggi, Sumatera Barat selaku tuan rumah dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo.

Sepuluh desa penerima penghargaan award ini, terdiri atas sepuluh kategori yaitu, Desa Teluk Meranti di Pelalawan sebagai Desa Wisata Kreatif, desa Nagari (desa adat) Sungai Nyali di Kabupaten Pesisir Selatan untuk kategori Perkembangan Tercepat, Desa Madobak di Kepulauan Mentawai sebagai Desa Adat, Desa Tamansari di Banyuwangi sebagai Desa Wisata Jejaring Bisnis.

Selanjutnya Desa Pujon Kidul di Malang sebagai Desa Wisata Agro, Desa Seigentung di Gunung Kidul sebagai Desa Wisata Iptek, Desa Ubud di Gianyar sebagai Desa Wisata Budaya, Desa Waturaka di Ende sebagai Desa Wisata Alam.

Kemudian Desa Ponggok di Klaten sebagai Desa Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bontagula di Bontang sebagai Desa Wisata Maritim.

Saat penerimaan penghargaan, masing-masing desa penerima awards memperoleh dana bantuan pengembangan Bumdes, untuk kabupaten Pelalawan diterima oleh wakil bupati Zardewan.

Pada kesempatan itu, Menteri Eko Putro Sandjojo, pemberian penghargaan pada desa ini merupakan pertimbangan dari Mendes PDTT bagi desa yang telah mampu mengelola dana yang telah disalurkan, dan terbukti meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat desa, sehingga mampu menampung, mengkonsolidasi, dan mewadahi kegiatan usaha ekonomi desa.

Dalam menunjang BUMDes sambung Eko Putro Sandjojo, Kemendes PDTT memiliki program unggulan yakni Pertama produk unggulan desa yang dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan skala ekonomi, membuka kesempatan kerja, mendorong partisipasi masyarakat luas, dan memberi ruang keterlibatan pada pelaku ekonomi. Kedua BUMDes sebagai mesin penggerak ekonomi rakyat yang meliputi pembinaan manajeman, sumberdaya manusia dan kreatifitas, Ketiga membangun embung air desa yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta program unggulan Keempat menciptakan sarana olahraga desa, yang merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas tentang percepatan pembangunan sepakbola nasional.

Turut serta hadir pada kesempatan penerimaan penghargaan ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo,Walikota dan Bupati Penerima Awards,Forkompinda Propinsi dan Kota Bukit Tinggi serta Kepala OPD se Sumatera Barat, sementara itu Kabupaten Pelalawan turut mendampingi Wabup H.Zardewan Kepala BPMPD Pelalawan Drs.Zamur Das.

Menurut Kepala BPMPD Pelalawan Zammur Das, latar belakang desa Teluk Meranti dinobatkan oleh Kemendes-PDDT salah satu dari 10 desa di Indonesia menerima penghargaan ini didasarkan berbabagai hal.

Pertama menurut Zammur desa Teluk Meranti bisa mengexplorer aset wisata berupa ombak bono menjadi sebuah objek wisata. Bahkan ombak bono ini, saat ini masuk salah sati kelender wisata nasional. "Pertimbangan awalnya, begitu, dulukan ombak bono salah satu ombak yang menakutkan, akan tetapi kini dia, menjadi destinasi wisata dan masuk menjadi kelender wisata nasional," kata Zammur.

Kedua, sambung Zammur, masyarakat desa Teluk Meranti terbuka. Dalam artian, masyarakat desa Teluk Meranti bisa menerima wisatawan. Wisatawan lokal maupun manca negara. "Hingga saat ini, tercatat puluhan wisatawan manca negara dari berbagai negara berkunjung Teluk Meranti. Masyarakat menerima dengan baik orang-orang luar berkunjung kesini," tegas Zammur lagi.

Ketiga, paska ditetapkan, Bono masuk kelender wisata nasional, lanjut Zammur mulai bermuncul-munculan, peselancar-peselancar lokal. "Artinya, apa. Penduduk tempatan mempersiapkan diri jadi peselancar. Dan ini aset bagi desa sebagai ikon bono," tukasnya lagi.

Atas torehan, desa Teluk Meranti dinobatkan sebagai desa wisata kreatif kata Zammur adalah sebuah prestasi bagi daerah. "Ini adalah prestasi daerah. Apa yang dirintis pak bupati sudah membuahkan hasil," tandasnya.***(Adv-RTC)





Berita lainnya..........
- Jadi Tuan Rumah Konreg PDRB Riau tahun 2017, Ini Harapan Pemkab Kampar
- Sisilita Kembali Raih Anugerah Bunda PAUD Nasional
- Dilepas Gubri, Jamaah Majelis Taqlim Antusias Kunjungi Islamic Center Rohul
- Telkomsel Hadirkan Solusi Bisnis Terlengkap untuk Majukan UKM
- HKN 2017, Anggota DPRD Riau Yulianti Serahkan Dua Unit Ambulan ke Warga di Dapilnya
- Sukses Gelar Porprov Riau IX, Bupati Undang Peserta Sering-Sering Kembali ke Kampar
- Porprov Riau IX 2017 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kampar
- Lomba Masak Olahan Serba Ikan,
TP PKK Pelalawan Wakil Riau di Tingkat Nasional

- Pemda Kampar Dukung Program Satu Desa Satu PAUD
- Gubri Ajak Masyarakat Dukung PSPS Tembus Liga I


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 54.167.75.28
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com