Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Kamis, 21 Juni 2018 21:25
Sampaikan Kesuksesan Jagoannya,
Ketua Umum KARIB: Jika tak Pilih Syamr-Edy, Sungguh Terlalu


Kamis, 21 Juni 2018 21:19
PT. MAI Dituding Serobot Lahan,
Petani Kalikapuk Tambusai Minta Pemkab dan DPRD Rohul Segera Turun Tangan


Kamis, 21 Juni 2018 21:08
Pasca Cuti Lebaran,
Absen di Hari Pertama Kerja, Pemkab Kampar Potong Tunjangan ASN dan THL


Kamis, 21 Juni 2018 21:01
Pastikan Distribusi Logistik Aman, Polres Bengkalis Kerahkan Ratusan Personel

Kamis, 21 Juni 2018 17:56
Di Depan Ribuan Massa dan SBY, Firdaus-Rusli Berikrar Ingin Perangi Tiga Hal Ini

Kamis, 21 Juni 2018 17:52
SBY Yakin Dibawah Kepemimpinan Firdaus-Rusli Riau Lebih Maju

Kamis, 21 Juni 2018 17:45
Besok, KPU Gelar Debat Kandidat Gubri Tahap II

Kamis, 21 Juni 2018 17:42
14 Hari Operasi Ketupat Muara Takus, di Riau Terjadi 40 Kasus Kecelakaan

Kamis, 21 Juni 2018 17:41
Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, ASN Pemkab Bengkalis Diklaim Hadir 98 Persen

Kamis, 21 Juni 2018 17:31
Warga Rumbai, Pekanbaru Temukan Mayat Tersangkut di Kayu

Kamis, 21 Juni 2018 17:28
Kampanye Terbuka di Batang Cenaku, Ribuan Masyarakat Siap Mengantarkan Andi Rachman Dua Periode

Kamis, 21 Juni 2018 16:26
Paripurna Milad Inhil Ke-53, Ketua DPRD Harapkan Warga Gunakan Hak Pilih Pada Tanggal 27 Juni Mendatang

Kamis, 21 Juni 2018 16:21
Sidak Hari Pertama Ngantor, Harris: Absensi Menjadi Bahan Evaluasi Promosi

Kamis, 21 Juni 2018 16:16
Kampanye Akbar, Syamsuar-Edy Nasution Siap Jadikan Anak Riau Sebagai Tuan di Negeri Sendiri

Kamis, 21 Juni 2018 15:46




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 15 Mei 2017 18:19
Pelalawan Terima Penghargaan 'Desa Wisata Kreatif Awards' 2017

Selama kepemimpinan Bupati Harris, Pelalawan banyak meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan terbaru adalah 'Desa Wisata Kreatif 2017' dari Kemendes-PDTT.

RIAUTERKINI- Dari tahun ketahun-tahun selama kepemimpinan bupati Pelalawan HM Harris terus menoreh berbagai prestasi diberbagai hal. Penghargaan terbaru adalah desa Teluk Meranti kecamatan Teluk Meranti dinobatkan menerima penghargaan 'Desa Wisata Kreatif 2017' dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDDT).

Penghargaan ini, diterima wakil bupati Zardewan mewakili bupati Pelalawan HM Harris di kota madya Bukit Tinggi, Sumatera Barat selaku tuan rumah dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo.

Sepuluh desa penerima penghargaan award ini, terdiri atas sepuluh kategori yaitu, Desa Teluk Meranti di Pelalawan sebagai Desa Wisata Kreatif, desa Nagari (desa adat) Sungai Nyali di Kabupaten Pesisir Selatan untuk kategori Perkembangan Tercepat, Desa Madobak di Kepulauan Mentawai sebagai Desa Adat, Desa Tamansari di Banyuwangi sebagai Desa Wisata Jejaring Bisnis.

Selanjutnya Desa Pujon Kidul di Malang sebagai Desa Wisata Agro, Desa Seigentung di Gunung Kidul sebagai Desa Wisata Iptek, Desa Ubud di Gianyar sebagai Desa Wisata Budaya, Desa Waturaka di Ende sebagai Desa Wisata Alam.

Kemudian Desa Ponggok di Klaten sebagai Desa Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bontagula di Bontang sebagai Desa Wisata Maritim.

Saat penerimaan penghargaan, masing-masing desa penerima awards memperoleh dana bantuan pengembangan Bumdes, untuk kabupaten Pelalawan diterima oleh wakil bupati Zardewan.

Pada kesempatan itu, Menteri Eko Putro Sandjojo, pemberian penghargaan pada desa ini merupakan pertimbangan dari Mendes PDTT bagi desa yang telah mampu mengelola dana yang telah disalurkan, dan terbukti meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat desa, sehingga mampu menampung, mengkonsolidasi, dan mewadahi kegiatan usaha ekonomi desa.

Dalam menunjang BUMDes sambung Eko Putro Sandjojo, Kemendes PDTT memiliki program unggulan yakni Pertama produk unggulan desa yang dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan skala ekonomi, membuka kesempatan kerja, mendorong partisipasi masyarakat luas, dan memberi ruang keterlibatan pada pelaku ekonomi. Kedua BUMDes sebagai mesin penggerak ekonomi rakyat yang meliputi pembinaan manajeman, sumberdaya manusia dan kreatifitas, Ketiga membangun embung air desa yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta program unggulan Keempat menciptakan sarana olahraga desa, yang merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas tentang percepatan pembangunan sepakbola nasional.

Turut serta hadir pada kesempatan penerimaan penghargaan ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo,Walikota dan Bupati Penerima Awards,Forkompinda Propinsi dan Kota Bukit Tinggi serta Kepala OPD se Sumatera Barat, sementara itu Kabupaten Pelalawan turut mendampingi Wabup H.Zardewan Kepala BPMPD Pelalawan Drs.Zamur Das.

Menurut Kepala BPMPD Pelalawan Zammur Das, latar belakang desa Teluk Meranti dinobatkan oleh Kemendes-PDDT salah satu dari 10 desa di Indonesia menerima penghargaan ini didasarkan berbabagai hal.

Pertama menurut Zammur desa Teluk Meranti bisa mengexplorer aset wisata berupa ombak bono menjadi sebuah objek wisata. Bahkan ombak bono ini, saat ini masuk salah sati kelender wisata nasional. "Pertimbangan awalnya, begitu, dulukan ombak bono salah satu ombak yang menakutkan, akan tetapi kini dia, menjadi destinasi wisata dan masuk menjadi kelender wisata nasional," kata Zammur.

Kedua, sambung Zammur, masyarakat desa Teluk Meranti terbuka. Dalam artian, masyarakat desa Teluk Meranti bisa menerima wisatawan. Wisatawan lokal maupun manca negara. "Hingga saat ini, tercatat puluhan wisatawan manca negara dari berbagai negara berkunjung Teluk Meranti. Masyarakat menerima dengan baik orang-orang luar berkunjung kesini," tegas Zammur lagi.

Ketiga, paska ditetapkan, Bono masuk kelender wisata nasional, lanjut Zammur mulai bermuncul-munculan, peselancar-peselancar lokal. "Artinya, apa. Penduduk tempatan mempersiapkan diri jadi peselancar. Dan ini aset bagi desa sebagai ikon bono," tukasnya lagi.

Atas torehan, desa Teluk Meranti dinobatkan sebagai desa wisata kreatif kata Zammur adalah sebuah prestasi bagi daerah. "Ini adalah prestasi daerah. Apa yang dirintis pak bupati sudah membuahkan hasil," tandasnya.***(Adv-RTC)





Berita lainnya..........
- Atas Perintah Gubenur, Ilham Langsung Dirawat di RSUD Arifin Achmad
- Peringatan Hari Ibu ke-89,
Plt Bupati Rohul: Hentikan Aksi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Sekarang Juga

- Bupati Yopi Komit Kembangkan Budaya dan Eko Wisata Inhu
- Majukan Inhu, Bupati Yopi Gesa Pembangunan Berbagai Insfrastruktur
- Wabup Bersama Ribuan Warga Nikmati Malam Puncak Perayaan HUT ke-9 Kabupaten Meranti
- Dibawah Kepemimpinan Bupati Yopi Arianto, RSUD Indrasari Inhu Berkembang Pesat
- Bupati Yopi Komit Tingkatkan Prestasi dan Kualitasi Pendidikan Inhu
- Gubri Yakin Sagu Bisa Dijadikan Alternatif Pangan, Solusi Alih Fungsi Lahan
- Bupati Kampar Sillaturrahim dengan Masyarakat Kampar Natuna
- Pemda Kampar Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke-71 PGRI


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com