Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Rabu, 20 Juni 2018 16:05
Besok, KARIB Imbau Masyarakat Riau Hadiri Kampanye Akbar Syamsuar-Edy Nasution

Rabu, 20 Juni 2018 14:00
Survei PolMark Indonesia, Syamsuar-Edy Bakal Menangi Pilgubri

Rabu, 20 Juni 2018 13:53
Cegah Narkoba Masuk, TNI dan Polri Bantu Pengamanan di Lapas Pasirpangaraian Selama Lebaran

Rabu, 20 Juni 2018 09:30
Seru, KPB Gelar Halal Bi Halal di Danau PLTA Koto Panjang

Selasa, 19 Juni 2018 19:15
Mantan Walikota Pekanbaru Herman Abdullah Ajak Masyarakat Riau Menangkan Syamsuar-Edy Nasution

Selasa, 19 Juni 2018 19:11
Lusa, SBY, Romi dan Yusril Kampanye Akbar Firdaus-Rusli di Bangkinang

Selasa, 19 Juni 2018 19:06
Empat Ruko Terbakar di Pelalawan,
Satu Keluarga Selamat dari Kobaran Api


Selasa, 19 Juni 2018 17:31
Sekdaprov dan Kepala BPBD Riau Tinjau Lokasi Longsor di Tembilahan

Selasa, 19 Juni 2018 15:11
Riset Vox Populi: Lukman Edy-Hardianto Menang Pilgub Riau

Selasa, 19 Juni 2018 15:08


Selasa, 19 Juni 2018 13:15
Tokoh Minang Nilai Syamsuar Jauh dari Korupsi dan Sangat Paham Budaya Mereka

Selasa, 19 Juni 2018 13:10
Dinas Perhubungan RIau Siap Lancarkan Arus Balik Lebaran Lewat Darat

Selasa, 19 Juni 2018 13:05
Optimis Menang, Puluhan Ribu Saksi Siap Amankan Suara Firdaus-Rusli di TPS

Selasa, 19 Juni 2018 09:30
Lukman Edy-Hardianto Janji Perhatikan Nasib Guru Komite dan Operator Pendidikan

Senin, 18 Juni 2018 21:01
Bukit Kelok Indah Kampar Diserbu Pengunjung Selama Liburan Lebaran



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 2 Agustus 2017 10:36
Gencakan Sapa Investor, Cara DPM dan PTSP Pekanbaru Genjot Investasi

Investasi menjadi urat utama kemajuan sebuah daerah. Karena itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru menggencarkan Sapa Investor untuk menggenjot investasi.

Riauterkini - PEKANBARU - Persoalan investasi (penanaman modal) merupakan salah satu isu pembangunan daerah yang strategik untuk dikaji dan diangkat ke permukaan saat ini. Hal ini disebabkan pentingnya investasi dalam mendongkrak perekonomian daerah, dan sekaligus sebagai modal untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat terutama di era globalisasi saat ini. Investasi akan berkembang secara signifikan jika diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan investasi itu sendiri. Kualitas pelayanan investasi terutama sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya, sistem dan prosedur, serta tata kelola dan kelembagaannya.

Kota Pekanbaru sebagai ibukota Propinsi Riau merupakan salah satu kota tujuan investasi yang diminati oleh investor di wilayah Sumatera. Sektor yang menjadi unggulan Kota Pekanbaru adalah perdagangan, jasa dan industri.Ini ditandai dengan terus meningkatnya nilai investasi Kota Pekanbaru dari tahun ke tahun baik Penanaman Modal Asing maupun Penanaman Modal Dalam Negeri. Dan puncaknya terjadi pada tahun 2015 yang mana total nilai realisasi investasi Kota Pekanbaru mencapai Rp5,5 triliun Rupiah yang merupakan nilai investasi tertinggi di Propinsi Riau jauh melewati target yang telah ditetapkan.

Namun sayang di tahun 2016 dengan berbagai sebab, seperti lesunya perekonomian global dan belum disahkannya RTRW Propinsi Riau total nilai realisasi investasi Kota Pekanbaru turun drastis menjadi Rp823 milyar rupiah.

Berangkat dari hal inilah, maka di tahun 2017 Pemerintah Kota Pekanbaru khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) akan lebih meningkatkan perhatiannya kepada pelayan terhadap investor sehingga nilai realisasi investasi bisa kembali meningkat.

Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Pekanbaru merupakan Dinas yang diberikan kewenangan oleh pemerintah daerah dalam bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. Saat ini Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Pekanbaru telah didelegasikan wewenang dalam menyelenggrakan pelayanan sebanyak 107 jenis perizinan.

Semangat besar untuk mewujudkan visi menjadikan Kota Pekanbaru sebagai tujuan investasi pemicu DPM PTSP Kota Pekanbaru untuk menjadi lembaga pelayanan perizinan dan investasi di Kota Pekanbaru.

"Disini tentu kita harus siap menghadapi era globalisasi di bidang pelayanan perizinan dan investasi, serta menyiapkan lembaga dan aparat yang handal(profesional, teruji dan terpercaya) dalam menjalankan tugas serta memberikan pelayanan perizinan dan meningkatkan investasi, baik dalam maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif serta mengembangkan dan meningkatkan pelayanan yang prima," ungkap Muhammad Jamil.

Semangat otonomi daerah yang menjadi landasan DPMPTSP dalam penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi urusan dan kewenangan pemerintahan tingkat kota. maka DPMPTSP dalam mengeluarkan kebijakan pelayanan perizinan terpadu dan penanaman modal.

"Membidik sasaran yang hendak dicapai oleh DPMPTSP serta strategi pemecahan masalah yang dihadapi dalam periode 2014-2017. Kebijakan merupakan arah/tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan, dalam hal mengelola pelaksanaan program-program pembangunan dan upaya mengeluarkan kebijakan dalam rangka mengatur dan memfasilitasi pelayanan kepada publik," terang Jamil lagi.

Sesuai dengan Rencana Strategis Dinas Penanaman Modal dan PTSP, arah kebijakan dirumuskan menjadi delapan point penting yakni Penyederhanaan sistem pelayanan, penerapan sistem informasi dalam pelayanan perizinan dan non perizinan, menyiapkan sarana dan prasarana pelayanan penunjang operasinal lembaga, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan SDM, melibatkan seluruh pegawai untuk berperan serta dalam rangka penerapan prinsip-prinsip Good Gavernance, memberikan kemudahan pelayanan terkait investasi, melibatkan pelaku usaha/investor dalam perumusan kebijakan dan pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal sesuai dengan regulasi yang berkaitan dengan pelayanan dan penanaman modal.

"Berdasarkan arah kebijakan itu maka kita dapat diambil satu isu strategis dari kebijakan tersebut yaitu memberikan kemudahan pelayanan terkait investasi untuk menarik minat para investor untuk berinvestasi di Kota Pekanbaru. Untuk meningkatkan pelayanan kepada investor tersebut, kita perlu suatu inovasi baru yang akan diberikan kepada investor. Inovasi baru itu akan dinamai “Sapa Investor”. " ujar Jamil dengan penuh semangat.

Program ini akan membantu investor yang baru atau telah mempunyai Izin prinsip penanaman modal, yang mempunyai kesulitan didalam melaksanakan kegiatan penanaman modalnya.

"Program ini akan dirancang dalam bentuk menyapa investor secara berkala baik langsung maupun via telepon dan segera merespons apabila investor memiliki permasalahan. Menyediakan media pengaduan tersediri bagi investor. Memfasilitasi investor dengan OPD yang terkait. Melakukan pembinaan dan pengawasan kepada investor. Memberikan couching klinik bagi investor yang membutuhkan cara pengisian LKPM secara online. Mengingatkan investor tentang kewajiban dalam menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sebelum jatuh tempo. dan menyediakan informasi melalui website tentang perkembangan kegiatan yang dilakukan oleh investor kepada masyarakat," tutur Jamil.

Adapun tujuannya "Sapa Investor" ini diantaranya, 1. untuk mengetahui perkembangan realisasi investasi dari investor, 2. untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi investor dalam mereliasasikan kegiatannnya, 3. untuk mengawasi pemberian fasilitas fiskal yang didapat oleh investor.***(dan)





Berita lainnya..........
- Atas Perintah Gubenur, Ilham Langsung Dirawat di RSUD Arifin Achmad
- Peringatan Hari Ibu ke-89,
Plt Bupati Rohul: Hentikan Aksi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Sekarang Juga

- Bupati Yopi Komit Kembangkan Budaya dan Eko Wisata Inhu
- Majukan Inhu, Bupati Yopi Gesa Pembangunan Berbagai Insfrastruktur
- Wabup Bersama Ribuan Warga Nikmati Malam Puncak Perayaan HUT ke-9 Kabupaten Meranti
- Dibawah Kepemimpinan Bupati Yopi Arianto, RSUD Indrasari Inhu Berkembang Pesat
- Bupati Yopi Komit Tingkatkan Prestasi dan Kualitasi Pendidikan Inhu
- Gubri Yakin Sagu Bisa Dijadikan Alternatif Pangan, Solusi Alih Fungsi Lahan
- Bupati Kampar Sillaturrahim dengan Masyarakat Kampar Natuna
- Pemda Kampar Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke-71 PGRI


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com