Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 19 Januari 2019 14:05
Pemkab Inhil Audiensi ke Kemenristek Dikti,
Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional


Sabtu, 19 Januari 2019 14:01
Satu 'Kurir' Sabu 10 Kg di Bengkalis Bebas dari Pidana Mati

Jum’at, 18 Januari 2019 21:51
Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama Membatik ke Balai Industri Padang

Jum’at, 18 Januari 2019 21:34
Belum Miliki Identitas, Seribuan Napi Lapas Bengkalis Jadi Target Rekam KTP El

Jum’at, 18 Januari 2019 19:02
Plt Bupati Kampar Serahkan DPA 2019 kepada Seluruh OPD

Jum’at, 18 Januari 2019 18:55
Ditangkap Setelah Anak Lahir, Pemuda Setubuhi Anak Bawah Umur di Rohul Diciduk Polisi

Jum’at, 18 Januari 2019 18:35
Dandim 0314 Silahturahmi ke Kantor Bupati Inhil

Jum’at, 18 Januari 2019 17:33
Tak Terdaftar di DPT di seluruh Indonesia,
Warga Pertanyakan Keabsahan Identitas Calon Anggota KPU Bengkalis Subhan Eka Putra


Jum’at, 18 Januari 2019 16:54
BPH Migas Beri Lampu Hijau, Meranti Bisa Jadi Kota Jargas

Jum’at, 18 Januari 2019 16:50
Sepanjang 2019, BRG Targetkan Restorasi 143.000 Hektare Gambut Konsesi Perusahaan Riau

Jum’at, 18 Januari 2019 16:46
Sambut Hari Bhakti ke-69,
Imigrasi Bengkalis Bersihkan dan Cat Museum


Jum’at, 18 Januari 2019 16:44
Bernasib Lebih Miris dari Andini,
Begini Kata Kades tentang Naufal yang Mengurusi Empat Adiknya


Jum’at, 18 Januari 2019 16:38
Ketua RT/RW di Bengkalis Harus Jadi Penggerak Goro dan Kamtibmas dan Corong Pemerintah

Jum’at, 18 Januari 2019 15:19
Suskseskan Millenial Road Safety Festival, Sat Lantas Polresta Pekanbaru Gandeng Komunitas Motor

Jum’at, 18 Januari 2019 13:01
Masuki Masa Pensiun, Mantan Kaban Penghubung Riau Ingin Terus Mengabdi



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 14 Desember 2017 16:33
Pemda Kampar Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke-71 PGRI

Pemkab Kampar menggelar acara untuk memperingati Hari Guru ke-72. Ini menjadi momen refleksi apakah para guru ini sudah profesional atau belum.

Riauterkini-BANGKINANGKOTA-Pada momentum Hari Guru Nasional hendaknya dijadikan sebagai refleksi apakah guru-guru sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didik. Guru hendaknya terus berupaya meningkatkan kualitas, profesionalitas dan semangat kerja.

Hal itu merupakan pesan dari Pemerintah Kabupaten Kampar pada peringatan Hari Guru dan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-72 yang disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal melalui Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto pada upacara peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-72 Tahun 2017di Lapangan Pelajar, Bangkinang, Kamis (14/12/17). “Semoga pengabdian para guru memberikan makna bagi bangsa dan negara danmenjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Catur.

. Catur menambahkan, guru harus berperan aktif dan tegas dalam mendidik peserta didik, bekerja sama dengan dinas terkait, orang tua dan masyarakat agar tercapainya karakter siswa yang baik dan berakhlak mulia.

Dalam amanatnya Wabup yang juga membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menyampaikan, bahwa peringatan hari guru merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa para guru. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, yang sangat mempengaruhi masa depan generasi penerus bangsa.

Selain itu guru juga memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga. Guru dan tenaga pendidikan juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental.

Tema Hari Guru Nasional kali ini adalah membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Perpres tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan.

Mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasiolah hati, olah pikir, dan olahraga. Di samping itu juga guru dan tenaga pendidik harus mampu mengelola kerja sama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasilayang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.

Untuk itu, guru harus dapat berperan sebagai the significant others bagi peserta didik. Artinya guru harus jadi sumber keteladanan. Momentum Hari Guru Nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudahcukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di sisi lain apakah kita sudah cukup memuliakan guru kita yang telah berjuanguntuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga kita menjadi pribadi yang sangat tangguh dan berhasil seperti saat ini. Sebab tak ada orang yang sukses tanpa melalui sentuhan guru.

Bagi pemerintah, peringatan hari guru juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan. Bagaimanapun harus diakui bahwa masih banyak persoalan guru yang belum sepenuhnya teratasi.

Oleh sebab itu, kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru menjadi kompeten, profesional, terlindungi, dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia, dan bermartabat. Namun demikian, perlu kita sadari bersama bahwa upaya pemerintah tentu memiliki keterbatasan. Dan oleh karena itu, sangat pantas kita beri apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut membantu meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru. Perhatian pemerintah daerah yang menjanjikan tunjangan tambahan dan membuat terobosan kebijakan yang inovatif kepada para guru tentu sangat kita hargai. Melalui kebijakan pemerintah daerah, Alhamdulillah banyak hal-hal yang bisa diatasi.

Kepada semua asosiasiprofesi maupun organisasi guru tanpa terkecuali, kita patut berterima kasih karena telah menjadikan mitra pemerintah dan mitra guru khususnya Berkaitan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-72, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar Muhammad Yasir, menyampaikan harapan kepada guru untuk lebih pro aktif dalam mendidik dan guru harus memiliki karakter seorang pendidik yang teladan sehingga tujuan pendidikan bisatercapai dengan baik.

Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar berkaitan dengan tenaga pendidik, permasalan krusial yang masih terjadi adalah tidak meratanya penyebaran guru di setiap daerah di Kabupaten Kampar. Hal ini menurut Yasir disebabkan kurangnya jumlah pengangkatan tegana atau pegawai baru, sementara akhir-akhir ini sudah banyak guru yang pension.

Dari segi sarana dan prasarana, Pemkab Kampar, dengan mempertimbangkan dana yang ada akan melakukan secara bertahap. “Mudah-mudahan Kampar kedepan akan lebih baik dan pendidikan di Kampar jauh lebih maju sehingga melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa,” ucap Yasir.
Pada peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-72, di Lapangan Pelajar Bangkinang, Kamis (14/12/17) upacara ini diikuti ribuan guru, siswa mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Turut hadir pejabat daerah, forkopimda dantokoh masyarakat.

Usai pelaksanaan upacara Wabup secara simbolis langsung menyerahkan piagam penghargaan atas prestasi dan dedikasi sebagai tenaga pendidik dan pendidikan di lingungan Pemkab Kampar. Tenaga pendidik yang diberikan piagam penghargaan tersebut antara lain Endang Yustika, guru TK Bina Kasih Batu Belah, Erma Suriani Kepala TK Ashofa Atahila, Arsilawita, M.Pd guru SD 002 Kuok. Selanjunya Nurhidayanti,M.Pd guru SMPN 4 Siak Hulu, Drs Afrilon,M.Pd Kepala SMPN 8 Tapung, Adnan, M.Pd Pengawas SD UPTD 8 Tapung, Djunaidi KepalaSMKN 1 Bangkinang Kota dan Ernigusti kepala SMAN 1 Perhentian Raja.(adv)

Loading...


Berita lainnya..........
- Bupati Meranti Perintahkan SKPD Berdayakan Komunitas Adat Terpencil
- Bertemu Jokowi di Musrenbangnas 2018,
Wabup Meranti Minta Perhatian dan Prioritas Pembangunan

- Bupati Meranti Buka Acara APKASI Procurement Network 2018
- Kampung Sehat, Kampungnya Bengkalis Ber-PHBS
- Pemprov Papua Kembali Belajar Budidaya dan Pengelolaan Sagu di Kepulauan Meranti
- DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pandangan Umum Fraksi
- Tingkatkan Pengumpulan,
DPRD Bengkalis Sahkan Perda Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah

- Buka Musrembang 2018, Wabup Meranti Tegaskan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur
- JMS Disdik dan Kejari Bengkalis,
Pelajar Pahami dan Sadar Hukum Sejak Dini

- '


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com