Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 16 Pebruari 2019 19:29
Seratusan Peserta Ikuti Lomba Bertema Bahasa Mandarin di Mal Ska Pekanbaru

Sabtu, 16 Pebruari 2019 19:26
Ajudan Istri Bupati Meninggal Dunia, Pemkab Kuansing Berduka

Sabtu, 16 Pebruari 2019 15:34
TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api di Rupat

Sabtu, 16 Pebruari 2019 15:30


Sabtu, 16 Pebruari 2019 15:13
Kejari Bengkalis Tetapkan 4 Tersangka Kasus UEK SP Duri Mandiri Bersatu, Duri Timur

Sabtu, 16 Pebruari 2019 10:54
Goes to Campus, Cara KPU Bengkalis Ajak Pemula Gunakan Hak Pilih

Sabtu, 16 Pebruari 2019 08:53
Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Goro Perbaiki Mushola di Kuansing

Sabtu, 16 Pebruari 2019 07:30
Pemkab Meranti Tegaskan Permintaan Dispensasi Embarkasi Haji Bukan Politis

Jum’at, 15 Pebruari 2019 22:43
Tabrak Truk, Pemotor di Duri Tewas Mengenaskan

Jum’at, 15 Pebruari 2019 21:14
Nelayan Myanmar Ditemukan Mengapung di Selat Bengkalis Diserahkan ke KKP Batam, Kepri

Jum’at, 15 Pebruari 2019 21:08
Jadwal Pelantikan Gubri Terpilih Tak Pasti, Komisi A DPRD Riau Sayangkan Sikap Pemerintah Pusat

Jum’at, 15 Pebruari 2019 19:43
Penyebab Kapal Ratusan Ton Terbakar di Selat Bengkalis

Jum’at, 15 Pebruari 2019 19:01
Jadi Pembicara Rapat KOPEK, Bupati Inhil: Kami Serius dan Fokus Cari Solusi Fluktuasi Harga Kelapa

Jum’at, 15 Pebruari 2019 18:58


Jum’at, 15 Pebruari 2019 18:13
Sepanjang 2019, 497,71 Hektare Lahan di Riau Terbakar



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 26 Januari 2018 08:06
LHE AKIP Diserahkan Menpan- RB, Kinerja Pemkab Meranti 2017 Raih Nilai B

Bupati Meranti Irwan Nasir menerima LHE AKIP dari Menteri PAN dan RB. Kinerjanya dinilai positif dan meraih nilai B.

Riauterkini - BATAM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) B (Baik) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

Hasil penilaian ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB), Dr H Azman Abnur SE MSi, Kamis (25/1/18) kepada Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.

Dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2017 Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat, bertempat di Hotel Radisson Golf & Convetion Centre Batam, Jalan Sudirman, Kota Batam.

Hasil yang diperoleh dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2017 ini tentunya sangat membanggakan bagi Kabupaten penghasil Sagu terbesar di Provinsi Riau tersebut.

Karena dari hasil terburuk (SAKIP D) yang didapat pada tahun 2016 lalu, sehingga menjadi salah satu Kabupaten yang terbaik ditahun 2017 untuk wilayah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau. Bersama Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

"Ini bukti komitmen kami yang dengan sungguh-sunguh berusaha memperbaiki nilai SAKIP, meskipun target kami sebelumnya adalah BB atau B+, namun hasil ini cukup memuaskan, tapi untuk tahun depan kami akan mengupayakan nilai 'A'," ujar Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.

Untuk itu, Orang nomor satu dari Kepulauan Sagu itu meminta kepada seluruh OPD untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah, agar kedepan targat LHE AKIP 'A' dapat tercapai. "Semoga tahun depan kita meraih LHE AKIP 'A',"tutur Politisi PAN itu.

Seperti diketahui dalm rangka memperbaiki masalah Akuntabilitas Pelaporan Keuangan dan Kinerja Pelayanan Publik. Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengintruksikan kepada seluruh OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntable, cepat, tepat sasaran, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia yang didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi real dilapangan.

Dengan raihan ini, Kata Menpan-RB RI Azman Abnur, Kepualaun Meranti telah layak menjadi daerah percontohan di Riau dalam pengelolaan LAKIP. "Saya yakin jika menerapkan sistem yang terintegrasi Meranti bisa jadi model di Sumatera," ucap Dr. H. Azman Abnur SE M.Si seperti Kota Bandung dan Bayuwangi yang mengantongi nilai LAKIP A.

Dalam arahannya dihadapan Gubernur, Bupati/Walikota Se-indonesia, Adam Abnur mengungkapkan, LHE AKIP merupakan amanat dari PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

LHE AKIP ini dilakukan Kemen PAN-RB terhadap seluruh kabupaten/kota wilayah I yang terdiri dari Bangka Belitung, Sumatera, Jabar dan Banten, dan Kemenpan-RB menargetkan tahun depan (2019.red) seluruh Pemerintah Daerah paling rendah meraih nilai SAKIP B. Sebelum memberikan arahan menteri PAN-RB melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU.

"Kami pasang target kenaikan nilai SAKIP dari tahun 2015 - 2017 mulai dari dominan di C dan bahkan ada yang D, maka di tahun 2017 harus C dan ini terus ditingkatkan menjadi B di tahun depan. Dan kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya akan sampaikan bahwa kepala daerah tersebut gagal," jelas Asman.

Sepert diinformasikan, e-SAKIP REVIU yang bertujuan untuk melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. Dengan demikian tambahnya pemborosan dapat dihindari dan outcomepun jelas.

" Harus jelas. Jangan ada lagi kegiatan yang tidak jelas dan yang tidak menunjang visi dan misi, Dan mulai tahun ini kami fokus pada program e- SAKIP untuk efisiensi anggaran dan kegiatan," tegas Azman Abnur.

Melalui aplikasi menurutnya tidak perlu lagi datang ke jakarta untuk konsultasi dan lain sebagainya Karena melalui aplikasi tersebut pihaknya dapat melakukan pendampingan dan menjawab konsultasi dari pihak terkait.

Level III SPIP

Untuk diketahui, Hebatnya lagi, bukan hanya nilai SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti yang naik level, dalam hal pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-udangan. Kabupaten Meranti juga meraih Level III Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Daerah.***(Adv/rud)

Loading...


Berita lainnya..........
- Upaya Capai Target Rp 15 Miliar, Bapenda Rohul Beri Bimtek 306 Admin Desa Program Mandiri PBB-P2
- Bupati Meranti Perintahkan SKPD Berdayakan Komunitas Adat Terpencil
- Bertemu Jokowi di Musrenbangnas 2018,
Wabup Meranti Minta Perhatian dan Prioritas Pembangunan

- Bupati Meranti Buka Acara APKASI Procurement Network 2018
- Kampung Sehat, Kampungnya Bengkalis Ber-PHBS
- Pemprov Papua Kembali Belajar Budidaya dan Pengelolaan Sagu di Kepulauan Meranti
- DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pandangan Umum Fraksi
- Tingkatkan Pengumpulan,
DPRD Bengkalis Sahkan Perda Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah

- Buka Musrembang 2018, Wabup Meranti Tegaskan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur
- JMS Disdik dan Kejari Bengkalis,
Pelajar Pahami dan Sadar Hukum Sejak Dini



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com