Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Senin, 21 Oktober 2019 07:16
Tunggangi Trail, Bupati Kuansing Pimpin Parade Kebangsaan dan Merah Putih

Ahad, 20 Oktober 2019 18:00
DPRD Desak Pemkab Bengkalis Sampaikan RAPBD 2020

Ahad, 20 Oktober 2019 17:15
Gelar Konferensi IV, Ini Nama-Nama Calon Ketua PWI Rohil

Ahad, 20 Oktober 2019 17:12
Terkesan Diskriminasi,
Kalangan di Bengkalis Kecewa Beasiswa Pemprov Riau Abaikan PT di Pesisir


Ahad, 20 Oktober 2019 13:41
Bupati Kuansing Lepas Peserta Jelajah Alam Kota Jalur 6

Ahad, 20 Oktober 2019 12:47
Dihadiri Ratusan Kader Baru, DPD PKS Bengkalis Gelar TO

Ahad, 20 Oktober 2019 11:12
Setelah Dilaporkan, Rektor UIN Suska Bakal Hadapi Gelombang Protes Mahasiswanya Pekan Ini

Ahad, 20 Oktober 2019 11:07
Bupati Kuansing Hadiri Apel Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden

Ahad, 20 Oktober 2019 09:25
Terjatuh dari Rakit Penyeberangan di Pulau Kijang, Mahasiswi UNISI Ditemukan Tewas

Sabtu, 19 Oktober 2019 19:50
Tingkatkan Ekonomi,
Ratusan Petani di Bengkalis Belajar Budi Daya Labu Madu Hana


Sabtu, 19 Oktober 2019 18:41
Semarakkan Dunia Kuliner, DCC Launching Buku Cake & Snack Favorit

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:58
42 Tim Basket Ikut Meramaikan Pasir Pengaraian 3X3 Basketball Rohul Tahun 2019

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:40
Bupati Mursini Buka Gebyar Fisika Tingkat Kabupaten

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:38


Sabtu, 19 Oktober 2019 16:33
Tak Kunjung Bayar Pesangon, Mantan Karyawan Ancam Duduki Kantor PT SRK di Inhu



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 19 Desember 2018 10:48
Permudah Pengurusan Perizinan Publik,
DPMPSP Bengkalis Siapkan Aplikasi E-Pinter

Memudahkan pelaku usaha mengurus perizinan non perizinan, DPMPSP Bengkalis telah membangun aplikasi perizinan yaitu Elektronik Pelayanan Perizinan Terpadu atau e-Pinter sejak 2017 lalu.

Riauterkini-BENGKALIS- Memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha mengurus perizinan non perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Bengkalis telah membangun aplikasi perizinan yaitu Elektronik Pelayanan Perizinan Terpadu atau disingkat e-Pinter sejak tahun 2017 lalu.

Untuk lebih meningkatkan penerapan Aplikasi e-Pinter ini, maka DPMPSP Kabupaten Bengkalis tahun 2018 mengadakan pengembangan aplikasi tersebut secara online dan penambahan beberapa modul perizinan.

Aplikasi e-Pinter akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha yang selama ini mengurus perizinan secara manual dengan datang langsung ke Kantor DPMPSP dan menghabiskan waktu dan biaya. Maka adanya aplikasi tersebut pemohon bisa mengakses melalui website http://dpmpsp.bengkaliskab.go.id dengan cara mengklik gambar perizinan online (e-Pinter) atau http://epinter.bengkaliskab.go.id. Pemohon harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran/registrasi dengan memasukkan data sesuai identitas yang berlaku dan alamat email yang aktif, kemudian e-Pinter akan mengirimkan username dan password ke email pemohon, sehingga pemohon dapat login ke Aplikasi e-Pinter dan mengajukan permohonan perizinan yang diinginkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPSP Kabupaten Bengkalis, Basuki Rahmad, AP, M.Si didampingi Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati menjelaskan, keberadaan dan pengembangan Aplikasi e-Pinter ini juga untuk mendukung tugas pokok fungsi (Tupoksi) DPMPSP. Tidak hanya mudahnya mengurus perizinan akan tetapi masyarakat atau pelaku usaha yang merasa dirugikan, dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan pengaduan.

“Adanya Aplikasi e-Pinter ini masyarakat bisa mengajukan permohonan secara online dan tidak perlu datang ke kantor untuk mendaftarkan perizinan, kemudian pemohon juga bisa mengecek status perizinan setiap saat. Masyarakat juga dapat mengetahui apabila permohonan perizinannya ditolak atau diterima, serta SMS perizinan telah selesai dan dapat diambil. Kemudian masyarakat juga bisa menyampaikan keluhannya,” terang Basuki Rahmad kepada wartawan, Selasa (18/12/18).

Sambung pria yang pernah menjabat sebagai Camat Mandau ini, bahwa layanan Aplikasi e-Pinter baik perizinan maupun non perizinan serta layanan pengaduan berbasis web, diharapkan meningkatkan kemampuan dan kinerja DPMPSP Kabupaten Bengkalis. Sasaran utamanya adalah, dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat tercapai secara optimal. Karena informasi dan layanan yang diberikan dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja melalui media internet.

Kemudian ditegaskan Basuki, bahwa salah satu tugas pemerintah yang menjadi tuntutan masyarakat adalah terselenggaranya pelayanan publik yang baik. Perizinan merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang sangat menonjol dalam tatanan pemerintahan dan harus terus dibenahi serta ditingkatkan secara kualitas.

“Kemajuan teknologi yang pesat serta potensi pemanfaatannya yang luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat,” katanya lagi.

Kemudian, upaya ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia”. Yaitu, terwujudnya pemerintahan yang berwibawa, transparan dan bertanggungjawab serta melaksanakan kepemimpinan dengan bijak, berani dan ikhlas. Merealisasikan prioritas pembangunan daerah, yakni pemantapan birokrasi dan kelembagaan daerah yang profesional, dan berintegritas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

“Sekali lagi, Aplikasi e-Pinter adalah untuk mempermudah masyarakat, dan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap produk perizinan. Sesuai dengan motto kita, Ramah (Responsif, Akuntabel, Melayani, Arif dan Harmonis, red),” imbuh Sekretaris DPMPSP ini.

Sementara itu ditambahkan, Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati, Aplikasi e-Pinter yang sudah dibuka, selanjutnya ada format pendaftaran perizinan online. Bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemohon bisa secara mandiri dan bisa menggunakan jasa Front Office (FO) Kantor DPMPSP Kabupaten Bengkalis.

Lalu, selain dari pengurusan perizinan dengan Aplikasi e-Pinter, bisa juga melalui Sistem Perizinan Terintegrasi Secara Online atau Online Single Submission (OSS). Sedangkan khusus untuk e-Pinter, Eldawati menyontohkan, seperti pengurusan perizinan kesehatan. Pemohon bisa menyampaikan secara mandiri dengan menginput data-data atau syarat yang diperlukan untuk kemudian diajukan.

“Jika pemohon datang sendiri ke kantor layanan pihak FO juga bisa membantu, setelah itu bisa diisi formulirnya. Data yang diisikan oleh FO dibantu dengan berkas yang pemohon bawa, formulir yang harus diisi, kelengkapan yang harus dilampirkan dengan cara discan,” paparnya.

Setelah semua diisi, maka akan dikirim ke tahap pertama dari FO menuju Back Office (BO). Dari BO ini ada login tersendiri untuk dilakukan verifikasi berkas yang dilampirkan.

Nah, apabila dari pendaftaran secara mandiri, pemohon juga harus mengisi form yang sudah ditentukan. Lalu dikirim ke BO untuk diverifikasi. Kemudian, data yang masuk akan dicek termasuk apakah ada catatan atau tidak. Jika dinyatakan lengkap, permohonan bisa diproses ke jenjang berikutnya hingga terbit perizinan. Begitu juga sebaliknya jika dokumen persyaratan yang dilampirkan tidak lengkap maka akan ditolak atau dikembalikan ke pemohon.

“Jalur mandiri akan diinformasikan secara manual atau nomor telepon yang aktif. Untuk proses yang dibantu oleh FO, berkas yang diserahkan akan di cek keasliannya oleh BO,” ujarnya lagi.

Dan terkait dengan izin yang sudah diterbitkan melalui Aplikasi e-Pintar ini, pemohon atau masyarakat yang melakukan pengambilan harus membawa berkas atau dokumen asli sesuai persyaratan yang dilampirkan. Selanjutnya kembali akan dicek atau verifikasi secara intensif agar tidak terjadi kekeliruan.***(dik/advertorial)



Loading...


Berita lainnya..........
- Pemkab Meranti Gelar Uji Publik KLS-RTRW
- Bupati Meranti Buka Kegiatan Sunat Masal dan Santunan Kaum Dhuafa Remaja Masjid Darul Ulum
- Riau Rangking Tiga Destinasi Wisata Halal di Indonesia Versi Muslim Travel Indeks
- Jefri Antoni, Perpaduan Politisi Terbilang dan Pengusaha Handal Negeri Pacu Jalur
- Bupati Harris Hadiri Pengukuhkan IAKMI Kabupaten Pelalawan
- Advertorial
Bahas Iuran Komite, Komisi V DPRD Riau Hearing dengan Kepala SMA

- Mendagri Pimpin Puncak Peringatan Hari Satpol PP ke-100 di Pekanbaru
- Dilantik Presiden,
Bupati Bengkalis Siap Dukung Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Baru

- PPTP dan Pejabat Administrator Teken Pakta Integritas,
Bupati Bengkalis Perintahkan Patuhi Aturan dan Tuntaskan Laporan

- Permudah Pengurusan Perizinan Publik,
DPMPSP Bengkalis Siapkan Aplikasi E-Pinter



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com