Home > Galeri >>
Berita Terhangat..
Selasa, 11 Desember 2018 22:00
Pelantikan PWI Bengkalis Bakal Dihadiri Ketum Pusat

Selasa, 11 Desember 2018 21:55
Terseret Arus Banjir, Dua Warga Kampar Belum Ditemukan

Selasa, 11 Desember 2018 21:53
Kabupaten Peduli HAM, Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Kemenkum HAM RI

Selasa, 11 Desember 2018 21:42
BNI-KODAM I Bukit Barisan Jalin Kerjasama Pembayaran Tunkin

Selasa, 11 Desember 2018 21:37
Pengacara Tak Datang, Sidang Pemalsuan Sertifikat Lahan Pengusaha Sawit Ditunda

Selasa, 11 Desember 2018 20:03
Pilkades Serentak di Meranti Direncanakan pada Mei - Juni 2019

Selasa, 11 Desember 2018 20:00
Tak Bisa Berenang, Seorang Bocah SMP di Labuh Baru Tenggelam di Sungai Air Hitam

Selasa, 11 Desember 2018 19:24
Dua Terdakwa Korupsi Pembangunan Gedung Fisipol Unri Dituntut 3 Tahun Penjara

Selasa, 11 Desember 2018 19:16
‎Masyarakat Diimbau Untuk Waspada, Banjir di Bantaran Sungai Kampar Pelalawan Berpotensi Lebih Satu Bulan

Selasa, 11 Desember 2018 17:54
DLH Kuansing Serahkan Sebanyak 247 Kartu BPJS Kepada PHL

Selasa, 11 Desember 2018 17:47
‎36 Pejabat Pemkab Rohul Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Selasa, 11 Desember 2018 17:29
Diterima Gubri, Presiden Serahkan DIPA Riau Sebesar Rp26,9 triliun

Selasa, 11 Desember 2018 17:26
Dilantik sebagai Gubri Definitif, Wan Thamrin Hasyim Diharapkan Bisa Bekerja Maksimal

Selasa, 11 Desember 2018 16:54
Puluhan 'Pelayan' di Bengkalis Ikuti Sosialisasi UU KIP

Selasa, 11 Desember 2018 16:46
Bukit Mentawai Longsor,
Akses ke Empat Desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul Terganggu




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 15 Nopember 2018 07:39
Peringatan HKN ke-54 di Bengkalis Meriah dan Dipuji Warga

Digelar peringatan Hari Keluarga Nasional atau HKN ke-54 tingkat Kabupaten Bengkalis. Berikut ini catatan dan rekaman kegiatan tersebut.

Riauterkini-BENGKALIS- Kegiatan sempena memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 dilaksanakan selama dua hari yaitu 11-12 November, dan ditaja Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis ternyata memperoleh pujian 'manis' oleh sejumlah warga yang turut serta dalam kegiatan yang digelar.

Diantaranya, kegiatan yang diselenggarakan, Ahad (11/11/18) pagi hingga siang hari. Mulai dari kegiatan jalan santai, kemudian senam massal, bahkan ada pengobatan gratis bagi masyarakat.

Kegiatan Jalan Santai sempena  HKN ke-54 ditaja Ahad pagi dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H. Bustami HY didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, MH dan sejumlah kepala bidang di depan Kantor Dinkes, Jalan Pertanian, 'membludak' dan di luar perkiraan dari panitia. Bahwa peserta jalan santai ini berdasarkan dari kupon yang dibagikan mencapai ribuan tiket.

Para peserta dari berbagai kelompok umur ini, melewati rute star dari Jalan Pertanian (depan Kantor Dinkes) menuju Gang Ikhlas, kemudian ke Jalan Poros Bantan-Bengkalis menuju Jalan Lembaga, dan kembali ke Jalan Pertanian (Kantor Dinkes).

Panitia juga menyiapkan kupon untuk kesempatan memperoleh berbagai macam hadiah yang sudah disiapkan. Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan sarapan yang sudah dikemas kepada peserta jalan santai, buah-buahan, bahkan jamu turut disediakan panitia tidak luput dari serbuan warga.

Usai jalan santai dan beristirahat sejenak peserta jalan santai, Sekda dan Plt. Kepala Dinkes bersama warga mengikuti macam jenis senam massal Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Sekda Bengkalis H. Bustami HY didampingi Plt. Kepala Dinkes, Supardi, kemudian melakukan pelepasan balon ke udara HKN ke-54 Kabupaten Bengkalis tahun 2018. Lalu dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Plt. Kepala Dinkes, Supardi dan potongannya diserahkan ke Sekda Bustami.

"Bang kegiatan hari kesehatan meriah, selama ini belum pernah kita ikut acara macam ini. Sarapan disiapkan, ada buah-buahan, tempat selfi-selfi juga disiapkan panitia," ungkap Seri, warga Bantan, yang sengaja datang jauh-jauh bersama anaknya yang masih kecil untuk mengikuti kegiatan HKN tersebut.

"Mantap bang, banyak peserta yang merasa senang. Cukup meriah, mudah-mudahan tahun depan juga seperti ini dan lebih ditingkatkan," ujar Nasir, warga lainnya disela-sela  kegiatan.

Untuk kegiatan jalan santai, panitia menyiapkan puluhan hadiah untuk peserta jalan santai. Diantaranya, hadiah utama berupa kulkas dua pintu, harapan keduanya sepeda dan puluhan hadiah lainnya.

Di hari yang sama, serangkaian kegiatan sempena HKN 2018 tersebut, ratusan warga Bengkalis dan sekitarnya menikmati kegiatan pengabdian masyarakat di halaman kantor Dinkes.

Pengabdian yang diberikan oleh tenaga medis berbagai dokter spesialis, yaitu Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) antara lain, kolesterol, asam urat, gula darah, hypertensi sebanyak 167 orang, pemeriksaan gigi sebanyak 25 orang, pemeriksaan IVA Test (Deteksi Dini Kanker Leher Rahim) sebanyak 77 orang, dan Pemberian Imunisasi Measles Rubella (MR) sebanyak 13 orang anak-anak.

Proses pemberian pelayanan dan pengobatan gratis kepada masyarakat ini, Sekda Bustami HY didampingi Plt. Kepala Dinkes, Supardi menyempatkan diri meninjau langsung kegiatan. Termasuk lomba melukis Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) ditaja Ikatan Apoteker Indonesia Bengkalis diikuti sejumlah pelajar sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bermanfaat bagi warga yang memerlukannya," ujar Plt. Kepala Dinkes, Supardi disela-sela kegiatan.

Sekitar ratusan anggota keluarga besar Aparatur Sipul Negara (ASN), maupun honorer di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis untuk pertama kali menggelar family gathering atau berkumpul keluarga, Ahad (11/11/18) petang. 

Kumpul keluarga yang diselenggarakan ini, sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, dengan tema "Aku Cinta Sehat" dan sub tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita".

   Kompaknya Family Gathering

   Heboh, meriah serta penuh dengan suasana kekeluargaan, pelaksanaan kegiatan mulai sekitar pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Dan untuk pertama kali digelar oleh seluruh jajaran pegawai maupun honorer gabungan dari UPT. Puskesmas dan dari Dinkes Bengkalis.  Kegiatan diberi 'judul' family gathering diisi dengan berbagai perlombaan. Yaitu, mewarnai anak-anak, lomba makan kerupuk untuk anak TK dan SD, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba lari bola di atas sendok dan balon untuk pasangan suami istri. 

Seluruh peserta yang turut serta baik ASN maupun honorer berjumlah sekitar 97 orang ditambah UPT Puskesmas Bengkalis, Bantan, Pematang Duku dan Teluk Pambang termasuk unit-unit dibawahnya Poskesdas maupun Polindes.

"Melalui kegiatan ini, kita ingin mempererat jalinan silaturrahim kepada seluruh jajaran Dinkes termasuk anggota keluarganya," ucapnya.

5 Tenaga Kesehatan Raih Penghargaan

Lima tenaga kesehatan di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis raih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis sempena HKN ke-54 tahun 2018 ini.

Penghargaan secara simbolis diserahkan oleh Sekda Bengkalis, H. Bustami HY, Plt. Kepala Dinkes Supardi, S.Sos, MH dan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama disaksikan sejumlah pejabat eselon dan staf di Halaman Kantor Bupati, Jalan Ahmad Yani, Bengkalis usai pelaksanaan upacara memperingati HKN, Senin (12/11/18).

Adapun penghargaan yang diberikan tersebut adalah, Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018 dalam bentuk uang sekitar Rp5,5 juta yaitu, dr. Dian Putri Madanisti, Kategori Medis, tempat tugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siakkecil, kemudian Dedes Susila, Amd. Keb, Kategori Paramedis, bertugas di UPT. Teluk Lecah, Kecamatan Rupat, selanjutnya ada Ns. Suharsanto, S.Kep, Kategori Paramedis, tempat tugas UPT. Puskesmas Teluk Pambang. Magdalena T. Sitorus, SKM, Kategori Kesehatan Lingkungan (Kesling), bertugas di UPT. Puskesmas Duri Kota dan Sri Sudarmi, AMAK, Kategori Ahli Teknologi Laboratorium Medik, tempat tugas di UPT. Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siakkecil. 

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba desa Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga tingkat Kabupaten Bengkalis 2018 , yakni Pemenang I diraih Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, diberikan uang pembinaan sebesar Rp10 juta, Pemenang II Desa Bathin Betuah, Kecamatan Mandau diserahkan uang sebesar Rp7,5 juta dan Pemenang III disabet Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukitbatu dengan penghargaan uang pembinaan sebesar Rp5 juta.  Kemudian penghargaan berupa uang sebesar Rp1 juta juga diberikan kepada UPT. Puskesmas dengan pencapaian IVA Test deteksi dini kanker serviks dan payudara tertinggi mencapai 40% sekaligus penyerahan Krayotherapi, kepada UPT. Puskesmas Lubuk Muda, dengan jumlah sasaran perempuan 30-50 tahun 612 jiwa, jumlah capaian 620 atau 101,3%.

Selanjutnya, penghargaan sebesar Rp1 juta kepada UPT. Puskesmas dengan capaian Imunisasi Measles Rubella (MR) tertinggi diberikan kepada UPT. Puskesmas Muara Basung, Kecamatan Pinggir, dengan jumlah sasaran umur 9 bulan s/d <15 tahun, 7.951 jiwa dan jumlah capaian, 7.772 atau 97,7% melebihi target 95% tahap II tahun 2018.



Terakhir penghargaan kepada UPT. Puskesmas dengan capaian persentase entri Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) terbanyak dan tercepat tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018, kepada UPT. Puskesmas Sadar Jaya, Kecamatan Siakkecil, dengan jumlah data yang dientri 2.907 Kepala Keluarga (KK) atau 100 %, juga diberikan penghargaan uang sebesar Rp1 juta. 

Selain diserahkannya penghargaan sebagai motivasi tersebut, Plt. Kepala Dinkes Bengkalis Supardi juga menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada enam unit UPT. Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis. Dua Puskesmas lulus dengan Akreditasi Madya, yaitu Puskesmas Selatbaru, Kecamatan Bantan dan Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siakkecil.

Kemudian empat Puskesmas dengan Akreditasi Dasar, yakni Puskesmas Bengkalis, Puskesmas Sungai Pakning, Kecamatan Bukitbatu, Puskesmas Duri serta Puskesmas Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara.

Memperingati HKN ke-54 tahun 2018, Sekda Bengkalis H. Bustami HY mengatakan, mewujudkan masyarakat hidup sehat atau Germas harus melibatkan seluruh komponen, baik pemerintah, swasta maupun dari masyarakatnya itu sendiri.

Oleh karena itu, subtema HKN ke-54 "Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita" adalah tema yang diharapkan bisa 'merumput' di masyarakat. Jika tumbuh dari bawah itu merupakan keutuhan dan kekokohan yang sangat kuat dalam pembangunan bangsa.

"Memperingati HKN ini sebagai momentum untuk merubah kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah pola hidup sehat dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat," ungkapnya.

Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis, Supardi juga mengatakan, bahwa melalui sempena HKN ke-54 tahun ini diagendakan sejumlah kegiatan. Dirinya berharap memotivasi masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup sehat di mulai dari diri sendiri.

"Dengan momentum HKN tahun ini, kita berharap menambah motivasi masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup sehat," harapnya.

Subtema 'Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita' tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.***(dik/adv)

Foto : Serangkaian kegiatan sempena HKN ke-54 tahun 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis

Loading...


Berita lainnya..........
- HUT Ke-73 PGRI, Meriahnya Gerak Jalan Sehat di Pinggir, Bengkalis
- Pelantikan, PAW Empat Anggota DPRD Pekanbaru
- Peringatan HKN ke-54 di Bengkalis Meriah dan Dipuji Warga
- Wisuda XV Sarjana dan Diploma III, UMRI Catatkan Rekor Jumlah Cumlaude Terbanyak
-
- Galeri Rangkaian Hari Jadi ke-19 Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2018
- Rangkaian Kegiatan Pemprov Riau Sepanjang September 2018


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com