Home > Hukum >>
Berita Terhangat..
Senin, 18 Desember 2017 04:22
Garda Pemuda Nasdem Riau Gelar Rapat Konsolidasi

Ahad, 17 Desember 2017 18:04
Hindari Macet, Andi Jemput SK DPP PDIP Naik Ojek

Ahad, 17 Desember 2017 18:01
Puluhan Tim Pemadam Kebakaran RAPP Tambah Kompetensi di Situgal

Ahad, 17 Desember 2017 16:51
Kerancuan Regulasi Gambut Ancaman Serius Iklim Investasi Indonesia

Ahad, 17 Desember 2017 16:34
Andi-Suyatno Dapat Dukungan Resmi PDIP di Pilgubri 2018, Yopi Langsung 'Merapat'

Ahad, 17 Desember 2017 15:34
Gelorakan Ajaran Bung Karno, Repdem Rekrut Kader Muda di Siak

Ahad, 17 Desember 2017 15:28
4 Sepeda Motor Jadi Doorprize Gerak Jalan HUT ke-9 Kabupaten Kepulauan Meranti

Ahad, 17 Desember 2017 15:15
Kecam Pernyataan Trump, Ratusan Muslim di Duri Gelar Aksi Damai

Ahad, 17 Desember 2017 14:48
Resmi Diusung PDIP, Suyatno Ajak Kader Partainya dan Masyarakat Menangkan Pilgubri 2018

Ahad, 17 Desember 2017 14:24
Ditutup Wagubri, Pekanbaru Juara Umum MTQ ke-36 Riau di Dumai

loading...



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.


Jum’at, 14 April 2017 16:42
Seorang Oknum Kades di Kuansing Diamankan Polisi

Kades Kepala Desa Aur Duri, Kuansing harus berurusan dengan polisi. Ia diduga menjalankan usaha penebangan kayu ilegal.

Riauterkini-TELUK KUANTAN- ADS alias Aan diamankan oleh personil kepolisian karena diduga menjalankan usaha penebangan kayu tanpa ijin alias ilegal loging. Pelaku yang juga diketahui menjabat sebagai Kepala Desa Aur Duri, Kecamatan Kuantan Mudik itu diamankan pada hari, Rabu(12/4/17) setelah dilakukan gelar perkara oleh pihak kepolisian terhadap kegiatan usaha ilegal loging tersebut.

Dalam keterangan resmi Pihak kepolisian menyebutkan penangkapan terhadap adanya dugaan Tindak Pidana menguasai, memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama sama dengan Surat keterangan Sah nya Hasil Hutan atau memanfaatkan hasil hutan kayu yang diduga berasal dari hasil pembalakan liar atau membeli, mengolah hasil hutan kayu yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah.

Kapolres Kuansing AKBP Dasuki Herlambang melalui Kasubag Humas AKP Lumban kepada wartawan melalui keterangan pers nya menceritakan kronologis kejadian tersebut. Kaata Lumban, pada hari, Sabtu tanggal 8 April 2017 sekira pukul 15.00 Wib, di Desa Aur Duri Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, telah ditemukan kegiatan usaha pengolahan kayu di tempat pengolahan kayu atau sawmill. Di Sawmil tersebut juga ditemukan beberapa kayu bulat dan kayu olahan. Lanjut Lumban, sebagai pemilik dari kegiatan usaha pengolahan tersebut adalah ADS alias Aan.

Adapun dokumen yang dimiliki oleh ADS dalam kegiatan usaha pengolahan kayu itu berupa, satu lembar Izin gangguan yang diterbitkan oleh Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) . Dokumen lainya yaitu 19 lembar Surat Asal Kayu.

Namun berdasarkan hasil kordinasi dengan Pegawai BPHP di Pekanbaru bahwa dari dokumen yang dimiliki ADS, maka kegiatan pengolahan kayu di Sawmil tersebut merupakan kegiatan ilegal, bahwa untuk kegiatan mengangkut kayu yg berasal dari hutan Hak, mengacu kepada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.85 / Menlhk / Setjen / Kum.1 / 11 / 2016, tentang pengangkutan hasil hutan kayu budidaya yang berasal dari hutan hak.

Selanjutnya, berdasarkan hasil gelar perkara pada hari, Rabu tanggal 12 April 2017, diperoleh kesimpulan bahwa perbuatan ADS merupakan perbuatan menguasai, memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama sama dengan surat keterangan sah nya hasil hutan atau memanfaatkan hasil hutan kayu yang diduga berasal dari hasil pembalakan liar atau membeli, mengolah hasil hutan kayu yg berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah.

Dijelaskannya, perbuatan ADS adalah melanggar hukum, sebagaimana diatur dalam rumusan Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e atau Pasal 83 ayat (1) dan Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e atau Pasal 83 ayat (1) huruf c Jo Pasal 12 huruf h atau Pasal 87 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf l UU RI No. 18 Tahun 2013 ttg Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUH Pidana. Adapun tindakan yang dilakukan oleh Polres Kuansing antara lain, membuat Laporan Polisi, memeriksa saksi saksi dan memeriksa terlapor Aan.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut terungkap bahwasanya Aan sebagai pemilik usaha pengolahan kayu bulat menjadi kayu olahan serta memberi upah kepada para pekerja untuk melakukan kegiatan pengolahan kayu. Adapun barangnukti yang berhasil disita pihak kepolisian berupa satu unit mal meja pemotong kayu dan tangan tangan, satu buah gergaji mesin Saw mill, satu unit gerinda, satu kotak kapur tulis, lima blok nota Sawmil, 50 tual kayu bulat, 218 batang kayu olahan.

Selain itu polisi juga menyita satu lembar izin hangguan yang diterbitkan oleh Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal, 19 lembar Surat Asal Kayu, dua buah mesin Sin saw, empat buah jerigen.

Atas perbuatan tersebut, Pasal yang dipersangkakan adalah melakukan tindak pidana menguasai, memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama sama dengan surat keterangan sah nya hasil hutan atau memanfaatkan hasil hutan kayu yang diduga berasal dari hasil pembalakan liar atau membeli, mengolah hasil hutan kayu yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah, sebagaimana diatur dalam rumusan Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e atau Pasal 83 ayat (1) huruf c Jo Pasal 12 huruf h atau Pasal 87 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf l UU RI No. 18 Tahun 2013 ttg Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUH.Pidana***(dri)



Berita Hukum lainnya..........
- Kerancuan Regulasi Gambut Ancaman Serius Iklim Investasi Indonesia
- Diduga Hendak Membegal, Pemuda Asal Bangkinang Tewas Dihajar Warga Tambang
- Dibujuk Beli Baju, Seorang Bocah Diculik Bekas Ayah Tirinya
- Sempat Jadi DPO, Seorang Jambret di Duri Dibekuk Polisi
- Warga Desa Teluk Merbau, Inhil Dihebohkan Penemuan Bayi Perempuan yang Sudah Membusuk
- Konsleting Listrik, Rumah Seorang Wartawan di Pekanbaru Terbakar
- Lakukan Perampokan dan Pencabulan, Pengangguran di Duri Ini Dicokok Polisi
- Terdakwa Korupsi Dana Anggaran Bappeda Rohil Minta Keringanan Hukuman, JPU Tetap Pada Dakwaan
- Polsek Kateman Tangkap Terduga Pelaku Perampokan
- Mayat Dalam.Sumur Ditemukan Warga Hendak Wudhu di Duri
-
- Kalap Temannya Kehilangan Anjing, Simatupang Menusuk 8 Orang di Kandis
- Hakim PN Bengkalis Vonis Mati Bandar Sabu 40 Kg
- Korupsi Dermaga Sungai Tohor Barat,
Kejari Kepulauan Meranti Tetapkan 4 Tersangka

- Belum Siap, Jaksa Batal Tuntut Pegawai Rutan Terjerat Pungli
- Korupsi ADD, Seorang Mantan Kades di Rohil Divonis 4 Tahun Penjara
- Buntut Pemanggilan Kejari,
Rekanan Sebut Oknum PPK Disdik Pelalawan Minta 'Setoran'

- Polda Riau Musnahkan 17 Kg Sabu dari 7 Tersangka
- Nistakan Islam di Facebook, P Hutahean Dilaporkan ke Polsek Minas
- Anggota DPRD Pelalawan Dukung Kejari Tangkap Petinggi PT Adei


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.92.194.75
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com