Home > Hukum >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 23 Juni 2018 16:48
Makna Tradisi Hari Raya Enam dan Ziarah Kubur di Kampar

Sabtu, 23 Juni 2018 16:36
Meski Merasa Dicurangi, Syamsuar Tetap Tenang di Debat Kandidat II Pilgubri 2018

Sabtu, 23 Juni 2018 16:27
Andi Rachman Terima Penghargaan dari DHN Angkatan 45

Sabtu, 23 Juni 2018 16:23
Puluhan Ribu Simpatisan Hadiri Kampanye Akbar Pasangan Wardan-SU di Kotabaru

Sabtu, 23 Juni 2018 15:14
Puas Dengan Suzuki, Nababan Kembali Boyong Suzuki Nex II ke Garasinya

Sabtu, 23 Juni 2018 14:23
Abdul Wahid Yakin Peluang Lukman Edy-Hardianto di Pilgubri Sangat Bagus

Sabtu, 23 Juni 2018 13:30
Terjatuh di Rumah Dinas,  Asisten III Pemkab Meranti Meninggal Dunia

Sabtu, 23 Juni 2018 13:11
Anggota DPRD Bengkalis Bagi Sembako pada Keluarga Korban PHK di Duri

Sabtu, 23 Juni 2018 11:35
Dua Unit Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah di Kuantan Tengah, Kuansing

Sabtu, 23 Juni 2018 11:28
TNI Peduli, Dandim 0303/Bengkalis Bagi Sembako ke Warga Kurang Mampu

loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 8 Juni 2018 18:56
Waktu Kadaluarsa, PN Bengkalis Vonis Bebas Legislator dan Ajudannya dari Dugaan Politik Uang

Hakim PN Bengkalis vonis bebas seorang Nur Azmi Hasyim dan ajudannya ri jeratan dugaan politik uang. Jaksa masih berpikir-pikir untuk ajukan banding atau tidak.

Riauterkini-BENGKALIS- Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis dipimpin Dr. Sutarno, dua hakim anggota Wimmi D. Simarmata dan Mohd. Rizky Sumar gugurkan seluruh tuntutan atau vonis bebas terhadap Anggota DPRD Bengkalis Nur Azmi Hasyim dan ajudannya Adi Purnawan dari jeratan dugaan politik uang (money politic) Jum'at (13/4/18) silam ketika menggelar reses dan bersamaan dengan kampanye salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Kecamatan Rupat.

Sidang pembacaan keputusan majelis hakim, Jum'at (8/6/18) petang, kedua terdakwa didampingi Penasehat Hukum (PH) Dr. Saut Maruli Tua Manik dan rekan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, Iwan Roy Charles, SH, Aci Jaya Saputra, SH, dan Agrin Nico Reval, SH juga dihadiri Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Panwas kabupaten/kota, kader dan simpatisan Partai Demokrat (PD) Kabupaten Bengkalis turut memadati ruang sidang Cakra PN Bengkalis, Jalan Karimun, Bengkalis.

Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim Dr. Sutarno menyatakan, bahwa kewenangan penuntutan terhadap terdakwa atas nama Nur Azmi Hasyim dan ajudannya Adi Purnawan, berdasarkan surat dakwaan JPU, 30 Mei 2018, gugur karena lampaunya limitasi waktu atau sudah kadaluarsa dan bebas dari segala tuntutan. Kemudian memulihkan dalam kemampuan, kedudukan serta hak dan martabatnya.

Majelis hakim juga memutuskan barang bukti seperti satu unit handpone (HP) dirampas untuk dimusnahkan dan sejumlah barang seperti amplop berisi uang dikembalikan ke JPU.

Sebelumnya dibacakan vonis bebas tersebut, masing-masing hakim membacakan pertimbangan-pertimbangan. Diantaranya, laporan dianggap tidak sah dan batal demi hukum karena melebihi limitasi waktu yang telah diatur dalam undang-undang. Oleh karenanya kewenangan JPU sebagaimana dalam dakwaan kedua terdakwa gugur karena lampaunya limitasi waktu pelaporan.

Berdasarkan aturan bahwa artinya laporan dalam Pemilukada harus dipandang sebagai delik yang harus dilaporkan sesuai dengan limitasi waktu 7 hari, tidak adanya pelaporan dalam rentang waktu 7 hari tersebut maka dipandang tidak ada delik.

Putusan ini tidak memberlakukan surat tuntutan JPU Kejari Bengkalis yang dibacakan sebelumnya, kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 42 bulan (3,5 tahun) dan denda Rp200 juta subsidair kurungan sebulan penjara.

Atas putusan kewenangan dakwaan gugur dan kedua terdakwa dinyatakan bebas tersebut, JPU Iwan Roy Charles, SH ketika dimintai tanggapannya mengatakan pikir-pikir waktu tiga hari, apakah akan menyampaikan banding atau tidak.

Setelah dinyatakan bebas dari segala dakwaan maupun tuntutan, Anggota DPRD Bengkalis, Nur Azmi Hasyim didampingi PH-nya Dr. Saut Maruli Tua Manik dan rekan langsung menggelar konfrensi pers di kediamannya di Jalan Pramuka, Bengkalis.

Nur Azmi menyatakan, sangat bersyukur karena dakwaan yang dituduhkan terhadapnya itu gugur dan batal demi hukum.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas putusan hakim menyatakan saya tidak bersalah dan bebas dari segala tuntutan terhadap dugaan politik uang. Dan dukungan besar buat saya, dari keluarga dan seluruh dukungan masyarakat Rupat," ungkapnya.

Dengan terbata-bata seraya tampak mata berkaca-kaca, dengan kejadian kasus dan dihadapi ini, menurut Nur Azmi juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Dengan kejadian ini tentu ada juga pengaruhnya terhadap psikologi masyarakat, ada yang mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran.

"Kepada para kader Demokrat saya yakin ikhlas mendukung, saya ucapkan terima kasih kepada media karena berita yang berimbang. Dengan yang terjadi saat ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Kata pepatah "makin tinggi pohon, kuat tantangannya" dan kedepan saya akan lebih hati-hati," katanya.

"Malam tadi pendukung di kampung (Rupat, red) melakukan Sholat Hajat dan do'a bersama dan masyarakat juga memperhatikan kasus yang menimpa saya ini," imbuhnya.***(dik)

Foto : Ketua Majelis Hakim Dr. Sutarno membacakan vonis bebas Nur Azmi Hasyim dan menyatakan gugur dan batal demi hukum dakwaan dan tuntutan melakukan dugaan tindak pidana politik uang Pilgubri, Jum'at (8/6/18) petang.

Loading...


Berita Hukum lainnya..........
- Dua Unit Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah di Kuantan Tengah, Kuansing
- Todongkan Pistol, Kawanan Perampok Satroni Indomaret 67 Harapan Raya Pekanbaru
- Dakwaan Politik Uang Anggota DPRD Bengkalis Digugurkan, Jaksa Ajukan Banding
- Bocah 9 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Hotel Telaga Puri Tembilahan, Inhil
- Warga Rumbai, Pekanbaru Temukan Mayat Tersangkut di Kayu
- Cegah Narkoba Masuk, TNI dan Polri Bantu Pengamanan di Lapas Pasirpangaraian Selama Lebaran
- Patroli Polisi Gagalkan Perampokan Mesin ATM di Pekanbaru
- Geger, Sesosok Mayat Ditemukan di Pelabuhan Nelayan di Bengkalis
- Kapal Pompong Terbalik, Satu Keluarga Nyaris Tenggelam di Selat Bengkalis
- Diduga Konsleting Listrik, Satu Rumah di Bengkalis Terbakar
- Kebakaran di Kotabaru, Inhil Ludeskan 57 Toko dan Rumah
- Kebakaran Saat Idul Fitri Ludeskan Puluhan Rumah di Kotabaru, Inhil
- Lebaran Aman, Polisi di Bengkalis Sambangi Rumah Ditinggal Mudik
- Diduga Sarang Pungli, Pos TLLK di Lintas Riau-Sumbar Dibongkar Polres Kampar
- Curi Komponen Alat Berat, Pria Ini Diringkus Polsek Tapung Hulu
- Yamaha V-Ixion Pemudik Terjun ke Sungai di Tambusai, 2 Korban Luka
- Belasan Kios di Pasar Logar, Kuansing Ludes Terbakar
- Gara-gara Marah Pacar Digoda, Pemuda Tembilahan Hulu Ini Dibacok
- Pedoman bagi Pengguna Jalan Saat Mudik,
Polres Kampar Terbitkan Buku Panduan Jalur Lintas Barat

- Sepekan sebelum dan Sesudah Pilgubri, Seluruh Tempat Hiburan di BS, Bengkalis Wajib Tutup


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com