Home > Hukum >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 19 April 2019 16:31
Empat ABK Kapal BG Maju Tewas Terjebak di Bunker

Jum’at, 19 April 2019 16:06
Tentang PSU/PSL, KPU Belum Terima Rekomendasi Resmi

Jum’at, 19 April 2019 14:46
Bawa Sabu 20 Gram, Pengunjung Rutan Sialang Bungkuk Diamankan Petugas Rutan

Jum’at, 19 April 2019 12:45
Viral di Medsos Suara Prabowo Hilang 100,
KPU Dumai Akui Salah dan Minta Maaf


Jum’at, 19 April 2019 11:30
Bupati Kuansing Serahkan Dana Hibah untuk Ponpes di Gunung Toar

Jum’at, 19 April 2019 08:00
Bawaslu Riau Rekomendasikan 98 TPS Gelar PSL dan PSU

Kamis, 18 April 2019 18:59
Hari Warisan Dunia, Disbud Riau Beri Lestarikan Cagar Budaya

Kamis, 18 April 2019 17:29
Melalui Teleconference, Bupati Kampar Laporkan Pemilu di Kampar Aman dan Lancar

Kamis, 18 April 2019 17:03
Bupati Minta Warga Tunggu Hasil Resmi KPU

Kamis, 18 April 2019 16:39
‎Bupati Rohul Minta Disparbud Kelola Objek Wisata Air Panas di Desa Air Panas

loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 15 April 2019 21:01
Irwasda Polda Riau Pimpin Apel Serpas Personel BKO dan Polres Kampar untuk Pam TPS

Ketua Tim Pamatwil Polda Riau untuk Wilayah Hukum Polres Kampar berikan arahan kepada personel Pam TPS. Tindakan tegas diberikan kepada pihak yang mengganggu jalanya pemilihan.

BANGKINANG - Bertempat di Lapangan upacara Mapolres Kampar, Senin (15/4/2019) telah dilaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Personel BKO Polda dan Personil Polres Kampar yang akan melaksanakan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019.

Apel dipimpin Irwasda Polda Riau Kombes Pol M.Z. Muttaqien selaku Ketua Tim Pamatwil Polda Riau untuk Wilayah Hukum Polres Kampar.

Apel diikuti Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira dan anggota Tim Pamatwil Polda Riau yakni Dirlantas Polda Riau Kombes Pol FX Bhirawa Braja Paksa, Kabid TI Polda Riau Kombes Pol Adang Suherman, Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Adang Azhar dan anggota Timsus Polda Riau untuk Polres Kampar serta pejabat utama Polres Kampar.

Peserta apel terdiri dari personil BKO Polda Riau dan Polres Kampar yang akan melaksanakan pengamanan TPS di wilayah hukum Polres Kampar serta personel BKO Brimob Polda Riau.

Irwasda Polda Riau Kombes Pol M.Z. Muttaqien dalam amanatnya menyampaikan, salah satu tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) polisi dalam Pemilu ini adalah pengamanan TPS yang meliputi pendistribusian kotak suara dan surat suara serta mengamankan pelaksanaan proses pemungutan suara dan penghitungan suara.

"Personil Polri hanya mengamankan lokasi di luar TPS kecuali bila diminta oleh pihak penyelenggara, dalam hal-hal tertentu yang membutuhkan bantuan petugas kepolisian," ujar mantan Kapolres Kampar itu.

Ia menambahkan, personil polisi hendaknya memprioritaskan pengamanan kotak suara beserta surat suara dan mengantisipasi semua potensi kerawanan dan gangguan pada pelaksanaan pemungutan suara maupun penghitungan suara. "Lakukan tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemungutan suara maupun perhitungan suara dan yang membahayakan jiwa orang banyak," imbuhnya.

Pada kesempatan ini Irwasda juga menyampaikan beberapa penekanan tentang hal-hal yang menjadi atensi saat pengamanan TPS antara lain, agar personil Polri datang lebih awal dan cek kesiapan TPS dan berkordinasi dengan KPPS maupun petugas keamanan lainnya dari TNI maupun Linmas. Kemudian personil polisi kenali para petugas KPPS, Linmas, TNI, kepala desa serta Ketua RT/ RW dan jalin komunikasi serta sinergitas.

Untuk diketahui bahwa pemilih yang sudah mendaftar ke panitia dan mengantri untuk memilih dapat terus memberikan hak suaranya walaupun telah lewat pukul 13.00 WIB.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira dalam arahannya menyampaikan, tahapan demi tahapan Pemilu telah dilalui dengan baik hingga tahap masa tenang saat ini. Hari ini merupakan hari terakhir untuk pendistribusian logistik Pemilu ketingkat PPK.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus diatensi petugas selain pengamanan TPS yaitu pengawalan kotak suara dari PPS ke TPS dan saat pengembaliannya hingga ke PPK. "Hampir semua petugas Pam TPS akan mengawasi lebih dari satu TPS bahkan hingga delapan TPS. Untuk itu agar dilakukan koordinasi dengan KPPS maupun pihak keamanan lainnya," ucap Andri.

Kepada para Kapolsek ia mengharapkan agar menjelaskan situasi daerahnya kepada personil yang akan melaksanakan pengamanan, jangan sampai ada celah untuk melakukan pelanggaran terutama saat pencoblosan. "Pahami aturan dan ketentuan tentang pelaksanaan pemungutan suara, seperti apabila ada masyarakat yang sudah mendaftar ke panitia untuk memilih dan mengantri, dapat terus memberikan hak suaranya walaupun telah lewat pukul 13.00 WIB," terangnya.

Selanjutnya mengenai proses penghitungan suara di TPS, apabila telah lewat pukul 24.00 WIB dan belum selesai, dapat meneruskan proses penghitungannya hingga pukul 12.00 WIB keesokan harinya, dan apabila ada permasalahan agar dilaporkan secara berjenjang.

Mengakhiri arahannya Kapolres Kampar menyampaikan bahwa apa yang dilakukan saat ini tidak hanya untuk Polda Riau akan tetapi ini juga untuk bangsa Indonesia. "Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dan selamat bertugas," imbuh Kapolres.

Setelah pelaksanaan apel para personil yang akan bertugas pengamanan TPS didampingi Kapolsek masing-masing di wilayah penugasannya, berangkat menuju Polsek untuk kemudian melaksanakan apel dan menerima arahan dari Kapolsek.***(man)

Loading...


Berita Hukum lainnya..........
- Empat ABK Kapal BG Maju Tewas Terjebak di Bunker
- Bawa Sabu 20 Gram, Pengunjung Rutan Sialang Bungkuk Diamankan Petugas Rutan
- Selesai Pemilu, Polres Kuansing Akan Gelar Perkara Kasus Alfitra Salam
- Korupsi Dana KUR, Pegawai BRI Teluk Belitung, Meranti Dituntut 7 Tahun Penjara
- Bikin Keluarga Berantakan, Dugaan Selingkuh Oknum DPRD Kuansing Diharap Cepat Tuntas
- Irwasda Polda Riau Pimpin Apel Serpas Personel BKO dan Polres Kampar untuk Pam TPS
- Polda Riau Tetapkan 15 Tersangka Pelaku Pembakar Lahan
- PUPR Buat Laporan ke Polsek Bukit Raya,
Baut dan Penangkal Petir Jembatan Siak IV Dicuri OTK

- Gondol Rokok.Rp1.5 M, Polda Riau Buru Otak Rampok Mobil Box Sampoerna
- Polres Kuansing Pastikan Penyelidikan Kasus Dugaan Perselingkuhan Oknum Dewan Berlanjut
- Diterkam Buaya Jasad Bocah 5 Tahun di Temukan Utuh Sejauh 30 Kilometer
- Picu Lakalantas 3 Tewas, Forul LLAJ Kampar Ingatkan Bahaya U-Turn Ilegal
- ‎Terduga Pengedar Sabu di Desa Sejati Ditangkap Polisi Rohul
- Sepekan Hilang, Bocah Perempuan 5 Tahun di Bonai Rohul Ditemukan Membusuk dalam Parit
- Aparat Hukum Diminta Tindak Tegas Jual Beli Penambangan Pasir Ilegal di Bengkalis
- Dua Kaki Pelaku Dilumpuhkan,
Pelaku Curas di Rumah Janda Bertambah Jadi 5 Orang, Begini Kronologinya

- Tiga Dokter RSUD Arifin Achmad dan Dua Rekanan Terjerat Korupsi Pengadaan Alkes Dituntut Hukuman Berbeda
- Dihadapan Ratusan Pencaker di Duri, Kadisnakertrans Bengkalis Berharap Peserta Serius
- Dua Dilumpuhkan Dengan Timah Panas, Lima Perampok di Rohul Diringkus
- Termasuk Pelajar, Polisi Ringkus Pengedar Ganja dan Sabu Puluhan Paket di Bengkalis


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com