Demo 4 - with Navigation Buttons
VISI : 'MENJADIKAN INDRAGIRI HILIR BERJAYA DAN GEMILANG TAHUN 2025'


19/06/2017 15:19
Bupati Wardan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Siak 2017

18/06/2017 17:56
Bukti Kinerja Pemkab Inhil,
Raih Banyak Penghargaan Jelang Milad ke-52

17/06/2017 10:56
Dirancang Lebih Meriah, Pemkab Inhil Mulai Bahas Pawai Takbir Idul Fitri 1438 H

16/06/2017 07:12
Bupati Teken MoU Kerjasama Pembangunan Rumah ASN dan Jaminan Kesehatan Masyarakat

16/06/2017 06:58
Ketua PMI Inhil Ajak Masyarakat Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup

  Ahad, 14 Mei 2017 06:55
Ketua TP PKK Inhil Tinjau Pembentukan Kampung KB Desa Lintas Timur

Riauterkini-KERITANG-Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikhah berharap pembentukan kampung KB di Inhil dapat memberikan motivasi bagi warga agar dapat berpartisipasi dalam program KB demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pernyataan ini dikemukakan Zulaikhah saat meninjau pembentukan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Lintas Timur, Kecamatan Keritang bersama Bupati Inhil H Muhammad Wardan, Kamis (11/5/17).

Desa Lintas Timur, menurut Zulaikha Wardan merupakan salah satu dari sejumlah kawasan perdesaan yang ditunjuk untuk membentuk kampung KB.

"Penunjukan ini di latarbelakangi oleh tingkat partisipasi KB yang rendah dari keluarga yang berada di Desa Lintas Timur, Kecamatan Keritang ini," katanya disela kunjungan kepada wartawan.

Secara umum, Zulaikhah Wardan menjelaskan, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"Sedangkan, tujuan khususnya, adalah untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan," terangnya.

Kedepannya, ia berharap pembentukan kampung KB, khususnya di Desa Lintas Timur, Kecamatan Keritang dapat memberikan motivasi bagi Desa lainnya agar dapat berpartisipasi dalam program KB demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sedangkan Bupati Inhil H Muhammad Wardan juga menerangkan, pengukuhan kampung KB, seperti halnya yang dilakukan di Desa Lintas Timur merupakan salah satu langkah untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kalau boleh meminjam istilah klasik 'Banyak Anak, banyak Rezeki', itu memang benar. Namun demikian, selaku orang tua sudah semestinya kita senantiasa mengukur kemampuan kita, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan keluarga," terang Bupati Wardan.

Kebutuhan pokok keluarga, khususnya bagi anak, menurut Bupati Wardan merupakan hal yang krusial. Salah satu contoh adalah kebutuhan akan pendidikan dan keseimbangan gizi yang akan berdampak pada terciptanya SDM yang berkualitas.

"Kasihan melihat seorang anak yang masih dalam masa pertumbuhan harus tidak bisa menempuh pendidikan, tidak bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang dari orang tua mereka. Padahal, anak ini sepenuhnya adalah tanggung jawab dari orang tua mereka," tuturnya.

Maka itu, Bupati Wardan berharap, para orang tua dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan program KB melalui kampung KB agar kehidupan, khususnya bagi Sang anak dapat terencana secara matang.

Pada kunjungan ini, Ketua TP PKK, Hj Zulaikha Wardan bersama Bupati Inhil, HM Wardan disuguhi Kerupuk Tempe dan Kerupuk Sukun yang merupakan kuliner khas Desa Lintas Timur, Kecamatan Keritang hasil swa-produksi masyarakat setempat.***(adv/diskominfo/mar).

 
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR © 2013
Home  |  Website Resmi  |  Riauterkini.com