Demo 4 - with Navigation Buttons
VISI : 'MENJADIKAN INDRAGIRI HILIR BERJAYA DAN GEMILANG TAHUN 2025'


23/10/2018 12:40
Bupati Inhil dan Ketua TP PKK Hadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

15/10/2018 10:57
Bupati Inhil Harapkan Prestasi Qori dan Qoriah di Ajang MTQ Riau Mendatang

14/10/2018 09:51
Bupati Inhil Buka Penyelenggaraan MTQ Ke - 48 Tahun 2018

13/10/2018 14:56
Bupati Lepas Defile Pawai Ta'ruf dan Bazar MTQ ke-48 Kabupaten Inhil di Kecamatan GAS

12/10/2018 14:03
Bupati Inhil Lantik 6 Penjabat Kepala Desa Sekaligus

9/10/2018 20:43
Pembangunan Turab di Parit 6 Inhil, Warga Sekitar Lakukan Pembongkaran Rumah

9/10/2018 07:33
Bupati Inhil Hadiri Grebek Suro dan Kirab Budaya di Kecamatan Kempas

7/10/2018 13:52
Tinjau Infrastruktur, Bupati Inhil Dampingi Gubernur Riau Terpilih

4/10/2018 15:59
Bupati Serahkan Bantuan 25 Pompong Fiber dan Alat Tangkap Buat Nelayan di Inhil

3/10/2018 21:53
Sekda Inhil Launching Sistem Informasi e-Office Berbasis Web di Lingkungan Setda

  Senin, 17 September 2018 16:15
Bupati Inhil Hadiri Sosialisasi SPIP

Bupati Wardan hadiri Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP. Acara digelar pihak inspektorat bekerjasama dengan perwakilan BPKP Riau.

RIAUTERKINI-TEMBILAHA-Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Senin (17/9/18) di Gedung Engku Kelana, Tembilahan.

Sosialisasi yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Inhil ini bekerjasama dengan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Hal - hal yang berkenaan dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dalam sosialisasi disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin.

Dasar penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Sedangkan, SPIP sendiri merupakan upaya yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dalam sambutannya mengharapkan, penerapan SPIP dapat menciptakan budaya pengawasan terhadap organisasi dan kegiatan sehingga mampu mendeteksi secara dini potensi penyimpangan yang akan terjadi dan meminimalisir tindakan yang dapat merugikan negara.

Melihat pentingnya penerapan SPIP dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik maka, dikatakan Bupati, pimpinan instansi/organisasi harus dapat menjadikan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pada unit kerja terkecil tapi hingga kepada masing-masing individu.

Selain berada dalam kerangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, HM Wardan mengatakan, SPIP juga merupakan upaya membentuk mekanisme administratif saja tetapi juga upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku (soft factor).

"Peraturan yang ada bukan merupakan akhir namun merupakan awal dari langkah perbaikan. Oleh Karena itu, implementasi SPIP sangat bergantung kepada komitmen, teladan pimpinan dan niat baik dari seluruh elemen dan pejabat dan pegawai instansi pemerintah," tutup Bupati.

Dalam sosialisasi, 11 OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil berhasil meraih penghargaan Penilaian Maturitas SPIP Level 3 dari Perwakilan BPKP Wilayah Riau yang diterima secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan.

Usai menerima penghargaan, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengucapkan terima kasih atas kerja keras Inspektorat dan sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil yang meraih penghargaan.

Untuk mencapai hasil ini, Inspektorat sudah memulai langkah sejak Maret 2017 sehingga bisa berhasil mencapai penilaian maturitas level 3 dengan memenuhi 5 unsur dalam SPIP dimaksud.

Adapun unsur - unsur SPIP yang dinilai, mengacu pada konsep Sistem Pengendalian Intern yang dikemukakan oleh The Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO) meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern.***(adv).

 
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR © 2013
Home  |  Website Resmi  |  Riauterkini.com