Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Ahad, 22 Juli 2018 12:51
Dua Komunitas Pamer Hewan Kesayangan di RTH Putri Kaca Mayang

Ahad, 22 Juli 2018 11:53
Polsek Tambusai Utara, Rohul Tangkap 3 Remaja Doduga Bobol Rumah Warga

Ahad, 22 Juli 2018 11:48
Purna Diklatpim III Angkatan I Pemprov Riau Tanam Pohon di Kampus BPSDM

Ahad, 22 Juli 2018 09:40
BEM UR Gelar Aksi Malam Horor untuk Pertamina

Sabtu, 21 Juli 2018 21:32
Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten, Kafilah Kuantan Tengah Berhak Bonus dari Wabup Kuansing

Sabtu, 21 Juli 2018 21:25
Meriahkan HBA Ke-58, Bupati Sukiman Ramaikan Gerak Jalan Santai Kejari Rohul

Sabtu, 21 Juli 2018 18:27
IWARA Taja Program Jumat Berbagi

Sabtu, 21 Juli 2018 14:45
Pemkab Inhil Gandeng APMI Hadirkan Prof Wisnu Gardjito

Sabtu, 21 Juli 2018 14:01
Mahal, Warga Talukkuantan Tak Sanggup Beli Ayam

Sabtu, 21 Juli 2018 10:39
Cuaca Berawan, Hujan Ringan Berpotensi Terjadi di Riau


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 4 Juli 2018 22:07
Gandeng Berbagai Instansi,
PT Musim Mas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Karlahut


Membuktikan komitmennya terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla, PT Musim Mas menggelar pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- PT Musim Mas berkomitmen penuh terhadap pencegahan dan pengendalian terjadinya, Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Salah satu bukti nyata, perusahaan perkebunan kelapa sawit ini Rabu (4/7/18) menggelar pelatihan dengan menggandeng berbagai instansi terkait.

Pelatihan tersebut dipusatkan digedung serba guna, komplek Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Musim Mas didesa Batang Kulim kecamatan Pangkalan Kuras.

Sementara, pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut merupakan agenda rutin dilakukan PT Musim Mas. Tahun 2018 pihak perusahaan bekerjasama dengan TNI, Polri, Dinas Perkebunan, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Manggala Agni, Satpol PP Pemadaman Kebakaran dan Tim Masyarakat Peduli Api (MPA).

Tampak hadir pada pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut ini antara lain, General Manajer (GM) PT Musim Mas, Jerry didampingi Humas perusahaan Ibrahim dan ratusan karyawan lainnya.

Sementara dari intansi pemerintah tampak pula hadir Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran, Abu Bakar FE, Edwin dari Manggala Agni, Adnan, SH Camat Pangkalan Lesung, perwakilan Disbun Pelalawan, Perwakilan Dinas Linkungan Hidup, Perwakilan TNI, Perwakilan Polsek kecamatan Pangkalan Kuras dan Pangkalan Lesung, serta Kades Batang Kulim Niskausar.

Jerry General Manajer PT Musim Mas dalam sambutannya, menegaskan bahwa agenda pelatihan dan pengendalian pencegahan Karlahut ini merupakan agenda rutin tahunan. Menurutnya, pelatihan tersebut dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Tujuan dari kegiatan ini tambah dia adalah bentuk komintmen perusahaan terhadap terjadinya, kebakaran lahan dan hutan, baik yang berada di areal perusahaan maupun dilahan masyarakat berbatasan langsung dengan PT Musim Mas.

Untuk pencegahan Karlahut lanjutnya, PT Musim Mas sendiri telah melakukan berbagai upaya kepada masyarakat. Misalnya, memberikan penghargaan (reward) bagi desa-desa yang berhasil mempertahankan tidak terjadi Karlahut dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu pula, PT Musim Mas juga mengucurkan bantuan alat berat kepada masyarakat yang membuka kebun baru. Alat berat ini disediakan bagi warga membuka lahan baru tanpa membakar.

Sementara itu camat Pangkalan Lesung, Adnan SH, menyambut baik kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut yang ditaja PT Musim Mas. Namun sesungguhnya, Karlahut tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak.

Apalagi imbuhnya, Karlahut ini sudah menjadi issu nasional bahkan internasional. "Apabila terjadi Karlahut kita dapat teguran, makanya pemerintah memberikan sanksi yang tegas. Jadi Karlahut ini sudah menjadi tanggung jawab semua pihak," tandasnya. Abu Bakar selaku Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran kabupaten Pelalawan berterus terang bahwa pelatihan Karlahut yang ditaja PT Musim Mas merupakan kegiatan untuk kedua kalinya, yang dirinya langsung hadir disini.

"Ini adalah kegiatan kedua yang saya hadir disini. Tahun ini dan pada tahun kemarin," ujarnya.

Ia berharap kepada pihak perusahaan tetap melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut setiap tahunnya. Begitu juga, untuk reward kepada desa agar dipertahankan, kapan perlu dintingkatkan.

Pelatihan, pencegahan dan pengendalian Karlahut tersebut juga digelar simulasi pemadaman kebakaran. Pada simulasi ini, melibatkan dua unit mobil Damkar milik PT Musim Mas, juga melibatkan regu pemadaman kebakaran perusahaan.***(feb)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita lainnya..........
- Cuaca Berawan, Hujan Ringan Berpotensi Terjadi di Riau
- Mudah Terbakar, BRG Pasang Alat Pengukur Air di Lahan Gambut
- Tim Gabungan Padamkan Karlahut di Medang Kampai, Dumai
- Hasil Labor Pastikan 122 Warga Kampar Keracunan Bakteri Echoli di Makanan Pesta Nikah
- Jumlah Hotspot di Riau Mulai Berkurang
- Petani di Kuansing Berhasil Budidayakan Cabe Lebih Tinggi dari Orang Dewasa
- Maksimalkan Padamkan Karhutla, BNPB Kirim Heli MI-171 ke Riau


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com