Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Kamis, 21 Pebruari 2019 12:35
Polres Bengkalis Musnahkan Puluhan Bal Pakaian Bekas dan Ratusan Karung Bawang Ilegal

Kamis, 21 Pebruari 2019 10:39
PT Ramajaya Pramukti Gandeng Tiga Lembaga Wujudkan Peremajaan Kelapa.Sawit di Kampar

Kamis, 21 Pebruari 2019 09:19
Ketika Legislator Bagus Santoso Takjub Sekaligus Prihatin Melihat Obyek Wisata Air Sikabau Jaya

Kamis, 21 Pebruari 2019 08:17
237 Honorer Lulus Administrasi P3K  Pemkab Bengkalis

Rabu, 20 Pebruari 2019 23:00
Edarkan Shabu, Pasangan Suami Istri Warga Karya Indah ini diciduk Polsek Tapung

Rabu, 20 Pebruari 2019 20:51
Bupati Inhil Pimpin Rapat Penyelesaian Kredit Kelompok Tani Dengan BNI

Rabu, 20 Pebruari 2019 18:07
Bersama IBI Pekanbaru, Disdalduk KB Siap Wujudkan KKBPK

Rabu, 20 Pebruari 2019 17:50
Syamsuar dan Edy Natar Diajak Jenguk Ruang Penjara KPK

Rabu, 20 Pebruari 2019 17:36
Dinsos Bengkalis Sosialisasikan Penyaluran Bansos Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai

Rabu, 20 Pebruari 2019 17:34
Dilantik Presiden,
Bupati Bengkalis Siap Dukung Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Baru



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 4 Juli 2018 22:07
Gandeng Berbagai Instansi,
PT Musim Mas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Karlahut


Membuktikan komitmennya terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla, PT Musim Mas menggelar pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- PT Musim Mas berkomitmen penuh terhadap pencegahan dan pengendalian terjadinya, Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Salah satu bukti nyata, perusahaan perkebunan kelapa sawit ini Rabu (4/7/18) menggelar pelatihan dengan menggandeng berbagai instansi terkait.

Pelatihan tersebut dipusatkan digedung serba guna, komplek Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Musim Mas didesa Batang Kulim kecamatan Pangkalan Kuras.

Sementara, pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut merupakan agenda rutin dilakukan PT Musim Mas. Tahun 2018 pihak perusahaan bekerjasama dengan TNI, Polri, Dinas Perkebunan, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Manggala Agni, Satpol PP Pemadaman Kebakaran dan Tim Masyarakat Peduli Api (MPA).

Tampak hadir pada pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut ini antara lain, General Manajer (GM) PT Musim Mas, Jerry didampingi Humas perusahaan Ibrahim dan ratusan karyawan lainnya.

Sementara dari intansi pemerintah tampak pula hadir Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran, Abu Bakar FE, Edwin dari Manggala Agni, Adnan, SH Camat Pangkalan Lesung, perwakilan Disbun Pelalawan, Perwakilan Dinas Linkungan Hidup, Perwakilan TNI, Perwakilan Polsek kecamatan Pangkalan Kuras dan Pangkalan Lesung, serta Kades Batang Kulim Niskausar.

Jerry General Manajer PT Musim Mas dalam sambutannya, menegaskan bahwa agenda pelatihan dan pengendalian pencegahan Karlahut ini merupakan agenda rutin tahunan. Menurutnya, pelatihan tersebut dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Tujuan dari kegiatan ini tambah dia adalah bentuk komintmen perusahaan terhadap terjadinya, kebakaran lahan dan hutan, baik yang berada di areal perusahaan maupun dilahan masyarakat berbatasan langsung dengan PT Musim Mas.

Untuk pencegahan Karlahut lanjutnya, PT Musim Mas sendiri telah melakukan berbagai upaya kepada masyarakat. Misalnya, memberikan penghargaan (reward) bagi desa-desa yang berhasil mempertahankan tidak terjadi Karlahut dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu pula, PT Musim Mas juga mengucurkan bantuan alat berat kepada masyarakat yang membuka kebun baru. Alat berat ini disediakan bagi warga membuka lahan baru tanpa membakar.

Sementara itu camat Pangkalan Lesung, Adnan SH, menyambut baik kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut yang ditaja PT Musim Mas. Namun sesungguhnya, Karlahut tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak.

Apalagi imbuhnya, Karlahut ini sudah menjadi issu nasional bahkan internasional. "Apabila terjadi Karlahut kita dapat teguran, makanya pemerintah memberikan sanksi yang tegas. Jadi Karlahut ini sudah menjadi tanggung jawab semua pihak," tandasnya. Abu Bakar selaku Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran kabupaten Pelalawan berterus terang bahwa pelatihan Karlahut yang ditaja PT Musim Mas merupakan kegiatan untuk kedua kalinya, yang dirinya langsung hadir disini.

"Ini adalah kegiatan kedua yang saya hadir disini. Tahun ini dan pada tahun kemarin," ujarnya.

Ia berharap kepada pihak perusahaan tetap melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut setiap tahunnya. Begitu juga, untuk reward kepada desa agar dipertahankan, kapan perlu dintingkatkan.

Pelatihan, pencegahan dan pengendalian Karlahut tersebut juga digelar simulasi pemadaman kebakaran. Pada simulasi ini, melibatkan dua unit mobil Damkar milik PT Musim Mas, juga melibatkan regu pemadaman kebakaran perusahaan.***(feb)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita lainnya..........
- Hujan Lebat, Beberapa Desa Kebanjiran di Kuansing
- Sambut Hari Peduli Sampah 2019, Polair, FKPM dan Netral 'Bungkus' Sampah Pantai di Bengkalis
- Lahan Gambut di Pulau Bengkalis Terbakar
- Gajah Masuk Rumbai, BBKSDA Turunkan Tim
- Dukung Status Siaga Karhutla di Riau,
BPBD Ajukan Pengadaan Helikopter Water Boombing ke Pusat

- Gubri Tetapkan Status Siaga Karhutla Hingga Oktober Mendatang
- Cuaca Buruk Tunda MoU Bidang Perdata dan TUN BRK dengan Kejati Riau


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com