Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Kamis, 20 September 2018 22:18
BUMDes di Kampar Diminta Berinovasi Kembangkan Usaha

Kamis, 20 September 2018 22:10
Pria Setengah Abad di Duri, Bengkalis Ditemukan Tewas Tergantung

Kamis, 20 September 2018 20:18
Wagubri Sempat Menangis Ceritakan Pertama Kenal Andi Rachman

Kamis, 20 September 2018 20:03
KPU Kampar Umumkan DCT Pileg DPRD Kampar 2019

Kamis, 20 September 2018 19:59
Soal GP Anshor, LAM Riau Tetap Inginkan Harmonisasi

Kamis, 20 September 2018 19:55
KPU Kuansing Tetapkan 431 DCT Pileg 2019

Kamis, 20 September 2018 19:19
KPU Bengkalis Tetapkan 638 DCT Caleg 2019

Kamis, 20 September 2018 18:58
Kadiskoperasi : APBD Pekanbaru Minim untuk Pemberdayaan Masyarakat Usia Produktif

Kamis, 20 September 2018 18:55
Tabrakan Truck Tangki Vs Fuso Macetkan Jalan Lintas Duri - Dumai

Kamis, 20 September 2018 17:21
Tingkatkan Kualitas,
30 Petugas RSUD Bengkalis Digembleng Pelatihan Komunikasi Efektif



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 4 Juli 2018 22:07
Gandeng Berbagai Instansi,
PT Musim Mas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Karlahut


Membuktikan komitmennya terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla, PT Musim Mas menggelar pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- PT Musim Mas berkomitmen penuh terhadap pencegahan dan pengendalian terjadinya, Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Salah satu bukti nyata, perusahaan perkebunan kelapa sawit ini Rabu (4/7/18) menggelar pelatihan dengan menggandeng berbagai instansi terkait.

Pelatihan tersebut dipusatkan digedung serba guna, komplek Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Musim Mas didesa Batang Kulim kecamatan Pangkalan Kuras.

Sementara, pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut merupakan agenda rutin dilakukan PT Musim Mas. Tahun 2018 pihak perusahaan bekerjasama dengan TNI, Polri, Dinas Perkebunan, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Manggala Agni, Satpol PP Pemadaman Kebakaran dan Tim Masyarakat Peduli Api (MPA).

Tampak hadir pada pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut ini antara lain, General Manajer (GM) PT Musim Mas, Jerry didampingi Humas perusahaan Ibrahim dan ratusan karyawan lainnya.

Sementara dari intansi pemerintah tampak pula hadir Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran, Abu Bakar FE, Edwin dari Manggala Agni, Adnan, SH Camat Pangkalan Lesung, perwakilan Disbun Pelalawan, Perwakilan Dinas Linkungan Hidup, Perwakilan TNI, Perwakilan Polsek kecamatan Pangkalan Kuras dan Pangkalan Lesung, serta Kades Batang Kulim Niskausar.

Jerry General Manajer PT Musim Mas dalam sambutannya, menegaskan bahwa agenda pelatihan dan pengendalian pencegahan Karlahut ini merupakan agenda rutin tahunan. Menurutnya, pelatihan tersebut dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Tujuan dari kegiatan ini tambah dia adalah bentuk komintmen perusahaan terhadap terjadinya, kebakaran lahan dan hutan, baik yang berada di areal perusahaan maupun dilahan masyarakat berbatasan langsung dengan PT Musim Mas.

Untuk pencegahan Karlahut lanjutnya, PT Musim Mas sendiri telah melakukan berbagai upaya kepada masyarakat. Misalnya, memberikan penghargaan (reward) bagi desa-desa yang berhasil mempertahankan tidak terjadi Karlahut dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu pula, PT Musim Mas juga mengucurkan bantuan alat berat kepada masyarakat yang membuka kebun baru. Alat berat ini disediakan bagi warga membuka lahan baru tanpa membakar.

Sementara itu camat Pangkalan Lesung, Adnan SH, menyambut baik kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut yang ditaja PT Musim Mas. Namun sesungguhnya, Karlahut tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak.

Apalagi imbuhnya, Karlahut ini sudah menjadi issu nasional bahkan internasional. "Apabila terjadi Karlahut kita dapat teguran, makanya pemerintah memberikan sanksi yang tegas. Jadi Karlahut ini sudah menjadi tanggung jawab semua pihak," tandasnya. Abu Bakar selaku Kakan Satpol PP Pemadaman Kebakaran kabupaten Pelalawan berterus terang bahwa pelatihan Karlahut yang ditaja PT Musim Mas merupakan kegiatan untuk kedua kalinya, yang dirinya langsung hadir disini.

"Ini adalah kegiatan kedua yang saya hadir disini. Tahun ini dan pada tahun kemarin," ujarnya.

Ia berharap kepada pihak perusahaan tetap melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karlahut setiap tahunnya. Begitu juga, untuk reward kepada desa agar dipertahankan, kapan perlu dintingkatkan.

Pelatihan, pencegahan dan pengendalian Karlahut tersebut juga digelar simulasi pemadaman kebakaran. Pada simulasi ini, melibatkan dua unit mobil Damkar milik PT Musim Mas, juga melibatkan regu pemadaman kebakaran perusahaan.***(feb)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita lainnya..........
- Badai Tropis Mangkhut Usai,
Potensi Hujan Lebat di sejumlah wilayah Indonesia Meningkat

- Pekan Pertama September, Kasus DBD di Pekanbaru Sudah 242
- Bersama Forum RTRW, Lurah Airputih Siap Wujudkan Aksi Pekanbaru Bersih
- Dinas PUPR Pekanbaru Imbau Warga Tak Dirikan Bangunan di Bantaran Sungai
- BKSDA Riau Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RPJP TN Zamrud
- Bikin Jera Pembuang Sampah Sembarangan, Pemko Pekanbaru Ancam Sanksi Maksimal
- Ini dia Penyebab Banjir di Sungai Sail:
Bangunan di Tengah Sungai, Sampah dan Ketidak Pedulian Masyarakat



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com