1/08/2018 07:35
Wabup Meranti Meninjau Rehab Rumah Bantuan Kemensos RI di Tebing Tinggi Timur

30/07/2018 19:01
Mahasiswa Kukerta dan Kelompok DARLING Meranti Tanam Seribu Mangrove

30/07/2018 16:56
Polda Riau Amankan 3 Ton Kayu Ilegal Jenis Meranti

29/07/2018 14:26
Pondok Tahfidz Nurul Qur'an,
Alumninya Sudah Jadi Imam di Teluk Meranti hingga Kuliah di Yaman

27/07/2018 21:55
Habib Hamidi dan Sri Astuti Terpilih Sebagai Bujang Dara Meranti 2018

26/07/2018 22:12
Ribuan Masyarakat Saksikan Malam Grand Finalis Bujang Dara Meranti 2018

26/07/2018 16:52
Hadirkan Ustadz Abdul Somad,
Bupati dan Wabup Meranti Ajak Masyarakat Ramaikan Malam Tabligh Akbar 12 Agustus 2018

25/07/2018 19:44
Bupati Meranti Lantik 13 Pj Kades

24/07/2018 19:44
PT RAPP Sosialisasikan Pencegahan dan Bahaya Karhutla pada 54 Sekolah di Meranti

23/07/2018 15:43
Said Hasyim Lepas Pawai Ta'aruf dan Resmi Bazar MTQ X Kabupaten Kepulauan Meranti

  Jum’at, 26 Januari 2018 08:06
LHE AKIP Diserahkan Menpan- RB, Kinerja Pemkab Meranti 2017 Raih Nilai B

Bupati Meranti Irwan Nasir menerima LHE AKIP dari Menteri PAN dan RB. Kinerjanya dinilai positif dan meraih nilai B.

Riauterkini - BATAM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) B (Baik) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

Hasil penilaian ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB), Dr H Azman Abnur SE MSi, Kamis (25/1/18) kepada Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.

Dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2017 Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat, bertempat di Hotel Radisson Golf & Convetion Centre Batam, Jalan Sudirman, Kota Batam.

Hasil yang diperoleh dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2017 ini tentunya sangat membanggakan bagi Kabupaten penghasil Sagu terbesar di Provinsi Riau tersebut.

Karena dari hasil terburuk (SAKIP D) yang didapat pada tahun 2016 lalu, sehingga menjadi salah satu Kabupaten yang terbaik ditahun 2017 untuk wilayah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau. Bersama Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

"Ini bukti komitmen kami yang dengan sungguh-sunguh berusaha memperbaiki nilai SAKIP, meskipun target kami sebelumnya adalah BB atau B+, namun hasil ini cukup memuaskan, tapi untuk tahun depan kami akan mengupayakan nilai 'A'," ujar Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.

Untuk itu, Orang nomor satu dari Kepulauan Sagu itu meminta kepada seluruh OPD untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah, agar kedepan targat LHE AKIP 'A' dapat tercapai. "Semoga tahun depan kita meraih LHE AKIP 'A',"tutur Politisi PAN itu.

Seperti diketahui dalm rangka memperbaiki masalah Akuntabilitas Pelaporan Keuangan dan Kinerja Pelayanan Publik. Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengintruksikan kepada seluruh OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntable, cepat, tepat sasaran, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia yang didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi real dilapangan.

Dengan raihan ini, Kata Menpan-RB RI Azman Abnur, Kepualaun Meranti telah layak menjadi daerah percontohan di Riau dalam pengelolaan LAKIP. "Saya yakin jika menerapkan sistem yang terintegrasi Meranti bisa jadi model di Sumatera," ucap Dr. H. Azman Abnur SE M.Si seperti Kota Bandung dan Bayuwangi yang mengantongi nilai LAKIP A.

Dalam arahannya dihadapan Gubernur, Bupati/Walikota Se-indonesia, Adam Abnur mengungkapkan, LHE AKIP merupakan amanat dari PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

LHE AKIP ini dilakukan Kemen PAN-RB terhadap seluruh kabupaten/kota wilayah I yang terdiri dari Bangka Belitung, Sumatera, Jabar dan Banten, dan Kemenpan-RB menargetkan tahun depan (2019.red) seluruh Pemerintah Daerah paling rendah meraih nilai SAKIP B. Sebelum memberikan arahan menteri PAN-RB melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU.

"Kami pasang target kenaikan nilai SAKIP dari tahun 2015 - 2017 mulai dari dominan di C dan bahkan ada yang D, maka di tahun 2017 harus C dan ini terus ditingkatkan menjadi B di tahun depan. Dan kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya akan sampaikan bahwa kepala daerah tersebut gagal," jelas Asman.

Sepert diinformasikan, e-SAKIP REVIU yang bertujuan untuk melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. Dengan demikian tambahnya pemborosan dapat dihindari dan outcomepun jelas.

" Harus jelas. Jangan ada lagi kegiatan yang tidak jelas dan yang tidak menunjang visi dan misi, Dan mulai tahun ini kami fokus pada program e- SAKIP untuk efisiensi anggaran dan kegiatan," tegas Azman Abnur.

Melalui aplikasi menurutnya tidak perlu lagi datang ke jakarta untuk konsultasi dan lain sebagainya Karena melalui aplikasi tersebut pihaknya dapat melakukan pendampingan dan menjawab konsultasi dari pihak terkait.

Level III SPIP

Untuk diketahui, Hebatnya lagi, bukan hanya nilai SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti yang naik level, dalam hal pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-udangan. Kabupaten Meranti juga meraih Level III Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Daerah.***(Adv/rud)

 
PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI © 2017
Home  |  Website Resmi  |  Riauterkini.com