30/04/2019 16:33
Terbukti Korupsi Dana KUR, Hakim Vonis Pegawai BRI di Meranti 6 Tahun Penjara

29/04/2019 17:12
Diduga Bagi-bagi Magic Com dan Drum,
Caleg PKB Kepulauan Meranti Jalani Sidang di PN Bengkalis

24/04/2019 13:37
Gelapkan Dana Desa,
Mantan Kades di Meranti dan Tiga Stafnya Dituntut 2 Hingga 5 Tahun Penjara

16/04/2019 12:05
Korupsi Dana KUR, Pegawai BRI Teluk Belitung, Meranti Dituntut 7 Tahun Penjara

11/04/2019 12:50
BBKSDA Riau Lacak Harimau Serang Sapi Warga Teluk Meranti

2/04/2019 16:18
KPU Riau Ambil Alih Tugas KPU Meranti

28/03/2019 18:18
Parisman Ihwan Gelar Kampanye Terbuka di Meranti Pandak

26/03/2019 11:20
KPU Riau Sosialisasikan Pemilu di Kelurahan Sri Meranti

15/03/2019 07:23
Halgustar Mengukuhkan Sahabat Jokowi-Amin Kepulauan Meranti

14/03/2019 16:26
Oknum Caleg Penghina Wabup Meranti Diadili

  Kamis, 1 Nopember 2018 13:49
Jalin Silaturahmi,
PWI Meranti Kunjungi PT Timah di Pulau Kundur


atas nama silaturahmi, pengurus dan anggota PWI Kepulauan Meranti, mengunjungi PT Timah Wilayah Operasional Kepri dan Riau di Pulau Kundur Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Riauterkini-KUNDUR - Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti, Rabu (31/10/18) mengunjungi PT Timah Wilayah Operasional Kepri dan Riau di Pulau Kundur Kabupaten Tanjungbalai Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Rombongan langsung disambut Wakil Kepala Unit Produksi, Tonggo P Situmorang, Sekretaris Wilayah PT Timah Pulau Kundur, Eko Yori Faruza dan sejumlah karyawan lainnya.

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Ahmad Yuliar, S.IKom, menjelaskan maksud kunjungan tersebut merupakan perkenalan sekaligus mengetahui kegiatan operasional perusahaan negara itu dalam mengolah timah.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa PT Timah memiliki wilayah operasional yang masuk ke wilayah Kepulauan Meranti" kata Ahmad.

Dalam kesempatan itu, laki-laki yang akrab disapa Amek itu juga meminta PT Timah untuk memberikan informasi dan edukasi kepada awak media sehingga masyarakat ataupun pihak lainnya mendapatkan keterangan yang benar.

"Artinya kita bisa melawan informasi yang tidak benar atau hoax terkait operasional perusahaan," jelasnya.

Wakil Kepala Unit Produksi, Tonggo menuturkan bahwa PT Timah secara resmi beroperasi di wilayah Meranti pada 03 Oktober 2018 lalu namun baru dalam tahap persiapan dan belum memulai aktifitas produksi.

"Wilayah Meranti itu masuk dalam izin usaha pertambangan Daftar Urut (IUP DU) 956 yang masuk dalam dua kabupaten, Meranti dan Karimun," ujar Tonggo.

Sedangkan terkait PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) sebagai perusahaan yang sebelumnya beroperasi di wilayah tersebut dan telah membangun smelter di Pulau Topang, Tonggo menyebutkan WPJ tetap menjadi mitra PT Timah dalam hal pengolahan biji timah menjadi logam.

"Namun tetap dibawa ke Unit Kundur untuk pelabelan merek dan pemasaran, baik ekspor maupun kebutuhan dalam negeri. Karena secara aturan yang memegang hak penjualan adalah PT Timah," sebut Waka Unit Produksi itu.

Sementara itu, Sekretaris Wilayah PT Timah Unit Kundur, Eko Yori Faruza mengatakan meski belum memulai proses produksi pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial atau Corporate Social Responbility (CSR) di Kepulauan Meranti.

"Ini sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan, terutama bagi masyarakat yang terdampak langsung dengan operasional penambangan," kata Yori.

Berbagai program CSR tersebut diantaranya, pinjaman dana bergulir dengan bunga 3 persen pertahun, bantuan alat pemadam kebakaran, bantuan hewan ternak dan sembako serta bantuan lainnya.

"Kami membuka diri untuk program pembangunan masyarakat terutama pengembangan ekonomi," ujarnya lagi.

Selain diajak berkeliling melihat proses peleburan timah hingga siap ekspor di pabrik pengolahan unit Kundur, PWI Meranti juga sempat menjajali lapangan futsal dengan pertandingan persahabatan melawan jajaran karyawan perusahaan BUMN itu. Dalam laga tersebut, tim futsal PWI Meranti unggul 5-2. *(rud)

 
PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI © 2017
Home  |  Website Resmi  |  Riauterkini.com