Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 21 Oktober 2017 07:34
Waka DPRD Riau Bantu Murid Nunggak SPP dan Dikeluarkan Sekolah

Sabtu, 21 Oktober 2017 07:26
Pemuda Ujung Batu, Rohul Taja Turnamen Futsam Peringati Sumpah Pemuda

Jum’at, 20 Oktober 2017 22:12
DPP PDIP Benarkan SK Usung M Harris-Yopi Ariyanto di Pilgubri 2018

Jum’at, 20 Oktober 2017 21:32
Ajak Kawula Muda Malming di Mesjid,
Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Gelar Talkshow Jodis


Jum’at, 20 Oktober 2017 21:25
Leher Terlilit Lakban,
Mayat Pria di Parkiran Bandara SSK II Pekanbaru Gegerkan Warga


Jum’at, 20 Oktober 2017 19:51
Dikepung Seribuan Pendemo, di DPRD Riau Hanya Dua Wakil Rakyat

Jum’at, 20 Oktober 2017 19:43
Enam Ruko dan Rumah Permanen di Ujung Batu Ludes Terbakar

Jum’at, 20 Oktober 2017 19:10
Sejak Januari, Ratusan Guru Honor MA Bengkalis Tidak Terima TP

Jum’at, 20 Oktober 2017 19:05
Peringati Sumpah Pemuda,
Riau Siapkan Deklarasi Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi


Jum’at, 20 Oktober 2017 18:47
Aksi di DPRD Riau, Massa BEM Se-Riau Sempat Sandera Satu Unit Mobil Tanki BBM



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Jum’at, 17 Maret 2017 06:03
Mahasiswa FKIP UR Gelar Peduli Pendidikan di Siak

Sebagai calon guru, mahasiswa yang tergabung dalam BEM FKIP UR adakan kepedulian pendidikan yang ada di Indonesia. Mahasiswa ini menggelar APP di Siak dengan berbagai kegiatan mendidik.

Riauterkini-SIAK-Salah satu aspek yang menunjukkan majunya sebuah bangsa adalah kualitas pendidikan. Saat ini Indonesia dapat dikatakan memiliki kualitas pendidikan yang sangat rendah dibandingkan dengan beberapa negara di ASEAN, contohnya seperti Malaysia.

Meskipun kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatikan, masih ada generasi-generasi penerus bangsa yang peduli dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UR. Untuk menunjukkan rasa peduli dan rasa tanggung jawab sebagai calon guru masa depan, pengurus BEM FKIP melakukan suatu gerakan peduli pendidikan khususnya di daerah Riau, yang diberi nama Aksi Peduli Pendidikan (APP).

Gerakan aksi peduli pendidikan merupakan agenda tahunan, dimana tujuan dari aksi ini ialah untuk mengabdikan diri sebagai bentuk perwujudan tri dharma perguruan tinggi. Pada tahun ini aksi peduli pendidikan 2017 mengusung tema "Satu Langkah Berjuta Makna untuk Pendidikan yang Lebih Baik". Tempat diberlangsungkannya APP kali ini ialah di Desa Temusai Kecamatan Bungaraya, Siak.

Dengan mengangkat tema satu langkah kecil untuk pendidikan yang lebih baik, diharapkan memberikan dampak yang positif bagi warga desa. Terdapat beberapa kegiatan yang bermanfaat selama APP berlangsung. Dihari pertama, Jumat 10 Maret 2017, acara yang diadakan adalah temu ramah bersama kepala desa dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WIB, dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dilakukan pada siang hari di Aula Balai Desa. Acara dibuka oleh kepala desa atau biasa disebut dengan Penghulu Desa Temusai. Malam harinya posko panitia didatangi anak-anak untuk mengaji bersama.

Hari berikitnya(Sabtu, 11 Maret 2017), acara diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan, yaitu dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Beberapa rangkaian acara adalah senam bersama yang dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk tingkat TK. Kemudian penyuluhan bahaya narkoba, pergaulan bebas dan media sosial yang menghadirkan pemateri dari Kepolisian Bunga Raya. Acara dilanjutkan dengan lomba rangking 1 untuk tingkat SMP yang dilaksanakan di SMPN 2 Bunga Raya. Ditempat yang berbeda dilangsungkan pula acara penyuluhan bahaya bahan adiktif pada makanan dan cek kesehatan gratis. Acara dilanjutkan pada malam hari dengan dilaksanakannya wirit bersama warga desa di Masjid Darussalam Desa Temusai.

Dihari ketiga (Minggu, 12 Maret 2017), acara berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 13.30 WIB. Kegiatan dibuka dengan dilakukannya senam pagi bersama warga Desa Temusai, dilanjutkan dengan acara memasak bersama ibu-ibu yang berada di Dusun1,2, dan 3. Sedangkan para suami melakukan penanaman bibit pohon durian di sebagian jalan lintas Siak-Bengkalis. Pada pukul 11.00 WIB dilangsungkannya acara pelepasan panitia APP 2017 yang dipimpin langsung oleh sekretaris Desa Temusai. Acara ditutup dengan makan bersama dan penyerahan kenang-kenangan oleh Gubernur Mahasiswa FKIP UR.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan selama 3 hari di Desa Temusai, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwasanya pendidikan dapat mengarahkan masyarakat menjadi lebih baik. Ketika pendidikan masyarakat baik maka secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. Dan ketika pendidikan dapat mengubah taraf hidup masyarakat, maka saat itu pulalah kualitas pendidikan Indonesia sudah mulai pulih.***(rls)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Sejak Januari, Ratusan Guru Honor MA Bengkalis Tidak Terima TP
- Peringati Sumpah Pemuda,
Riau Siapkan Deklarasi Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi

- Kantongi Akreditasi B, STAILe Kini Sejajar dengan PT Ternama di Indonesia
- Kadisdik Bengkalis Taja Silaturrahmi dan Bimtek Guru di Duri
- Koleksi 2.700 Buku, Perpustakaan DPRD Bengkalis Juara II Lomba se-Riau
- Berikan Piagam Penghargaan,
Bupati Pelalawan Motivasi 1500 Siswa SMA Kelas 12

- Terluka saat Bentrokan, Dua Mahasiswa UR Harus Dirawat Inap di Rumah Sakit


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.166.150.10
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com