Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Ahad, 17 Desember 2017 18:04
Hindari Macet, Andi Jemput SK DPP PDIP Naik Ojek

Ahad, 17 Desember 2017 18:01
Puluhan Tim Pemadam Kebakaran RAPP Tambah Kompetensi di Situgal

Ahad, 17 Desember 2017 16:51
Kerancuan Regulasi Gambut Ancaman Serius Iklim Investasi Indonesia

Ahad, 17 Desember 2017 16:34
Andi-Suyatno Dapat Dukungan Resmi PDIP di Pilgubri 2018, Yopi Langsung 'Merapat'

Ahad, 17 Desember 2017 15:34
Gelorakan Ajaran Bung Karno, Repdem Rekrut Kader Muda di Siak

Ahad, 17 Desember 2017 15:28
4 Sepeda Motor Jadi Doorprize Gerak Jalan HUT ke-9 Kabupaten Kepulauan Meranti

Ahad, 17 Desember 2017 15:15
Kecam Pernyataan Trump, Ratusan Muslim di Duri Gelar Aksi Damai

Ahad, 17 Desember 2017 14:48
Resmi Diusung PDIP, Suyatno Ajak Kader Partainya dan Masyarakat Menangkan Pilgubri 2018

Ahad, 17 Desember 2017 14:24
Ditutup Wagubri, Pekanbaru Juara Umum MTQ ke-36 Riau di Dumai

Ahad, 17 Desember 2017 14:03
Dewan Bengkalis Tekankan RT dan Dinsos Tak Persulit Masyarakat Kurang Mampu




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Jum’at, 17 Maret 2017 06:03
Mahasiswa FKIP UR Gelar Peduli Pendidikan di Siak

Sebagai calon guru, mahasiswa yang tergabung dalam BEM FKIP UR adakan kepedulian pendidikan yang ada di Indonesia. Mahasiswa ini menggelar APP di Siak dengan berbagai kegiatan mendidik.

Riauterkini-SIAK-Salah satu aspek yang menunjukkan majunya sebuah bangsa adalah kualitas pendidikan. Saat ini Indonesia dapat dikatakan memiliki kualitas pendidikan yang sangat rendah dibandingkan dengan beberapa negara di ASEAN, contohnya seperti Malaysia.

Meskipun kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatikan, masih ada generasi-generasi penerus bangsa yang peduli dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UR. Untuk menunjukkan rasa peduli dan rasa tanggung jawab sebagai calon guru masa depan, pengurus BEM FKIP melakukan suatu gerakan peduli pendidikan khususnya di daerah Riau, yang diberi nama Aksi Peduli Pendidikan (APP).

Gerakan aksi peduli pendidikan merupakan agenda tahunan, dimana tujuan dari aksi ini ialah untuk mengabdikan diri sebagai bentuk perwujudan tri dharma perguruan tinggi. Pada tahun ini aksi peduli pendidikan 2017 mengusung tema "Satu Langkah Berjuta Makna untuk Pendidikan yang Lebih Baik". Tempat diberlangsungkannya APP kali ini ialah di Desa Temusai Kecamatan Bungaraya, Siak.

Dengan mengangkat tema satu langkah kecil untuk pendidikan yang lebih baik, diharapkan memberikan dampak yang positif bagi warga desa. Terdapat beberapa kegiatan yang bermanfaat selama APP berlangsung. Dihari pertama, Jumat 10 Maret 2017, acara yang diadakan adalah temu ramah bersama kepala desa dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WIB, dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dilakukan pada siang hari di Aula Balai Desa. Acara dibuka oleh kepala desa atau biasa disebut dengan Penghulu Desa Temusai. Malam harinya posko panitia didatangi anak-anak untuk mengaji bersama.

Hari berikitnya(Sabtu, 11 Maret 2017), acara diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan, yaitu dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Beberapa rangkaian acara adalah senam bersama yang dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk tingkat TK. Kemudian penyuluhan bahaya narkoba, pergaulan bebas dan media sosial yang menghadirkan pemateri dari Kepolisian Bunga Raya. Acara dilanjutkan dengan lomba rangking 1 untuk tingkat SMP yang dilaksanakan di SMPN 2 Bunga Raya. Ditempat yang berbeda dilangsungkan pula acara penyuluhan bahaya bahan adiktif pada makanan dan cek kesehatan gratis. Acara dilanjutkan pada malam hari dengan dilaksanakannya wirit bersama warga desa di Masjid Darussalam Desa Temusai.

Dihari ketiga (Minggu, 12 Maret 2017), acara berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 13.30 WIB. Kegiatan dibuka dengan dilakukannya senam pagi bersama warga Desa Temusai, dilanjutkan dengan acara memasak bersama ibu-ibu yang berada di Dusun1,2, dan 3. Sedangkan para suami melakukan penanaman bibit pohon durian di sebagian jalan lintas Siak-Bengkalis. Pada pukul 11.00 WIB dilangsungkannya acara pelepasan panitia APP 2017 yang dipimpin langsung oleh sekretaris Desa Temusai. Acara ditutup dengan makan bersama dan penyerahan kenang-kenangan oleh Gubernur Mahasiswa FKIP UR.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan selama 3 hari di Desa Temusai, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwasanya pendidikan dapat mengarahkan masyarakat menjadi lebih baik. Ketika pendidikan masyarakat baik maka secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. Dan ketika pendidikan dapat mengubah taraf hidup masyarakat, maka saat itu pulalah kualitas pendidikan Indonesia sudah mulai pulih.***(rls)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Tanoto Foundation dan RAPP Gelar Kampanye Membaca di Dua Kabupaten
- Melalui SBT, SIS Serahkan Satu Unit Suzuki Baleno kepada SMK Taruna Satria Pekanbaru
- Beasiswa CD PT RAPP,
Sempat Putus Asa Tidak Ada Biaya, Pemuda Kampar Ini Akhirnya Bisa Kuliah

- Mie Rebus Medan Sabet Juara I UMRI Entrepreneur Award 2017
- Terkait Program PEDP, Dutabear Kanada Kunjungi PCR
- PT RAPP Berikann Puluhan Beasiswa untuk Mahasiswa
- Tingkatkan Kerjasama, UIR Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT SPR


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.226.34.209
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com