Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 18 Nopember 2017 17:38
MUI Kuansing Lakukan Pemetaan Aliran Sesat

Sabtu, 18 Nopember 2017 16:52
Dishub Dumai Segera Tertibkan Travel Ilegal

Sabtu, 18 Nopember 2017 15:03
Diduga Frustasi dengan Penyakitnya,
Seorang Bapak di Gunung Toar Nekad Gantung Diri


Sabtu, 18 Nopember 2017 13:32
1x24 Jam Napi Bandar Narkoba Malaysia Kabur,
Tiga Petugas Kemenkum HAM Lakukan Pemeriksaan 4 Petugas Lapas Bengkalis


Sabtu, 18 Nopember 2017 12:39
Kapolres Kampar Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Sabtu, 18 Nopember 2017 11:41
Asah Kemampuan, Personel Inhil Taja Latihan Bongkar Pasang Senjata SS1

Sabtu, 18 Nopember 2017 11:38
Duta Rohul, Desa Bangun Jaya Juara Pertama Desa Per PHBS Riau 2017

Sabtu, 18 Nopember 2017 09:48
Bupati Inhil Buka Perkemahan Karya di Kecamatan Keritang

Sabtu, 18 Nopember 2017 09:45
Meriahkan Milad Ke-108, Muhammadiyah Pekanbaru Taja Pawai Ta'aruf

Sabtu, 18 Nopember 2017 09:10
Jatuh ke Sungai Saat Merawai,
Penderita Epilepsi di Concong, Inhil Tewas Tenggelam




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Selasa, 29 Agustus 2017 11:17
Bupati Harris Pimpin Upacara Dirgahayu Pramuka ke-56

Digelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 tingkat Kabupaten Pelalawan. Prosesinya dipimpin Bupati M Harris.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Bupati Pelalawan HM Harris memimpin Upacara Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017, dilapangan taman kreatif, Selasa (29/8/17). Pada kesempatan tersebut bupati menyampaikan sambutan, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Dr. Adhiyaksa Dault.

Pada kesempatan itu ia mengucapkan selamat HUT Pramuka Ke-56 Tahun 2017. Menurutnya, gerakan pramuka yang tersebar dari sabang sampai merauke dan dari miangas sampai Pulau rote, dari pelosok desa terpencil sampai ke kota dan perwakilan luar negeri di kedutaan besar dan konsulat jenderal merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

Dikatakannha gerakan kepanduan sebagai cikal bakalgerakan pramuka telah ada di bumi pertiwi sejak masa penjajahan belanda tepatnya pada tahun 1912, yang perlu dipahami bahwa filosofi dan nilai nilaikepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia, yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris.

Setelah para pandu Indonesia yang merintis sumpahpemuda tahun 1928 dan mendorong proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, dan kemudian berkembang menjadi banyak organisasi kepanduan. Presiden Soekarno melihat potensi dan militansi kepanduan yang perlu dipupuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bung Karno menyatukan organisasi-organisasi kepanduan itu menjadi gerakan pramuka dengan diterbitkannya Keputusan Presiden no. 238 tahun 1961.

Gerakan Pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Gerakan pramuka harus berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. Pesan Bung Karno ketika itu.

Dengan mengusung tema hari pramuka ke-56 tahun 2017 yaitu “Bekerja Untuk KaumMuda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”, mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya.

Setahun lalu, Bapak Presiden RI selaku Ketua Mabinas gerakan pramuka mengingatkan kita untuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial. Dan pramuka telah merespons dengan cepat. Saat ini, gerakan pramuka memiliki tagline yaitu “Setiap Pramukaadalah Kantor Berita”, yang artinya bahwaanggota pramuka harus lebih aktif, produktif, dan Kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan di sekitarnya. Menolak berita palsu atau hoax. Pramuka tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. Selain memberitakan informasi di media sosial, pramuka juga merespons dan menolongnya di tempat. Inilah spirit baru gerakan pramuka di era digital. Keberadaan gerakan pramuka baik di media Sosial maupun di dunia nyata harus lebihterasa kehadirannya. Bukan sekedar untuk dirinya, tapi juga untuk masyarakat yang lebih luas.

Selaku ketua Kwarda gerakan pramuka Pelalawan Harris mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, kepada Pemerintah, kami berharap agar gerakan pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasikan visi-misinya, khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum mudaIndonesia di seluruh tanah air. "Sebab, kita sangat yakin bahwa pramuka inilah garda terdepan bangsa, garda terdepan pancasila, yang merupakan aset penting bagi keutuhan NKRI," imbuhnya.

Gerakan pramuka telah mencapai usia 56 tahun merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telahmemberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar. Kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi kaum muda dan bangsa IndonesiaDalam gerakan pramuka inilah tidak adanya sekat-sekat politik, daerah, agama, dan terlebur menjadi Kebhinekaan yang indah.

Untuk itu, Bupati menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orangtua dan guru, agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

Pada kesempayan itu Bupati mengharapkan betul kepada seluruh jajaran pramuka utamanya anggotadewasa baik sebagai majelis pembimbing,andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.

Gerakan pramuka sebagai lembagapendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Hal ini mengingat pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. Sedangkan peranan keluarga sebagai pelaku pendidikan informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan gerakan pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi dewasa ini. Kerjasama sinergisAntara lembaga pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan Informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan demi mewujudkan kaum muda yang lebih baik.

Untuk mencapai visi gerakan pramuka, menurut Bupati masih harus kerja keras jajaran pramuka untuk mewujudkannya dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai Stakeholders baik dengan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Saya mengajak para ketua Kwarda, Kwarcab, Kwarran gerakan pramuka dan parapembina gugus depan di seluruh Indonesia,marilah kita bersama-sama meningkatkankualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.***(feb)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 
jujuhahe
Where online easy slots are worried, link you have complete variety as well as full may to do whatever you desire. You will definitely love all those you wish to love and also whenever you seem like loving all of them. Most individuals offer the right to


loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Meriahkan Milad Ke-108, Muhammadiyah Pekanbaru Taja Pawai Ta'aruf
- Uji Skil, SMKN 1 Tamut Taja SOS Camp Competition III 2017
- Gubri Beri Kuliah Umum di Politeknik Dumai
- Tiga Siswa SMA Mutiara Harapan Borong Gelar Juara di 2nd English Contest Unilak
- Dukung Percepatan Pembangunan,
Aji Pekanbaru Taja Lokakarya Jurnalistik sosialisasi Satu Peta di Riau

- Perlu Perhatian Pemerintah,‎
Siswa SMP LPMD Suka Maju Rohul Numpang Belajar di Bangunan Tua

- Ini Jawaban Bupati Rohul Ketika Ditanya Mahasiswi UPP Kebijakan dalam Mengatasi Pengangguran


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.225.36.143
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com