Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 24 Mei 2019 22:02
Imigrasi Bengkalis Santuni Anak Panti Asuhan

Jum’at, 24 Mei 2019 21:49
Pemkab Bengkalis Ingatkan Seluruh Perusahaan Segera Bayarkan THR

Jum’at, 24 Mei 2019 21:41
Buka Puasa Bersama Ramadhan, PT EDI Rohul Salurkan Bantuan dan Berbagi dengan Kaum Dhuafa

Jum’at, 24 Mei 2019 21:38
Safari Ramadan 1440 H, Wagubri Shalat Tarawih dan Serahkan Bantuan di Mesjid Agung Al Huda Tembilahan

Jum’at, 24 Mei 2019 20:15
Serunya Midnight Sale di Mal SKA, Diskon Melimpah Sampai 70 Persen

Jum’at, 24 Mei 2019 19:29
Mahasiswa UR Taja Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau

Jum’at, 24 Mei 2019 19:15
Buka Bersama Pengurus, Apindo Gandeng ACI NUS Gelar Survey Daya Saing Usaha 2019

Jum’at, 24 Mei 2019 19:11
Kutuk Tindakan Represif, HMI Pekanbaru Minta Kapolri Dicopot

Jum’at, 24 Mei 2019 17:24
Berbagi Berkah Ramadan, Alumni Unri RAPP Santuni Anak Yatim

Jum’at, 24 Mei 2019 17:08
Tanggapi Pendemo, Waka DPRD Riau Janji Akan Sampaikan Tuntutan Hingga ke Pusat


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 12 Maret 2019 17:01
Pengurus Organisasi ‎Mahasiswa UPP Rohul Dibekali Latihan Dasar Kepimpinan

Mahasiswa UPP Rohul tergabung di sejumlah organisasi kemahasiswaan dibekali Latsar Kepimpinan selama tiga hari. Penyelenggara mengundang sejumlah narasumber berkompeten.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP)‎ Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tergabung di sejumlah organisasi kemahasiswaan dibekali Latihan Dasar Kepimpinan selama tiga hari. Latihan selama tiga hari ini mengundang sejumlah narasumber berkompeten.

Di hari pertama Latihan Dasar Kepimpinan, Selasa (12/3/2016), Rektor UPP Dr. Adolf Bastian M.Pd, juga melantik sejumlah pengurus organisasi mahasiswa periode 2019-2020, seperti Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, DPM Universitas, Gubernur dan Wakil Gubernur, DPM Fakultas, Bupati dan Wakil Bupati, dan Ketua UKM seluruh Fakultas.

‎Latihan Dasar Kepemimpinan yang menghadirkan sejumlah narasumber dipusatkan di aula kampus merupakan salah satu upaya dilakukan kampus UPP dalam "Menuju Kampus Teknopreneur 2035".

Rektor UPP Adolf Bastian mengatakan ada beberapa narasumber yang akan mengisi Latihan Dasar Kepimpinan kepada mahasiswa UPP, seperti mantan Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad M.Si, Dandim 0313/KPR, Kapolres Rokan Hulu dan Kajari Rokan Hulu.

Adolf mengatakan untuk pertama kalinya atau model baru pemilihan presiden mahasiswa Gubernur dan Bupati yang dilakukan UPP secara serentak dua bulan yang lalu.

"Kita mencontoh apa yang berubah di negara kita bahwa pemilihan pejabat eksekutif legislatif bisa dilakukan serentak‎," jelas Adolf.

Adolf menuturkan pada hari ini ada 70 mahasiswa yang dilantik, di antaranya sebagaia Presiden Universitas, Gubernur dan Bupati yang dipilih dari Himpunan Mahasiswa.

Setelah dilantik, sambung Adolf, pengurus organisasi kemahasiswaan ini tentunya harus dibekali dengan latihan dasar kepemimpinan, sehingga benar-benar menjadi pimpinan yang amanah.

Adolf mengaku ada tiga pokok terpenting dari Latihan Dasar Kepemimpinan ini. Pertama, menitikberatkan kepada kepentingan kepemimpinan dan motivasi. Kedua, mahasiswa juga akan dibekali pengetahuan hukum dan sosial budaya. Dan ketiga, adalah pengetahuan kewirausahaan atau teknopreneur.

Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan tersebut, tambah Adolf, UPP menghadirkan beberapa narasumber, seperti 3 narasumber dari Rokan Hulu seperti Kapolres Rokan Hulu AKBP M. Hasyim Risahondua‎ dan Kajari Rokan Hulu yang akan memberikan materi tentang hukum Undang-Undang.

Tokoh agama, Direktur Bank Mandiri, serta mengundang narasumber dari alumni UPP yang telah sukses di lingkungan masyarakat, yakni Yusro Fadli, Tokoh Muda Rokan Hulu juga mantan Kepala Desa Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto.

"Kita berharap ini menjadi landasan awal bagi mereka memimpin selama setahun ini," harapnya.

Adolf mengaku Latihan Dasar Kepemimpinan dilakukan sampai tiga tahapan. Latihan sendiri sebagai bentuk tanggung jawab dalam Tri Dharma Perguruan Tnggi.

"Di samping pendidikan, pengajaran dan penelitian juga ada pengabdian pada masyarakat. Salah satunya adalah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mampu merespon dinamika perubahan di masyarakat," pungkas Adolf.

Sementara, Achmad, mantan Bupati Rokan Hulu dua periode juga diundang sebagai narasumber mengatakan pada Latihan Dasar Kepemimpinan dirinya berbagi pengalaman dengan mahasiswa.

"Karena pengalaman itu sangat penting sekali. Teori ada karena ada pengalaman, jadi kita kombinasikan," jelas Achmad.

Menurutnya, orang berhasil bukanlah orang yang berpangku tangan dan sekedar bercita-cita saja, namun harus kerja dengan semangat yang keras.

"Dan semangat keras itu sekarang mereka ada di bangku kuliah. Mereka harus semangat spirit untuk menuntut ilmu," ujarnya.

Menurut Achmad ilmu akan menjadi seorang mahasiswa punya strong leadership, yakni kompetensi, pengalaman, komitmen atau Istiqomah.

"Kita coba berikan mereka pengalaman-pengalaman kita, sehingga memberikan motivasi mereka untuk ke depan ini," tambahnya.

Selain itu Achmad berpesan kepada pengurus organisasi mahasiswa yang baru dilantik untuk melaksanakan amanah sebaik mungkin. Diakuinya, amanah harus sesuai perbuatan atau perkataan.

Namun demikian, tambahnya, perbuatan amanah yang sudah dipikulkan tidak bisa dikerjakan sendiri, namun harus membangun tim work atau jaringan dunia.

Achmad juga menyarankan ke mahasiswa UPP agar terus membangun mitra dan bangun jaringan. Selain itu, ada empat pesan Achmad ke mahasiswa UPP, yakni Sidiq, Amanah, Patonah,‎ dan tabligh.***(zal)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Mahasiswa UR Taja Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau
- Guru, Wali Murid dan Pelajar SMAN 2 Bengkalis Santuni Anak Yatim dan Anak Kurang Mampu Belasan Juta Rupiah
- Gedung Baru SDN 019 Air Hitam,Kuansing Diresmikan
- 10 Tahun Terbengkalai, Pemkab Siak Kembali Lanjutkan Pembangunan SDN 01 di 2020
- Gencar Ditolak, Kamenag Kuansing Bahas Pergantian Kepala MAN 1 Telukkuantan
- Demi Selamatkan MAN 1 Telukkuantan, Kepsek Baru Diminta Mundur
- Buntut Pertukaran Kepala MAN 1 Telukkuantan, Kemenag Kuansing Diduga Perjualbelikan Jabatan


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com