Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Kamis, 18 Juli 2019 13:14
BAZ Puji Unit Pengumpul Zakat Disdik Pekanbaru

Kamis, 18 Juli 2019 12:57
Kelak Perda KLA Jadi Dasar Kebijakan Pembangunan Bebasis Hak Anak di Pekanbaru

Kamis, 18 Juli 2019 11:01
Sukseskan Pacu Jalur 2019, ASN Goro Bersihkan Hotel Kuansing

Kamis, 18 Juli 2019 10:53
Pertamina EP Asset 1 Lirik Field Bersihkan Ceceran Crude Oil

Kamis, 18 Juli 2019 10:22
Seorqng PNS, Polda Riau Amankan 30 Pengunjung Tempat Hiburan di Pekanbaru

Kamis, 18 Juli 2019 10:14
Cari Solusi Penyelamatan, Komisi I DPRD Pelalawan Kunjungi AKN Bengkalis

Kamis, 18 Juli 2019 08:31
TNI Selalu Bersama Rakyat, Anggota Satgas TMMD ke-105 Kodim 0313/KPR Bantu Pencari Rumput

Kamis, 18 Juli 2019 07:19
Kapolda Riau Lepas 100 Personil BKO ke Polda Papua

Rabu, 17 Juli 2019 18:55
Dilepas Ketua KONI Kampar, Atlet PODSI Kampar Diharapkan Cetak Prestasi Diajang KIDBF 2019

Rabu, 17 Juli 2019 18:17
Bupati Bangga Tim Bola Voly Pelajar Rohul Juarai Piala Gubri, Bonus Belum Terfikirkan


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Sabtu, 15 Juni 2019 17:31
Mantap, Perpusdes Jangkang, Bengkalis Wakili Riau Lomba Tingkat Nasional

Perpusdes Jangkang, Bengkalis diutus mewakili Provinsi Riau mengikuti perlombaan tingkat nasional untuk kategori perpustakaan desa. Sebelumnya, perpustakaan ini menjadi Terbaik Pertama tingkat Riau.

Riauterkini-BENGKALIS- Perpustakaan Desa (Perpusdes) Jangkang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis diutus mewakili Provinsi Riau mengikuti perlombaan tingkat nasional untuk kategori perpustakaan desa. Diutusnya Perpusdes Jangkang tersebut setelah berhasil dinobatkan sebagai Terbaik Pertama perlombaan di tingkat Provinsi Riau ditaja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, pada Mei 2019 lalu.

Alhamdulillah Perpusdes Jangkang berkesempatan mewakili Riau dalam perlombaan tingkat nasional. Karena sebulan yang lalu Perpusdes Jangkang terpilih sebagai Terbaik Pertama lomba Perpusdes Provinsi Riau diikuti oleh enam kabupaten," ungkap Kepala Desa Jangkang, Edi Sutrisno, SE beberapa waktu lalu.

Pemerintah Desa (Pemdes) Jangkang menurut Edi akan terus berkomitmen memajukan, dan meningkatkan sarana prasarana Perpusdes, hal tersebut terbukti karena setiap tahunnya ada bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes.

“Dengan bantuan dana desa untuk membangun Perpusdes, maka tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat akan lebih cepat terwujud, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda di Desa Jangkang,” terangnya.

Sebelumnya disampaikan Pengelola Perpusdes Jangkang, Elissa. Adapun kriteria penilaian terdapat sebelas kriteria penilaian sesuai standar nasional. Yakni, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan.

Kemudian, kreteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Perpusdes Jangkang berdiri tahun 2014, saat ini memiliki 1.272 judul buku, meliputi buku karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains/murni, ilmu terapan, kesenian/olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi dan peta.

“Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah/hibah dan juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan,” kata wanita yang akrab disapa Lisa ini.

Lisa menambahkan, Perpusdes Jangkang memiliki program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Untuk program kerja jangka pendek yakni, memperkenalkan/mempromosikan Perpusdes kesekolah dan seluruh kalangan masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebulan sekali, kemudia memfasilitasi Perpusdes sesuai kebutuhan pembaca, dilaksanakan sesuai jam kerja, dan memperkenalkan Perpusdes pada kelompok PKK, agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar keluarga.

Kemudian program kerja jangka menengah yakni dengan memberikan reward (penghargaan) kepada pemustaka, hal tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya program jangka panjang yakni membuat pondok baca diluar gedung perpustakaan, menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Perpusdes Jangkang akan melakukan persiapan untuk tingkat nasional.***(dik)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Temui Dirut LPDP, Gubri Harap Beasiswa untuk Mahasiswa Riau
- Hari Pertama Masuk Sekolah, Ortu di Kuansing Semangat Antar dan Temani Anak
- Mahasiswa KUKERTA Universitas Riau Ajarkan Warga Rempak Buat Stick dari Kulit Singkong
- Nelayan Bengkalis Bergabung ke KMP untuk Permudah Peroleh Susuka dan Asuransi
- Optimalkan Proses Belajar Mengajar Siswa, Disdik Pekanbaru Gabungkan 18 Sekolah
- Perpusdes Jangkang, Bengkalis Akan Dijadikan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
- Sempat Diprotes Warga,, Merger Tiga SDN di Pekanbaru Berjalan Lancar


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com