Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Senin, 21 Oktober 2019 21:52
Balon Bupati Ikut Diundang di Musancab Demokrat Rohul Sabtu Pekan ini

Senin, 21 Oktober 2019 20:57
Hibah Rp39 M, Akan Dibangun Pipa Distribusi Air Bersih di Bengkalis dan Bukitbatu

Senin, 21 Oktober 2019 20:37
Konsolidasi Pembangunan, Gubri Temui Anggota DPR RI Asal Riau

Senin, 21 Oktober 2019 20:18
Mendaftar ke Nasdem, Masuri akan Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Senin, 21 Oktober 2019 19:28
Pendaftaran Jabatan BRK Cuma Ada Empat Pelamar

Senin, 21 Oktober 2019 19:22
Predikat Penduduk Miskin Tertinggi di Riau,
BMRB Rohul Menilai Pemerintahan Bupati Sukiman Gagal Mengatasi Kemiskinan


Senin, 21 Oktober 2019 18:26
Ambil Formulir di Demokrat dan NasDem, ini Motivasi Murnis Mansyur Maju Pilkada Rohul 2020

Senin, 21 Oktober 2019 17:28
Pasca Diresmikan, BLK Komunitas YP Muhammad Abduh Rohul Langsung Beri Pelatihan Kerja

Senin, 21 Oktober 2019 16:16
Bupati Kuansing Hadiri Rapat Koordinasi dan Teken MoU JKN-KIS 2020

Senin, 21 Oktober 2019 16:14
Wagubri Sampaikan Lima Arahan Jokowi


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 19 Juni 2019 11:01
Dibuka Perdana, Beasiswa 3T Kurang Diminati Tamatan SMA di Bengkalis

Program beasiswa 3T belum kurang diminati tamatan SMA di Bengkalis. Dari jatah 40 hanya 19 pendaftar.

Riauterkini-BENGKALIS- Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menggelar tes tertulis bagi pelajar SMA sederajat di Kabupaten Bengkalis, untuk mendapatkan beasiswa Afirmasi masuk perguruan tinggi di gedung serba guna Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Selasa (18/6/19) .

Kabupaten Bengkalis memiliki kesempatan tersebut karena geografis daerah ini masuk kategori daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), sesuai pemetaan dari Kemeristekdikti.

Pelajar tamatan SMA di Bengkalis yang mengikuti tes tertulis untuk mendapatkan beasiswa Afirmasi berjumlah 19 orang dari kuota yang disediakan Kemeristekdikti berjumlah 40 orang.

Beasiswa yang disediakan dalam program dari Kemenristekdikti ini memang sangat mendukung untuk memajukan pendidikan dalam masa depan daerah-daerah yang masuk kategori 3 T tersebut.

Apabila pelajar yang mengikuti tes tersebut lulus, maka mereka berhak menempuh pendidikan S1 terkenal di Indonesia di luar Provinsi Riau dengan dibiayai oleh negara dalam berbagai kebutuhan saat mengikuti perkuliahan hingga sampai wisuda.

Perwakilan Kemenristekdikti Koekoeh Santoso, disela-sela mengawasi langsung tes tersebut mengatakan, program beasiswa Afirmasi ini sudah berjalan sejak tujuh tahun lalu. Namun untuk di wilayah Kabupaten Bengkalis, baru pertama kali dan tahun ini dilakukan.

"Di Bengkalis untuk melaksanakan tes mengambil pelajar terbaik untuk bisa belajar di perguruan tinggi terbaik. Dan setelah lulus nantinya diharapkan bisa membangun Bengkalis lebih baik. Untuk mengikuti tes ini tidak memerlukan syarat khusus, apabila pelajar ingin mengikuti tes harus mendaftarkan diri secara online ataupun offline melalui Disdik Bengkalis. Selanjutnya harus putra putri asli Bengkalis dan maksimal tamatan selama dua tahun," ujar pria Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Disebutkan, sistem soal tesnya berbeda dengan soal tes masuk melalui jalur umum. Sehingga siswa yang berada yang kekurangan dukungan fasilitas infrastruktur pendidikan (3T) bisa masuk ke perguruan tinggi terbaik yang ada di seluruh Indonesia.

"Setelah mengikuti tes, lulus tidaknya siswa akan diumumkan oleh Kemenristekdikti. Dan bagi yang lulus lulus, akan langsung bisa masuk di perguruan tinggi yang dipilih sesuai yang diinginkan," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura mengatakan, pihaknya memang hanya menfasilitasi pendaftaran dan pelaksanaan seleksi beasiswa Afirmasi. Sedangkan pelaksana program dan seleksi tes langsung dari Kemenristekdikti.

"Tahun ini kuota kita untuk pendaftaran beasiswa Afirmasi sebanyak 40 orang. Namun setelah melakukan sosialisasi dan pembukaan pendaftaran beberapa waktu lalu hanya sebanyak 20 orang  yang mendaftar dan saat pelaksanaan tes hanya 19 orang yang hadir," ungkapnya.

Masih sedikitnya pelajar yang mendaftarkan diri untuk ikut program Afirmasi ini, pihak Kemenristekdikti sudah menyampaikan ke Disdik Bengkalis untuk lebih maksimal melakukan sosialisasi.

"Kemarin memang yang kita terima pendaftaran hanya secara online saja. Namun baru-baru ini kita dapat kabar bisa mendaftar secara offline. Sehingga bagi siswa-siswi lulusan SMA yang ingin mendapatkan beasiswa Afirmasi, bisa mendaftar ke Kantor Disdik," papar Edi.***(dik)

Foto : Belasan pelajar tamatan SMA di Bengkalis ikuti tes untuk ikuti Beasiswa 3T Kemenrestekdikti, Selasa (18/6/19).

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Pasca Diresmikan, BLK Komunitas YP Muhammad Abduh Rohul Langsung Beri Pelatihan Kerja
- Terkesan Diskriminasi,
Kalangan di Bengkalis Kecewa Beasiswa Pemprov Riau Abaikan PT di Pesisir

- Meninggal Usai Ujian, Wisuda Seorang Mahasiwa PCR Digantikan Ayahnya
- Wagubri Harap SMK Dirgantara Riau Terus Berkembang Ciptakan SDM Berkualitas
- Tiga Kandidat Berlaga di Pemilihan Rektor Unilak 2019-2023
- SMAN 1 Mandau Kutip Infaq dan Pungutan Uang ke Siswa untuk Perbaiki Musholla dan Sejahterakan Guru
- SKK Migas Chevron & UIR Bangun Migas Center Pertama di Riau


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com