Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 22 Maret 2019 18:27
Gubri Resmikan Masjid Al Anshor, Wakaf Mantan Bupati Siak Arwis AS

Jum’at, 22 Maret 2019 17:35
Bengkalis Komit Tingkatkan Kapabilitas dan Kapasitas APIP

Jum’at, 22 Maret 2019 17:33
Air Pasang, PKL Batu Enam Rohil Kocar-kacir Selamatkan Dagangan

Jum’at, 22 Maret 2019 17:21
Baru Pemprov dan Lima Kabupaten yang Serahkan LKPD ke BPK Riau

Jum’at, 22 Maret 2019 17:18
Sedang Ukur Tanah, Warga Panam Dikejar Pakai Parang

Jum’at, 22 Maret 2019 16:35
Chevron Sigap Bantu Kebakaran Lahan di Tanah Putih Tanjung Melawan Rohil

Jum’at, 22 Maret 2019 16:29
Amankan Pemilu 2019 di Riau, TNI-Polri Terjunkan 10.650 Personel

Jum’at, 22 Maret 2019 16:17
Tampil Agresif dan Sporty, Suzuki All New Ertiga Sport Dipamerkan di Mal SKA Pekanbaru

Jum’at, 22 Maret 2019 16:14
Gandeng Persada Bunda, Kejati Riau Lakukan Penerangan Hukum

Jum’at, 22 Maret 2019 14:46
Dalam Rangka Pileg dan Pilpres 2019,
Inhil Apel Gelar Pasukan Kesiapan TNI-Polri dan Komponen Bangsa Lainnya


 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 14 Maret 2018 18:58
Untuk Dunia Pendidikan, Alpasirin Minta Perjalanan Dinas Anggota DPRD Rohul Dikurangi

Anggota DPRD Rohul mengaku miris dengan kondisi dunia pendidikan di Negeri Seribu Suluk. Anggaran perjalanan dinas dewan minta dikurangi untuk peruntukan pendidikan.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Alpasirin S.IP, M.IP, meminta perjalanan‎ dinas Anggota DPRD Kabupaten Rohul dikurangi, upaya menghemat anggaran.

Hal itu disampaikan Alpasirin saat Paripurna Penyampaian Tanggapan Bupati‎ Rohul H. Sukiman, menanggapi tanggapan anggota DPRD Rohul terkait 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diajukan Pemkab Rohul.

Pada Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Rohul Kelmi Amri SH, didampingi Wakil Ketua Zulkarnain S.Sos dan Abdul Muas, dihadiri para anggota DPRD Rohul, serta para Kepala Dinas dan Kepala Badan di lingkungan Pemkab Rohul.

Alpasirin mengungkapkan perjalanan dinas Anggota DPRD Kabupaten Rohul‎ jumlahnya miliaran rupiah. Ia menyarankan dana sebesar itu digunakan untuk hal lain, seperti untuk dunia pendidikan.

Politikus Partai Nasional Demokrat ini mengaku miris dengan kondisi sekolah dan gaji guru honor dan guru komite sekolah yang masih sangat kecil.‎

Menurutnya, ada baiknya anggaran perjalanan dinas Anggota DPRD Rohul yang jumlahnya miliaran rupiah digunakan untuk menggaji guru honor dan guru komite sekolah.

Apalagi, sambung Alpasirin, masih banyak sekolah dan ruangan kelas belajar sekolah di Kabupaten Rohul dalam kondisi rusak, masih memerlukan perhatian dari pemerintah daerah.

"Pemerintah dan DPRD (Rohul) harus berhemat. Mengurangi perjalanan dinas,‎ mengurangi biaya-biaya yang tidak penting sama sekali yang tidak terkait untuk kesejahteraan rakyat," kata Alpasirin usai paripurna di Kantor DPRD Rohul, Rabu siang (14/3/2018).

Bicara kesejahteraan rakyat, tambah Alpasirin, termasuk gaji guru honor dan guru honor komite, menurutnya tidak ada yang tidak bisa dilakukan pemerintah. Dari itu pemerintah daerah harus bisa membuat regulasi bersama DPRD Rohul.‎

"Kalau seandainya perjalanan (anggota) DPRD dan perjalanan dinas pemerintah dipangkas, berapa banyak sekolah dan gaji honor yang bisa terbantu," kata pria yang akrab disapa Alpa ini.

Alpasirin menuturkan, dalam menghemat anggaran, pemerintah daerah atau DPRD Rohul bisa saja mendatangkan tim ahli bila memang membutuhkan untuk penyusunan atau menyelesaikan suatu permasalahan.

Menurutnya, bisa saja didatangkan tim ahli ke Kabupaten Rohul, atau hanya Ketua Komisi saja yang pergi, tidak perlu seluruh anggota komisi.

"Selama ini perjalanan dinas (anggota) DPRD ini sungguh luar biasa, dan ini harus dipangkas, demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.‎

Menurut hematnya, ‎gaji DPRD Kabupaten Rohul saat ini sudah terbilang luar biasa besar, belum lagi tunjangan trasport ‎yang besar. Tentunya perjalanan dinas harus dipangkas, dan jika tidak perlu jangan dilakukan.

"Seperti yang sudah sudah, perjalanan dinas DPRD terbilang besar, karena hampir seluruhnya melakukan perjalanan dinas, makanya ini harus dikurangi," harapnya.‎

Dibandingkan gaji guru honor komite sekolah, Alpasirin mengaku sangat miris, sebab gaji mereka antara Rp 200 ribu‎ sampai Rp 300 ribu per bulan. Gaji guru honor juga beragam, tergantung banyaknya jumlah siswa di sekolah.

Alpasirin menyarankan Pemkab Rohul membuat pemetaan, termasuk memverifikasi kembali data seluruh guru honor yang ada di Kabupaten Rohul.

‎ "Intinya pemerintah dan DPRD harus memangkas perjalanan dinas yang menghabiskan hingga miliaran rupiah," tandas Alpasirin.

‎ Sebelumnya, Alpasirin juga sempat menolak memakai mobil dinas yang dibeli pakai uang rakyat. Pro kontra dari pernyataan Alpasirin pada akhirnya diamini oleh pemerintah pusat, dan melarang wakil rakyat memakai mobil dinas, kecuali pimpinan dewan.

Masukan Alpasirin ditanggapi oleh Ketua DPRD Kabupaten Rohul Kelmi Amri SH selaku pimpinan paripurna. Kelmi mengatakan masukan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan ke depan.***(zal)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Baru Pemprov dan Lima Kabupaten yang Serahkan LKPD ke BPK Riau
- Amankan Pemilu 2019 di Riau, TNI-Polri Terjunkan 10.650 Personel
- Dalam Rangka Pileg dan Pilpres 2019,
Inhil Apel Gelar Pasukan Kesiapan TNI-Polri dan Komponen Bangsa Lainnya

- Tim Gabungan Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu 2019
- Apel Gelar Pasukan, Bupati Kampar Tegaskan Jangan Ada Intimidasi pada Pemilu 2019
- 300 Personel BKO Polda Riau Ikut Amankan Pemilu 2019 di Rohul
- Harapkan WTP, Gubri Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah
- TNI Polri Bengkalis Siap Amankan Pesta Demokrasi Serentak April 2019
- Batas 2 Mei, tak Serahkan LPPDK, Caleg Bakal Dicoret
- Pimpin Apel Siaga Pengaman Kampanye, Gubri Minta Aparat Netral di Pemilu 2019
- Soal Reposisi Waka DPRD, Dedet Bersyukur dan Auzar Ngaku tak Tau
- Demokrat Minta Reposisi Waka DPRD Riau, Dedet Diganti Asri Auzar
- Tak Serahkan LADK 11 Parpol Dicoret di Sejumlah Daerah
- Dewan Nilai Kinerja ASN pemkab Rohil Harus Terus Ditingkatkan
- Usulan Perampingan OPD, BP2D Nilai Tidak Begitu Penting
- Rampingkan OPD, Gubri Minta Dukungan DPRD
- Bawaslu Pelalawan Imbau Parpol Serahkan Nama-nama Saksi
- KPU Kuansing Yakin Pelipatan Surat Suara Tuntas 7 Hari
- Jelang Kampanye Terbuka, Bawaslu Bengkalis Ajak Kawal Pemilu
- DPTb Diplenokan, Bawaslu Bengkalis Sampaikan 5 Poin Rekomendasi ke KPU


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com