Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 19 Januari 2019 19:48
Sasar Kaum Milenial, Luno Taja Edukasi Investasi Aset Kripto di Pekanbaru

Sabtu, 19 Januari 2019 18:27
Disaksikan Wagub Terpilih, Sekdaprov Kukuhkan Ketua LAKTA

Sabtu, 19 Januari 2019 18:24
Adipura Bengkalis Kota Kecil Terbersih Akan Diarak Keliling dan Gelar Syukuran

Sabtu, 19 Januari 2019 15:51
Bupati Bengkalis: Jangan 'Sunat' Bantuan Kesejahteraan Guru Honor Madrasah

Sabtu, 19 Januari 2019 15:47
Satlantas Polres Kuansing Deklarasikan MRSF

Sabtu, 19 Januari 2019 15:38
Polres Rohil Hadiri Pertemuan Silarurrahmi PWI Rohil

Sabtu, 19 Januari 2019 14:05
Pemkab Inhil Audiensi ke Kemenristek Dikti,
Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional


Sabtu, 19 Januari 2019 14:01
Satu 'Kurir' Sabu 10 Kg di Bengkalis Bebas dari Pidana Mati

Jum’at, 18 Januari 2019 21:51
Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama Membatik ke Balai Industri Padang

Jum’at, 18 Januari 2019 21:34
Belum Miliki Identitas, Seribuan Napi Lapas Bengkalis Jadi Target Rekam KTP El

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 23 April 2018 14:19
Kerja Puluhan Tahun Diselesaikan Tiga Tahun, Bulan Ini RTRW Riau Diprediksi Tuntas

Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Riau, yang prosesnya sudah memakan waktu yang relatif sangat lama, diperkirakan bulan ini akan dibicarakan kembali antara eksekutif dan DPRD Provinsi Riau. Diharapkan untuk disahkan menjadi Perda RTRW Riau.

Riauterkini-PEKANBARU- Penantian panjang itu sepertinya akan berakhir. Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Riau, yang prosesnya sudah memakan waktu yang relatif sangat lama, diperkirakan bulan ini akan dibicarakan kembali antara eksekutif dan DPRD Provinsi Riau, kemudian diharapkan untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah RTRW Riau.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau Rahmad Rahim dalam penjelasannya kepada wartawan, Senin (23/4/2018) pagi, mengatakan titik terang persoalan RTRW Riau sepertinya sudah tampak. "Ini pekerjaan panjang yang melelahkan karena sekian banyak tahun yang tersita untuk urusan ini, baru belakangan titik terangnya sudah tampak," kata Rahmad, sambil menambahkan, pekerjaan yang telah menyita waktu puluhan tahun itu, tapi dalam tiga tahun terakhir dimaksimalkan dan diprediksi akan berhasil dituntaskan.

Titik terang dimaksud, menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau itu, dalam pekan ini juga ia bersama pihak terkait lainnya di Riau akan terbang ke Jakarta untuk menindaklanjuti masalah itu. ''Hari ini kita akan berangkat ke Jakarta, dan mengadakan kegiatan di Ditjen Bangda,'' bebernya.

Di ibukota negara itu, menurut Rahmad, pihaknya bersama jajaran terkait di tingkat pusat akan menjalani proses finalisasi RTRW Riau. ''Bersama Ditjen Bangda, kita akan melakukan ekspose RTRW Riau di Ditjen Otda (Direktorat Jenderal Otonomi Daerah),'' katanya.

Di Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri itu, menurut Rahmad, Pemprov Riau bersama Ditjen Bangda akan ekspose kembali sejauh mana Kajian Lingkungan Hidup Strategis sudah diinternalisasikan ke dalam RTRW Riau. ''Setelah ekspose ini, Insya Allah dalam minggu ini nomor register RTRW Riau akan keluar. Diusahakan hari Selasa (nomor register itu) besok, akan kita terima.''

Intinya, menurut Rahmad, kalau ekspose yang dilakukan Pemprov Riau bersama Ditjen Bangda diterima Ditjen Otda, maka akan keluarlah nomor register RTRW Riau. Pertemuan dengan Ditjen Otda direncanakan, Selasa (24/8/2014) besok, pukul 09.00 WIB.

Nomor register yang dikeluarkan Ditjen Otda, Kementerian Dalam Negeri, menurut Rahmad, akan dibawa ke provinsi. ''Setelah itu pemprov akan berkoordinasi dan merumuskan kembali soal RTRW dengan DPRD Riau, terutama soal KLHS yang sudah diinternalisasikan ke RTRW,'' terangnya. Dengan dasar itu, imbuh Rahmad, kalau DPRD Riau menyatakan persetujuannya, maka akan keluarlah nomor Perda RTRW Riau.

Dikatakan Rahmad, ekspose di Ditjen Otda dilakukan karena yang berhak mengeluarkan nomor register RTRW adalah Ditjen Otda, Kemendagri. ''Ekspose yang akan kita lakukan di sana dimaksudkan Ditjen Otda hanya ingin memastikan apakah proses yang digariskan telah dijalankan. Jadi seluruh proses KLHS itu sudah ada di RTRW kita.''

Merujuk ke belakang, Rahmad menjelaskan soal RTRW Riau itu sejak dua bulan terakhir Pemprov Riau sudah melaksanakan proses penyelesaian bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. ''Amanat-amanat dari KLHK, terutama soal KLHS pun sudah diakomodir,'' terangnya. ''Karena sebelumnya kita sudah melaksanakan rapat-rapat yang intensif bersama jajaran KLHK.''

Sebelumnya, menurut Rahmad, saat pihaknya mendatangi Ditjen Bangda di Jakarta, maka didapatlah hasil verifikasi Ditjen Bangda tentang RTRW Riau. Salah satu hasil verifikasinya, menurut Rahmad, Pemprov Riau diwajibkan menyusun KLHS, karena sebelumnya belum ada. ''Kita susunlah KLHS itu, yang dilakukan sejak September 2017 sampai sekarang. Dan ini, Peraturan Gubernur, lho," tandas Rahmad.

KLHS RTRW Riau yang telah disusun itu, imbuh Rahmad, harus divalidasi oleh KLHK RI. ''Alhamdulillah, melalui sepucuk suratnya ke Pemprov Riau, KLHK RI telah mengeluarkan validasi untuk RTRW Riau." Tahap selanjutnya, menurut Rahmad, Ditjen Bangda bersama Pemprov Riau ke Ditjen Otda untuk ekspose karena yang berhak mengeluarkan nomor registrasi adalah Ditjen Otda. ***(rls)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Tak Terdaftar di DPT di seluruh Indonesia,
Warga Pertanyakan Keabsahan Identitas Calon Anggota KPU Bengkalis Subhan Eka Putra

- Ketua RT/RW di Bengkalis Harus Jadi Penggerak Goro dan Kamtibmas dan Corong Pemerintah
- Banyak Jalan Rusak, Komisi III DPRD Inhil Mengadu ke Dewan Provinsi
- Caleg DPR-RI Ramli FE Dirikan Posko Pemenangan di Sorek
- Legislator Kuansing Minta Pemerintah Tambah Mesin Cetak e-KTP
- Dipimpin Arsadianto Rachman, Relawan Bravo 5 se-Riau Resmi Dikukuhkan
- Luhut Panjaitan: Pelantikan Syamsuar 19 Februari
- Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bengkalis Siapkan 55 Relawan Demokrasi ke Masyarakat
- RKA Dinas dalam Proses, APBD 2019 Kuansing Belum Bisa Digunakan
- Bawaslu Bengkalis Akan Rekrut 1.800 Pengawas TPS Pileg dan Pilpres 2019
- Yayasan Bening Nusantara Laporkan Panitia Pilkades Bonai ke Polres Rohul
- Politisi PDIP Sesalkan Langkah PLN Padamkan Lampu Jalan di Rengat
- Berkunjung ke KPU Kampar, KAMMI Ingatkan KPU Jaga Integritas 
- Rangkaian Agenda Kunker Kemenkomaritim di Pelalawan
- Putuskan PJU Jelang Pilpres, PLN Area Rengat Dinilai Lakukan Pembusukan Secara Politis
- Terkait Posisi Wabup, Pemprov Segera Surati Pemkab Rohul
- Tak Berdasar, Pemprov Riau Anggap Pernyataan Ketua GP Ansor Angin Lalu
- BKPP Umumkan 27 Nama Pejabat yang Lulus Lelang 17 Jabatan PTP Bengkalis 2018
- Caleg DPR RI Sayed Abubakar Assegaf Sampaikan 14 Program Prioritas Partai Demokrat di Dumai
- Ketua DPC PD Dumai Eko Suharjo: Jangan Mau Dihargai seperti Harga Binatang


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com