Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Selasa, 21 Agustus 2018 22:07
12 Mobil Hias Ikut Ramaikan Malam Takbiran Idul Adha 2018 di Pasirpangaraian, Rohul

Selasa, 21 Agustus 2018 21:27
Dilepas Bupati Bengkalis, Ribuan Warga Duri Ikuti Pawai Takbir Idul Adha 1439 Hijriyah

Selasa, 21 Agustus 2018 20:35
YLBHR Minta Kepala Balai Gakkum Seksi II Pekanbaru Dicopot

Selasa, 21 Agustus 2018 20:30
Gubri Sholat Idul Adha Besok di Halaman Kantor Gubernur

Selasa, 21 Agustus 2018 18:59
Rohul Raih 2 Kategori di Parade Tari Nusantara TMII 2018 untuk Provinsi Riau

Selasa, 21 Agustus 2018 16:33
Pemkab Bertekad Wujudkan Anak Kuansing Jenius

Selasa, 21 Agustus 2018 16:30
Jelang Deklarasi Ganti Presiden, DPW PKS Riau Imbau Kader Tak Pakai Nama PKS

Selasa, 21 Agustus 2018 16:29
Wisata Alam Danau Tajwid, Langgam Resmi Dibuka untuk Umum

Selasa, 21 Agustus 2018 15:32
Pemuda Pancasila Ancam Segel Bandara Jika Deklarasi #2019gantipresiden Dilaksanakan di Riau

Selasa, 21 Agustus 2018 15:18
Hakim Tak Lengkap, Vonis Tiga PNS Dispenda Riau Terjerat Korupsi SPPD Fiktif Ditunda

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 26 April 2018 11:27
Ini Hadiah Istimewa DR Firdaus MT untuk HUT ke-234 Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru jelang berusia 234 tahun. Cagubri Firdaus yang merupakan walikota meski sedang cuti Pilgubri punya hadiah istimewa untuk kota yang dipimpinnya.

Rauterkini-PEKANBARU- Walikota Pekanbaru yang sedang menjalani masa cuti kampanye Pilgub Riau,DR Firdaus MT punya hadiah istimewa bagi warga Kota Pekanbaru.

Direncanakan, Pemerintah Kota Pekanbaru akan melaunching perkantoran baru di Tenayan pada 23 Juni 2018 yang akan datang atyau berepatan dengan puncak Hari Jadi Pekanbaru Ke-234.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh DR H Firdaus ST, MT disela-sela kampanye dialogis di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

''Ya, Tenayan Raya akan menjadi hadiah istimewa bagi warga Kota Pekanbaru pada Hari Jadi Pekanbaru Juni 2018 nanti. Kita akan launching peresmian beroperasinya perkantoran di Tenayan Raya,'' ungkap Firdaus optimis.

Disebutkan dia, beroperasinya perkantoran tersebut bukan sebatas sebagai simbol dari berpindahnya aktivitas pelayanan pemerintah Kota Pekanbaru, namun juga menjadi salah satu dari bentuk komitmen besar pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik, maksimal bagi masyarakat Kota Pekanbaru sekaligus memberikan ruang yang lebih luas dan layak bagi masyarakat dalam beraktivitas.

Direncanakan akan ada beberapa kantor dinas yang juga akan berada di Tenayan Raya. Saat ini, proses pemindahan tersebut masih terus digesa untuk bisa selesai sampai menjelang hari jadi Kota Pekanbaru Ke-234.

Adapun perkantoran Wali Kota di Jalan Jendral Sudirman, disebutkan Firdaus, tetap akan difungsikan sebagai pusat pelayanan pemerintahan dan rencana beroperasinya role model untuk Mal Pelayanan Kota Pekanbaru.

''Ya, jadi kantor di Sudirman tetap akan berfungsi, dan sekarang sedang dirancang konsepnya sebagai Mal Pelayanan. Ini adalah role model untuk pelayanan publik khususnya yang berkaitan dengan perizinan dan ini akan menjadi fasilitas pelayanan terbaik, tercepat dan satu pintu di Kota Pekanbaru, bahkan di Indonesia, Insha Allah...,'' sebut Firdaus.

Disebutkan Firdaus, sampai hari ini memang masih banyak yang bertanya tentang mengapa pemerintah membangun perkantoran di Tenayan Raya. ''Jawabnya adalah, bahwa pemerintah tidak hanya berpikir dan berbuaat untuk apa yang ada saat ini saja, namun juga harus mempertimbangkan terselenggaranya pembangunan dalam jangka waktu jauh ke depan,'' ungkap Firdaus.

Perkantoran tersebut dibangun sarat dengan pertimbangan, salah satunya adalah redistribusi konsentrasi penduduk dari satu kawasan ke kawasan lain yang berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan di kemudian hari.

Pemerintah Kota Pekanbaru, disebutkan Firdaus, sangat peka dengan persoalan yang terjadi dewasa ini. Pertumbuhan Kota Pekanbaru berjalan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang demikian pesat berimplikasi pada semakin terbatasnya kawasan pemukiman.

Pemerintah harus menyediakan ruang yang layak untuk itu. Karena kepadatan penduduk berpotensi untuk menyebabkan semakin terbatasnya ruang terbuka dan kawasan pemukiman.

Kepadatan penduduk juga berpotensi menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas sebagaimana yang acap terjadi dewasa ini, termasuk potensi terjadinya banjir akibat ruang terbuka yang harusnya menjadi penampung curah hujan beralih fungsi menjadi gedung dan pemukiman penduduk.

Karena itulah, sebut Firdaus, pembangunan kawasan perkantoran pemerintah kota Pekanbaru di Tenayan Raya juga sangat berkaitan erat dengan upaya memberikan ruang hidup dan beraktivitas yang lebih layak kepada warga kota.

Memang, untuk semua itu Pemko mengeluarkan biaya yang cukup besar. Namun, disebutkan Firdaus, semua itu adalah solusi atas persoalan yang dihadapi saat ini bahkan hingga 20 atau 30 tahun ke depan. Tugas pemerintah tidak hanya menuntaskan pekerjaan apa yang ada di depan mata, tapi juga mencarikan solusi jangka panjang untuk permasalahan yang muncul saat ini dan ke depannya.

''Tenayan itu kita prediksi akan tumbuh sampai 30-40 tahun ke depan. Karena itulah, sebagai gerbong awalnya, perkantoran pemerintah dibangun di Tenayan Raya. Diikuti dengan aktivitas perkantoran, industri, bisnis dan perdagangan serta pemukiman. Saat ini, skema pengembangan kawasan tenayan sudah berjalan sesuai harapan, bahkan, lebih cepat dari perkiraan. Bahkan, pertumbuhan kawasan pemukiman demikian cepat,'' papar Firdaus lagi.

Begitupun, Pemko Pekanbaru sudah menyediakan ruang yang cukup luas untuk pemanfaatan kawasan di sekitaran Tenayan Raya.

''Saat ini, kita mengalokasikan lahan seluas 300 hektare yang tidak seluruhnya diperuntukkan bagi perkantoran, tapi juga area terbuka yang akan dikembangkan menjadi taman dan hutan kota. Kalau biasanya kita menciptakan taman di tengah kota. Maka, di tenayan, konsepnya, perkantoran itu yang nantinya akan ada di antara taman dan hutan kota. Kondisinya akan sangat luas dan hijau,'' imbuh dia.

Firdaus juga sangat optimis, pengembangan kawasan Tenayan juga akan membuka akses ke daerah-daerah di sekitarnya untuk juga ikut tumbuh dan berkembang sebagai kawasan metropolitan baru di sekitar Kota Pekanbaru.

''Konsep itu yang kita namanya Metropolitan PEKANSIKAWAN. Konsep pengembangan kawasan yang akan saling bersinergi antara satu kawasan yang meliputi wilayah Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan,'' sebut dia.

Firdaus berharap, dengan pengembangan kawasan seperti ini juga, ke depannya, konsentrasi pembangunan juga akan semakin merata di wilayah Pekanbaru.***(rls)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Jelang Deklarasi Ganti Presiden, DPW PKS Riau Imbau Kader Tak Pakai Nama PKS
- Pemuda Pancasila Ancam Segel Bandara Jika Deklarasi #2019gantipresiden Dilaksanakan di Riau
- Tolak ‎Deklarasi #2019gantipresiden, Belasan Orang Mengaku Mahasiswa Datangi Polda Riau
- Asal Tepat Sasaran, Dewan Dukung Tembak di Tempat Pembakar Lahan
- Dianggap tak Transparan, Rekrutmen Bawaslu Riau Harus Diusut Tuntas
- KPU Kampar Tetapkan 458.639 Warga Masuk DPT Pileg dan Pilpres 2019
- Pemilu 2019, KPU Tetapkan 200.876 DPT dan 919 TPS di Pelalawan
- Dewan Minta Bupati Kuansing Tindak Tegas PNS yang Nyaleg
- Kunjungi Bawaslu Riau, Komisi I DPRD Riau Tanyakan Aturan Kampanye
- Lapkeu Semester I Belum Diserahkan, DPRD Riau Belum Punya Gambaran RAPBD-P 2018
- Wakil Rakyat Kecewa Jawaban Bupati Kuansing Soal Aset Mangkrak
- KPU Gelar Sosialisasi dan Tanggapan Masyarakat Terhadap DCS
- KPU Riau Tetapkan 28 Bakal Calon Anggota DPD
- Peringati HUT ke-73 RI, PDIP Riau Ajak Syukuri Kemerdekaan
- Gelar Muscab I, Arbi Hidayat Terpilih Ketua PC Sapma PP Pekanbaru
- Gerindra Targetkan 75 Persen Suara Kemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di Riau
- Sambil Makan Siang Sekda dan Ketua DPRD Kuansing Sharing Masalah Daerah
- Sukses jadi Legislator, M Adil Ajak Istri dan Anaknya Nyaleg
- Wamen ESDM Setuju BUMD Riau Dilibatkan Kelola Blok Rokan
- ‎Membelot dari Hanura ke PKB,
Kecewa dengan Ketum DPP, Alasan Muhammad Adil Pindah Partai di Pileg 2019



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com