Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 22 September 2018 22:37
Batal Digelar di Depan Istana Siak, Kirab Satu Negeri GP Ansor Pindah ke Islamic Center

Sabtu, 22 September 2018 21:20
Milad ke 109 H Muhammadiyah, PDM Pekanbaru Gelar Tabligh Akbar

Sabtu, 22 September 2018 20:45
Warga Sambut Gembira Peresmian Sumur Ke 17 dari LAZnas Chevron

Sabtu, 22 September 2018 20:42
Pemkab Inhil Apresiasi Kapolres Inhil Cup I Open Drag Bike 2018

Sabtu, 22 September 2018 16:52
Golkar Klaim Siap Jadi Pemenang Pileg 2019 di Kuansing

Sabtu, 22 September 2018 16:32
Ratusan Mahasiswa Belajar Persatuan dan Kesatuan di Riau Kompleks

Sabtu, 22 September 2018 16:23
Warga Sambut Gembira Peresmian Sumur ke-17 dari LAZnas Chevron

Sabtu, 22 September 2018 16:16
Atasi Kecemasan Kades, JE Berhasil Carikan Solusi Pengelolaan Dana Desa

Sabtu, 22 September 2018 15:08
Keluhan PNS Kuansing,
Libur Tetap Kerja, tapi Tunjangan Tak Memadai


Sabtu, 22 September 2018 14:07
Kadis PUPR Pekanbaru Sebut Kesdaran Warga Masih Minim Lindungi Sungai

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 23 Mei 2018 19:22
Ini Program Kesehatan Unggul yang Ditawarkan DR.Firdaus-Rusli Effendi

Calon Gubernur Riau nomor urut 3, DR Firdaus MT mengaku sering mendapat keluhan masyarakat terkait masalah sarana dan pelayanan kesehatan.

Menanggapi hal ini, ia akan menjadikan pembangunan bidang kesehatan sebagai salah satu program prioritasnya.


PEKANBARU-Riauterkini- Calon Gubernur Riau nomor urut 3, DR Firdaus MT mengaku sering mendapat keluhan masyarakat terkait masalah sarana dan pelayanan kesehatan.

Menanggapi hal ini, Firdaus menegaskan akan menjadikan pembangunan bidang kesehatan sebagai salah satu program prioritasnya.

Dijelaskan Firdaus, pemerintah daerah memang harus lebih serius dalam mengurusi masalah kesehatan masyarakat karena kesehatan tidak hanya menyangkut kualitas hidup manusia, tetapi juga terkait dengan daya saing dan produktivitas suatu daerah.

Dari catatannya selama keliling daerah di Riau, dikatakan Firdaus (22/5/2018) malam tadi, ditemukan beberapa persoalan yang harus dicarikan solusinya di masa mendatang. Persoalan tersebut diantaranya, berkaitan dengan aksesibilitas pelayanan kesehatan, sistem pelayanan kesehatan yang belum responsif, masih tingginya rasio perbandingan kematian ibu dan anak, ketersediaan sarana kesehatan yang belum mengacu pada pelayanan dasar dan kebutuhan masyarakat.

"Persoalan-persoalan tersebut sudah kita pelajari dan nantinya akan kita tuangkan dalam program-program strategis di bidang kesehatan yang akan dijalankan Firdaus-Rusli jika diberi amanah oleh masyarakat Riau nantinya," ujar Firdaus.

Beberapa program yang akan kita laksanakan antara lain; akselerasi Pemenuhan akses pelayanan kesehatan Ibu, Anak, Remaja, dan Lanjut Usia yang Berkualitas, mempercepat perbaikan gizi masyarakat, dan meningkatkan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan.

"Yang tidak kalah penting adalah bagaimana meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas serta akses pelayanan kesehatan rujukan yang berkualitas. Rumah sakit umum yang ada, baik di kabupaten dan provinsi harus kita benahi fasilitasnya dan sistem pelayanannya, sehingga jangan ada lagi warga yang harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," jelasnya.

Disamping itu, Firdaus pun mengungkapkan pentingnya ketersediaan sarana kesehatan yang memadai dan memenuhi standar pelayanan maksimum dari layanan kesehatan, khususnya untuk daerah-daerah jauh. Bisa berupa layanan puskesmas umum maupun puskesmas rawat inap dengan standar pelayanan kelas rumah sakit.

Selain itu, jelas Firdaus, ia juga merencanakan peningkatkan ketersediaan, penyebaran, dan mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan. "Tenaga kesehatan kita harus berkualitas. Ilmunya harus mumpuni. Karena itu kita akan sediakan beasiswa untuk para dokter untuk meningkatkan keilmuan mereka dan tentunya juga harus bersedia memberikan pelayanan maksimal di seluruh wilayah, sehingga terjadi sebaran tenaga dokter, perawat, bidan yang merata di seluruh wilayah," terangnya.

Dan yang tak kalah menjadi perhatian dari Firdaus adalah bagaimana rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dikelola oleh pemerintah bisa meningkatkan kapasitas dan intensitas pelayanan dengan peningkatan jumlah sarana, kualitas pelayanan medis dan obat-obatan juga ketersediaan sarana kesehatan layaknya rumah sakit berskala besar yang selama ini menjadi rujukan untuk pelayanan kesehatan.

''Masyarakat kita tak perlu lagi harus berobat ke luar negeri, atau ke luar daerah, minimal untuk penindakan tahap awal bisa dilakukan di rumah sakit yang sudah ditetapkan,'' ungkap Firdaus.

Pada kesempatan itu, juga, Firdaus berharap layanan kesehatan bisa lebih mudah dan cepat bagi masyarakat Riau. Karena itulah, sinergi dalam penerapan program BPJS kesehatan, Jamkesmas, Jamkesda perlu lebih disinergikan sehingga publik bisa lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan pelayanan.

Firdaus meyakini, jika tingkat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Riau dapat terus ditingkatkan, maka Riau akan mudah mengejar kemajuan yang diharapkan. "Kita ingin generasi muda di Riau yang akan datang merupakan sosok yang sehat, pintar, dan mampu bersaing, tak hanya level nasional, tapi juga internasional. Kalau sudah seperti itu maka Riau madani, yang maju dan sejahtera Insya Allah akan terwujud," harapnya.(rls)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Golkar Klaim Siap Jadi Pemenang Pileg 2019 di Kuansing
- Atasi Kecemasan Kades, JE Berhasil Carikan Solusi Pengelolaan Dana Desa
- Dipimpin Eddy Tanjung, Banyak Tokoh Masuk Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga di Riau
- Kedatangan H Salim Segaf Al-Jufri Disambut Antusias Masyarakat Kampar
- KPU Sosialisasikan PKPU dan Dana Kampanye ke Pengurus dan Caleg Partai Golkar Rohul
- Resmi Nyaleg, Sekretaris PWI Kuansing Ambil Cuti
- Massa FPPRB Gelar Aksi Demo di KPU Riau
- Berikut Jumlah Caleg Perdapil yang Diumumkan KPU Kuansing
- KPU Inhu Tetapkan 2 Mantan Napi Korupsi Dalam DCT
- Wagubri Sempat Menangis Ceritakan Pertama Kenal Andi Rachman
- KPU Kampar Umumkan DCT Pileg DPRD Kampar 2019
- KPU Kuansing Tetapkan 431 DCT Pileg 2019
- KPU Bengkalis Tetapkan 638 DCT Caleg 2019
- Bahas Ranperda Aset, Pansus DPRD Kuansing Sambangi Depdagri
- Jeda Antara Plt dan Gubri definitif Dipastikan tak Lama
- Andi Nurbai Gugat Pemecatan PAN Atas Dirinya dari DPRD Kuansing
- Dewan Minta Pemprov Perhatinan Ponpes di Riau
- 370 Personel Polres Bengkalis Bakal Amankan Pemilu dan Pilpres
- Usir Balik Ketua GP Anshor dari Bumi Melayu,
Bukan Balas Dendam, Cuma Beri Pelajaran untuk GP Anshor

- ‎Dibantu TNI dan Linmas,
Pengamanan di 1.515 TPS Pemilu 2019 di Rohul Melibatkan 650 Personel Polri



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com