Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Kamis, 22 Agustus 2019 21:37
Resah dengan Konflik di Perbatasan,
Nelayan Panipahan Rencanakan Pertemuan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI


Kamis, 22 Agustus 2019 21:32
Sah, AMSI Wilayah Riau Terverifikasi Faktual!

Kamis, 22 Agustus 2019 21:06
Terjerat Korupsi Pengadaan Alkes,
Banding Dikabulkan, Pengadilan Tinggi Riau Bebaskan Tiga Dokter RSUD Arifin Achmad


Kamis, 22 Agustus 2019 18:17
Walau Titik Api Bertambah Jumlah Penderita ISPA di Inhu Justru Menurun

Kamis, 22 Agustus 2019 17:40
Juara 1 Rayon III, Sang Ratu Helmina Hari Pertama FPJ Sudah Pulang Kandang

Kamis, 22 Agustus 2019 17:32
Pemprov Riau Optimis APBD-P Tuntas Akhir Bulan Ini

Kamis, 22 Agustus 2019 16:37
Matangkan Persiapan Gelar Layanan 5G,
XL Axiata Kembali Uji Coba Teknologi 5G dan Gencarkan Fiberisasi Jaringan


Kamis, 22 Agustus 2019 16:34
Mahasiswa Dua PT di Bengkalis Wakili Riau Lomba Mengelas Nasional

Kamis, 22 Agustus 2019 16:05
Terbukti Diminati dan Berkualitas, Rabbani Sabet Tiga Award Top Brand 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 15:28
558 Mahasiswa UPP Rohul Diwisuda, Irsadul Halim Sebagai Pemuncak

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 7 Pebruari 2019 19:19
Pilkada Bengkalis 2020, EDI Ekspose Polling Kandidat Pemimpin Negeri Junjungan

Sejumlah lembaga lakukan survey calon kepaladaerah jelang Pilkada Bengkalis 2020. Seperti yang dilakukan Eksekutif Duri Institute saat ini.

Riauterkini - DURI - Meski Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bengkalis masih diwacanakan berlangsung setahun kedepan, namun sejumlah survey telah dilakukan berbagai pihak guna menentukan nasib pemimpin negeri berjuluk Sri Junjungan 2020 - 2025. Salah satunya seperti yang dilakukan Eksekutif Duri Institute (EDI). Melalui Direkturnya, Agung Marsudi memaparkan jika Keberagaman atau Heterogenitas yang dimiliki Kota Duri, Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan dengan jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Bengkalis, merupakan modal sosial dan politik yang luar biasa.

Menurut Agung, tercatat daerah pemilihan (dapil) Duri, yaitu Bengkalis 3, 4 dan 5 dengan alokasi kursi mencapai angka 26, setara dengan 58 persen dari total anggota di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, sebesar 45 kursi. Sebuah angka yang melebihi rata-rata wakil rakyat per dapil di Riau, bahkan Indonesia.

"Aspirasi rakyat yang diaktualisasikan dalam bentuk suara pemilih, terbukti memberikan sumbangan signifikan bagi dinamika politik dan ekonomi di negeri yang dikenal dengan APBD Trilliunan Rupiah Per tahun ini. Tiga tahun sudah pemerintahan pasangan Amril Mukminin Muhammad berjalan (2015-2018). Ekspektasi masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk dukungan kepada pasangan ini, menyisakan waktu 2 tahun untuk memenuhi janji politiknya ketika kampanye Pilkada 2015,"ungkap Agung.

Sementara, lanjut Agung, Pilkada Bengkalis 2020 sudah diambang pintu dan nama-nama bakal calon sudah mulai muncul dan menjadi pusat perhatian masyarakat. Calon kepala daerah yang akan dipilih masyarakat menjadi sangat bergantung pada persepsi dan perilaku politik yang berkembang dan dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk rasionalitas publik dalam menentukan pilihannya. Faktor-faktor itu dapat diukur dengan metode ilmiah yang akurat, melalui survey.

"Didorong untuk mengetahui dinamika sosial dan politik serta mengetahui opini publik yang berkembang, Pusat Dokumentasi Politik Duri Institute (PDP Duri Institute) mengadakan survey independen "Duri Cerdas 2019" bersifat terbuka, artinya responden tidak diberi pilihan nama, sehingga nama-nama yang muncul diharapkan benar-benar mencerminkan keinginan masyarakat,"ujar Agung.

Dikatakan Agung, survey dilakukan melalui tatap muka langsung dan komunikasi telepon dari tanggal 26 Januari 3 Februari. Dengan responden sebanyak 300 orang berusia minimal 17 tahun, dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari daftar pemilih tetap Pileg 2019. Responden tersebar di 2 kecamatan yaitu, Mandau dan Bathin Solapan. Jumlah responden di setiap kelurahan dan desa ditentukan secara proporsional.

"Hasilnya selengkapnya, lima besar (Top Five) yakni, Mira Roza menduduki peringkat pertama (22,7%), disusul Hendri (17,7%), Rianto (15,3%), Samda (11,7%), dan Marnalom Hutahaean (10,3%). Kemudian berturut-turut yang menduduki peringkat 6-8 dengan perolehan angka di bawah 10% adalah Abi Bahrun (7,3%), Sihol Pangaribuan (6,7%), dan Kaderismanto (5,7%).

"Dari delapan nama terpilih di Kota Duri ini, 7 orang berlatar belakang politik, dan 1 orang profesional. 3 orang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 1 orang Partai Golkar dan 1 orang dari PAN dan 2 orang dari PDI-P. Yang menarik dari survey ini adalah munculnya nama Marnalom Hutahaean, satu-satunya yang tidak berlatang belakang politik. Dia dikenal sebagai Ketua Apindo Kabupaten Bengkalis, pengacara dan profesional muda," jelas Agung Marsudi.

Dari Lima nama yang muncul teratas "Top Five", tambah Agung lagi, pada survey awal ini, akan dimasukkan dalam daftar kuesioner , pada survey elektabilitas "Bengkalis Memilih 2020". Hasil survey ini diharapkan dapat memberikan informasi awal dan bermanfaat bagi masyarakat yang akan menentukan pilihan di Pilkada Bengkalis 2020, tak lama setelah pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 17 April 2019. Kegiatan tersebut merupakan program Duri Institute Bidang Politik. Duri Institute adalah sebuah lembaga think thank, bermastautin di Duri, berkhidmat pada masalah-masalah kebangsaan, migas, sosial politik, ekonomi, pembangunan dan kearifan lokal.*(Rls/hen)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Pemprov Riau Optimis APBD-P Tuntas Akhir Bulan Ini
- Dewan Berharap Figur Sekda Definitif Punya Koneksi ke Pusat
- Punya Nilai Plus, Doktor Ferryandi Dinilai Paling Layak Pimpin DPRD Inhil
- Bertambah Rp186 M, Estimasi Perubahan APBD Bengkalis 2019 Rp4,06 T
- Banyak Meninggal, KPU tak Bisa Perketat Seleksi KPPS
- KPU Riau Gelar Rapat Evaluasi Kampanye Pemilu 2019
- Warga Tumpah Saksikan Pesta Rakyat Bersama Husni Tamrin di Pelalawan
- Bakal Hadiri Upacara HUT RI ke-74,
Husni Tamrin Ramaikan Pesta Rakyat di Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan

- Anggota DPRD Bengkalis Sosialisasikan Perda Zakat di Bathin Solapan
- ‎Kabut Asap di Pelalawan Kian Pekat,
Ketua DPRD Pelalawan Desak Pemda Liburkan Sekolah-Sekolah

- Gugatan Teddy Dikabulkan Hakim,
Ini Tanggapan Ketua DPRD dan Bupati Rohul

- ..
- Disaksikan Ahmad Hijazi, Ahmad Syah Resmi Dilantik sebagai Pj Sekdaprov Riau
- Komisi IV DPRD Bengkalis Undang Kepala Sekolah 3 Kecamatan Bahas Isu Pungli
- KPU Temu Ramah Bersama Anggota DPRD Kuansing Terpilih
- DPP PAN Putuskan Anton Sugianto Capim DPRD Pelalawan
- KPU Serahkan Nama 35 Anggota DPRD Kuansing pada Pemkab
- Terungkap di Hearing DPRD Kampar, Anggaran Bantuan 24 Panti Asuhan Raib dari APBD 2019
- Pelantikan Dewan Terpilih Kuansing Dijadwalkan September
- Gerindra Ajukan‎ Abdul Halim Sebagai Ketua DPRD Rohul 2019-2024


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com