Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 20 April 2019 19:14
Hilang Sebulan Seorang Kakek di Inhu Ditemukan Tinggal Tulang Belulang

Sabtu, 20 April 2019 18:17
Dua Tahanan Narkoba di Inhu Melarikan Diri

Sabtu, 20 April 2019 16:43
Gebyar Undian Service ke AHASS, Service Honda, Dapet Honda

Sabtu, 20 April 2019 16:42
PKS Riau Panen Kursi di Tiga Parlemen

Sabtu, 20 April 2019 14:21
DPC Partai Demokrat Dumai Dikabarkan Dapat 5 Kursi Legislatif

Sabtu, 20 April 2019 08:50
Bupati Inhil : RA Kartini Pioner Pejuang Kaum Perempuan

Sabtu, 20 April 2019 07:10
Bawaslu Riau Resmi Rokemendasikan 112 TPS PSU dan PSL

Jum’at, 19 April 2019 20:57
Catatan Rahman Rahim,
Riau Hijau, Solusi Permasalahan Lingkungan di Riau


Jum’at, 19 April 2019 20:41
Dari Tokyo ke Pekanbaru, UNIQLO Membuka Toko Pertama di Living World

Jum’at, 19 April 2019 16:31
Empat ABK Kapal BG Maju Tewas Terjebak di Bunker

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 7 Pebruari 2019 19:19
Pilkada Bengkalis 2020, EDI Ekspose Polling Kandidat Pemimpin Negeri Junjungan

Sejumlah lembaga lakukan survey calon kepaladaerah jelang Pilkada Bengkalis 2020. Seperti yang dilakukan Eksekutif Duri Institute saat ini.

Riauterkini - DURI - Meski Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bengkalis masih diwacanakan berlangsung setahun kedepan, namun sejumlah survey telah dilakukan berbagai pihak guna menentukan nasib pemimpin negeri berjuluk Sri Junjungan 2020 - 2025. Salah satunya seperti yang dilakukan Eksekutif Duri Institute (EDI). Melalui Direkturnya, Agung Marsudi memaparkan jika Keberagaman atau Heterogenitas yang dimiliki Kota Duri, Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan dengan jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Bengkalis, merupakan modal sosial dan politik yang luar biasa.

Menurut Agung, tercatat daerah pemilihan (dapil) Duri, yaitu Bengkalis 3, 4 dan 5 dengan alokasi kursi mencapai angka 26, setara dengan 58 persen dari total anggota di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, sebesar 45 kursi. Sebuah angka yang melebihi rata-rata wakil rakyat per dapil di Riau, bahkan Indonesia.

"Aspirasi rakyat yang diaktualisasikan dalam bentuk suara pemilih, terbukti memberikan sumbangan signifikan bagi dinamika politik dan ekonomi di negeri yang dikenal dengan APBD Trilliunan Rupiah Per tahun ini. Tiga tahun sudah pemerintahan pasangan Amril Mukminin Muhammad berjalan (2015-2018). Ekspektasi masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk dukungan kepada pasangan ini, menyisakan waktu 2 tahun untuk memenuhi janji politiknya ketika kampanye Pilkada 2015,"ungkap Agung.

Sementara, lanjut Agung, Pilkada Bengkalis 2020 sudah diambang pintu dan nama-nama bakal calon sudah mulai muncul dan menjadi pusat perhatian masyarakat. Calon kepala daerah yang akan dipilih masyarakat menjadi sangat bergantung pada persepsi dan perilaku politik yang berkembang dan dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk rasionalitas publik dalam menentukan pilihannya. Faktor-faktor itu dapat diukur dengan metode ilmiah yang akurat, melalui survey.

"Didorong untuk mengetahui dinamika sosial dan politik serta mengetahui opini publik yang berkembang, Pusat Dokumentasi Politik Duri Institute (PDP Duri Institute) mengadakan survey independen "Duri Cerdas 2019" bersifat terbuka, artinya responden tidak diberi pilihan nama, sehingga nama-nama yang muncul diharapkan benar-benar mencerminkan keinginan masyarakat,"ujar Agung.

Dikatakan Agung, survey dilakukan melalui tatap muka langsung dan komunikasi telepon dari tanggal 26 Januari 3 Februari. Dengan responden sebanyak 300 orang berusia minimal 17 tahun, dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari daftar pemilih tetap Pileg 2019. Responden tersebar di 2 kecamatan yaitu, Mandau dan Bathin Solapan. Jumlah responden di setiap kelurahan dan desa ditentukan secara proporsional.

"Hasilnya selengkapnya, lima besar (Top Five) yakni, Mira Roza menduduki peringkat pertama (22,7%), disusul Hendri (17,7%), Rianto (15,3%), Samda (11,7%), dan Marnalom Hutahaean (10,3%). Kemudian berturut-turut yang menduduki peringkat 6-8 dengan perolehan angka di bawah 10% adalah Abi Bahrun (7,3%), Sihol Pangaribuan (6,7%), dan Kaderismanto (5,7%).

"Dari delapan nama terpilih di Kota Duri ini, 7 orang berlatar belakang politik, dan 1 orang profesional. 3 orang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 1 orang Partai Golkar dan 1 orang dari PAN dan 2 orang dari PDI-P. Yang menarik dari survey ini adalah munculnya nama Marnalom Hutahaean, satu-satunya yang tidak berlatang belakang politik. Dia dikenal sebagai Ketua Apindo Kabupaten Bengkalis, pengacara dan profesional muda," jelas Agung Marsudi.

Dari Lima nama yang muncul teratas "Top Five", tambah Agung lagi, pada survey awal ini, akan dimasukkan dalam daftar kuesioner , pada survey elektabilitas "Bengkalis Memilih 2020". Hasil survey ini diharapkan dapat memberikan informasi awal dan bermanfaat bagi masyarakat yang akan menentukan pilihan di Pilkada Bengkalis 2020, tak lama setelah pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 17 April 2019. Kegiatan tersebut merupakan program Duri Institute Bidang Politik. Duri Institute adalah sebuah lembaga think thank, bermastautin di Duri, berkhidmat pada masalah-masalah kebangsaan, migas, sosial politik, ekonomi, pembangunan dan kearifan lokal.*(Rls/hen)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- PKS Riau Panen Kursi di Tiga Parlemen
- DPC Partai Demokrat Dumai Dikabarkan Dapat 5 Kursi Legislatif
- Bawaslu Riau Resmi Rokemendasikan 112 TPS PSU dan PSL
- Tentang PSU/PSL, KPU Belum Terima Rekomendasi Resmi
- Viral di Medsos Suara Prabowo Hilang 100,
KPU Dumai Akui Salah dan Minta Maaf

- Bawaslu Riau Rekomendasikan 98 TPS Gelar PSL dan PSU
- Melalui Teleconference, Bupati Kampar Laporkan Pemilu di Kampar Aman dan Lancar
- Teleconference Bersama Kemendagri,
Gubri Laporkan Situasi Pasca Pemilu Hingga Kekurangan Surat Suara

- Bawaslu Rohul Sebut Pemilih DPKtb Membludak di Pemilu 2019, Tapi Surat Suara Terbatas
- Laporkan Hasil Pemilu, Sekda Pelalawa Video Conference Bersama Pemprov Riau
- Hasil Sementara, Prabowo-Sandi Menang di Pelalawan
- Pasca Qiuck Count Pilpres, Polda Riau Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi
- Bawaslu Rekomendasikan PSU di 7 TPS di Riau
- Coblos Surat Suara Pilpres 20 Lembar, Pemuda Ini Harus Berurusan dengan Bawaslu Kampar
- 414 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Nyoblos di Dua TPS, Abis Nyoblos Dapat Kopi Gratis
- Ribuan Warga Riau Kompleks Antusias Ikut Pemilu
- Surat Suara Habis, Puluhan Warga Pasirpangaraian "Mengamuk" di TPS 07 Lingkungan Longgopan
- ‎Pemilu 2019, Bupati dan Sekda Rohul Nyoblos di TPS Berbeda di Desa Pematang Berangan
- Gubri: Pemenang Pilpres Versi Quick Count Kehendak Allah, Jangan Euforia Berlebihan
- Sejumlah TPS Kekurangan Surat Suara KPU Bengkalis Identifikasikan Masalah


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com