Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Kamis, 18 Juli 2019 21:35
Rasa Haru Warnai Pembukaan KIDBF 2019, 11 Bendera Negara Peserta Berkibar di Danau Rusa

Kamis, 18 Juli 2019 20:52
Sidang Lanjutan Sengketa Pileg, Rusidi Minta MK Hadirkan Bawaslu Bengkalis

Kamis, 18 Juli 2019 20:50
Berbagai Kegiatan Warnai HUT Adyaksa ke-59 Digelar Kejari Pelalawan

Kamis, 18 Juli 2019 19:47
Dua Prodi UIN Suska Riau Dapat Nilai A

Kamis, 18 Juli 2019 19:45
Selama Tiga Jam, Polisi Periksa Ketua KPU Pekanbaru Terkait Dugaan Suap Anggota DPRD

Kamis, 18 Juli 2019 18:56
Mampir di Pasirpangaraian, Istri Wagubri: Masjid Agung Terasa Masjid Madinah

Kamis, 18 Juli 2019 18:24
Dinastan Holtikultura dan Perkebunan Riau Targetkan Produksi Kebutuhan Beras Meningkat

Kamis, 18 Juli 2019 18:20
Baru Bercerai, Duda di Duri Ditemukan Jadi Mayat

Kamis, 18 Juli 2019 18:00
Gara-gara Berniat Ambil BB, DPO Narkoba Ini Ditangkap Jaksa di Bengkalis

Kamis, 18 Juli 2019 17:13
Panen Ikan di Lubuk Larangan Desa Sungai Salak, Bupati dan Sekda Rohul tak dapat Ikan

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 9 Mei 2019 07:27
Meneroka Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Rohil Kedepan

Tahun depan Rohil termasuk daerah yang bakal gelar Pilkada. Siapa gerangan yang layak jadi bupati dan wakilnya.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Pleno KPU Rohil usai, prediksi yang mendapatkan kursi semakin terang benderang. Namun, ada hal penting dibalik kursi tersebut, kemampuan partai politik mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati lima tahun mendatang.

Ketua KPU Rohil, Supriyanto ketika dikonfirmasi, belum memberikan tanggapan, barang kali karena sibuk, berulang kali dikirim pesan lewat WA, juga belum ditanggapi.

Namun, dari sejumlah media sosial, informasi perolehan suara, caleg yang duduk memang sudah berseliwuran, dan prediksi tersebut berdasarkan informasi yang dirangkum partai politik sampai saksi-saksi DPD.

Di Rokan Hilir, partai pemuncak yang sudah menyebar, PDI Perjuangan, Golkar, Hanura serta partai politik lainnya, perolehan ini memiliki korelasi kemungkinan posisi tawar untuk mengusung calon bupati, karena termasuk pemuncak, tentu partai ini memiliki bargaining, sulit untuk diarahkan mau menjadi calon wakil bupati.

Lalu, bagaimana dengan partai politik lain yang juga perolehan suaranya tak bisa dianggap enteng, Partai Gerindra, Nasdem, PKS, PKB, PAN, PPP dan Demokrat, tentu mereka juga sudah ancang-ancang stategi untuk pencalonan bupati dan wakil bupati kedepan.

Lalu, siapakah tokoh sentral partai politik dimaksud?, PDI Perjuangan, tentu nama Wakil Bupati Drs Djamiludin masih disebut-sebut paling berpeluang maju untuk dicalonkan jadi bupati, atau Suyadi, SP, yang saat ini diprediksi duduk menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau, perolehan kursi pertama untuk daerah pemilihan Rokan Hilir.

Kalau dikalkulasi, PDI Perjuangan berkemungkinan akan menggandeng partai politik lain untuk calon wakilnya, namun partai politik mana, masih sulit ditebak, karena partai ini belum pernah mempublikasikan komunikasi politik yang mereka lakukan.

Lalu Partai Golkar, tokoh sentral partai ini juga belum pernah disebut, namun nama Karmila Sari sudah santer terdengar bakal diusung partai ini, dan memiliki peluang paling besar, disamping tidak bisa memandang sepele kader Golkar lain.

Hanura, tokoh sentral partai ini, Cutra Andika, figur ini dinilai dalam internal partai cukup berhasil mendongkrak perolehan suara.

“Setelah keluar penetapan KPU tentang Caleg terpilih, kita akan segera melaksanakan RAPIMCAB untuk pelaksanaan teknis pakta integritas dan program kerja partai kedepan,” tulisnya dilaman facebook partai.

Meski berhasil meraup kursi untuk tingkat kabupaten cukup signifikan, partai ini belum berhasil meraup suara untuk bersaing pada legislatif tingkat Provinsi Riau, Amirudin, salah seorang caleg provinsi yang gagal ketika dikonfimasi menyatakan secara umum pemilu sudah sudah terlaksana dengan baik, namun tak terlepas juga dari intrik-intrik yang tidak memberikan pembelajaran yang cerdas kepada warga dari semua pihak.

Baik dari penyelenggara, pengawas maupun calon. Ini terbukti menurut Amirudin masih banyak calon melakukan perbuatan tak terpuji untuk memenangkan pertarungan. Disamping masyarakat pemilih juga tidak memilih berdasarkan kualitas dan integritas calon.

Disamping penyelenggara dan pengawas tidak pro aktif mengantisipasi atau menindak pelanggaran yang santer berkembang ditengah masyarakat. “Buat saya pribadi, sosialisasi yang saya lakukan secara komprehensif sampai ke daerah yang tak pernah saya tempuh selama ini tak memberikan arti apa-apa,” keluhnya.

Ketua Bawaslu Rohil, Syahruri dikonfimasi terkait pleno KPU mengaku pleno berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur pleno.

Waktu terus berjalan, keadaan lancar, kerja keras semua pihak, jajajan KPU sampai ketingkat bawah, Bawaslu termasuk aparat pantas diapresiasi, meski belum bisa memuaskan semua pihak.

Lalu bagaimana dengan tokoh sentral partai politik yang tidak jadi pemuncak, Saprudin dinilai paling berluang diusung Partai Gerinda kembali, Jhon Carles dari Nasdem, Hermawan dari PKS, Abu Khoiri dari PKB, Amansyah dari PAN, Husaimi Hamidi dari PPP dan Asri Auzar dari Demokrat.

Untuk pasangan calon, semua tergantung komunikasi politik partai pemuncak dengan partai yang tidak pemuncak, sehingga, paling sedikit tiga pasangan calon bisa terjadi nanti pada pilkada Rohil.

Lalu ada beberapa tokoh diluar tokoh sentral partai tersebut yang juga berpeluang maju, Suyatno, bupati sekarang, memiliki kedekatan dengan Ketua DPD I Partai Golkar, Andi Rahman dan juga ada beberapa tokoh yang berambisi untuk maju, namun sampai sekarang, partai politik pengusung belum jelas.

Siapa paling berpeluang?, pertanyaan ini tentu menjadi pertimbangan partai politik dalam menetapkan pasangan calon yang bakal mereka usung berdasarkan aspirasi internal.

Peluang ini terjadi diantaranya berdasarkan asal calon tersebut, ngak mungkin satu pasangan calon radius asalnya terlalu berdekatan.

Drs Djamiludin, berdomisi di Balam, tentu berupaya mencari pasangan sekitar Tanah Putih atau Bagansiapiapi, Karmila Sari berdomisili di Rantau Bais, tentu akan mencari pendamping asal Baganbatu atau Bagansiapiapi, Cutra Andika berdomisili di Baganbatu, tentu ingin mengandeng calon wakil berasal dari Tanah Putih atau Bagansipiapi.

Tokoh-tokoh sentral partai politik tersebut tentu ingin menjadi calon bupati dan sulit untuk dibujuk menjadi calon wakil bupati, namun nanti, perolehan suaralah yang bakal menyadarkan mereka, berada di posisi wakil atau posisi wakil bupati.***(noprio sandi)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Sidang Lanjutan Sengketa Pileg, Rusidi Minta MK Hadirkan Bawaslu Bengkalis
- Kelak Perda KLA Jadi Dasar Kebijakan Pembangunan Bebasis Hak Anak di Pekanbaru
- Cari Solusi Penyelamatan, Komisi I DPRD Pelalawan Kunjungi AKN Bengkalis
- Pilkada Siak 2020, T S Hamzah Jadi Trending Topic di Masyarakat
- Sukiman Curi Start dan Minta Dukungan Maju Pilkada Rohul 2020
- Sah, Musliadi - Supriati Berpasangan Pilkada Kuansing 2020
- Ketua DPRD Kuansing Puji Aparat Kompak Layani Masyarakat
- Tagih Janji Jadi Ketua PAN Riau, Utusan DPP Temui Syamsuar
- Zukri Misran Ditunjuk Jadi Ketua DPD PDI-P Riau
- Susun Perda CSR, Pansus DPRD Bengkalis Konsultasi ke Kemenkum HAM Riau
- Terima Kunjungan Mabes Polri, Ketua Bawaslu Beberkan Pelanggaran Pemilu di Riau
- Bupati Kuansing Dinilai Belum Bernyali Evaluasi Kabinetnya
- Pantau PPDB, Ketua DPRD Pelalawan Lakukan Sidak ke Sejumlah Sekolah
- Siap Maju di Pilbup Meranti,
Masrul Kasmy Mulai Jalin Komunikasi dengan Partai

- Warganet Respon Negatif Wacana Duet Mursini-Adam di Pilkada Kuansing 2020
- Pilkada Kuansing, Golkar Bantah Pasangkan Adam dengan Mursini
- Pengurus Yakin Syamsuar Tepati Janji Jadi Ketua DPW PAN Riau
- Cek Pengaduan Warga, Anggota DPRD Kuansing Datangi Puskesmas Sungai Sirih
- LKPj 2018, Bupati Kuansing Sebut APBD Surplus 34,9 Miliar
- Sepelekan Dewan dan Bupati Kuansing, Banyak Pejabat Eselon III Tak Hadir di Sidang Paripurna


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com