Home > Bisnis Terkini >>
Berita Terhangat..
Ahad, 26 Maret 2017 20:55
WA Pertamina Lirik Inhu Raih Penghargaan PR Indonesia Award 2017

Ahad, 26 Maret 2017 20:18
Satu Kantin Roboh,
7 Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung di Desa Pelanduk, Mandah


Ahad, 26 Maret 2017 20:12
Pas Buat Berpetualang, Capella Honda Luncurkan Motor Rally CRF250

Ahad, 26 Maret 2017 19:59
Pemkab Meranti Gratiskan 20 Siswa Kuliah di BTP

Ahad, 26 Maret 2017 19:19
Penerima Beasiswa PT RAPP dan Tanoto Foundation,
Raih IPK 3,97, Pemuda Kampar Pemuncak di INSTIPER Yogyakarta


Ahad, 26 Maret 2017 19:06
Terjaring Razia, 27 Motor Pebalap Liar di Pekanbaru Diamankan Polisi

Ahad, 26 Maret 2017 19:02
Andi Rachman Lantik Pengurus DPD I Partai Golkar Dumai 2017-2020

Ahad, 26 Maret 2017 18:05
Kapolres Rohul Turun Tangan,
Sengketa Lahan di Hutan Lindung Mahato Akan Dimediasi di Dishut Riau


Ahad, 26 Maret 2017 17:53
Tabrak Vespa, Pengendara Kawasaki Ninja di Duri Tewas Seketika

Ahad, 26 Maret 2017 17:46
Polisi Tangkap Lima Bajak Laut di Perairan Dumai



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 19 Maret 2017 13:33
Digandeng RAPP, Kini Zamhur jadi Juragan Palet

Zamhur kini bisa menikmati masa tuanya dengan tenang. Ia digandeng PT RAPP jadi mitra bisnis. Sebagai juragan palet membuat bisa membuka lapangan kerja untuk sejumlah tetangganya.

Riauterkini-KUALA TERUSAN- H Zamhur (71), yang berasal dari Desa Kuala Terusan, Kabupaten Pelalawan ini bingung ingin memulai usaha apa ketika ia pensiun sebagai Pengawai Negeri Sipil (PNS).

Ditengah kebingungannya, tahun 2001 Departemen Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membuka kesempatan kepada masyarakat asli Pelalawan untuk menjadi mitra bina inline (mitra bina yang langsung berhubungan dengan operasional perusahaan).

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang dibuka oleh PT RAPP, ia langsung mendaftar untuk menjadi mitra bina PT RAPP melalui usaha palet kayu. Ia memilih menjadi mitra bina perusahaan kertas dan pulp ini karena dari awal bermitra ia selalu didampingi oleh CD PT RAPP.

Namun, Zamhur sempat bingung dengan usaha palet yang ia geluti. Sebab, perusahaan memiliki ketentuan khusus untuk kualitas palet yang boleh disuplainya.

Menurut Zamhur, “Saya mengambil usaha ini karena PT RAPP pasti bergantung dengan palet. Palet ini adalah alas untuk kertas-kertasnya sebelum dijual. Awalnya saya bingung, untungnya, saya terus didampingi sama perusahaan, supaya tahu bagaimana kualitas yang bagus, seberapa basah kayunya, dan lain-lain,” ujar Zamhur yang selalu memakai peci putih.

‘Modal awal dulu Rp 50 juta yang berasal dari uang tabungan yang ia tabung selama menjadi PNS. Ia mulai mencoba sengon, akasia dan kayu lainnya untuk dijadikan palet.

"Untuk menjadi mitra bina RAPP, kayu yang dipakai untuk bahan baku paletnya harus kayu yang lega, sehingga harus ia harus mencari kayu legal supaya usahanya jalan terus," ujar Zamhur. Ia lantas berujar, “Tidak semua kayu yang dapat diolah menjadi palet. Apalagi sekarang kayu sudah sulit, hanya tinggal akasia yang dapat diolah menjadi palet sekarang.”

Dari usaha tersebut, ayah dari sembilan anak ini telah meraih manfaat menjadi mitra bina RAPP. Mulai dari menyekolahkan anaknya, bahkan satu diantara anaknya telah menjadi dokter. Ia pun telah melaksanakan ibadah haji sebanyak 3 kali dan telah membuka kesempatan kerja untuk warga sekitar tempat ia tinggal.

Koordinator program UKM CD PT RAPP ‘PT RAPP menyediakan kemitraan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam program Community Development. Dimana program ini menyediakan kesempatan membangun usaha secara inline dan offline’.

Syafri Edi “Lebih dari 3600 tenaga kerja yang tergabung dalam kemitraan inline di PT RAPP dan 35 hingga 40 jenis usaha offline yang tidak berkaitan langsung dengan perusahaan namun tetap mendapatkan pendampingan dari PT RAPP” ujar Syafri Edi.***(rls)





Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Bisnis Terkini Lainnya..........
- Pas Buat Berpetualang, Capella Honda Luncurkan Motor Rally CRF250
- Sepanjang Maret, SBT Torehkan 267 SPK
- Batiqa Hotel Pekanbaru Manjakan Konsumen Lewat Buntut Vaganza
- Xpressair Suguhkan Berbagai Pelayanan Spesial
- Semarakkan HUT PPNI Ke-43,
Eka Hospital Pekanbaru Taja Gelaran Edukasi Cuci Tangan

- Sejak Launching, Yamaha Aerox 155 Terjual 153 Unit di Riau
- Pertama di Asia Tenggara,
PDUI Gelar Health and Tourism Expo 2017



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.211.169.76
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com