Home > Raga >>
Berita Terhangat..
Rabu, 26 April 2017 18:25
PLN akan Ganti Rugi Konsinyasi 24 Titik Tapak Tower di Dumai dan Rohil

Rabu, 26 April 2017 18:21
Tak Dihadiri PT Safari Riau,
Mediasi Warga Terantang Tuntut Haknya Belum Berhasil


Rabu, 26 April 2017 17:49
BPBD Bengkalis Selamatkan Korban Kapal Terbakar

Rabu, 26 April 2017 17:40
Dibuang Orantuanya,
Bayi Prematur dari Bangun Jaya Meninggal di RSUD Rohul


Rabu, 26 April 2017 17:35
Kisruh Koperasi BBDM, Oknum Dewan Bengkalis Diminta Netral

Rabu, 26 April 2017 17:28
PT Arara Abadi Didesak Realisasikan Normalisasi Sungai Merawang di Pelalawan

Rabu, 26 April 2017 17:25
Puluhan Motor Ditilang Polisi karena Masih Melintasi Flyover

Rabu, 26 April 2017 17:17
Catut Nama Disdik, Para Guru SD di Bengkalis 'Dipaksa' Beli Buku 'Siluman'

Rabu, 26 April 2017 17:09
Kadisdik Riau Tegaskan Gaji Guru Bantu dan Guru Honor SMA Segera Dibayarkan

Rabu, 26 April 2017 17:06
Pidato Pengantar RAPBD 2017, Bupati Prediksi RAPBD Kuansing Rp1,3 Triliun



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 8 Januari 2017 16:51
Geliat Olahraga Sunnah Memanah di Pelalawan

Puluhan pemanah sedang berlatih di lapangan Pelalawan Archer Club belakang Masjid Nurul Yaqin dibawah pelatih Zamri. Olahraga Sunnah ini mulai menggeliat di Kabupten Pelalawan.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI-Bagi sebagian, memang memanah kesannya digunakan untuk berperang melawan musuh. Padahal tidak. Karena sudah sejak lama, memanah ini sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam berbagai even olahraga hingga tingkat dunia. Hanya saja memang terkesan ekslusif, karena perlengkapannya cukup mahal. Namun, tidak juga bagi mereka yang memang ingin mengikuti olahraga yang dianjurkan di dalam Islam. Bahkan, banyak pula orang non muslim yang menguasai olahraga yang sudah ada sejak lama ini.

Di Kabupaten Pelalawan sendiri, sebenarnya olahraga memanah ini sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Terutama di ibu kota Kabupaten Pelalawanm Pangkalan Kerinci. Hanya saja, gaungnya belum begitu memasyarakat. Apalagi di Kabupaten yang dipimpin HM Harris-Drs H Zardewan, MM ini bahkan sudah memiliki kepengurusan cabang olahraga memanah atau Persatuan Panahan Indonesiai (Perpani) Kabupaten Pelalawan.

Namun diakui memang perkembangan dan upaya mengenalkan kepada masyarakat belum begitu gencar. Selain itu, sudah muncul pula beberapa klub memanah dengan jumlah anggotanya sudah mencapai puluhan orang. Malahan, dari klub yang ada juga pernah mengikuti kejuaran memanah daerah hingga tingkat semi internasional. Diantaranya, ada lapangan memanah di Sport Center Town Site I PT RAPP, Lagoz Archer Club (LAC) di Simpang Lago dan terbaru dibentuk Pelalawan Archer Club (PAC) yang di pusatkan di lapangan Jalan Maharaja Indra (Jalan Lintas Timur) atau belakang Masjid Nurul Yaqin, Jalan Pemda Pangkalan Kerinci. Dari munculnya beberapa klub memanah ini, pelan tapi pasti olahraga yang disunnahkan dalam Islam akan menarik minat masyarakat. Apalagi olahraga yang memadu beberapa keahlian khusus tidak mengenal batas usia.

‘’Ajaran Islam begitu lengkap dan sempurna, sehingga Rosulullah menganjurkan umatnya untuk berolahraga.seperti berenang, memanah, berkuda. Oleh sebab itu kita jangan malas berolahraga, karena olahraga bertujuan untuk menjadikan kita sehat dan kuat.Dalam Islam sehat dipandang sebagai nikmat terbaik yang kedua setelah iman.Banyak ibadah dalam Islam membutuhkan tubuh yang kuat. Seperti sholat,puasa, haji dan ibadah lain nya.Bahkan dalam hadis Nabi disebutkan bahwa seorang mukmin yang kuat lebih baik dari pada mukmin yang lemah,’’kata H Zamri, pelatih panahan yang dimiliki Kabupaten Pelalawan, Ahad (8/1).

Mengacu pesan Rasulullah sebut Zamri, salah satu olahraga yang membuat orang yang berolahraga sehat dan kuat yakni memanah. ‘’Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah,’’ucap Zamri menyetir hadis tentang keutamaan memanah sembari menyebutkan masih banyak lagi hadis berisikan anjuran olahraga memanah.

‘’ Alhamdulillah di Pelalawan kita sudah ada 3 lapangan panahan. Oleh sebab itu mari kita sama-ramai dengan penuh semangat berolahraga memanah ini ,’’ajak Pelatih Zamri sambil menyebutkan lokasi panahan yang ada di Pangkalan Kerinci khususnya yakni di Sport Centre Towsite 1, di Lagoz dan lapangan PAC Jalan Lintas Timur atau belakang Masjid Nurul Yaqin, Jalan Pemda Pangkalan Kerinci. Dan sambung H Zamri, pihaknya terus berupaya memasyarakat olahraga memanah di Kabupaten Pelalawan. Tidak hanya bertujuan mengajak masyarakat sehat dan kuat lebih dari itu berupaya memunculkan atlet panahan yang berbakat untuk mengharumkan nama daerah diberbagai turnamen, baik kancah daerah hingga tingkat nasional bahkan internasional.

Bagi masyarakat yang belum memiliki peralatan memanah, seperti busur, anak panah dan lainnya di Pangkalan Kerinci juga sudah tersedia penyuplainya yakni di Lagoez Archery Club pimpinan Dedi H M Yunus.

‘’Jadi belum ada bisa membelinya di sana. Namun, untuk pertama silakan datang dulu menyaksikan kami latihan. Terutama di PAC, belakang Masjid Nurul Yaqin Jalan Pemda yang mudah dijangkau dan terbuka untuk umum. Di PAC yang latihan ada pelajar, orang tua muda dan semua umur. Sementara aktif pada Jumat sore setelah ‘Ashar dimulai latihan. Namun, kadang bagi yang memang sudah punya perlengkapan, kapan mau bisa berlatih di sana,’’pungkasnya.

Di lokasi latihan, nampak puluhan orang yang sedang belajar memanah. Beberapa diantaranya sudah ada yang bisa bahkan pernah mengikuti berbagai turnamen, seperti dari pelajar SMAN 1 Pangkalan Kerinci, SMA AL Bayan. Namun ada pula yang baru diajarkan teknik dasar memanah oleh pelatih H Zamri.amr





Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita lainnya..........
- Hindari Lubang, Bus Medan Jaya Seruduk Rumah Warga di Kuansing
- Anggota DPRD Riau Sugianto Dikukuhkan Pimpin FORKI Pelalawan
- Pecundangi PS Kuansing, Tim Kampar ke Final Sepakbola Piala Gubri
- Dukung Tim Main di Tembilahan, Suporter PSPS Usung Spanduk #Saveulama
- Gubri Lepas 822 Peserta Lomba Mancing di Dumai
- 42 Tim Ramaikan Turnamen Volly Promoter Cup Kapolsek Rambah 2017
- Pengamanan Laga Kandang Persih,
Polres Inhil Terjunkan 84 Personel Gabungan



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 23.20.64.96
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com