Home > Raga >>
Berita Terhangat..
Selasa, 23 Oktober 2018 20:11
MUI Bengkalis Sesalkan Bendera Bertuliskan Tauhid Dibakar Oknum Banser

Selasa, 23 Oktober 2018 17:57
Cuaca Buruk Jadi Kendala Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Pakning, Bengkalis

Selasa, 23 Oktober 2018 17:51
Korupsi Kredit Fiktif BRI Agro Pekanbaru, Mantan Kacab Diadili

Selasa, 23 Oktober 2018 17:34
Peduli Korban Banjir‎ di Rohul, BRK Pasirpangaraian Salurkan 100 Paket Sembako

Selasa, 23 Oktober 2018 17:23
Hilangkan Kesan 'Kejam',
Lapas Bengkalis Siapkan Fasilitas Taman Bermain Anak-anak Pengunjung


Selasa, 23 Oktober 2018 16:59
Diperiksa Bawaslu, Walikota Pekanbaru Akui Dukung Jokowi

Selasa, 23 Oktober 2018 16:55
Ini Pesan Kadisdikpora Rohul kepada 55 Kepsek‎ yang Baru Dilantik Bupati Sukiman

Selasa, 23 Oktober 2018 16:15
Alat Berat Sudah Dikerahkan ke Lokasi Longsor Lintas Riau-Sumbar

Selasa, 23 Oktober 2018 16:10
Bupati Inhil Pimpin Rakor Pejabat Pemda Bersama Forkopimda

Selasa, 23 Oktober 2018 16:06
Ikut Deklarasi Dukung Jokowi, Bupati Harris Siap Hadapi Panggilan Bawaslu



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 1 Oktober 2018 16:30
Jelajah Rimba Rohul ke-6 2018 Berhadiah 7 Sepeda Motor Digelar 6-7 Oktober

Jelajah Rimba Rohul kembali digelar untuk keenam kalinya. Digelar pada 6-7 Oktober mendatang, event itu akan menyediakan tujuh sepeda motor sebagai hadiah.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Panitia Jelajah Rimba Rohul (JRR) ke-6 tahun 2018, bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI), serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar rapat lanjutan, Senin (1/10/2018).

R‎apat dipimpin Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si dan Ketua IMI Rohul Novliwanda Ade Putra, di aula Kantor Disparbud Rohul turut dihadiri segenap Panitia JRR ke-6 tahun 2018 diketuai Ceprianto, para pengurus dan Ketua Xtreme Trail Adventure Rohul (X-TAR)‎ Maratua Daulay, serta perwakilan dari instansi terkait.

Ketua Panitia JRR ke-6 tahun 2018, Ceprianto mengatakan event motor trail tahun ke enam ini masih sempena Hari Ulang Tahun ke-19 Kabupaten Rohul yang jatuh pada 12 Oktober 2018.

Berdasarkan hasil rapat, jelas Ceprianto, JRR ke-6 tahun 2018 dengan hadiah utama 7 sepeda motor ini dipusatkan di Taman Kota Pasirpangaraian. Even sendiri digelar selama dua hari yakni mulai 6 Oktober sampai 7 Oktober 2018.

‎Pria yang akrab disapa Ecep ini menargetkan seribu lebih peserta ikut meramaikan JRR ke-6 tahun 2018, namun sejauh ini baru sekira 366 rider sudah resmi mendaftar, sedangkan 150 rider lainnya baru sebatas booking nomor.

"Peserta diramaikan dari Provinsi‎ Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan kemungkinan dari (pulau) jawa juga hadir," jelas Ecep dan mengaku panitia telah menyediakan banyak doorprize yang akan dibagikan ke peserta beruntung.

Ecep mengungkapkan selama dua hari para rider akan menempuh rute sekira 80 kilometer. Sedikitnya ada tujuh jalur ekstrem di Kecamatan Rambah yang akan dilintasi peserta JRR kali ini dengan kemiringan sampai 75 derajat, di antaranya tanjakan Anambawa, tanjakan Berayun,‎ tanjakan Napi, dan lainnya.

"Rutenya ada di Desa Sialang Jaya, Desa Rambah Tengah Hulu, dan Desa Rambah Tengah Barat‎," pungkas Ecep, dan menambahkan hasil rapat pihak Disparbud Rohul sangat mendukung even JRR ke-6 tahun 2018 yang diprakarsai oleh X-TAR ini.

‎Sementara, Kepala Disparbud Rohul, Yusmar, mengatakan selain kegiatan olahraga, even JRR ke-6 tahun 2018 juga dikemas dengan acara budaya, seperti Makan Bekancah (makan besar bersama) dengan para rider.

Menurut Yusmar, sampai saat Kabupaten Rohul belum punya even andalan seperti Bakar Tongkang di Rokan Hilir, atau Pacu Jalur‎ di Kuantan Singingi. Ia berharap even JRR ini menjadi even andalan bagi daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk, upaya menggeliatkan pariwisata, dan menarik minat wisatawan.

Selain JRR, sambung Yusmar, pada tahun ini Kabupaten Rohul juga akan menggelar even besar diberinama Berakit yang akan dipusatkan di Sungai Batang Lubuh Pasirpangaraian.

"Insya Allah tahun ini ada dua even besar (JRR dan Berakit). Apabila bisa di-manage dan dikemas dengan baik, dua even ini akan dijadikan momen bagi masyarakat lokal dan luar daerah," jelas Yusmar.

Terkait JRR, menurut Yusmar,‎ even ini juga sebagai penyaluran bakat dan hobi kawula muda yang suka berpetualang ke lokasi-lokasi yang punya potensi di rimba.

Bisa saja momen rutin tahunan ini dijadikan agenda wisata Kabupaten Rohul atau tempat‎ usaha-usaha lain, tidak terbatas dengan pariwisata.

"Bisa saja dalam rimba‎ yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ada potensi besar yang belum kita dapatkan. Kalau memang kita jalan-jalan tanpa tujuan akan berat, namun dengan adanya tujuan mereka bisa sambil berolahraga dan menyalurkan hobinya."

"Selain pariwisata diharapkan ada potensi-potensi lain yang bisa dikembangkan di Rokan Hulu," tambahnya.

Yusmar‎ mengaku JRR sendiri sudah masuk Kalender Pariwisata Kabupaten Rohul. Even motor trail ini juga sudah didukung Pemprov Riau, namun karena adanya rasionalisasi, maka bantuan non tunai tidak bisa disalurkan untuk tahun ini.

Menurut pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul dan Kepala Disdukcapil Rohul ini, even JRR ini bagus didukung pemerintah sebab respon masyarakat atau trailer lokal dan luar daerah cukup tinggi.

‎Yusmar mengharap JRR dikenal sebagai salah satu even besar tahunan dari Kabupaten Rohul yang dikenal oleh masyarakat, apalagi pada even ini, para peserta juga melintasi sejumlah objek wisata, di antaranya Masjid Agung Islamic Center Rohul, Air Panas Hapanasan, Danau Sipogas, dan lainnya.

"Kita rencanakan para rider ini juga menikmati ketinggian menara Masjid Agung 99 sebagai salah satu objek wisata kita."

"Kemudian ada konvoi dari Taman Kota ke Bundaran Ratik Togak, untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa di Rokan Hulu ada Masjid Agung Islamic Center," pungkas Kepala Disparbud Rohul Yusmar.‎***(zal)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita lainnya..........
- Mahasiswa Kuansing Juara Bulutangkis di Padang
- Trail Runners Pekanbaru Iringi Event Sepeda Nusantara Etape Pekanbaru
- Kalah di Andi Putra Cup ke 4, Pasangan Kembar Fandra-Fandri Targetkan Juara di Tahun Depan
- Riau Raih 1 Emas dan 2 Perunggu dalam Kerjunas Catur di Aceh
- Kasus Pembunuhan Anak Mantan Camat di Kuansing Terungkap Setelah Wandi Diamankan
- Ketua DPRD Kuansing Berharap Bhayangkara Adventure Jakjar 5 Jadi Ajang Promosi Wisata
- Kadispora Pekanbaru Sebut Persiapan Sepeda Nusantara Etape 20 Sudah 60 Persen


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com