VISI : Menjadikan Rokan Hulu Sebagai Kabupaten yang terbaik di Propinsi Riau Tahun 2016 dalam rangka menuju Visi Riau 2020


5/07/2017 11:24
Gubri dan Bupati Rohul Buka TMMD Ke-99 Kodim 0313 KPR di Kepenuhan Timur

3/07/2017 16:16
Kunker ke Rambah Samo, Bupati Rohul Tekankan Kedisplinan Aparatur Ditingkatkan

3/07/2017 12:58
Pasca Libur Idul Fitri, Bupati Rohul Minta Aparatur Bekerja Maksimal

26/06/2017 21:06
Liburan Lebaran, Masjid Agung Islamic Center Rohul Masih Favorit

22/06/2017 18:38
Sekda Rohul Lantik Sekretaris Disdikpora dan Serahkan Dua SK Pejabat Plt

19/06/2017 13:59
Bupati Rohul Pimpin Apel Gelar Pasukan Ramadniya Siak 2017 di Pasirpangaraian

18/06/2017 07:12
Bupati Suparman Buka Bersama Masyarakat Rohul di Pekanbaru

16/06/2017 17:40
12 Camat, 2 Lurah, dan 8 Sekcam Dilantik Sekda Rohul di Bulan Ramadan

15/06/2017 14:26
Bupati Rohul Lantik 7 Kades dan Serahkan Ratusan SK CPNS Tenaga Medis

15/06/2017 07:40
Undang Pimpinan Perusahaan, Bupati Rohul Ajak Berkontribusi Bangun Daerah

14/06/2017 16:55
Sidak di Dua Kecamatan,
Bupati Rohul: Kalau tidak Mau Bekerja Silahkan Berhenti

14/06/2017 14:36
Gubri Safari di Islamic Center,
Bupati Suparman Harapkan Pemprov Bangun Jalan dan Jembatan

13/06/2017 15:22
Sidak di Kecamatan Rambah Hilir,
Bupati Rohul Minta Puskesmas Antisipasi Vaksin Palsu

12/06/2017 17:07
Bupati Rohul Sidak di Puskesmas, Kantor Camat Rambah, dan Tertibkan Pedagang Makanan

9/06/2017 14:47
Safari Ramadan Pemkab,
Masyarakat Mahato Minta Pemkab Rohul Defenitifkan Delapan Desa Persiapan

 
 
Senin, 20 Maret 2017 13:53
Apel HKN Tingkat Kabupaten,
Plt Bupati Rohul: ASN Harus Pahami Setiap Peraturan dengan Baik dan Benar


Riauterkini- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman imbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul memahami peraturan perundang-undangan dengan baik dan benar.

Demikian amanat Plt Bupati Rohul Sukiman di Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Rohul di lapangan kantor Bupati di perkantoran Bina Praja, Pasirpangaraian, Senin (20/3/17).

Upacara diikuti Ketua DPRD Kabupaten Rohul Kelmi Amri SH, Forkopimda Rohul, Setdakab Rohul Ir. Damri Harun, para Staf Ahli dan Asisten, Kepala SKPD, pegawai dan honorer di lingkungan Pemkab Rohul.

Dalam amanatnya, Sukiman mengharapkan adanya Upacara Peringatan HKN tingkat kabupaten yang dilaksanakan setiap bulan ini, setiap ASN atau PNS menyadari bahwa dirinya merupakan pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan.

Ia juga berharap, upacara bulanan ini bisa membangkitkan kesadaran seluruh ASN agar melayani masyarakat dan mengelola berbagai dinamika sosial di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana.

"Sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan sebaik-baiknya," sampai Sukiman dalam amanatnya.

Untuk mewujudkan fungsi pelayanan, sambung Sukiman, setiap aparatur pemerintahan di lingkungan Pemkab Rohul juga harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, serta pemahaman dari setiap Perundang-undangan dan peraturan berlaku.

Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan faktor kesengajaan, namun sering terjadi karena kesalahan prosedur administrasi dan adanya perbedaan pemahaman terhadap peraturan berlaku.

"Oleh karena itu saya mengimbau ke setiap aparatur pemerintah agar bisa memahami sebuah peraturan dengan baik dan benar, sehingga ke depannya tidak adalagi Apartur Sipil Negara yang bermasalah dalam pengelolaan keuangan," imbau Sukiman.

Sukiman berharap lagi, Upacara Peringatan HKN yang dilaksanakan setiap bulan tidak dianggap sebagai formalitas belaka, namun seyogyanya punya nilai sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan seluruh ASN sebagai abdi masyarakat dan abdi negara yang punya fungsi utama, yaitu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat luas.

Menurutnya, paradigma kepemerintahan saat ini menempatkan birokrasi sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Dengan demikian, posisi ASN jadi pelayanan dan fasilitator yang baik terutama dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia di antaranya untuk melindungi, mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Dalam tatanan praktis, menuntut kejelian seluruh ASN untuk senantiasa responsif terhadap harapan-harapan berkembang di lingkungan masyarakat, sehingga hasil-hasil pembangunan memberi dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Perlu dilakukan perumusan dan perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa, kelurahan sampai tingkat kabupaten, dan harus mampu meng-akomodasi aspirasi masyarakat tanpa kehilangan sinergitas dengan program-program yang telah jadi prioritas dan unggulan pemerintah pusat, Pemerintah Propinsi Riau, dan pemerintah daerah.

Dalam melayani masyarakat, fenomena berkembang saat ini pada umumnya yakni tuntutan masyarakat terhadap sikap dan perilaku ASN yang ramah, santun dan bersifat mengayomi jauh dari sikap arogansi atau ingin menang sendiri.

"Dengan sikap demikian akan mendekatkan hubungan emosional antara masyarakat dengan aparatur pemerintah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa ini," ujar Sukiman.

"Hal ini sesuai makna dan implementasi dari pelaksanaan upacara bendera di Hhari Kesadaran Nasional yang peringati setiap bulan seperti ini, tambahnya lagi.

Setiap SKPD di lingkungan Pemkab Rohul, mulai dari tahap perencanaan agar melakukan kajian mendalam, baik secara administratif maupun normatif dengan perhatikan berbagai peraturan dan Perundang-undangan berlaku supaya tidak tersandung masalah.

"Melaksanakan tugas kedinasan dengan baik sesuai aturan dan per-undang-undangan yang berlaku merupakan salah satu upaya mencapai kebenaran melalui ilmu pengetahuan yang dimiliki," sampainya.

Pencapaian keberhasilan dalam melaksanakan tugas, sambung Sukiman, juga harus dilandasi niat tulus untuk melakukan perubahan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan merupakan salah satu bentuk pengabdian praktis ASN terhadap bangsa, negara dan daerah.

Plt Bupati Rohul Sukiman juga ingatkan ASN tidak melakukan praktik pungutan liar (Pungli), seuai peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 tentang sapu bersih pungutan liar, dikuatkan Keputusan Bupati Rokan Hulu No kpts. 700 tahun 2017 tentang pembentukan satuan tugas Saber Pungli di Kabupaten Rohul.

"Kita harus bisa membuktikan ke masyarakat Rokan Hulu, bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan ke mereka, tidak ada Pungli pada pelayanan ke masyarakat, sehingga kepercayaan yang besar dari mereka kepada kita dapat kita raih."

"Karena Kepercayaan dari masyarakat merupakan suatu modal sosial yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi pemerintah," tandasnya.

Sukiman berharap ke jajaran ASN dan honorer di lingkungan Pemkab Rohul ikut dalam aksi pemberantasan Pungli secara efektif dan efisien, dengan optimalkan pemanfaatan personil sarana dan prasarana yang ada. Ia berharap tidak ada lagi praktik Pungli terhadap masyarakat tanpa ada ketentuan berlaku.***(adv/hum/zal)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012