VISI : Menjadikan Rokan Hulu Sebagai Kabupaten yang terbaik di Propinsi Riau Tahun 2016 dalam rangka menuju Visi Riau 2020


26/06/2019 17:31
Lepas 436 Peserta Kukerta Universitas Riau,‎ Sekda Rohul Pesankan ini ke Mahasiswa

24/06/2019 17:28
Halal Bi Halal di Islamic Center,
Sekda Ajak DWP Rohul Dukung Kinerja Suami‎ Demi Pembangunan Daerah

24/06/2019 14:50
Catin Wajib Lulus Menjawab Soal,
Sekda Launching Aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rohul

23/06/2019 15:54
‎Petani di Kabupaten Rohul Terima Bantuan Bibit Padi Gogo dari Pemerintah Pusat

21/06/2019 14:40
Retribusi Menara 99 Islamic Center Disetor ke Bapenda Rohul sebagai PAD

19/06/2019 18:01
‎Dari Ritual Menjadi Budaya Pertunjukan,
Tari Burung Kuayang di Ulak Patian Rohul Tercatat Sebagai Warisan Budaya Takbenda

18/06/2019 16:51
‎Seminar Nasional Himpaudi Rohul,
Bupati Minta PAUD Berikan Pemahaman tentang Pancasila ke Anak Usia Dini Setiap Hari

17/06/2019 16:27
Seminar Nasional dan HUT IGTKI ke-69,
Bupati Rohul Pesankan ini ke Guru PAUD dan Dukung Gernas BAKU

12/06/2019 15:09
67.661 Wisatawan Berkunjung ke Kabupaten Rohul Selama Liburan Lebaran 2019

1/06/2019 18:15
Peringatan 1 Juni, Bupati Rohul Ajak Generasi Muda Memahami‎ Makna Pancasila

29/05/2019 17:46
‎Safari Ramadhan di Bangun Purba, Pemkab Rohul Diminta Bangun Jembatan Gantung‎ dan Pasar

27/05/2019 19:07
Safari Ramadhan di Desa Rambah Utama‎, Bupati Rohul Pesankan ini ke Masyarakat

24/05/2019 15:44
Perbup Sudah Diteken Bupati,
Pemkab Rohul Alokasikan Rp25 Miliar untuk THR ASN dan 45 Anggota DPRD

21/05/2019 14:34
Safari Ramadhan Wagubri, Bupati Rohul Curhat Soal Kerusakan Jalan Provinsi

20/05/2019 13:04
Catat, Berikut Program Harian Sampai Tahunan di Masjid Agung Islamic Center Rohul

 
 
Ahad, 21 April 2019 06:42
Sekdakab dan Kadisparbud Rohul Hadiri Grand Opening Pasar Digital "Dangaoe-Dangaoe"

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, hadiri Grand Opening Pasar Digital yang diberinama Pasar "Dangaoe-Dangaoe" pada Sabtu malam (20/4/2019).

Pembukaan Pasar Dangaoe-Dangaoe di Lapangan Pematang Baih Pasirpangaraian yang ditandai pemukulan gong oleh Sekda Rokan Hulu Abdul Haris turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaayaan (Disparbud) Rokan Hulu Drs. H. Yusmar M.Si.

Hadir juga Pinca Bank BRI Pasirpangaraian, Ketua BAZNas Rokan Hulu Armen ZA, perwakilan Polres Rokan Hulu, Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rokan Hulu Tanti Eka Sari, ribuan masyarakat Rokan Hulu, dan diramaikan hiburan musik dari Balai Proco Disparbud Rokan Hulu.

Pada sambutannya, Ketua Pelaksana Pasar Dangaoe-Dangaoe, juga Ketua GenPI Rokan Hulu Tanti Eka Sari mengucapkan berterima kasih atas support dari berbagai pihak hingga dibukanya pasar digital ini.

Tanti juga berterima atas support Sekda Rokan Hulu Abdul Haris, Kepala Disparbud Yusmar, pihak Bank BRI Pasirpangaraian, termasuk pihak Bank Riau Kepri Pasirpangaraian yang turut memberikan support kepada GenPI Rokan Hulu, hingga pasar berbasis digital ini resmi dibuka.

Masih di tempat sama, ‎Kepala Disparbud Rokan Hulu Yusmar, mengatakan pasar digital sudah diterapkan di ibukota Jakarta, sebagai pasar modern di sejumlah tempat.

Yusmar mengungkapkan dDi pasar digital ini, masyarakat yang berbelanja tidak menggunakan uang tunai lagi, namun sudah bertransaksi menggunakan koin khusus, dan bisa juga pakai kartu BRIZZI BRI atau uang elektronik.

‎Menurut Yusmar, pasar digital sudah diterapkan di Pasar Desa Aliantan Kecamatan Kabun, dan sudah sepantasnya dibuat pasar berbasis digital di tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang diprakarsai oleh GenPI Rokan Hulu.

Menurutnya, Dangaoe-Dangaoe dibuat sehari sebelum pasar tradisional, terbuat dari pelepah kelapa sawit. Ia mengharapkan, pasar digital ini terus berubah "wajah" minimal tiga bulan sekali, sehingga masyarakat merasa terhibur, dan mereka mereka merasa ada wadah yang nantinya diharapkan menjadi tujuan wisata.

‎Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rokan Hulu mengharapkan pasar digital ini buka seterusnya, sebagai penunjang pariwisata di Kabupaten Rokan Hulu, termasuk buka secara terus menerus pada bulan suci Ramadhan nanti.

"Saya bangga dengan GenPI, setiap tiga bulan ada hal-hal baru. Tiga bulan pertama ada Pasar 1000 Durian, dan tiga bulan kemudian ada Pasar Digital ini,"‎ harapan besar Yusmar.

Sementara, Sekda Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, saat membuka Pasar Dangaoe-Dangaoe mengharapkan setelah resmi grand opening, pasar digital‎ ini menjadi tujuan masyarakat yang hobi berburu kuliner.

‎Abdul Haris juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Disparbud Rokan Hulu Yusmar yang telah berbuat banyak untuk sektor pariwisata di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Menurut Sekda, pasar digital ini tentunya akan membangkitkan budaya lama, meski saat ini Indonesia sudah memasuki era 4.0. Meski demikian, sudah saatnya dikembalikan ke alam, yakni bagaimana manusia dan alam bersahabat.

"Kita lihat juga dangau-dangaunya, kalau dulunya dangaunya pakai daun salak, tapi kini pakai daun sawit," kata Sekda Rokan Hulu.

Menurut Abdul Haris, nantinya akan dilibatkan instansi terkait, sehingga pasar digital di Lapangan Pematang Baih Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat.

Selain itu, Sekda mengucapkan terima kasih kepada GenPI Rokan Hulu yang telah giat dalam merealisasikan pasar digital di ibukota Kabupaten Rokan Hulu tersebut.

Sekda juga menyarankan Bank BRI Pasirpangaraian bisa membuka pelayanan di pasar digital ini di hari-hari tertentu, sehingga suasana pasar ini semakin semarak.

"Ekonomi bangkit tapi kita harus pintar-pintar dalam membungkusnya, seperti sekarang ini sudah banyak tokok yang berbasis starup," pungkas Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris.

Pada malam pertama pembukaan Pasar Dangaoe-Dangaoe di Lapangan Pematang Baih Pasirpangaraian ini juga diputar film karya anak Rokan Hulu berjudul "ABC di Pohon Karet".‎***(ADV/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012