VISI : Menjadikan Rokan Hulu Sebagai Kabupaten yang terbaik di Propinsi Riau Tahun 2016 dalam rangka menuju Visi Riau 2020


5/05/2019 21:55
‎Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H,
Bupati Rohul Bersama Ulama dan Pemuka Adat Ikut Ramaikan Tradisi Potang Bolimau

3/05/2019 16:59
‎Layani 12 Pelayanan, Ruangan Coaching Clinic Inspektorat Rohul Diaktifkan Mulai Senin Depan

3/05/2019 14:32
Peringatan Hardiknas 2019, Bupati Akui Pemkab Rohul Komit Tingkatkan Kualitas Pendidikan

30/04/2019 17:11
BPCB Sumbar Sarankan Pemkab Rohul Bentuk Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten

26/04/2019 20:02
Dilepas Bupati Rohul, Pawai Ta'aruf Semarak Ramadhan 1440 H di Pasirpangaraian Diguyur Hujan

25/04/2019 18:57
‎Disambut Bupati dan Sekda Rohul,
Tim Penilai Lomba Desa Ber-PHBS Riau Turun ke Desa Air Panas dan Desa Lubuk Betung

25/04/2019 14:37
‎Disperindag Rohul Sosialisasikan Kemetrologian dan Perda Retribusi Jasa Umum

23/04/2019 16:19
‎Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Kabupaten Rohul Baru di Tiga Kecamatan

22/04/2019 16:28
Sekda Rohul Tinjau Pelaksanaan UNBK 2019 di MTsN 3 Rohul dan SMPN 1 Rambah

21/04/2019 06:42
Sekdakab dan Kadisparbud Rohul Hadiri Grand Opening Pasar Digital "Dangaoe-Dangaoe"

18/04/2019 16:39
‎Bupati Rohul Minta Disparbud Kelola Objek Wisata Air Panas di Desa Air Panas

15/04/2019 13:09
Ditutup Pesta Kembang Api, Kecamatan Kabun dan Rambah Hilir Berbagi Juara MTQ XIX Rohul

11/04/2019 20:37
Bupati Rohul Bersama Menteri BUMN Tanam Perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Kumain

10/04/2019 18:09
‎Sekaligus Resmikan Rumah Rarangan,
Bupati dan Sekda Rohul Hadiri Tradisi Mandai Ulu Taon di Desa Rambah Tengah Barat

9/04/2019 10:08
Dimeriahkan Pesta Kembang Api, Belasan Ribu Masyarakat Hadiri Pembukaan MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019

 
 
Selasa, 23 April 2019 16:19
‎Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Kabupaten Rohul Baru di Tiga Kecamatan

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pemerintah Daerah, melalui Bagian Administrasi Wilayah (Adwil) Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), baru melakukan penetapan dan penegasan batas desa di 3 kecamatan, dari 16 kecamatan yang ada.

Hal itu ‎terungkap di Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Kabupaten Rokan Hulu 2019 di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasirpangaraian, Selasa (23/4/2019), dibuka Bupati Rokan Hulu H. Sukiman.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rokan Hulu Muhammad Zaki S.STP, Kabag Adwil Setdakab Rokan Hulu Muhammad Franovandi S.STP, M.Si, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, para Camat dan Kepala Desa‎, dan Tokoh Masyarakat.

Usai Rakor, Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan Rakor Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Batas Desa, menghadirkan nara sumber Lisbetty H Tambunan dari Ditjen Pemerintahan Desa di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini sangat penting, terutama bagi Kades dan Lurah, serta Camat.

"Karena batas desa itu harus jelas, kalau tidak bisa menimbulkan‎ kerugian, pertama timbul masalah antara desa yang satu dengan desa yang lain. Bisa-bisa orang per orang, bisa juga Kadesnya sendiri," jelas Bupati Sukiman.

‎Bupati Sukiman mengimbau para Kades dan Lurah harus memahami batas wilayah kerjanya, dengan koordinasi yang baik antara kedua belah pemerintah baik, bisa batas alam atau batas buatan seperti patok.

"Oleh karena perlu koordinasi antara Kades satu dengan Kades yang lain,"‎ imbau Bupati.

Selain itu, Bupati Rokan Hulu Sukiman juga mengharapkan ke seluruh Kades dan Lurah, serta para Camat untuk memperhatikan batas wilayah kerjanya‎, sehingga tidak menimbulkan masalah di belakang hari.

Sementara, Kepala Bagian Adwil Setdakab Rokan Hulu M. Franovandi mengatakan penetapan dan penegasan batas desa perlu dilakukan, mengingat tidak sedikit konflik yang terjadi di masyarakat karena belum jelasnya batas desa, termasuk konflik dengan perusahaan.

Selain itu, ungkap Franovandi, untuk desa persiapan, sesuai Undang-Undang harus memiliki batas desa yang jelas‎, dibuat Peraturan Bupati, selanjutnya diusulkan ke DPRD, baru keluar register dari pemerintah provinsi dan kode desa dari Kemendagri.

"Salah satunya yang harus dituntaskan adalah penetapan dan penegasan batas. Jangan hanya ditetapkan, harus ditegaskan melalui Peraturan Bupati‎, sehingga Peraturan Bupati dan titik koordinatnya bisa berlaku dan tidak berubah-ubah lagi," jelas Franovandi.

Pria yang pernah menjabat Camat Rambah ini mengaku sejauh ini, Pemkab Rokan Hulu‎ baru menetapkan dan menegaskan batas desa di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tambusai, Kecamatan Rambah, dan pada 2019 untuk Kecamatan Kabun.

"Jadi untuk Kecamatan Rambah, draf Perbup sudah kita selesaikan. Kalau Tambusai‎ draf Perbupnya sudah diselesaikan, bersamaan dengan Kecamatan Kabun kita selesaikan Perbupnya, baru kita ekspos," ungkap Franovandi.

Kabag Adwil mengaku untuk Penetapan dan Penegasan Batas Desa membutuhkan dana yang lumayan besar, atau sekira Rp350 juta sampai Rp400 juta per kecamatan, tergantung luas wilayahnya, yakni untuk ground control point dan penetapan batas. Penetapan Batas juga melibatkan pihak Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan pihak Universitas Islam Riau.

Franovandi mengaku‎ kendala Penetapan dan Penegasan Batas Desa‎ bukan hanya masalah anggaran saja, kemudian harus ada mufakat dari kedua pemerintah desa bersebelahan atau kedua belah pihak, sehingga tidak terjadi perselisihan soal batas desa di belakang hari.

Menurut Franovandi, bilatidak ada kesepakatan dari kedua pemerintah desa, nantinya akan ada peran Bupati Rokan Hulu untuk mengambilalih dan menetapkan Perbup.

Franovandi mengungkapkan kendala dialami kedua belah desa dalam menetapkan batas desa selama ini karena banyaknya versi dari kedua belah pihak. Untuk teknis di lapangan batas desa sendiri berupa pilar, sedangkan non fisik ditetapkan titik koordinat melalui Perbup.

"Nah inilah yang kita konsolidasi, inilah yang kita fasilitasi agar mereka mau bersepakat. Tetapi tetap, ketika tidak sepakat, Bupati berhak dan berkewajiban mengambilalih dan menetapkan batas ini melalui Perbup," pungkas Kabag Adwil Setdakab Rokan Hulu, M. Franovandi.***(ADV/ Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012