VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


29/08/2019 16:52
Pemkab Rohul Terus Matangkan Indikator Kabupaten Layak Anak

28/08/2019 14:47
Ini Jenis Bantuan di Dinsos P3A Rohul yang Bisa Didapat Masyarakat Miskin

26/08/2019 14:13
Peserta Diminta Belajar Serius‎,
80 PNS Pemkab Rohul Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

17/08/2019 15:13
Kesenian Daerah Ikut Ramaikan Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kantor Bupati Rohul

13/08/2019 13:29
Puluhan Pelajar SD dan SMP Ramaikan Lomba Seni Lukis Wisata Alam Rokan Hulu, Bupati Pesankan Ini

11/08/2019 19:18
Bupati Rohul Saksikan Sapi Kurbannya Dipotong‎ di Belakang Masjid Agung Islamic Center

7/08/2019 19:47
‎Turis Jepang Kagumi Dua Destinasi Wisata Kabupaten Rohul yang Masih Alami

1/08/2019 15:52
Kabupaten Rohul Terima Penghargaan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

31/07/2019 15:37
Bursa Inovasi Desa Cluster III Rohul 2019 di Rambah Hilir‎, Bupati Sukiman Minta Desa Berinovasi

27/07/2019 13:07
‎Ciptakan SDM Pintar dan Mumpuni, Sekda Rohul Ajak Orang Tua Galakkan Gernas BAKU

25/07/2019 17:51
Tanoto Foundation dan Smeru Penelitian Stunting,
Sekda Rohul Berharap Permasalahan Stunting Teratasi

23/07/2019 15:25
Dinilai Sangat Menguntungkan,
Disnakbun Rohul Ajak Peternak Asuransikan Hewan Ternaknya, Premi Hanya Rp40 Ribu Per Tahun

22/07/2019 16:55
Kadisparbud Rohul Apresiasi Tari Goa Si Kafir Juara III di Parade Tari Provinsi Riau 2019

21/07/2019 18:59
Bupati Rohul Dukung Budaya Melayu Riau Menjadi Muatan Lokal Wajib‎ di Sekolah

20/07/2019 13:52
‎Bupati Minta Doa Bisa Mencalonkan Diri di Pilkada 2020,
JCH Rohul Dilepas ke Pekanbaru dari Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian‎

 
 
Senin, 24 Juni 2019 14:50
Catin Wajib Lulus Menjawab Soal,
Sekda Launching Aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rohul


Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meluncurkan Aplikasi Penasehat Perkawinan (SINASKA). Aplikasi ini akan diterapkan di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Aplikasi SINASKA dilaunching oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, di aula Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Launching tersebut turut Kakan Kemenag Rokan Hulu Drs. H. Syahrudin M.Sy serta pegawai di lingkungan kerjanya, seluruh Kepala KUA, perwakilan dari LAM Rokan Hulu, dan undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris, menyambut‎ adanya aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rokan Hulu ini, karena diharapkan bisa mengurangi angka perceraian.

Menurut Sekda, ada beberapa faktor faktor perceraian, pertama karena kurangnya pengetahuan pasangan suami istri (Pasutri) dalam membentuk keluarga sakinah, mawadah, dan waromah.

"Kemudian faktor kedua yang sering kita dengar dan dominan itu adalah ekonomi," kata Abdul Haris.

Sekda berharap adanya aplikasi SINASKA ini, setiap calon pengantin (Catin) mau belajar menjadi Pasutri, dalam menjaga perkawinan dan membentuk keluarga sakinah, mawadah dan waromah.

‎"Aplikasi ini sebenarnya sangat membantu kita, yakni tentunya akan mengurangi angka perceraian yang muncul," jelasnya.

"Ini bukanlah karena keinginan masing-masing saja, tetapi banyak faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi. Kalau nanti ini berjalan dengan baik tentunya ini bisa menekan angka perceraian," harapan besar Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris.

Masih di tempat sama, ‎Kakan Kemenag Rokan Hulu Syahrudin mengatakan aplikasi SINASKA‎ merupakan sebuah aplikasi sistem perkawinan yang baru diterapkan oleh sejumlah Kantor Kemenag di Indonesia, salah satunya Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Aplikasi ini, ungkap Syahrudin, dibuat khusus bagi setiap Catin yang akan melangsungkan perkawinan sah atau akad nikah, melalui KUA setempat.

Pada aplikasi SINASKA ini disediakan tiga fitur sistem perkawinan, yaitu pertama tersedia empat audio dengan judul berbeda, terdiri pertama audio berjudul "Upaya Membentuk Keluarga Sakinah dan Waromah" dengan pembicara Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.

Audio kedua berjudul "Memahami Tujuan Perkawinan" dengan pembicara Zulkifli Syarif, audio ketiga berjudul "Memenuhi Kebutuhan Keluarga" dengan pembicara Rahman Jailani, dan audio ke empat berjudul "Dinamika Keluarga" dengan pembicara Martillevi Saleh.

"‎Durasi dari setiap audio itu adalah 10 menit," jelas Syahrudin.

Ia mengungkapkan selain empat audio, di aplikasi SINASKA juga disediakan fitur dalam bentuk teks, menyediakan sejumlah poin, seperti terkait nikah, syarat dan rukun nikah, saksi, wali, sampai hak kewajiban suami istri, serta mahar, talaq, rujuk, idha, dan lainnya terkait perkawinan.

Setelah mendengarkan empat audio dan membaca materi teks,‎ kemudian ada lagi fitur ketiga yakni materi soal. Setiap Catin harus bisa menjawab 20 materi soal yang disediakan di aplikasi SINASKA yang muncul secara acak atau random.‎

"Jadi soal yang muncul terhadap calon suami‎, tidak sama dengan soal calon istri," ujarnya.

Untuk materi soal ini, Kemenag Rokan Hulu mamatokkan standar tinggi. Setiap Catin harus bisa menjawab 80 persen dari materi soal yang muncul secara acak tersebut.

Bagi Catin yang tidak memenuhi standar atau tidak lulus passing grade 80, maka mereka diharuskan‎ mengulang kembali dengan materi soal berbeda. Sebelum lulus, maka buku nikah tidak akan diberikan kepada Catin.

Syahrudin mengharapkan setiap Catin mendengarkan secara seksama 4 audio dan materi teks yang disediakan dalam aplikasi SINASKA, sebelum menjawab 20 materi soal yang disediakan, sehingga bisa lulus dan mendapatkan buku nikah.

‎"Tujuan kita adalah agar calon pengantin itu mau belajar. Jadi kalau dia perhatikan betul, dia dengar betul dan baca betul pasti dia akan dapat nilai minimal 80 atau bisa mencapai 100," pungkas Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012