VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


29/08/2019 16:52
Pemkab Rohul Terus Matangkan Indikator Kabupaten Layak Anak

28/08/2019 14:47
Ini Jenis Bantuan di Dinsos P3A Rohul yang Bisa Didapat Masyarakat Miskin

26/08/2019 14:13
Peserta Diminta Belajar Serius‎,
80 PNS Pemkab Rohul Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

17/08/2019 15:13
Kesenian Daerah Ikut Ramaikan Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kantor Bupati Rohul

13/08/2019 13:29
Puluhan Pelajar SD dan SMP Ramaikan Lomba Seni Lukis Wisata Alam Rokan Hulu, Bupati Pesankan Ini

11/08/2019 19:18
Bupati Rohul Saksikan Sapi Kurbannya Dipotong‎ di Belakang Masjid Agung Islamic Center

7/08/2019 19:47
‎Turis Jepang Kagumi Dua Destinasi Wisata Kabupaten Rohul yang Masih Alami

1/08/2019 15:52
Kabupaten Rohul Terima Penghargaan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

31/07/2019 15:37
Bursa Inovasi Desa Cluster III Rohul 2019 di Rambah Hilir‎, Bupati Sukiman Minta Desa Berinovasi

27/07/2019 13:07
‎Ciptakan SDM Pintar dan Mumpuni, Sekda Rohul Ajak Orang Tua Galakkan Gernas BAKU

25/07/2019 17:51
Tanoto Foundation dan Smeru Penelitian Stunting,
Sekda Rohul Berharap Permasalahan Stunting Teratasi

23/07/2019 15:25
Dinilai Sangat Menguntungkan,
Disnakbun Rohul Ajak Peternak Asuransikan Hewan Ternaknya, Premi Hanya Rp40 Ribu Per Tahun

22/07/2019 16:55
Kadisparbud Rohul Apresiasi Tari Goa Si Kafir Juara III di Parade Tari Provinsi Riau 2019

21/07/2019 18:59
Bupati Rohul Dukung Budaya Melayu Riau Menjadi Muatan Lokal Wajib‎ di Sekolah

20/07/2019 13:52
‎Bupati Minta Doa Bisa Mencalonkan Diri di Pilkada 2020,
JCH Rohul Dilepas ke Pekanbaru dari Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian‎

 
 
Selasa, 9 Juli 2019 07:16
Dikunjungi Bupati Rohul, Masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu Curhat Soal Jalan dan Telekomunikasi

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengunjungi Dusun Sei Sikijang Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Senin (8/7/2019).

Pada kunjungannya tersebut, Bupati didampingi Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati, Kadis Kominfo Rokan Hulu Gorneng S.Sos, M.Si, para Kepala OPD, Camat Rokan IV Koto M. Abrar.

Turut hadir Camat Pendalian IV Koto Afkar, Kepala Desa Cipang Kiri Hulu Maspuri M.Pd, para Tokoh Adat dan Tokoh Agama, serta masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu.

Kepala Desa Cipang Kiri Hulu Maspuri, di sambutannya mengaku masyarakat di desanya sangat bahagia dikunjungi Bupati Rokan Hulu beserta rombongan.‎

Menurut Maspuri, dengan kehadiran Bupati, tentunya masyarakat di desanya bisa menyampaikan langsung rintihan dan keluhan terkait pembangunan di Desa Cipang Kiri Hulu, apalagi Bupati Sukiman dinilai telah menjadi bagian dari masyarakat Sei Kijang.

"Hari ini kami masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu merasa lega, karena pak Bupati Rohul bisa mendengarkan rintihan kami yang berada di ujung kabupaten ini," sampai Maspuri.

Masih di kesempatannya tersebut, Maspuri mengungkapkan ada beberapa rintihan atau permintaan masyarakat ke Bupati Rokan Hulu, salah satunya adalah soal infrastruktur jalan.

Diakuinya, jalan di desanya masih status jalan kabupaten, namun tidak jarang masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu mengalami kendala karena ruas jalan yang ada sering putus dan longsor, terutama di musim hujan.

Maspuri mengharapkan Bupati Rokan Hulu bisa merealisasikan pengaspalan jalan di Bukit Lumut, dengan panjang sekira 500 meter.

Ia menambahkan, masih banyak jalan dari desa menuju dusun yang rusak, meski ada bantuan dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) selama ini.

"Tapi kondisi desa ini secara geografis berbeda dengan desa lain. Butuh perhatian serius dari pemerintah kabupaten, minimal sekali setahun swakelola itu bisa untuk desa ini," sampainya.

Maspuri juga mengharap Bupati Rokan Hulu bisa membantu fasilitas rumah ibadah yang ada di desanya, terutama Masjid Raya Taqwa yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatin, dimana plafon masjid mulai rusak.

"Ada masyarakat yang takut ke masjid karena loteng mau roboh. Emak-emak kita selalu mengadu, jadi momen ini kami laporkan sama mamak kami (Bupati Rokan Hulu)," harapnya.

Selain itu, sambung Maspuri lagi, masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu Kecamatan Rokan IV Koto juga sangat mendambakan ada jaringan komunikasi.‎

Selama ini, tambahnya, masyarakat di desanya tidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat luar. Untuk bisa berkomunikasi, masyarakat harus naik ke Bukit Mentawai agar mendapatkan sinyal.

"Jika orang datang ke Desa Cipang Kiri Hulu ini seolah-olah mereka berasa mati, karena di sini tidak ada sinyal. Jika mau berkomunikasi kami harus naik ke Bukit Mentawai mencari sinyal, kami minta ke pak Bupati tolong bangunkan tower," mintanya.

Secara geografis, ungkap Maspuri, Desa Cipang Kiri Hulu memiliki alam yang asri, dan bisa dikembangkan sebagai pariwisata. Tentunya, bila dikelola dengan baik, hal itu akan menjadi aset dan kebanggaan bagi daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.‎

"Di sini masih banyak objek wisata yang belum tersentuh, seperti bukit untuk Paralayang PON 2012 lalu sudah mulai semak dan jalan tak terurus. Selain itu Puncak Mengkudu saat ini belum ada sentuhan dari pemerintah," kata Maspuri.

Selain itu lagi, ungkap Maspuri, masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dan sebagai sumber lumbung padi ada di Dusun Sei Kijang dan Kampung Tengah, namun tahun ini gagal panen, karena adanya hama ular dan tikus.

Maspuri mengatakan masyarakat di desanya sangat kecewa karena kurangnya bantuan obat pemberantas hama, sehingga tanaman petani gagal panen.

"Melaui dinas terkait kami harapkan petani dibantu dalam memberantas hama tanaman. Selain itu kami punya potensi pertanian di sini seperti serai wangi dan gambir, namun tidak semua masyarakat bisa melakukannya, karena tidak mampu membeli bibit serai wangi," ujarnya lagi.‎

Maspuri mengakui status desanya saat ini masih desa sangat tertinggal. Meski kewenangan provinsi, namun dirinya berharap ke Pemkab Rokan Hulu untuk menambah Ruang Kelas Belajar (RKB) di SMA yang ada di Desa Cipang Kiri Hulu.

"Sekolah di sini jarak tempuhnya jauh, anak sekolah tidak bisa pulang hari karena jalan tak mendukung. Izin SMA ini sudah keluar, namun lokal kurang. Kami sangat berharap bantuan dari Pemkab. Di bidang Pendidikan kami berkomitmen, rata-rata masyarakat di sini tamatan SMA," pungkas Maspuri.‎

Sementara, dalam menanggapi permintaan dari masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu, Bupati Rokan Hulu Sukiman mengaku akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut.

"Memang permintaan masyarakat Cipang Kiri Hulu ini harus segera direalisasikan, pasalnya memang permintaan itu menurut saya sangat penting dan harus segera dilaksanakan," jelas Bupati.

Menurut Bupati Sukiman, seperti permintaan pembangunan jalan, tower, sekolah, bibit komoditas perkebunan, ‎peningkatan sektor pariwisata, dan permintaan lain sangat penting untuk dilaksanakan.

Bupati ‎mengaku ia telah mengintruksikan dinas terkait untuk merealisasikan permintaan masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu tersebut, sehingga masyarakat turut merasakan apa yang dirasakan di kabupaten.

"Kalau pembangunan jalan itu bisa dilaksanakan di 2019 ini. Saya akan intruksikan Dinas PUPR, kalau pembangunan tower saya akan jemput bola ke Kementerian bersama Kadis Diskominfo agar cepat teralisasi. Yang lain kalau tidak bisa 2019 akan kita masukkan di 2020," pungkas Bupati Rokan Hulu Sukiman.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012