VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


29/08/2019 16:52
Pemkab Rohul Terus Matangkan Indikator Kabupaten Layak Anak

28/08/2019 14:47
Ini Jenis Bantuan di Dinsos P3A Rohul yang Bisa Didapat Masyarakat Miskin

26/08/2019 14:13
Peserta Diminta Belajar Serius‎,
80 PNS Pemkab Rohul Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

17/08/2019 15:13
Kesenian Daerah Ikut Ramaikan Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kantor Bupati Rohul

13/08/2019 13:29
Puluhan Pelajar SD dan SMP Ramaikan Lomba Seni Lukis Wisata Alam Rokan Hulu, Bupati Pesankan Ini

11/08/2019 19:18
Bupati Rohul Saksikan Sapi Kurbannya Dipotong‎ di Belakang Masjid Agung Islamic Center

7/08/2019 19:47
‎Turis Jepang Kagumi Dua Destinasi Wisata Kabupaten Rohul yang Masih Alami

1/08/2019 15:52
Kabupaten Rohul Terima Penghargaan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

31/07/2019 15:37
Bursa Inovasi Desa Cluster III Rohul 2019 di Rambah Hilir‎, Bupati Sukiman Minta Desa Berinovasi

27/07/2019 13:07
‎Ciptakan SDM Pintar dan Mumpuni, Sekda Rohul Ajak Orang Tua Galakkan Gernas BAKU

25/07/2019 17:51
Tanoto Foundation dan Smeru Penelitian Stunting,
Sekda Rohul Berharap Permasalahan Stunting Teratasi

23/07/2019 15:25
Dinilai Sangat Menguntungkan,
Disnakbun Rohul Ajak Peternak Asuransikan Hewan Ternaknya, Premi Hanya Rp40 Ribu Per Tahun

22/07/2019 16:55
Kadisparbud Rohul Apresiasi Tari Goa Si Kafir Juara III di Parade Tari Provinsi Riau 2019

21/07/2019 18:59
Bupati Rohul Dukung Budaya Melayu Riau Menjadi Muatan Lokal Wajib‎ di Sekolah

20/07/2019 13:52
‎Bupati Minta Doa Bisa Mencalonkan Diri di Pilkada 2020,
JCH Rohul Dilepas ke Pekanbaru dari Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian‎

 
 
Selasa, 9 Juli 2019 16:37
Dibuka Bupati Sukiman,
PKK Rambah Samo Kembali Juarai Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Rohul 2019


Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Rambah Samo, untuk kedua kalinya menjuarai Lomba Cipta Menu‎ Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) "Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019".

Lomba Cipta Menu B2SA "Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019", digelar di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasirpangaraian, dibuka Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Selasa (9/7/2019), didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu‎ Hj. Peni Herawati.

Lomba Cipta Menu yang diprakarsai Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Rokan Hulu ini dihadiri sejumlah Kepala Dinas dan Badan, termasuk Kepala DKPP Rokan Hulu Ir. H. Sri Hardono MM,‎ Camat dari 16 kecamatan, dan perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Riau.

Berdasarkan pengumuman dari tim juri melibatkan juri dari Chef Hotel, Dinkes Rokan Hulu, DKP Provinsi Riau, inovasi peserta dinilai sangat baik. Dari sisi rasa juga dinilai enak dan enak sekali, dan sudah bernilai bisnis‎ dan dipasarkan.

Pada pengumuman, tim juri memutuskan keluar sebagai Juara 1 (satu) yaitu Tim Penggerak PKK Kecamatan Rambah Samo, disusul ‎Juara II Tim Penggerak PKK Kecamatan Rambah Hilir, dan Juara III Tim Penggerak PKK Kecamatan Ujung Batu.

Sedangkan untuk juara Harapan pertama dan Harapan kedua diraih oleh Tim Penggerak PKK ‎Kecamatan Rambah dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Kabun.

Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan masyarakat Rokan Hulu harus bersyukur, sebab daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk dikarunia oleh Allah SWT sumber daya alam (SDA) yang sangat kaya, sebab semua jenis tanaman ada, termasuk potensi pariwisata banyak, dan lain sebagainya.

Adanya momentum lomba cipta menu, tentunya banyak SDA bahan lokal yang bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK dari 16 kecamatan, tergantung bagaimana mengolah dan pemanfaatannya.

"Yang kita olah yang kita buat merupakan semua usaha kita, tinggal bagaimana kita memanfaatkan dengan baik. Dan terbukti bahwa ibu-ibu (PKK) sudah pinter-pinter semua, tinggal nanti diberdayakan," jelas Bupati Sukiman.

Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu saat ini mengharapkan ibu-ibu PKK yang memiliki kemampuan mengolah bahan pokok lokal untuk menularkannya ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa membuat menu enak dan murah, apalagi bahan lokal telah tersedia dan mudah didapat.

"Tujuan kita adalah bagaimana masyarakat itu juga bisa membuat menu yang enak dan juga murah, sudah banyak bahannya di tempat kita tinggal mengolahnya," ujar Bupati.

"Nah ini perlu diberi pemahaman kepada masyarakat kita agar tentunya dapat meningkatkan gizi bagi anak-anak kita," pesannya.

Menurut Bupati Sukiman, ibu-ibu di Kabupaten Rokan Hulu harus tahu cara membuat menu enak, namun harus tahu juga‎ cara membuat menu bergizi, upaya meningkatkan gizi bagi anak-anak.

"Nggak usah susah-susah, yang penting gizinya bagus," pesannya.

Bupati Rokan Hulu Sukiman, mengharapkan kepada juara pertama lomba cipta menu‎, dalam hal ini Tim Penggerak PKK Rambah Samo untuk terus belajar cara membuat menu bergizi berimbang.

Bupati juga berharap DKPP Rokan Hulu atau chef membantu juara agar mereka mendapatkan yang lebih baik dan mendapatkan nilai yang terbaik di Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Riau, dan bisa mengikuti di lomba serupa di tingkat nasional.

‎Sebelumnya, Kepala DKPP Kabupaten Rokan Hulu Sri Hardono mengharapkan melalui Lomba Cipta Menu B2SA ini dapat menyamakan persepsi dan menyatukan gerak langkah semua kepentingan (stakeholder).

Lomba ini juga upaya dalam mempercepat program penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal atau pangan lokal dan dapat diaplikasikan di lapangan.

Hardono mengatakan Lomba Cipta Menu B2SA yang diikuti Tim Penggerak PKK dari 16 kecamatan ini. Untuk juara pertama akan menjadi utusan Kabupaten Rokan Hulu di lomba serupa di tingkat Provinsi Riau.

"Jadi untuk PKK yang juara akan dilatih sebelum maju ke provinsi. Dan jika memang menang akan dilatih lagi untuk menghadapi tingkat nasional," pungkas Kepala DKPP Rokan Hulu, Sri Hardono.*(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012