Home > Hukum >>
Berita Terhangat..
Kamis, 27 April 2017 22:32
Transaksi Sabu di Rohul, Warga Padang Lawas Sumut Ditangkap Polisi

Kamis, 27 April 2017 22:20
Hingga Juli, NAM Air Hadirkan Promo Spesial

Kamis, 27 April 2017 21:58
Nakhodai PGRI Rohul, Adolf Bastian Upayakan Sejahterakan Nasib Guru

Kamis, 27 April 2017 21:50
Bupati Meranti 'Beri' Uang Rp 2 Miliar dan 5 Unit Ambulance kepada Baznas

Kamis, 27 April 2017 21:10
Bupati Siak Syamsuar Menerima Gelar Kanjeng Raden Tumenggung

Kamis, 27 April 2017 21:00
Walikota Dumai Ajak Wujudkan Kota Pintar, Makmur dan Madani

Kamis, 27 April 2017 20:53
Sekda Inhil Hadiri Konferensi Usaha Sabut Kelapa di Bogor

Kamis, 27 April 2017 20:42
Pj Bupati Kampar Buka Workshop Tunas Integritas

Kamis, 27 April 2017 20:35
Pengaktifan Wagubri, Dirjen Otda Belum Terima Hasil Paripurna DPRD

Kamis, 27 April 2017 20:05
Terpilih Sebagai Ketua LAM Rohul, Ini yang akan Dilakukan Zulyadaini



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 7 Pebruari 2017 19:47
Target Pelayanan Publik, Pemkab Siak Bentuk Tim Siber Pungli

Pemkab Siak terus berupaya menekan praktik ditempat-tempat pelayanan masyarakat. Pemerintah bentuk tim Siber yang diketuai Waka Polres Kompol Indra.

Riauterkini-SIAK- Salah satu bentuk upaya pemerintah menekan adanya praktik pemungutan liar (Pungli) ditempat-tempat pelayanan masyarakat, mulai ditingkatkan. Selasa (7/2/17), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak menggelar rapat koordinasi dengan Tim Siber Pungli. Mereka membahas tentang praktik pungli yang meresahkan masyarakat kerap terjadi beberapa pelayanan publik.

Dalam rapat tersebut Bupati Siak Syamsuar diwakilkan Asisten I Fauzi Asni, Ketua Tim Saiber Pungli Waka Polres Siak Kompol Indra yang diwakili Kabag Sunda Polres Siak, Kasi Pidana Umum, dan Kepala Inspektorat, serta dihadiri seluruh tim.

Fauzi Asni mengungkapkan bahwa Pungli tersebut adalah suatu pungutan yang tidak ada dasar hukumnya melakukan pemungutan, dan apabila ada dasarnya melebihi pemungutannya. Dan Pungli sangat-sangat rawan terjadi di tempat-tempat pelayanan masyarakat, dan di sekolah-sekolah diantaranya uang study tour, uang daftar ulang, uang ekstrakulikuler, dan uang osis.

"Pungli, tidak ada dasar hukum untuk melakukan pemungutan itu haram! Khusus di sekolah-sekolah ada beberapa kategori Pungli yang masih berpolemik, apakah bisa dikatakan Pungli atau tidak," ujar Fauzi.

Selain itu, Ketua Tim Siber Pungli Kompol Indra diwakilkan Kabag Sunda Polres Siak mengatakan bahwa sasaran dalam Pungli tersebut banyak terjadi di Samsat, Intelkam, sekolah, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Lalu Lintas.

"Dengan dibentuknya tim Siber Pungli Siak ini, diharapkan dapat membuahkan hasil dan dapat menekan terjadinya praktik pungli yang terjadi," ungkap Kabag Sunda mewakili Ketua Tim.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak selaku anggota tim tersebut menyampaikan bahwa pelaku pungli, bisa ke tindak pidana korupsi (Tipikor) diatas 50 juta, dan bisa ke pidana umum (Pidum) melanggar Pasal 368 KUHP, dan ada pelapor yang dirugikan. Sementara sangsi administrasi dibawah angka kecil, dibawah inspektorat.

Ditambahkan Kepala Inspektorat Siak Faly selaku anggota tim, bahwa ada beberapa titik area yang dianggap rawan Pungli tersebut diantaranya dalam pelayanan perizinan seperti Izin mendirikan Bangunan (IMB), Izin gangguan, trayek, pertambangan. Selain itu dana hibah, dan bantuan sosial. Serta di Kepegawaian, diantaranya mutasi dan promosi jabatan, serta dana bantuan Dana Desa/Kampung dari sumber APBD dan APBN.***(vila)





Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Sosial lainnya..........
- Nakhodai PGRI Rohul, Adolf Bastian Upayakan Sejahterakan Nasib Guru
- Bupati Meranti 'Beri' Uang Rp 2 Miliar dan 5 Unit Ambulance kepada Baznas
- Walikota Dumai Ajak Wujudkan Kota Pintar, Makmur dan Madani
- Pj Bupati Kampar Buka Workshop Tunas Integritas
- Terpilih Sebagai Ketua LAM Rohul, Ini yang akan Dilakukan Zulyadaini
- Ratusan Hektar Sawit Atur Brown di Hutan Lindung Kuansing
- Bupati Kuansing Ikuti Diklatpim


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.81.198.150
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com