Home > Hukum >>
Berita Terhangat..
Rabu, 26 Juli 2017 22:40
Hot Spot Terus Meningkat, Riau dan Empat Provinsi Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Rabu, 26 Juli 2017 22:32
Bupati Buka Jambore Kader PKK 2017

Rabu, 26 Juli 2017 21:21
Program Lentera Solusi Atasi Kekurangan Listrik di Siak

Rabu, 26 Juli 2017 20:49
Imigrasi Dumai Sebut Penyelundupan Warga Asing Terus Meningkat

Rabu, 26 Juli 2017 20:40
Polres Inhil Gelar Raker Analisa dan Evaluasi Semester I 2017

Rabu, 26 Juli 2017 19:55
Januari-Juli, 548 Ha Lahan di Riau Terbakar

Rabu, 26 Juli 2017 19:54
Cabuli Gadis Remaja, Seorang Wanita Lesbian di Pekanbaru Diciduk Polisi

Rabu, 26 Juli 2017 19:49
Peringatan HAN 2017,
Mahasiswa Riau dan Puskesmas Ajarkan Cara Sikat Gigi‎ ke Murid SD di Rohul


Rabu, 26 Juli 2017 19:45
Tersangka Kasus Penggelapan,
Pelantikan Syahrani Andrian sebagai Direktur BUMD di Dumai Dinilai Tak Etis


Rabu, 26 Juli 2017 19:36
Dirampok dan Ditusuk, Warga Rohul Kehilangan Uang Rp16 Juta



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Senin, 20 Maret 2017 20:17
Untuk Bayarkan Hak Karyawannya,
Disnakertrans Dumai Keluarkan Nota Anjuran kepada Hotel Komala


Bersengketa dengan karyawannya, Disnakertrans Dumai mengeluarkan nota anjuran kepada manajemen Hotel Komala untuk menyelesaikan kewajibannya pada sang karyawan.

Riauterkini-DUMAI- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai mengeluarkan nota anjuran kepada managemen Hotel Komala untuk segera membayar kewajiban kepada pekerja bernama Asril.

Nota ajuran yang dilakukan ini buntut tidak hadirnya pihak Managemen Hotel Komala untuk memenuhi panggilan Disnakertrans Kota Dumai perihal penyelesaian hak buruh sebagaimana yang diatur dalam undang-undang tenaga kerja.

Penegasan ini disampaikan Muhammad Fadhly, Kepala Bidang Penyelesaian Perselisihan Hubungn Industri dan Persyaratan Kerja pada Disnakertrans Kota Dumai, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/3/17).

"Kita sudah berulang kami melakukan pemanggilan managemen hotel Komala, tapi mereka tak koperatif. Bahkan pada panggilan klarifikasi terakhir, Rabu (15/3) kemarin, pimpinan Hotel Komala juga tak hadir," katanya.

Padahal, setiap ada surat panggilan pekerja yang merasa dirugikan atas nama Asril tetap hadir di kantor Disnakertrans Kota Dumai. Merasa surat panggilan tidak digubris, Disnakertrans Kota Dumai tak tinggal diam.

"Inilah jalan satu-satunya yang kita ambil dengan cara mengeluarkan nota anjuran. Nota anjuran itu intinya pihak Hotel Komala membayar kewajibannya kepada pekerja," katanya.

Sebagai data tambahan, seorang pekerja Hotel Komala bernama Asril terpaksa melapor ke kantor Disnakertrans Kota Dumai, lantaran merasa dirugikan perusahaan karena tak membayar uang pesangon, uang lembur dan hak cuti.

"Saya sudah bekerja di Hotel Komala sejak April 2014 hingga Desember 2016. Gaji saya tahun 2014 hanya Rp2.100.000,- tidak menurut UMK, hari Minggu juga saja masuk tapi uang lembur tak dibayar," jelas Asril, kepada wartawan.

Menurut Asril, dia melaporkan pihak Hotel Komala ke Disnakertrans Kota Dumai untuk menuntut haknya yang diatur dalam ketentuan yang berlaku tentang ketenagakerjaan. Pasalnya, upah yang diterima dibawah UMK Dumai.

Masalah tuntutan Asril terkait hak normative juga sedang ditangani Disnakertrans Provinsi Riau. Bahkan pihak Hotel Komala juga sudah dipanggil, namun pihak Hotel Komala tak hadir

Menurut Fadhly, untuk penanganan laporan terkait norma kerja dan K3 bukan lagi kewenangan kami Disnakertrans Kota Dumai, tapi sudah diambil alih Disnaker Provinsi Riau.

"Untuk itu pekerja di Kota Dumai jika merasa dirugikan perusahaan atas hak normative, maka langsung melapor ke Disnaker Provinsi Riau, Masalah hak normative pekerja Hotel Komala ini juga sedang diproses, ungkapnya.***(had)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Sosial lainnya..........
- Polres Inhil Gelar Raker Analisa dan Evaluasi Semester I 2017
- Kejari Kampar Mediasi Pembebasan Lahan Tol Listrik Sumatera
- Said Zulkifli dan Agi Triyani Putri Bujang Dara Inhu 2017
- Jual Miras, Warung di Desa Aliantan Ditutup Warga Rohul
- Berjudi dan Narkoba, Iima Siswa di Pekanbaru Diamankan Satpol PP
- MUI Bengkalis Gelar Pelatihan Jaminan Sertifikat Halal
- Pasca Insiden Keracunan,
Pemo Pekanbaru Lakukan Pembinaan Karyawan Kimteng di Jalan Senapelan



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.225.53.253
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com