Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Selasa, 17 Oktober 2017 07:28
Pendataran Ditutup, KPU Beri Waktu 1x24 Parpol Lengkapi Berkas

Selasa, 17 Oktober 2017 07:20
Daftarkan Partai ke KPU, Pengurus PAN Rohul Kompak Pakai Tanjak Biru

Selasa, 17 Oktober 2017 07:15
Bupati Inhil Adakan Pertemuan Bisnis Dengan Investor Asal Malaysia

Selasa, 17 Oktober 2017 07:12
‎DPC Partai Demokrat Mendaftar ke KPU 1 Jam Sebelum Injury Time

Senin, 16 Oktober 2017 22:13
4 Hektar Kebun Sawit di Desa Pauh Rohul Hangus Terbakar

Senin, 16 Oktober 2017 22:08
DPRD dan Pemkab Bengkalis Teken MoU KUPA PPAS APBD Perubahan 2017

Senin, 16 Oktober 2017 21:37
Bupati Rohil Minta Pemprov dan Pusat Bantu Kembangkan Pulau Jemur

Senin, 16 Oktober 2017 21:32
KPU Inhu Terima Pendaftaran Partai Demokrat

Senin, 16 Oktober 2017 21:09
Diduga Akan Menjual Sabu-sabu,
Polres Siak Tangkap Seorang Pemuda Warga Dayun


Senin, 16 Oktober 2017 20:17
43 Orang Terjaring Operasi Bina Kesuma Siak 2017

loading...



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Senin, 10 April 2017 18:07
Kirim Perajin Batik ke BPPUT RAPP,
Dekranasda Kuansing Siap Hasilkan Batik Jalur


Sebanyak 14 perajin batik dari Kuansing ikuti pelatihan lanjutan batik di Rumah Batik BPPUT RAPP. Batik Jalur sebagai batik khas Negeri Pacu Jalur siap menghiasi daerahnya.

Riauterkini-PANGKALAN KERINCI - Setiap daerah di Riau saat ini telah memiliki model batik sendiri, termasuk Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Saat ini daerah tersebut telah memiliki batik jalur sebagai andalannya. Ingin mengembangkan budaya daerah, Pemerintah Kuansing lewat Dekranasda Kuansing mengirimkan 14 pengrajin batik dari daerah tersebut untuk mengikuti Pelatihan Lanjutan Batik di Rumah Batik Andalan Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dari tanggal 10 hingga 20 April 2017 mendatang.

Sekretaris Dekranasda Kuansing, Hj Yusnaningsih mengatakan mengirim para pengrajin batik Kuansing ke Rumah Batik Andalan PT RAPP bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dari para pengrajin. Yusnaningsih menuturkan para pengrajin sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dasar dari PT RAPP pada Desember 2016 lalu.

"Pelatihan lanjutan ini sebagai pemantapan para pengrajin batik kami. Kami ingin batik jalur segera menghiasi Kuansing dan juga menjadi seragam sekolah di tempat kami," ujarnya.

Tidak hanya belajar membatik, Yusnaningsih mengatakan pihaknya juga belajar mengenai manajemen penjualan batik. Sebab, batik memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan bagi pembatik dan masyarakay Kuansing.

"Batik ini dapat menjadi bisnis dan menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat. Dengan itu, dapat meningkatkan perekonomian daerah," tuturnya.

ManaJer Community Development (CD) PT RAPP, Sundari Berlian mengatakan perusahaan terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar membatik. Sebab, batik merupakan budaya yang harus terus dikembangkan. Hal ini sesuai dengan prinsip pemilik perusahaan Sukanto Tanoto dalam menjalankan perusahaannya bahwa keberadaan harus baik untuk masyarakat dan setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh dan mendatang manfaat untuk negara.

"Para peserta dari Dekranasda Kuansing ini dilatih langsung oleh para pengrajin batik di Rumah Batik Andalan. Perusahaan tidak menolak jika ada yang ingin belajar membatik, malah kami mendukung untuk mengembangkan potensi bagi yang tertarik. Potensi yang dimiliki para pembatik ini harus dikembangkan agar mendatangkan manfaat untuk daerah," pungkasnya. (*)

Foto:Para Peserta dari Dekranasda Kuansing mengikuti Pelatihan Lanjutan Batik di di Rumah Batik Andalan Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dari tanggal 10 hingga 20 April 2017 mendatang.



loading...

Berita Sosial lainnya..........
- Targetkan Kursi 30 Persen di Empat Dapil,
‎DPC Partai Hanura Rohul Daftarkan Partai ke KPU

- Bupati Pelalawan Buka Raker, Camat, Kades, dan Ketua BPD
- Tanoto Scholars Alumni di Riau Beri Donasi Ratusan Buku
- Gubri Sebut Pertumbuhan Kedatangan Pariwisata di Riau Nomor Dua Nasional
- Siswa Hafizh Berpeluang
Polres dan Pemkab Rohul Teken MoU Penerimaan Anggota Polri Jalur Prestasi

- 30 Prajurit Kodim 0313/KPR Naik Pangkat,
4 Diantaranya Babinsa Koramil 02 Rambah Rohul

- Antisipasi Kelangkaan Gas Melon,
Disperindag Pekanbaru Minta Camat Jangan Asal Ajukan Rekomendasi Pangkalan



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.225.20.73
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com