Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Rabu, 25 April 2018 21:28
Diduga Curi Uang Infaq Masjid, 2 Remaja di Rohul Ditangkap Warga

Rabu, 25 April 2018 21:10
Pilgubri Juni 2018, Anggota DPRD Siak Minta ASN Jaga Netralitas

Rabu, 25 April 2018 21:06
Wako Firdaus Mangkir, Sidang Gugatan Pedagang Plaza Sukaramai Pekanbaru Ditunda

Rabu, 25 April 2018 20:53
Bupati Rohul Dukung Tradisi Adat Mandai Ulu Taon Jadi Agenda Tahunan

Rabu, 25 April 2018 19:35
Wardan Silaturrahmi Dengan Pimpinan Ponpes Tebu Ireng 3 di Petalongan, Inhil

Rabu, 25 April 2018 19:31
Agar Selalu GCG, Bank Riau Kepri Berkoordinasi dengan KPK

Rabu, 25 April 2018 19:20
Puluhan Personel Polres Bengkalis Jadi Sasaran Razia Pra Operasi Patuh Muara Takus

Rabu, 25 April 2018 19:13
Jalan Provinsi Masih Putus, Bupati Kuansing Tinjau Banjir di Pucuk Rantau

Rabu, 25 April 2018 18:55
Asisten I Inhil Buka Tatap Muka Tim Pengawasan Evaluasi TMMD ke-101

Rabu, 25 April 2018 18:52
Dugaan Politik Uang di Pilgubri,
Sentra Gakkumdu Bengkalis Tuntaskan Pemeriksaan 16 Saksi


loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 14 Desember 2017 14:40
Evaluasi Akreditasi, Dirjen Badilum MA RI Tinjau PN Bengkalis

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI kunjungi Pengadilan Negeri Bengkalis, untuk melakukan evaluasi akreditasi. Evaluasi termasuk pemeriksaan berkas-berkas dan sejumlah ruangan.

Riauterkini-BENGKALIS- Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung (MA) RI, Dr. Herri Swantoro, SH, MH kunjungi Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Kamis (14/12/17) siang.

Kunjungan ini Dirjen Badilum dan rombongan didampingi Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Riau H. Adam Hidayat Abu Atiek, SH, MH, Ketua PN Bengkalis Dr. Sutarno, SH, MH. Tiba di PN Bengkalis disambut jajaran PN Bengkalis, selanjutnya bersama rombongan langsung memantau satu persatu ruangan penting di PN Bengkalis diantaranya ruang pidana, hukum, arsip, toilet, ruang tahanan, ruang mediasi, ruang-ruang tugas staf PN Bengkalis. Sekaligus memeriksa sejumlah berkas-berkas penanganan perkara oleh majelis hakim PN Bengkalis.

Diwawancarai sejumlah wartawan, Dirjen Badilum MA, Dr. Herri Swantoro, SH, MH mengatakan, tujuan kunjungan kerja ke PN Bengkalis karena merupakan salah satu PN dengan nilai Akreditasi A Excellent, dan perlu dilakukan evaluasi meskipun dirinya tidak dalam tim khusus dalam penilaian akreditasi tersebut.

Menjadi bahan evaluasi di Badilum, kemudian dapat memberikan masukan kepada PT khususnya Riau, untuk lebih teliti hal-hal yang kecil memang harus diluruskan dan dibenahi.

"Kita juga melihat kinerja dengan akreditasi, berarti harus dipastikan kinerja pelayanan kepada pencari keadilan harus tepat waktu sesuai dengan SOP-nya. Disini masih harus ada upaya percepatan, kami ingin mendorong agar jajaran hakim maupun panitera agar lebih disiplin dan tepat waktu, sehingga tidak merugikan pencari keadilan, karena asa peradilan cepat dan tidak berbelit-belit, " ungkapnya.

Didampingi Ketua PT Pekanbaru dan PN Bengkalis, Herri Swantoro juga sempat memuji PN Bengkalis semangat pembenahan lembaga yang lebih baik yang sudah ada, seperti pelayanan satu pintu sebagai upaya transparansi pelayanan karena tidak ada lagi 'kasak kusuk' ke ruangan semuanya selesai di satu pintu. Seluruhnya bisa terkontrol dan bisa dilihat langsung oleh publik atau masyarakat.

"Jadi saya berharap pelayanan satu pintu ini secara konsekwen bisa dijalankan dengan benar. Jika ada kesulitan, panitera muda harus turut membantu. Kita kedepankan transparansi," paparnya.

Herri untuk pertama kalinya datang ke Bengkalis ini berharap, PN Bengkalis meningkatkan performance percepatan penyelesaian perkara, tidak melebihi dari SOP yang ada, begitu diputus perkara, selesai berita acara dan putusan.

Kemudian selama pantauan disini tidak ada ditemukan pengaduan-pengaduan, artinya pelaksanaan kekuasaan kehakiman di PN Bengkalis, baik hakim, panitera dan jajaran sudah sesuai dengan kode etik yang harus dijalankan.

"Namun demikian masyarakat diberi kesempatan kalau ada penyimpangan, silahkan diadukan ke yang berwenang seperti Banwas, Ombudsman dan sebagainya. Dan salah satu tujuan mengakreditasi adalah supaya meminimalkan penyimpangan-penyimpangan, jadi harus taat dalam zona integritas diantaranya bersih melayani," katanya lagi.

Ditanya terkait jumlah hakim dan majelis yang bertugas di PN Bengkalis, menurut Herry sudah ideal dengan jumlah beban perkara yang ditangani. Berbicara ideal, meskipun harus ada tiga majelis dan masih ada keterbatasan personel, PN Bengkalis menurutnya sudah lebih dari cukup.

Usai meninjau ruangan, Dirjen Herri Swantoro dan rombongan selanjutnya makan bersama, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah bersama jajaran PN Bengkalis dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang hadir sekaligus penyerahan cenderamata.***(dik)

Foto : Dirjen Badilum MA RI, Dr. Herri Swantoro, SH, MH (kiri) memeriksa sejumlah dokumen didampingi Ketua PT. Riau H. Adam Hidayat Abu Atiek, SH, MH, (tengah) Ketua PN Bengkalis Dr. Sutarno, SH, MH memeriksa arsip disela-sela kunjungan ke PN Bengkalis, Kamis (24/12/17).

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Puluhan Personel Polres Bengkalis Jadi Sasaran Razia Pra Operasi Patuh Muara Takus
- Jalan Provinsi Masih Putus, Bupati Kuansing Tinjau Banjir di Pucuk Rantau
- KPID Riau Hadiri Sarasehan Kelompok Warga Calon Rakom Lintas Subayang, Kampar
- Sebatang Kara, Janda Tua di BS, Bengkalis Hidup di Bawah Garis Kemiskinan
- Bicara di Depan Para Kades di Riau, Menteri PDT Minta Dana Desa Diswakelolakan
- 133 Desa di Bengkalis Terima ADD dan DD Triwulan I Rp73,846 M
- Lurah Sidmomulyo Barat Pekanbaru Punya Cara Jitu Cegah Gas Melon Langka
- Sambutan Tertulis Mendagri di Hari Otda, Ingatkan ASN Netral
- Sekda: Tahun Ini TPP Pemkab Bengkalis Tidak Dirasionalisasi
-
- Wakapolri Bakal Pimpin Apel Akbar Kesetiaan Menjaga NKRI di Pekanbaru
- Kasat Lantas Polres Bengkalis Janji Tindak Tegas Petugas 'Nakal'
- MPR Minta Kejaksaan Usut Dugaan Korupsi di RSUD Rohul
-
- Diskes Kampar Klarifikasi Dokumen 63 Tenaga RTK, Nasib RTK Belum Jelas
- Kasus PT KJW, Jamaah Minta Pihak Travel Jakarta Didatangkan ke Riau
- Periksa Kesiapan dan Tambah Motivasi,
Danrem 031/WB Kunjungi Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti Kampar

- Forkom Pemred Riau Tandai Kehadiran dengan Diskusi Sambil Ngopi
- Gesa Kantor Baru Capilduk, Bupati Bengkalis Tinjau Gedung Pujasera di Duri
- Terlambat 30 Menit, UNBK di Pekanbaru Berjalan Lancar


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.144.14.134
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com