Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Kamis, 13 Desember 2018 15:44
Bupati dan Sekda Ramaikan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Kantor Dinkes Rohul

Kamis, 13 Desember 2018 15:34
Sejumlah Ruas Jalan Aspal Mulai Terendam, Limpahan Air PLTA Koto Panjang Tiba di Pelalawan

Kamis, 13 Desember 2018 15:25
Dua Korban Banjir Kampar Ditemukan Tak Bernyawa

Kamis, 13 Desember 2018 15:06
Hanya di Duri, Bengkalis, Proyek Siluman Bertebaran Tanpa Keterangan

Kamis, 13 Desember 2018 14:59
Korupsi Anggaran PJU, Mantan Kadishub dan Bendahara Dishub Rohul Diadili

Kamis, 13 Desember 2018 14:31
Pangdam Pimpin Apel Siaga Sambut Kedatangan Jokowi

Kamis, 13 Desember 2018 14:11
Tiga "Penggendong" Sabu 55 Kg dan 46 Ribu Butir Ekstasi Dituntut Hukuman Mati

Kamis, 13 Desember 2018 13:36
Ramaikan Kedatangan Presiden,
Undangan Terbuka Bupati Pelalawan Beredar di Masyarakat


Kamis, 13 Desember 2018 13:31
Pengamanan Natal dan Tahun Baru,
Polda Riau Buka Latihan Pra Operasi Lilin Muara Takus 2018


Kamis, 13 Desember 2018 11:35
Dibalut Seni dan Budaya, Ayo Hadiri CFN Selatbaru, Bengkalis 

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 15 Mei 2018 07:26
Dapat Gelar Adat, Plt Gubri Siap Optimalkan Muatan Lokal untuk Bangkitkan Marwah Riau

Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim resmi bergelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah. Ia pun siap mengoptimalkan muatan lokal demi bangkintkan marwan Melayu Riau.

Riauterkini - PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Wan Thamrin Hasyim usai penabalan gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah mengatakan, dirinya tidak pernah membayangkan menerima kehormatan masyarakat adat Melayu Riau seperti halnya yang diterimanya malam ini.

Menurut Wan, siap menajalankan amanah atas gelar adat yang disandangnya tersebut. Diantaranya, menjalankan muatan lokal Melayu Riau, untuk menegakan marwah Melayu di Negeri Lancang Kuning ini. Gelar adat yang dianggapnya satu kehormatan ini pun menurutnya akan dibawanya sampai mati.

"Tak pernah terbayangkan, kehormatan ini akan dibawa pergi bersama nanti sampai mati. Yang penting mari hersama menjemput, bergegas memajukan negeri Melayu ini milik bersama. Berbuat apa yang kita bisa," kata Wan Thamrin Hasyim, di halaman Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Senin (14/5/18).

"Tak kan Melayu hilang dibumi. Muatan lokal saat ini sudah mulai dijalankan, dan muatan lokal akan kita pertahankan untuk bisa masuk ke sekolah-sekolah," tegas Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

Ada pun hasil kerja yang cukup dibanggakannya, yakni di Bandara Sultan Syarif Kasim II, bahasa Melayu sudah digunakan sebagai bahasa ketiga setiap pengumuman disampaikan, baik maskapai mau pun di terminal.

"Alhamdulillah, sekarang di lapangan terbang (bandara) sekarang bahasa Melayu sudah dipakai untuk pengumuman. Saya juga akan berusaha keras melalui muatan lokal ini bisa dimaksimalkan lagi di sekolah," ujar Wan.

Pada kesempatan tersebut, Wan Thamrin juga menceritakan, bagaimana sejarah ia diangkat sebagai Wakil Gubernur Riau. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, adalah orang yang telah membawanya menjaga amanah. Membantu membangun bumi Melayu Lancang Kuning.

"Sebagai pemegang amanah Wakil Gubernur Riau, adalah menjadi fungsi rutin dengan sebaiknya. Yang saya buat saat ini bukan kerja sendiri tapi dari Gubernur Riau Andi Rachman. Petuah yang diberikan oleh Gubernur dijalankan, bagaimana berjuang untuk bumi Melayu Riau ini," kata Wan Thamrin.

Sementara itu, Ketua umum LAMR Syahril Abubakar, mengatakan, bahwa sudah banyak warisam budaya tak benda milik Riau yang telah diakui oleh Pemerintah pusat, diakui negara. Salah satunya dengan telah dibentuknya Dinas Kebudayaan. Dan sudah dimulainya muatan lokal, dengan adanya bahasa melayu di Bandara SSK II Pekanbaru.

"Datuk dan Datin bisa kini mendengar bahasa melayu di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru. Terobosan pemerintah daerah saat ini bersama LAM sudah berjalan. Dulunya tidak mungkin di Riau ini ada ungkapan seperti itu, baru ada duat atau tiga provinsi yang membawa bahasa daerah, salah satunya Riau," kata Syahril.

"Selanjutnya muatan lokal disamping ruang publik akan merambah ke hotel, hiburan dan tempat keramaian, pemerintah daerah berhasil dalam muatan lokal ada dalam APBD Perubahan, pemprov sudah berkomitmen. Tentang budaya melayu di Riau," tambah Datuk Seri Syahril.

Penabalan gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah, ditandai dengan pembacaan warkah oleh, Ketua MKA LAMR, Datuk Seri Al Azhar. Dilanjutkan dengan pamasangan Tanjak, pemasaangan selempang oleh Ketua harian LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, dan pemasangan Keris oleh Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman, yang juga Gubernur Riau.

Setelah prosesi penabalan, Datu Seri Timbalan Setia Amanah Wan Thamrin Hasyim, bersama istri Wan Rosmiyati, dipersilahkan duduk di kursi kehormatan, untuk di tepuk tepung tawar oleh seluruh tokoh-tokoh adata Melayu Riau, baik dari Provinsi maupun dari Kabupaten Kota, tamu kehormatan Konsulat Malaysia. Hadir juga mantan Gubernur Riau Saleh Jasit, dua mantan Sekdaprov Riau Arsyad Rahim dan Tengku Lukman Jaafar, mantan Danrem 031/WB Edy Natar Nasution, ***(mok)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Dibalut Seni dan Budaya, Ayo Hadiri CFN Selatbaru, Bengkalis 
- Bayi Ditemukan Dalam Kantong Plastik di Bengkalis Diserahkan ke Ortu Asuh
- Independent School Riau Chevron Sumbang 2.585 Buku Untuk Perpustakaan Pekanbaru Untuk kali kedua, ISR Chevron menyumbangkan buku untuk Dinas Perpustakaandan Kearsipan Pekanbaru. Jumlahnya, 2.585 buku. Riauterkini-PRKANBARU-Bantu program pendidikan ser
- Pawai Ta'aruf MTQ ke 37 Riau, Kuansing Tampilkan Tema "Mengantar Anak Pancar oleh Induak Bako"
- Jalan Lintas Mumpa-Pekan Heran di Rengat, Inhu Putus
- Kabupaten Peduli HAM,
Bupati Inhil Terima Penghargaan Kemenkumham RI

- Sekdakab Dianto Mampanini Lepas Kafilah Kuansing ke MTQ ke-37 Riau di Pekanbaru
- Jelang Akhir Tahun Program EVP Beri Manfaat Untuk Warga
- Gubri Lepas Pawai Taaruf, Pemprov Siapkan Bonus Pemenang MTQ Riau ke-37
- Pemkab Kuansing Bantu 30 Ton Beras pada Korban Banjir
- Pelantikan PWI Bengkalis Bakal Dihadiri Ketum Pusat
- Kabupaten Peduli HAM, Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Kemenkum HAM RI
- DLH Kuansing Serahkan Sebanyak 247 Kartu BPJS Kepada PHL
- ‎36 Pejabat Pemkab Rohul Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
- Puluhan 'Pelayan' di Bengkalis Ikuti Sosialisasi UU KIP
- Seorang Mahasiswi Tewas jadi Korban Jalan Rusak,
Zulfi Mursal Minta Pemprov Riau Serius Perbaiki Jalan Rusak di Siak

- Pemkab Kuansing Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2018
- Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman
- Terkuak, PT Surya Bratasena Garap 844 Hektar Lahan Diluar HGU di Pelalawan
- Perayaan Natal Bersama, Ini Pesan Pendeta ke Jemaat Gereja HKBP Eksodi Pasirpangaraian


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com