Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Selasa, 19 Maret 2019 21:18
7 Tahanan Kejari Kabur di PN Pelalawan

Selasa, 19 Maret 2019 21:02
Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa dan Tsunami

Selasa, 19 Maret 2019 19:04
Bahaya PTM, Puluhan Pedagang dan Warga di Bantan, Bengkalis Diperiksa Kesehatannya

Selasa, 19 Maret 2019 17:37
Sambut HUT Ke-21 Kementerian BUMN,
Pertamina Gelar Pangan dan Solar Non Subsidi Harga Khusus


Selasa, 19 Maret 2019 17:23
Di Hadapan Kadisdik Riau, Siswa Pemukul Kepsek di Inhu Berdamai

Selasa, 19 Maret 2019 17:11
Gubri Ajak Kada di Riau Sukseskan Pemilu Serentak 2019

Selasa, 19 Maret 2019 17:05
Apindo Riau: Kenaikan UMSP Migas 2019 Sebesar 3 Persen

Selasa, 19 Maret 2019 16:38
Mediasi di Kantor Desa Bangun Jaya,
Direksi PT. BAG Terlibat Adu Mulut dengan Masyarakat dan Pemegang Saham


Selasa, 19 Maret 2019 16:28
Bupati Kuansing Imbau Wajib Pajak Lapor SPT Melalui e-Filing

Selasa, 19 Maret 2019 16:19
Husaimi Yakini PPP Isi Posisi Wabup Kampar

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 20 Juli 2018 16:59
‎Latihan Jalak Sakti 2018 Berakhir,
TNI AU Rencana Bangun Pos Udara di Bandara Tuanku Tambusai Rohul


Latihan Jalak Sakti 2018 digelar TNI AU di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian, sudah berakhir. Gubri terlihat hadir saat acara penutupan.

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Latihan Jalak Sakti 2018 digelar TNI Angkatan Udara (AU) di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, sudah berakhir pada Jumat (20/7/2018).

Puncak Latihan Jalak Sakti di Bandara Tuanku Tambusai berlokasi di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo dihadiri Kepala Satuan Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Pangkoops I TNI AU Marsekal Muda TNI Nanang Santoso dan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah Koops Lusi Nanang Santoso, Danlanud Pekanbaru Masma A.G.E Wicaksono MM.

Hadir juga Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, Bupati Rohul H. S‎ukiman, Fokompinda Rohul, Pj Sekda Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, sejumlah perwira TNI AU, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

‎Latihan Manuver Lapangan Jalak Sakti melibatkan ribuan personel TNI AU, beberapa pesawat tempur, pesawat C130 Hercules, pesawat tanpa awak, dan 3 helikopter disaksikan ribuan masyarakat Rohul, termasuk pelajar dari Kecamatan Rambah Samo.

Beberapa atraksi dilakukan personel TNI AU, mulai terjun payung, perebutan bandara udara dari tangan musuh, pembebasan‎ sandera, atraksi pesawat tempur, dan diakhiri penandatangan kerjasama antara Bupati Rohul Sukiman‎ dengan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

‎Sebelum menuju Masjid Agung Islamic Center Rohul untuk melaksanakan Salat Jumat, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian dijadikan lokasi Latihan Jalak Sakti 2018, karena bandara terletak di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo ini masuk kategori cukup ideal.

Selain hanya digunakan untuk penerbangan domestik sekali dalam seminggu, Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian juga dekat dengan Lapangan Udara (Lanud) Pekanbaru Roesmin Nurjadin.

"Sayang kalau tidak kita manfaatkan‎. Sedangkan disini dekat dengan Lanud Pekanbaru, jadi bisa dijangkau tanpa harus mengeluarkan upaya yang paling besar, bisa tiap hari ke sini," jelas Yuyu, menjawab riauterkinicom.

Marsekal TNI Yuyu menerangkan tujuan latihan perang rutin dilakukan TNI AU untuk menguji kemampuan personel. Untuk latihan puncak dengan sandi Angkasa Yuda diakuinya akan dipusatkan di Jakarta.

Dari setiap latihan, tambah Yuyu, diharapkan TNI AU dapat mengevaluasi apa yang perlu disempurnakan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Menurut Marsekal TNI Yuyu Sutisna latihan ini dan sejumlah antraksi dipertujukkan personel bukan hanya sebagai hiburan, namun diharapkan‎ dapat menimbulkan kebanggaan bagi masyarakat‎ terhadap TNI umumnya, dan cinta terhadap TNI AU dan dirgantara pada khususnya.

Ditanya apakah Bandara Tuanku Tambusai akan dijadikan lokasi latihan rutin untuk TNI AU, Yuyu mengaku untuk jadwal latihan ditentukan oleh Satuan Koops nantinya.‎

Setelah selesai Latihan Jalak Sakti, TNI AU berencana akan membangun pos udara di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian. Menurutnya, setiap bandara perlu pengamanan, lokasi latihan, dan pengembangan potensi dirgantara.

‎"Nah itu kita kemas. Koops satu kerjasama dengan kabupaten di sini (Rohul) untuk melaksanakan itu semua. Kita ke depan menaruh pos disini, kemudian ikut mengamankan bandara, mengembangkan potensi dirgantara dan bahan untuk latihan," jelas Yuyu.

Ditanya apakah adanya pos udara nanti, TNI AU akan menempatkan personel di Bandara Tuanku Tambusai, Yuyu mengaku mereka masih melihat perkembangan.

"Kita masih melihat perkembangan. Kalau memang diperlukan kita tempatkan di sini. Kita banyak pos-pos ya, di bawah Lanud kan ada pos, detasemen dan lainnya,‎" ungkapnya.

Pembangunan pos udara, tambah Yuyu belum diketahui kapan waktunya, sebab masih perlu koordinasi dengan Menteri Perhubungan dan DPR.‎ "Yang jelas kita lihat perkembangan," katanya.

Disinggung soal Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengaku dengan wilayah udara dan geografis yang sangat luas, tentunya masih perlu pengembangan.‎

Namun demikian, kata Yuyu lagi, pengembangan dirgantara harus sesuai perencanaan yang ada, dan sesuai tahapan. TNI AU sendiri sudah melaksanakan pengembangan, pembangunan kekuatan sesuai dengan alokasi anggaran.

‎Sementara, Bupati Rohul Sukiman, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI AU dan Kasau Marsekal TNI Yuyu karena Bandara Tuanku Tambusai ditetapkan sebagai lokasi untuk Latihan Jalak Sakti 2018, apalagi bandara ini jarang-jarang digunakan untuk latihan selama ini.

"‎Oleh karena itu kita berharap dapat membangkitkan semangat dan minat generasi muda kita di dalam memahami tentang dirgantara," kata Bupati Rohul Sukiman.

"Sekali lagi saya terima kasih kepada Kasau TNI Angkatan Udara," sampai Bupati Sukiman.

Perlu diketahui, bahwa Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian sedikitnya tiga kali pernah dipakai untuk latihan perang personel TNI AU. Bandara ini dijadikan lokasi latihan militer karena baru digunakan untuk penerbangan domestik satu pekan sekali saat ini.‎***(zal)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Tabligh Akbar di Polres Inhil Dihadiri Sekelompok Simpatisan Capres Berbaju #01 JOKOWIAMIN
- Bahaya PTM, Puluhan Pedagang dan Warga di Bantan, Bengkalis Diperiksa Kesehatannya
- Mediasi di Kantor Desa Bangun Jaya,
Direksi PT. BAG Terlibat Adu Mulut dengan Masyarakat dan Pemegang Saham

- Ingin Sukses sebagai Tuan Rumah MTQ Tingkat Riau, Ini Pesan Sekda kepada LPTQ Kampar
- Di Sela Dampingi Kunker Menteri BUMN,
Mampir di Masjid Al Hidayah Sungai Duku, Gubri Ikuti Salat Jenazah

- Ke Kampus Unri, Menteri BUMN Disambut Protes Karlahut
- Menteri BUMN Mau Datang, Pertamina Sungai Duku Siapkankan Sembako dan Suruh Warga Sapu Jalan
- Deadline 31 Maret, Pejabat Belum Laporkan LHKPN tak Berhak Terima Single Salary
- Peringati HPSN, DLH Kuansing Siapkan Berbagai Door Prize
- Jalan di Kecamatan Langgam, Hancur Akibat Aktivitas PT EMP Bentu
- Polda Riau Kawal Jenazah Ibunda UAS Menuju Asahan, Sumatera Utara
- Dibuka untuk umum, Mobnas Gubri Kendaraan Perdana Lintasi Jembatan Siak IV
- Lantik Alfredi jadi Bupati Siak, Gubri Ingatkan Beratnya Tanggung-jawab
- Heser Seru, Program Ispiratif Kecamatan Rumbai untuk Kaum Dhuafa
- Gubri Ajak Undangan Pelantikan Bupati Siak Doakan Ibunda UAS
- Innalillahi Wainna Ilahirojiun! Ibunda Ustadz Abdul Somad Wafat
- Undangan Pelantikan Bupati Siak Mulai Berdatangan
- Prihatin, FPI dan Suporter PSPS Beri Bantuan Makanan Masyarakat Koto Aman
- Pelajari Penerapan UU 23 Tahun 2014, Pemkab Kuansing Berkunjung ke Surabaya
- Kini Karya Imak Ikut Konser Kerawitan Anak Indonesia


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com