Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Selasa, 19 Pebruari 2019 21:16
Tahun 2020 Pembangunan di Kampar Masih Diarahkan untuk Peningkatan Infrastruktur

Selasa, 19 Pebruari 2019 20:09
Pungli Pengurusan Prona, Mantan Pejabat BPN Inhu Dituntut Jaksa Lima Tahun Penjara

Selasa, 19 Pebruari 2019 19:37
Demokrat Bengkalis Perkuat Konsolidasi Tingkat Ranting

Selasa, 19 Pebruari 2019 19:30
Pekan Ini, Harga TBS Sawit Riau Turun Tipis

Selasa, 19 Pebruari 2019 19:29
Bupati dan Wabup Inhil Hadiri Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Al-Jailani di Kecamatan Enok

Selasa, 19 Pebruari 2019 17:35
2019, DJP Riau Kepri Ditarget Rp 17,7 Triliun

Selasa, 19 Pebruari 2019 17:21
Sekda Bengkalis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Kinerja

Selasa, 19 Pebruari 2019 17:17
Waka DPRD Riau Sarankan Pujasera Pekanbaru Dijadikan Pasar Seni

Selasa, 19 Pebruari 2019 16:46
Tak Lagi Masuk Kalender Pariwisata,
Event Pacu Jalur Akan Berdampak Buruk Terhadap Perekonomian


Selasa, 19 Pebruari 2019 16:42
H-1, Begini Sosok Syamsuar di Mata Wakil Gubernur Kepri

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 18 September 2018 17:56
Kirab Pemuda Nusantara Sambangi Kampar

Puluhan pemuda dari berbagai daerah se Indonesia lakukan kunjungan ke Kampar. Kirab Pemuda Nusantara disambut Sekretaris Daerah Yusri.

BANGKINANG - Kabupaten Kampar menjadi salah satu daerah kabupaten/kota yang disinggahi puluhan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang melakukan kegiatan Kirab Pemuda Nusantara.

Kirab Pemuda Nusantara disambut Pemerintah Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri pada Senin (17/9/2018) malam.

Sehari menjejakkan kaki di Kampar, Selasa (18/9/2018) sebanyak 45 orang pemuda pilihan ini melakukan pawai kirab pemuda. Walaupun dalam suasana diguyur hujan, namun peserta tetap semangat mengikuti pawai yang digelar di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Pawai diikuti para pelajar dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Abdul Muslim. Dari Pemkab Kampar tampak hadir Asisten III Setdakab Kampar Nurhasani.

Sekda Kampar H Yusri Datuk Bandaro Mudo mengatakan, kedatangan pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda Nusantara merupakan kehormatan bagi Kampar. "Mereka merupakan pemuda-pemuda terpilih yang diutus untuk mentransfer ilmu ke beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia," ujar Yusri.

Dia menjelaskan, peserta kirab berada di Kabupaten Kampar selama lima hari. Mereka ditumpangkan di rumah-rumah penduduk yang ada di Kota Bangkinang. Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu kehormatan ini agar mereka berkesan singgah di Kabupaten Kampar.

Yusri berharap, melalui kegiatan kirab pemuda ini bisa menjadi perekat bagi pemuda demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Abdul Muslim mengatakan, perjalanan kirab pemuda ini sudah sampai pada lokasi keempat dengan peserta berjumlah 45 orang yang akan berkeliling di 17 Provinsi di Indonesia selama 73 hari.

Sebelumnya Koordinator Kirab Pemuda Nusantara Muhammad Faisal Alizulami mengatakan, untuk Provinsi Riau hanya Kabupaten Kampar yang mereka datangi.

Kemudian mereka akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Setelah itu ke Provinsi Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Penetapan Kampar sebagai salah satu daerah yang disinggahi setelah mereka berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau

Kirab Pemuda Nusantara ini adalah merupakan program kedua dari kementerian, karena ingin melihat para pemuda ini supaya tahu satu sama lain dan mencegah disintegrasi bangsa.

"Pada tahun 2017 ada program yang sudah kita laksanakan seperti ini juga, dan Alhamdulillah terlaksana dan ditahun kedua ini kita laksanakan kembali," ujar Muhammad Faisal Alizulami.

Ia menjelaskan, untuk menjadi peserta kirab ini mereka melalui proses yang cukup panjang. "Ada daftar on line, wawancara, kita tes kesehatan mereka, kita tes kejiwaan mereka, kita tes`narkoba atau tidak, bener-bener kita screening habis-habisan kemudian selama lima hari pembekalan, jadi fisik dan mental mereka sudah kuat karena mereka ini agen-agen yang kita pilih pada saat seleksi," terang Faisal.

Pada saat pendaftaran online jumlahnya hampir 12.000 orang. Kemudian dipilih sebanyak 100 orang dan dibagi menjadi dua zona, yakni Zona 1 di Indonesia Bagian Barat dan Zona 2 Indonesia Bagian Timur.

Faisal berharap kedepannya mereka ini menjadi leader di masing-masing daerah mereka berada. Mereka akan menterjemaahkan apa yang mereka alami sekarang, menceritakan bukan hanya kepada lingkungan mereka, dimasing-masing daerah yang mereka wakili tetapi juga kepada bangsa Indonesia tentang yang baik dan apa yang bisa mereka banggakan.

Apa yang mereka alami juga akan diminta diekspresikan, menceritakan semua yang mereka alami itu melalui akun media sosial mereka, melelui tulisan-tulisan mereka yang kemudian diekspose satu persatu.

Salah seorang peserta Kirab Pemuda Nusantara yang juga Ketua Zona 1 Muhammad Reda dari Provinsi Kalimantan Barat mengatakan, berada di Kampar saat ini sangat terasa sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang ke rumah sendiri. Merek merasa aman, nyaman dan tentram.

“Karena saya berasal dari darah Melayu jadi saya merasakan sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang kerumah sendiri serta sangat merasakan aman, nyaman dan tentram," ujarnya.

Reda juga mengatakan, titik singgah mereka berjumlah 17 titik. Tinggal 13 provinsi lagi yang akan mereka kunjungi. Kegiatan yang dilakukan diantaranya pawai budaya, menggali potensi daerah, serta sharing antara budaya daerah peserta dengan budaya daerah yang mereka kunjungi.

“Kita disini mempunyai 45 orang, 38 dari perwakilan setiap provinsi, perwakilan dari organisasi kepemudaan, serta pemuda dari ujung barat yakni pemuda Sabang," pungkasnya.*(man)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Tahun 2020 Pembangunan di Kampar Masih Diarahkan untuk Peningkatan Infrastruktur
- Sekda Bengkalis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Kinerja
- Dilarang Liput Dugaan Pencemaran Limbah di PKS PT MAN, Ini Reaksi PWI Rohul
- TNI Berikan Pelatihan Teknik Dasar Beladiri kepada Aggota BNNK Kuansing
- Demi Kesembuhan Ani Yudhoyono,
DPD Demokrat Riau Instruksikan DPC Gelar Doa Bersama

- Antisipasi DBD, TNI Bersama UPTD Kesehatan Kuantan Hilir Lakukan Fogging
- Besok Gubri Terpilih Dilantik, Wan Thamrin Minta PNS Tidak Kasak-kusuk
-
- Jaringan Pulih, Pelayanan Pembuatan KTP El di Kuansing Pulih
- SK Penetapan Kuansing Tuan Rumah Porprov Diterima Bupati
- Melalui MoU, Kejati Beri Pendampingan Penyelesaian Kredit Macet di BRK
- Buka Musrenbang Kecamatan Inuman,
Bupati Kuansing: Jangan Hanya Pembangunan Fisik, Usulkan Juga Peningkatan SDM

- Tutup Perayaan Imlek,
Gelaran Cap Go Meh Akan Hadirkan Atraksi Barongsai Terbanyak di Pekanbaru

- TMMD Bangun 6 Rumah Warga Kurang Mampu di Seberang Gunung
- Wan Thamrin Mulai Berangsur Bawa Pakaian dari Rumah Dinas
- Sehari Jelang Lengser, Gubri Ingatkan Kerja Optimal dan Jangan Ada Lagi Mogok
- Musda 3 Pajero Sport Family Riau Chapter Pilih Gusri jadi Ketua
- Perbaikan 7 Ruas Jalan Kota Tembilahan, Bupati Inhil Minta Masyarakat Bersabar
- PUPR Riau Anggarkan Rp14 Miliar Untuk Jalan Rusak dan Bergelombang
- Pelepasan Jenazah Ajudan Istri Bupati Kuansing Berlangsung Penuh Haru


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com