Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Rabu, 12 Desember 2018 09:45
BUMD Bakal Padukan Gerai Makan Pelalawan Bakal dengan Lapangan Futsal

Rabu, 12 Desember 2018 09:13
2019 Keuangan Membaik, Pengetatan Anggaran Pemprov Riau Lebih longgar

Selasa, 11 Desember 2018 22:00
Pelantikan PWI Bengkalis Bakal Dihadiri Ketum Pusat

Selasa, 11 Desember 2018 21:55
Terseret Arus Banjir, Dua Warga Kampar Belum Ditemukan

Selasa, 11 Desember 2018 21:53
Kabupaten Peduli HAM, Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Kemenkum HAM RI

Selasa, 11 Desember 2018 21:42
BNI-KODAM I Bukit Barisan Jalin Kerjasama Pembayaran Tunkin

Selasa, 11 Desember 2018 21:37
Pengacara Tak Datang, Sidang Pemalsuan Sertifikat Lahan Pengusaha Sawit Ditunda

Selasa, 11 Desember 2018 20:03
Pilkades Serentak di Meranti Direncanakan pada Mei - Juni 2019

Selasa, 11 Desember 2018 20:00
Tak Bisa Berenang, Seorang Bocah SMP di Labuh Baru Tenggelam di Sungai Air Hitam

Selasa, 11 Desember 2018 19:24
Dua Terdakwa Korupsi Pembangunan Gedung Fisipol Unri Dituntut 3 Tahun Penjara

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 18 September 2018 17:56
Kirab Pemuda Nusantara Sambangi Kampar

Puluhan pemuda dari berbagai daerah se Indonesia lakukan kunjungan ke Kampar. Kirab Pemuda Nusantara disambut Sekretaris Daerah Yusri.

BANGKINANG - Kabupaten Kampar menjadi salah satu daerah kabupaten/kota yang disinggahi puluhan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang melakukan kegiatan Kirab Pemuda Nusantara.

Kirab Pemuda Nusantara disambut Pemerintah Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri pada Senin (17/9/2018) malam.

Sehari menjejakkan kaki di Kampar, Selasa (18/9/2018) sebanyak 45 orang pemuda pilihan ini melakukan pawai kirab pemuda. Walaupun dalam suasana diguyur hujan, namun peserta tetap semangat mengikuti pawai yang digelar di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Pawai diikuti para pelajar dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Abdul Muslim. Dari Pemkab Kampar tampak hadir Asisten III Setdakab Kampar Nurhasani.

Sekda Kampar H Yusri Datuk Bandaro Mudo mengatakan, kedatangan pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda Nusantara merupakan kehormatan bagi Kampar. "Mereka merupakan pemuda-pemuda terpilih yang diutus untuk mentransfer ilmu ke beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia," ujar Yusri.

Dia menjelaskan, peserta kirab berada di Kabupaten Kampar selama lima hari. Mereka ditumpangkan di rumah-rumah penduduk yang ada di Kota Bangkinang. Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu kehormatan ini agar mereka berkesan singgah di Kabupaten Kampar.

Yusri berharap, melalui kegiatan kirab pemuda ini bisa menjadi perekat bagi pemuda demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Abdul Muslim mengatakan, perjalanan kirab pemuda ini sudah sampai pada lokasi keempat dengan peserta berjumlah 45 orang yang akan berkeliling di 17 Provinsi di Indonesia selama 73 hari.

Sebelumnya Koordinator Kirab Pemuda Nusantara Muhammad Faisal Alizulami mengatakan, untuk Provinsi Riau hanya Kabupaten Kampar yang mereka datangi.

Kemudian mereka akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Setelah itu ke Provinsi Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Penetapan Kampar sebagai salah satu daerah yang disinggahi setelah mereka berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau

Kirab Pemuda Nusantara ini adalah merupakan program kedua dari kementerian, karena ingin melihat para pemuda ini supaya tahu satu sama lain dan mencegah disintegrasi bangsa.

"Pada tahun 2017 ada program yang sudah kita laksanakan seperti ini juga, dan Alhamdulillah terlaksana dan ditahun kedua ini kita laksanakan kembali," ujar Muhammad Faisal Alizulami.

Ia menjelaskan, untuk menjadi peserta kirab ini mereka melalui proses yang cukup panjang. "Ada daftar on line, wawancara, kita tes kesehatan mereka, kita tes kejiwaan mereka, kita tes`narkoba atau tidak, bener-bener kita screening habis-habisan kemudian selama lima hari pembekalan, jadi fisik dan mental mereka sudah kuat karena mereka ini agen-agen yang kita pilih pada saat seleksi," terang Faisal.

Pada saat pendaftaran online jumlahnya hampir 12.000 orang. Kemudian dipilih sebanyak 100 orang dan dibagi menjadi dua zona, yakni Zona 1 di Indonesia Bagian Barat dan Zona 2 Indonesia Bagian Timur.

Faisal berharap kedepannya mereka ini menjadi leader di masing-masing daerah mereka berada. Mereka akan menterjemaahkan apa yang mereka alami sekarang, menceritakan bukan hanya kepada lingkungan mereka, dimasing-masing daerah yang mereka wakili tetapi juga kepada bangsa Indonesia tentang yang baik dan apa yang bisa mereka banggakan.

Apa yang mereka alami juga akan diminta diekspresikan, menceritakan semua yang mereka alami itu melalui akun media sosial mereka, melelui tulisan-tulisan mereka yang kemudian diekspose satu persatu.

Salah seorang peserta Kirab Pemuda Nusantara yang juga Ketua Zona 1 Muhammad Reda dari Provinsi Kalimantan Barat mengatakan, berada di Kampar saat ini sangat terasa sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang ke rumah sendiri. Merek merasa aman, nyaman dan tentram.

“Karena saya berasal dari darah Melayu jadi saya merasakan sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang kerumah sendiri serta sangat merasakan aman, nyaman dan tentram," ujarnya.

Reda juga mengatakan, titik singgah mereka berjumlah 17 titik. Tinggal 13 provinsi lagi yang akan mereka kunjungi. Kegiatan yang dilakukan diantaranya pawai budaya, menggali potensi daerah, serta sharing antara budaya daerah peserta dengan budaya daerah yang mereka kunjungi.

“Kita disini mempunyai 45 orang, 38 dari perwakilan setiap provinsi, perwakilan dari organisasi kepemudaan, serta pemuda dari ujung barat yakni pemuda Sabang," pungkasnya.*(man)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Pelantikan PWI Bengkalis Bakal Dihadiri Ketum Pusat
- Kabupaten Peduli HAM, Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Kemenkum HAM RI
- DLH Kuansing Serahkan Sebanyak 247 Kartu BPJS Kepada PHL
- ‎36 Pejabat Pemkab Rohul Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
- Puluhan 'Pelayan' di Bengkalis Ikuti Sosialisasi UU KIP
- Seorang Mahasiswi Tewas jadi Korban Jalan Rusak,
Zulfi Mursal Minta Pemprov Riau Serius Perbaiki Jalan Rusak di Siak

- Pemkab Kuansing Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2018
- Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman
- Terkuak, PT Surya Bratasena Garap 844 Hektar Lahan Diluar HGU di Pelalawan
- Perayaan Natal Bersama, Ini Pesan Pendeta ke Jemaat Gereja HKBP Eksodi Pasirpangaraian
- PT EMP Bentu Klaim Sudah Pekerjakan Puluhan Naker Lokal di Pelalawan
- ‎Hari Ketujuh, Jasad Bocah Rohul Diduga Hanyut di Sungai Batang Lubuh Belum Ditemukan
- Wan Thamrin Undang Khusus Andi Rachman Saat Pelantikannya di Istana Negara
- Dilantik Presiden sebagai Gubri Definitif,
Wan Thamrin Ucapkan Alhamdulillah Sampai Tiga Kali

- Seluruh ASN Pekanbaru Diinstruksikan Berbusana Melayu pada Acara MTQ ke-37 Riau
- Peringati Hari Anti Korupsi,
Kejari Bengkalis Gelar Berbagai Kegiatan

- Terkait Jalan Berlubang, PUPR Pekanbaru Sudah Koordinasi dengan PUPR Riau
- ‎Hasil Mediasi, Suku Caniago Kota Lama Ancam Stop PT SJI Coy‎ Bila Ini tak Dipenuhi
- Sambut RI 1, Dishub Pekanbaru Kerahkan 100 Personel
- Jelang Pelantikan, Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim Tampak Bahagia


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com