Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 20 Oktober 2018 20:51
KPU Kampar Sosialisasi Goes to Campus di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Sabtu, 20 Oktober 2018 20:07
Organic Center Sulap Jajanan Favorit Jadi Sehat

Sabtu, 20 Oktober 2018 17:02
Manjakan Kaula Muda, AXIS Pop-Up Station Hadir di Pekanbaru

Sabtu, 20 Oktober 2018 16:48
Azis Zaenal Serahkan Mini Traktor ke Petani di Desa Sungai Lembu

Sabtu, 20 Oktober 2018 16:33
Warga Siak Kecil,Bengkalis Kembali Dihebohkan Bayi Dibuang

Sabtu, 20 Oktober 2018 15:02
Capaian Imunisasi MR di Kampar Rendah,
Kemenkes RI dan WHO Ungkap Bahaya Campak dan Rubella


Sabtu, 20 Oktober 2018 14:31
Rumah Zakat Raih ICSB Indonesia Presidential Award 2018 Kategori Business Particioner

Sabtu, 20 Oktober 2018 13:56
PT RAPP Adakan Pelatihan Budidaya Nanas bagi 43 Petani Pulau Padang

Sabtu, 20 Oktober 2018 13:44
Ditinggal Pergi ke Pekanbaru, Rumah Warga Pucuk Rantau Kuansing Dilalap Api

Sabtu, 20 Oktober 2018 13:38
Pretel-pretel, Ornamen Gerbang Main Stadium Bahayakan Pemotor

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 18 September 2018 17:56
Kirab Pemuda Nusantara Sambangi Kampar

Puluhan pemuda dari berbagai daerah se Indonesia lakukan kunjungan ke Kampar. Kirab Pemuda Nusantara disambut Sekretaris Daerah Yusri.

BANGKINANG - Kabupaten Kampar menjadi salah satu daerah kabupaten/kota yang disinggahi puluhan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang melakukan kegiatan Kirab Pemuda Nusantara.

Kirab Pemuda Nusantara disambut Pemerintah Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri pada Senin (17/9/2018) malam.

Sehari menjejakkan kaki di Kampar, Selasa (18/9/2018) sebanyak 45 orang pemuda pilihan ini melakukan pawai kirab pemuda. Walaupun dalam suasana diguyur hujan, namun peserta tetap semangat mengikuti pawai yang digelar di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Pawai diikuti para pelajar dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Abdul Muslim. Dari Pemkab Kampar tampak hadir Asisten III Setdakab Kampar Nurhasani.

Sekda Kampar H Yusri Datuk Bandaro Mudo mengatakan, kedatangan pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda Nusantara merupakan kehormatan bagi Kampar. "Mereka merupakan pemuda-pemuda terpilih yang diutus untuk mentransfer ilmu ke beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia," ujar Yusri.

Dia menjelaskan, peserta kirab berada di Kabupaten Kampar selama lima hari. Mereka ditumpangkan di rumah-rumah penduduk yang ada di Kota Bangkinang. Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu kehormatan ini agar mereka berkesan singgah di Kabupaten Kampar.

Yusri berharap, melalui kegiatan kirab pemuda ini bisa menjadi perekat bagi pemuda demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Abdul Muslim mengatakan, perjalanan kirab pemuda ini sudah sampai pada lokasi keempat dengan peserta berjumlah 45 orang yang akan berkeliling di 17 Provinsi di Indonesia selama 73 hari.

Sebelumnya Koordinator Kirab Pemuda Nusantara Muhammad Faisal Alizulami mengatakan, untuk Provinsi Riau hanya Kabupaten Kampar yang mereka datangi.

Kemudian mereka akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Setelah itu ke Provinsi Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Penetapan Kampar sebagai salah satu daerah yang disinggahi setelah mereka berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau

Kirab Pemuda Nusantara ini adalah merupakan program kedua dari kementerian, karena ingin melihat para pemuda ini supaya tahu satu sama lain dan mencegah disintegrasi bangsa.

"Pada tahun 2017 ada program yang sudah kita laksanakan seperti ini juga, dan Alhamdulillah terlaksana dan ditahun kedua ini kita laksanakan kembali," ujar Muhammad Faisal Alizulami.

Ia menjelaskan, untuk menjadi peserta kirab ini mereka melalui proses yang cukup panjang. "Ada daftar on line, wawancara, kita tes kesehatan mereka, kita tes kejiwaan mereka, kita tes`narkoba atau tidak, bener-bener kita screening habis-habisan kemudian selama lima hari pembekalan, jadi fisik dan mental mereka sudah kuat karena mereka ini agen-agen yang kita pilih pada saat seleksi," terang Faisal.

Pada saat pendaftaran online jumlahnya hampir 12.000 orang. Kemudian dipilih sebanyak 100 orang dan dibagi menjadi dua zona, yakni Zona 1 di Indonesia Bagian Barat dan Zona 2 Indonesia Bagian Timur.

Faisal berharap kedepannya mereka ini menjadi leader di masing-masing daerah mereka berada. Mereka akan menterjemaahkan apa yang mereka alami sekarang, menceritakan bukan hanya kepada lingkungan mereka, dimasing-masing daerah yang mereka wakili tetapi juga kepada bangsa Indonesia tentang yang baik dan apa yang bisa mereka banggakan.

Apa yang mereka alami juga akan diminta diekspresikan, menceritakan semua yang mereka alami itu melalui akun media sosial mereka, melelui tulisan-tulisan mereka yang kemudian diekspose satu persatu.

Salah seorang peserta Kirab Pemuda Nusantara yang juga Ketua Zona 1 Muhammad Reda dari Provinsi Kalimantan Barat mengatakan, berada di Kampar saat ini sangat terasa sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang ke rumah sendiri. Merek merasa aman, nyaman dan tentram.

“Karena saya berasal dari darah Melayu jadi saya merasakan sekali keramahan masyarakatnya, kekentalan budayanya dan seperti pulang kerumah sendiri serta sangat merasakan aman, nyaman dan tentram," ujarnya.

Reda juga mengatakan, titik singgah mereka berjumlah 17 titik. Tinggal 13 provinsi lagi yang akan mereka kunjungi. Kegiatan yang dilakukan diantaranya pawai budaya, menggali potensi daerah, serta sharing antara budaya daerah peserta dengan budaya daerah yang mereka kunjungi.

“Kita disini mempunyai 45 orang, 38 dari perwakilan setiap provinsi, perwakilan dari organisasi kepemudaan, serta pemuda dari ujung barat yakni pemuda Sabang," pungkasnya.*(man)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- KPU Kampar Sosialisasi Goes to Campus di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
- Azis Zaenal Serahkan Mini Traktor ke Petani di Desa Sungai Lembu
- Capaian Imunisasi MR di Kampar Rendah,
Kemenkes RI dan WHO Ungkap Bahaya Campak dan Rubella

- Tomas dan Anggota DPRD Kuansing Asal Pangean Sunat Gratis 40 Bocah
- Sabtu, Masyarakat Duri Tetap Bisa Urus TNBK
- Persiapan Sudah 95 Persen, Event Sepeda Nusantara Etape Pekanbaru Bakal Dibuka Walikota
- Sebut Sanksi PT.ASL dari Kementrian, BPN Inhu Dikecam Warga
- Pengumuman Ahad Lusa,
Ratusan Berkas Calon Peserta CPNS 2018 di Pemkab Rohul Dinilai TMS

- Pemprov dan Meranti Tersendiri,
Ujian CAT Peserta CPNS Dibagi Empat Titik

- BKD Pekanbaru Akan Konsultasi ke KSN untuk Pengisian Pejabat Eselon II
- Aneh, APMS di Bengkalis Ini Tidak Jual Bensin ke Masyarakat Tapi ke Drum
- Bupati Kampar Ingatkan Pelaksana Program Pamsimas yang Memahami Sistem Sanitasi
- FPRR Serahkan Bantuan Sosial Uutuk Korban Bencana Gempa dan Tsunami di Palu
- Bantuan APBN 2018, BPCB Sumbar Perbaiki Makan Raja-raja Rambah Tahun ini
- Bupati Kampar Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Palu, Sigi dan Donggala
- Proyek Pembangunan Lapangan Parkir RSUD Mandau Diduga Salahi Bestek
- KPID Riau Sosialisasikan Keluarga Cinta Siaran Indonesia di Dumai
- Dipimpin L Saadilah Octeza, Pengurus IPMK Pekanbaru Dikantik
- Tiga Kali Diperingatkan, PT.Alam Sari Lestari di Inhu Tetap Tak Bangun KKPA
- Proyek Preservasi Jalan Nasional di Inhil Segera Dilelang


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com