Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Selasa, 20 Nopember 2018 21:36
Pesta Sabu Semiliar, Seorang Oknum Polisi dan 6 Kawannya Ditangkap Polsek Mandau

Selasa, 20 Nopember 2018 20:06
Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhil Dimajukan Sejam

Selasa, 20 Nopember 2018 17:08
Perdana di Pekanbaru,
UMRI Dipercaya sebagai Tuan Rumah Pelatihan Auditor Mutu Internal PTMA


Selasa, 20 Nopember 2018 16:24
Sambut Hari Juang Kartika, Korem 031/WB Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Selasa, 20 Nopember 2018 14:12
Pantai Indah Selatbaru, Bengkalis Akan Berlakukan Tiket Masuk

Selasa, 20 Nopember 2018 13:46
Sekda Lantik 136 Pejabat Eselon III dan IV Pemkab Inhil

Selasa, 20 Nopember 2018 13:31
Rumah diterjang Longsor Warga Benai Telan Kerugian 50 Juta

Selasa, 20 Nopember 2018 10:30
Camat Kuantan Tengah, Kuansing Bantu panti Asuhan dan Lansia Tunanetra

Selasa, 20 Nopember 2018 07:01
Rp1,4 Triliun, Pemkab Meranti Ajukan Nota Keuangan RAPBD 2019 ke DPRD

Selasa, 20 Nopember 2018 06:57
Teken KUA-PPAS 2019 Terkendala Rincian DBH Migas dari Pusat

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 18 Oktober 2018 16:03
Bantuan APBN 2018, BPCB Sumbar Perbaiki Makan Raja-raja Rambah Tahun ini

Makam Raja-raja Rambah di Desa Rambah, Rohul mendapatkan bantuan dana perbaikan bersumber dari APBN 2018. Tahun ini akan diperbaiki.

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Makam Raja-raja Rambah berlokasi di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapatkan bantuan dana perbaikan bersumber dari APBN 2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul Drs. Yusmar, M.Si, mengatakan perbaikan Makam Raja-raja Rambah bersumber dari bantuan APBN akan dilakukan melalui Balai Pelestarian CagarBudaya (BPCB) Sumatera Barat (Sumbar).

"Perbaikan meliputi perbaikan pagar makam, pembersihan lokasi makam, dan pembersihan pohon beringin yang ada di dalam makam Raja Rambah,‎" jelas Yusmar kepada riauterkinicom, Kamis (18/10/2018).

Yusmar mengungkapkan rencana perbaikan lokasi Makam-makam Raja Rambah diketahui dari Kepala Seksi Perlindungan dan Pemeliharaan BPCB Sumbar, melalui Darul Aswadi, didampingi Ahmad Fitri yang tengah melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul.

BPCB Sumbar yang membawahi wilayah Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau, ungkap Yusmar, telah melaksanakan Monev di Kabupaten Rohul selama dua hari, mulai Selasa (16/10/2018) dan baru berakhir Rabu (17/10/2018).

Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul ini menerangkan berbagai benda cagar budaya dimonitoring petugas BPCB Sumbar, meliputi Kompleks Istana Raja Rokan di Kecamatan Rokan IV Koto, Makam Tengku Joman di Desa Lubuk Bendahara.

Selanjutnya, Makam Raja Rambah di Kumu Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, serta Benteng Tujuh Lapis atau Benteng Aur Berduri di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai.

Selain membantu perbaikan Makam Raja-raja Rambah, sambung Yusmar, Tim Monev dari BPCB Sumbar juga akan melengkapi bahan-bahan, serta data dalam rangka perbaikan terhadap Komplek Istana Raja Rokan, seperti pagar, makam raja dan lingkungan, serta perbaikan lain yang termasuk kewenangan dan tangung jawab BPCB Sumbar yang telah ditetapkan.

BPCB Sumbar juga akan mengevaluasi kinerja 3 tenaga Juru Pelihara Cagar Budaya yang dipekerjakan menggunakan anggaran BPCB Sumbar di Cagar Budaya Kabupaten Rohul, seperti petugas di Komplek Istana Raja Rokan, petugas Makam Tengku Joman, dan petugas Makam Raja Rokan.‎

Pemerintah Kabupaten Rohul mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat, melalui BPCB Sumbar yang telah memberikan perhatian terhadap benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul.‎

Yusmar menambahkan, dari beberapa benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul, berdasarkan Keputusan Gubernur Riau Nomor: KPTS.966/ XII/ 2017, tentang Penetapan Status Cagar Budaya Tidak Bergerak peringkat provinsi, tanggal 29 Desember 2017, ada 11 situs atau cagar budaya di Kabupaten Rohul.

Sebelas situs atau cagar budaya di Rohul, seperti Komplek Raja-raja Kepenuhan di Kelurahan Kepenuhan Tengah Kecanatan Kepenuhan, Makam Tengku Joman di Desa Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto, Makam Sutan Laut Api di Dusun Haiti Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah.

Makam Kahar (Raja Tambusai) di Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai, Makam Raja-raja Rambah di Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, Makam Raja-raja Rokan di Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto.‎

Ke tujuh, empat lokasi di Kecamatan Tambusai, seperti Kampung Daloe-Daloe (Dalu-Dalu), Kubu Awuo Duri (Kubur Aur Duri), Benteng Tujuh Lapih (Benteng Tujuh Lapis), Benteng Tuanku Tambusai di Dusun Benteng Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan.

Kemudian, Kontroleur Belanda (Rumah Dinas Sekda Kabupaten Rohul/ dahulu rumah Wakil Bupati Rohul di Jalan Veteran/ Jalan Riau Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah. Sembilan, Istana Rokan dan Rumah Hulu Balang di Desa Rokan Koyo Ruang Krcamatan Rokan IV Koto.

Sepuluh, Kantor KPU Kabupaten Rohul (Kantor Kontroleur) di Jalan Riau/ Jalan Imam Bonjol Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah. Sebelas, Sekolah Belanda yang sekarang menjadi SDN 001 Rambah di Jalan Diponegoro Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah.

"Kedepan kita tetap akan melaksanakan koordinasi dan kerjasama baik dengan berbagai pihak, termasuk BPCB Sumatera Barat dalam rangka menjaga situs bersejarah, dan mempunyai nilai-nilai tinggi bagi Negeri Seribu Suluk ini," ujar Yusmar.

Sementara, petugas dari BPCB Sumbar, Darul Aswadi, mengatakan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2011, Tentang Cagar Budaya, memberikan garisan bahwa pembangunan cagar budaya sudah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta serta masyarakat yang berkoordinasi dengan BPCB di wilayah masing-masing, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Darul mengatakan BPCB Sumbar akan tetap serius dalam memperhatikan seluruh cagar budaya di wilayahnya, termasuk cagar budaya yang ada di‎ Kabupaten Rohul.***(zal)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhil Dimajukan Sejam
- Perdana di Pekanbaru,
UMRI Dipercaya sebagai Tuan Rumah Pelatihan Auditor Mutu Internal PTMA

- Sambut Hari Juang Kartika, Korem 031/WB Bedah Rumah Warga Kurang Mampu
- Camat Kuantan Tengah, Kuansing Bantu panti Asuhan dan Lansia Tunanetra
- Sampah Rumah Tangga Berserakan,
Mahasiswa Stikes Hang Tuah Pekanbaru Beri Solusi Pada Warga Pulau Gadang

- Jaga Keamanan Penumpang, Puluhan Kendaraan di Kuansing Dirazia Operasi Uji Petik
- Pelantikan Gubri Definitif, Wan Thamrin Bakal Pakai Baju Lama
- BPBD Riau: Empat Kabupaten Masih Terendam Banjir
- Jadwal Pelantikan Gubri Bersamaan Dengan Gubernur Bengkulu
- Pabrik Pengolah Inti Sawit PT SDS Terbakar di Dumai
- Laga Kambing Sepeda Motor, 1 Korban Tewas di Bengkalis
- ‎Serunya Family Gathering Polres Rohul di Objek Wisata Sipogas
- Baksos, Polsek Cerenti Turun ke Masyarakat Bergotong Royong
- Sempena HKN, Pernakes Bengkalis Taja Jalan Santai dan Donor Darah di Duri
- Disnaker Riau Saksikan Penandatangan PKB Serikat Pekerja di Pelalawan
- Kenalkan Lebih Mendalam Mengani Media Siber, Riauonline.co.id Taja Seminar NuMedia Cyber
- Setelah Kampar, BKD Riau Kembali Gelar Touring Road to Siak
- Reuni Perak Alumni SMPN 4 Pekanbaru, Donor Darah dan ke Panti Asuhan
- Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan Menjadi yang Terbaik di Riau
- Baznas Bengkalis Bantah Minta KTP untuk Bagikan Zakat


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com