Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 26 April 2019 22:13
Polisi Jamin Aman, Logistik PSU dan PSL di Bengkalis Belum Tersedia

Jum’at, 26 April 2019 21:05
‎Peringatan Hari Kartini ke-55, Dinsos P3A Rohul Gelar Lomba Baca Puisi dan Fashion Show

Jum’at, 26 April 2019 20:56
Diguyur Hujan, Duri Timur, Bengkalis Kebanjiran

Jum’at, 26 April 2019 20:02
Dilepas Bupati Rohul, Pawai Ta'aruf Semarak Ramadhan 1440 H di Pasirpangaraian Diguyur Hujan

Jum’at, 26 April 2019 19:36
Simulasi Evakuasi Bencana, Gedung RSUD Petala Bumi Terbakar, Pasien Melahirkan Turut Dievakuasi

Jum’at, 26 April 2019 18:54
Diduga Cabuli ABG, Kades Pedekik dan Barang Bukti Dilimpahkan ke JPU

Jum’at, 26 April 2019 17:30
Ketua Bawaslu Pelalawan: Pengalihan Suara Antar Caleg Adalah Pidana Pemilu

Jum’at, 26 April 2019 16:54
Dorong Kemandirian, Keterampilan Teknis dan Mental,
200 Warga Ikuti Kelas Orientasi dan Kewirausahaan Tajaan PT CPI


Jum’at, 26 April 2019 16:34
99 Mahasiswa dan 14 Dosen Asal Pekanbaru Blusukan ke Hutan Mangrove di Bengkalis

Jum’at, 26 April 2019 15:42
Gubri Harap PSU dan PSL Besok Berjalan Damai

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 18 Oktober 2018 16:03
Bantuan APBN 2018, BPCB Sumbar Perbaiki Makan Raja-raja Rambah Tahun ini

Makam Raja-raja Rambah di Desa Rambah, Rohul mendapatkan bantuan dana perbaikan bersumber dari APBN 2018. Tahun ini akan diperbaiki.

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Makam Raja-raja Rambah berlokasi di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapatkan bantuan dana perbaikan bersumber dari APBN 2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul Drs. Yusmar, M.Si, mengatakan perbaikan Makam Raja-raja Rambah bersumber dari bantuan APBN akan dilakukan melalui Balai Pelestarian CagarBudaya (BPCB) Sumatera Barat (Sumbar).

"Perbaikan meliputi perbaikan pagar makam, pembersihan lokasi makam, dan pembersihan pohon beringin yang ada di dalam makam Raja Rambah,‎" jelas Yusmar kepada riauterkinicom, Kamis (18/10/2018).

Yusmar mengungkapkan rencana perbaikan lokasi Makam-makam Raja Rambah diketahui dari Kepala Seksi Perlindungan dan Pemeliharaan BPCB Sumbar, melalui Darul Aswadi, didampingi Ahmad Fitri yang tengah melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul.

BPCB Sumbar yang membawahi wilayah Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau, ungkap Yusmar, telah melaksanakan Monev di Kabupaten Rohul selama dua hari, mulai Selasa (16/10/2018) dan baru berakhir Rabu (17/10/2018).

Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul ini menerangkan berbagai benda cagar budaya dimonitoring petugas BPCB Sumbar, meliputi Kompleks Istana Raja Rokan di Kecamatan Rokan IV Koto, Makam Tengku Joman di Desa Lubuk Bendahara.

Selanjutnya, Makam Raja Rambah di Kumu Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, serta Benteng Tujuh Lapis atau Benteng Aur Berduri di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai.

Selain membantu perbaikan Makam Raja-raja Rambah, sambung Yusmar, Tim Monev dari BPCB Sumbar juga akan melengkapi bahan-bahan, serta data dalam rangka perbaikan terhadap Komplek Istana Raja Rokan, seperti pagar, makam raja dan lingkungan, serta perbaikan lain yang termasuk kewenangan dan tangung jawab BPCB Sumbar yang telah ditetapkan.

BPCB Sumbar juga akan mengevaluasi kinerja 3 tenaga Juru Pelihara Cagar Budaya yang dipekerjakan menggunakan anggaran BPCB Sumbar di Cagar Budaya Kabupaten Rohul, seperti petugas di Komplek Istana Raja Rokan, petugas Makam Tengku Joman, dan petugas Makam Raja Rokan.‎

Pemerintah Kabupaten Rohul mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat, melalui BPCB Sumbar yang telah memberikan perhatian terhadap benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul.‎

Yusmar menambahkan, dari beberapa benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Rohul, berdasarkan Keputusan Gubernur Riau Nomor: KPTS.966/ XII/ 2017, tentang Penetapan Status Cagar Budaya Tidak Bergerak peringkat provinsi, tanggal 29 Desember 2017, ada 11 situs atau cagar budaya di Kabupaten Rohul.

Sebelas situs atau cagar budaya di Rohul, seperti Komplek Raja-raja Kepenuhan di Kelurahan Kepenuhan Tengah Kecanatan Kepenuhan, Makam Tengku Joman di Desa Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto, Makam Sutan Laut Api di Dusun Haiti Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah.

Makam Kahar (Raja Tambusai) di Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai, Makam Raja-raja Rambah di Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, Makam Raja-raja Rokan di Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto.‎

Ke tujuh, empat lokasi di Kecamatan Tambusai, seperti Kampung Daloe-Daloe (Dalu-Dalu), Kubu Awuo Duri (Kubur Aur Duri), Benteng Tujuh Lapih (Benteng Tujuh Lapis), Benteng Tuanku Tambusai di Dusun Benteng Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan.

Kemudian, Kontroleur Belanda (Rumah Dinas Sekda Kabupaten Rohul/ dahulu rumah Wakil Bupati Rohul di Jalan Veteran/ Jalan Riau Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah. Sembilan, Istana Rokan dan Rumah Hulu Balang di Desa Rokan Koyo Ruang Krcamatan Rokan IV Koto.

Sepuluh, Kantor KPU Kabupaten Rohul (Kantor Kontroleur) di Jalan Riau/ Jalan Imam Bonjol Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah. Sebelas, Sekolah Belanda yang sekarang menjadi SDN 001 Rambah di Jalan Diponegoro Kelurahan Pasirpangaraian Kecamatan Rambah.

"Kedepan kita tetap akan melaksanakan koordinasi dan kerjasama baik dengan berbagai pihak, termasuk BPCB Sumatera Barat dalam rangka menjaga situs bersejarah, dan mempunyai nilai-nilai tinggi bagi Negeri Seribu Suluk ini," ujar Yusmar.

Sementara, petugas dari BPCB Sumbar, Darul Aswadi, mengatakan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2011, Tentang Cagar Budaya, memberikan garisan bahwa pembangunan cagar budaya sudah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta serta masyarakat yang berkoordinasi dengan BPCB di wilayah masing-masing, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Darul mengatakan BPCB Sumbar akan tetap serius dalam memperhatikan seluruh cagar budaya di wilayahnya, termasuk cagar budaya yang ada di‎ Kabupaten Rohul.***(zal)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- ‎Peringatan Hari Kartini ke-55, Dinsos P3A Rohul Gelar Lomba Baca Puisi dan Fashion Show
- Simulasi Evakuasi Bencana, Gedung RSUD Petala Bumi Terbakar, Pasien Melahirkan Turut Dievakuasi
- Ditanya Soal Pilpres, Syamsuar Sebut Wartawan Kompas TV Bongak
- RAPP Kembali Serahkan Beasiswa Pendidikan
- Atasi Jalan Rusak,
Pemprov Riau Segera Bangun Jembatan Kaki Seribu di Siak Senilai Rp28 Miliar

- 2019, 300 Ekor Sapi Betina di Bengkalis Dapat Asuransi 
- Dinkes Bengkalis Kerahkan Tenaga Medis dan Ambulance 'Kawal' Pleno Pemilu di PPK
- Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, Kodim 0303/Bengkalis Gelar Komsos Komponen Masyarakat
- Sirine Mampet, Kesiapan Panpel MTQ ke II Kecamatan Bathin Solapan Dipertanyakan
- Bupati Bengkalis Buka MTQ ke II Kecamatan Bathin Solapan
- Bekukan MPC PP Kuansing, MPW PP Riau Bentuk Caretaker
- Gubri Langsung ke Rumah Sakit, Kabag Kesra Kuansing Meninggal Mendadak Saat Ikuti Rakor
- Wabup Inhil Aktif di Medsos, untuk Ketahui Permasalahan dan Serap Aspirasi Masyarakat
- Sertifikat Diterima Gubri, Riau Resmi jadi Embarkasi Haji Antara
- 49 Pegawai Imigrasi Bengkalis Cek Kesehatan dan Tes Urine 
- Pasca Penetapan BRK Syariah, Dibentuk Tim Transisi Konvensional ke Syariah
- Dijadikan Lokasi Mesum Remaja, Pengamanan Kantor UPT Capilduk Mandau Harus Dibenahi
- Diwakili Sekda, Bupati Kampar Sampaikan LKPj Tahun 2018
- Pemkab Kampar Pemegang Saham Ketiga di Bank Riaukepri, Ini Kata Bupati Kampar pada RUPS
- Berasal dari Internal, OJK Serahkan Dua Nama Calon Direksi BRK ke Pemprov Riau


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com