Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Senin, 22 April 2019 09:02
Diserang Kelompok Bersenjata, Tiga Personil Polda Riau Luka Tusuk

Senin, 22 April 2019 07:05
Gandeng Sejumlah Komunitas, Sahabat Sungai Pekanbaru Kompak Bersihkan Sungai

Senin, 22 April 2019 06:58
Bupati Inhil Hadiri Kegiatan IKGTKI PGRI Peringati Hari Kartini†

Ahad, 21 April 2019 20:09
Bawaslu : Otak atik Suara Peserta Pemilu, Bisa Dipidana

Ahad, 21 April 2019 19:46
Petugas Pemilu yang Berkorban

Ahad, 21 April 2019 16:59
Bakal Ditinjau Bupati,
6.086 Siswa SMP Sederajat di Pelalawan Besok Ikuti UN


Ahad, 21 April 2019 16:55
HUT ke-22, Iwara Buat Acara Meriah

Ahad, 21 April 2019 16:06
Lomba Burung Berkicau KNPI Rohul Cup 1 Diramaikan Pecinta Burung dari Tiga Provinsi

Ahad, 21 April 2019 14:47
Terkait Kematian Andri Arisko,
5 Personel Polres Kuansing Diperiksa Propam Polda Riau


Ahad, 21 April 2019 10:54
Asia Farm Resmi Dibuka, Destinasi Wisata Penuh Edukasi di Pekanbaru

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Sabtu, 20 Oktober 2018 20:51
KPU Kampar Sosialisasi Goes to Campus di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

KPU Kampar lakukan sosialisai pendidikan pemilih terutamam bagi pemilih pemula. Acara Goes to Campus kali ini di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

BANGKINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar terus berupaya mensosialisasikan pendidikan pemilih terutama kepada pemilih pemula. Kali ini KPU Kampar sosialisasi melalui kegiatan Goes to Campus di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Jalan Tuanku Tambusai No 23 Bangkinang, Sabtu (20/10/2018).

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kampar Yatarullah, Komisioner KPU Kampar †Drs. Sardalis, Hasbi, Ahmad Dahlan dan Dahmizar, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tuanku Tambusai †NS.Muhammad Nurman. Sosialisasi ini dihadiri lebih kurang 100 orang mahasiswa.

Ketua KPU Kabupaten Kampar Yatarullah pada kesempatan tersebut menyampaikan, partisipasi pemilih penting disiapkan sejak awal tahapan pemilu, karena partisipasi ini ada korelasinya dengan menyiapkan calon pemimpin †sekaligus memperkuat legitimasi pemilu.

Untuk †itu kata Yatarullah lingkungan kampus yang merupakan kaum intelektual, bisa berperan penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih. "Kita (kaum intelektual) bisa menyampaikan kepada keluarga, teman dan orang terdekat kita bagaimana pentingnya berpartisipasi dalam pemilu yang akan datang," ujar Yatar.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengecek data pemilih melalui portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan pengecekan melalui aplikasi Mobile KPU RI PEMILU 2019 atau mendatangi langsung ke kantor kelurahan/desa. "Dengan demikian kita bisa mengetahui nama kita terdaftar di TPS berapa untuk menggunakan hak suara †pada tanggal 17 April 2019," terang Yatarullah.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tuanku Tambusai †NS. Muhammad Nurman menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kegiatan sosialisasi KPU Kabupaten Kampar ini. "Kami siap mendukung setiap kegiatan yang akan melibatkan mahasiswa, harapan kami mahasiswa biasa mengaplikasikannya dalam kegiatan di kampus ini," ujar M. Nurman.

Senada dengan Yatarullah, Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan mengatakan bahwa mahasiwa dapat menjadi agen partisipasi pemilih dengan mengecek data pemilih mulai dari keluarga, tetangga, teman, dan orang terdekat untuk mempastikan dirinya telah terdaftar dalam DPT melalui portal dan aplikasi mobile yang telah di persiapkan oleh KPU RI.

ďApabila datanya tidak ditemukan dalam portal atau aplikasi mobile dapat juga datang langsung †ke kantor kelurahan /Desa dengan melihat print out DPT yang telah di tempelkan di papan pengumuman", ujar Dahlan.

Kegiatan ini ungkap Dahlan, sedang berlangsung mulai dari tanggal 1-28 Oktober 2018 dengan mendirikan posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). "Semoga dalam rentang waktu initidak ada lagi warga Kabupaten Kampar yang telah memenuhi syarat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemili Tetap (DPT)," ujarnya.

Sementara itu dalam penyampaian materi Komisioner KPU Kampar Divisi SDM dan Parmas Hasbi mengungkapkan bahwa dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2018, yang dimaksud dengan pendidikan pemilih adalah proses penyampaian informasi kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran serta peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilihan umum tahun 2019.

"Muara dari pendidikan pemilih memang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu di masa yang akan datang, maka pelaksanaan †pendidikan harus direncanakan dalam jangka panjang, salah satu strategi pendidikan pemilih yang dapat dilaksnakan adalah KPU Goes to Campus," ujar Hasbi.

Dalam penyampaian materi Komisioner KPU Kampar Dahmizar mengingatkan ada enam Daerah Pemilihan di Kabupaten Kampar dengan Daftar Calon Tetap (DCT) Legislatif Kabupaten Kampar sebanyak 625 orang. Sedangkan kursi DPRD untuk Kabupaten Kampar hanya tersedia sebanyak 45 kursi.*(man)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- HUT ke-22, Iwara Buat Acara Meriah
- Bupati Mursini Wisuda Ribuan Murid TPA se-Kuansing
- Hilang Sebulan Seorang Kakek di Inhu Ditemukan Tinggal Tulang Belulang
- Dua Tahanan Narkoba di Inhu Melarikan Diri
- Bupati Kuansing Serahkan Dana Hibah untuk Ponpes di Gunung Toar
- Hari Warisan Dunia, Disbud Riau Beri Lestarikan Cagar Budaya
- Kanker Hati Stadium 4, Seorang Anak di Rohil Butuh Uluran Tangan
- 102 Operator‎, Mekanik dan Sopir di Dinas PUPR Rohul Lulus Uji Kompetensi Alat Berat
- Bayar Klaim Jatuh Tempo Kepada RS, BPJS Kesehatan Kucurkan Dana Rp 11 Triliun
- BPKAD Pakanbaru : Honor Imam Mesjid Paripurna Sudah Cair
- Hingga Maret, Serapan APBD Kampar Alami Deviasi 7,59 Persen
- Kampar Dapat Hibah Kapal dari Kementerian Perhubungan RI
- PSF Korwil Rohul Chapter Riau Kopdar Bulanan dan Bakti Sosial di Desa Bangun Jaya
- Badan Arkeologi Sumut Tertarik Teliti Peninggalan dan Bukti Sejarah di Rohul
- Hasil Cek Lapangan, PUPR Riau Pastikan Jembatan Siak III Aman dari Maling
- Pondok Tahfidz Nurul Quran Mulai Dibangun di Pelalawan
- Pimpin Apel Siaga, Bupati Kuansing Ajak Sukseskan Pemilu 2019
- Kunker ke Rohil, Kehadiran Gubri Diyakini Berdampak Posisitf untuk Rohil
- Bupati Mursini Layur Jalur Desa Sampurago Hulu Kuantan
- Keluarga Miskin Tak Miliki Biaya Berobat,
Lurah Kerinci Timur, Pelalawan Datangi Rosita



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com