Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 24 Mei 2019 15:44
Perbup Sudah Diteken Bupati,
Pemkab Rohul Alokasikan Rp25 Miliar untuk THR ASN dan 45 Anggota DPRD


Jum’at, 24 Mei 2019 15:40
‎Begini Cara Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Membina Warga Binaan di Bulan Suci Ramadhan

Jum’at, 24 Mei 2019 15:38
Guru, Wali Murid dan Pelajar SMAN 2 Bengkalis Santuni Anak Yatim dan Dhuafa Belasan Juta Rupiah

Jum’at, 24 Mei 2019 15:34
Partisipasi Pemilih Pemilu di Bengkalis 80 Persen

Jum’at, 24 Mei 2019 15:31
Korupsi Pembangunan Drainase Pekanbaru, ASN Dihukum 14 dan 16 Bulan

Jum’at, 24 Mei 2019 15:29
Gedung Baru SDN 019 Air Hitam,Kuansing Diresmikan

Jum’at, 24 Mei 2019 15:24
Akan Dibawa ke Malaysia, 77,4 Ribu Bibit Baby Lobster Diamankan Polairud Polda Riau

Jum’at, 24 Mei 2019 15:20
Wagubri Bersilaturrahmi Bersama Jamaah Mesjid Besar Darul Hikmah Tembilahan

Jum’at, 24 Mei 2019 10:06
Sebagian Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Sudah Bayar Sewa

Kamis, 23 Mei 2019 22:26
Pekerja PT RIA di Kecamatan Pelangiran Diduga Tewas Diterkam Harimau

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 26 April 2019 19:36
Simulasi Evakuasi Bencana, Gedung RSUD Petala Bumi Terbakar, Pasien Melahirkan Turut Dievakuasi

RSUD Petala Bumi peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dengan melaksanakan simulasi kebakaran. Tiga mobil dinas emadam kebakaran dalam kegiatan tersebut.

Riauterkini - PEKANBARU - Lantai dua nurse station kebidanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi Jalan Dr Soetomo terbakar. Puluha pasien termasuk diantaranya salah seorang yang baru melahirkan harus dievakuasi para petugas rumah sakit.

Alarm pertanda ada kejadian bahaya terus meraung-raung. Kordinator security langsung menghubungi Direktur RSUD Petala Bumi dr Eka Yuliartiningsih untuk melaporkan kejadian tersebut. Berdasarkan arahan Direktur, petugas diminta segera menelpon petugas pemadam kebakaran.

Sempat terjadi ketegangan, ketika petugas rumah sakit menyelematkan para pasien dari kobaran api saat asap hitam mulai menyesaki ruangan di lantai dua tersebut. Sebagian petugas rumah sakit berkumpul di titik kumpul dibelakang RSUD Petala Bumi Provinsi Riau, sambil mengarahkan para pengunjung yang trauma atas kejadian tersebut.

Ada juga pasien dari ruang ICU satu orang dievakuasi dari lantai dua sampai dititik kumpul dicek kondisinya oleh Tim Medis setelah itu langsung dinaikkan ke dalam mobil ambulan untuk dirujuk ke RSUD Arifin Achmad yang lokasinya kebetulan tidak berjauhan. Sedangkan dititik kumpul Satuan Tugas Tim Medis Reaksi Cepat RSUD Petala Bumi sudah menyiapkan brankar dan peralatan medis untuk rumah sakit lapangan mengambil tempat di lapangan parkir sepeda motor karyawan pasien yang dievakuasi langsung ditempatkan di sana.

Beberapa pegawai yang memakai helm merah membawa apar dari beberapa titik merapat kesumber api untuk mencegah api yang terus meluas.

Tidak lama berselang, para personil pemadam kebakaran pun berdatangan. Personil pemadam kebakaran yang tiba tampak langsung berjibaku menjinakan kobaran api yang sudah menghanguskan beberapa bagian ruangan.

Ada sebanyak tiga mobil dinas emadam kebakaran Kota Pekanbaru datang ke lokasi. Terdiri dari satu mobil pemadam kebakaran, satu mobil rescue dan satu mobil pickup datang juga bantuan satu regu tim reaksi cepat dari BPBD Provinsi Riau.

Lokasi terbakar di lantai dua itu pun langsung disasar petugas pemadam kebakaran. Begitu juga di lantai tiga langsung dilakukan pendinginan setelah sebagian ruangan hangus dilalap sijago merah.

Pada kesempatan ini, keluarga pasien berteriak dari Jendela Lantai III mereka terjebak dilantai III tidak berani turun kelantai II karena asap begitu pekat dilantai II, melihat kondisi ini tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru bergegas naik ke atas melalui tangga darurat membawa peralatan evakuasi dan pasien di lantai III beserta keluarganya dievakuasi melalui jendela menggunakan tali.

Api berhasil dipadamkan oleh Tim Pemadam, dan Security, Tim Rescue dan Tim BPBD menyisir Gedung RSUD Petala Bumi untuk mengecek apakah ada pasien atau pegawai yang masih terjebak. didalam ternyata sudah dievakuasi semua keluar gedung termasuk dokumen-dokumen penting juga dievakusi oleh Petugas RSUD Petala Bumi yang menggunakan Helm Putih.

Upaya penanggulangan dan evakuasi berlangsung selama 30 menit dan koordinator security melaporkan kepada Direktur bahwa proses evakuasi selesai dilakukan dan tim pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan.

Kejadian diatas adalah kegiatan simulasi evakuasi bencana kebakaran Gedung RSUD Petala Bumi Provinsi Riau sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dr Eka Yuliartiningsih ditemui usai kegiatan simulasi mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak. Sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana diharapkan.

"Kesiapsiagaan pegawai kita dalam menghadapi keadaan darurat merupakan standar akreditasi dan dengan kegiatan ini diharapkan pasien. Pengunjung dan pegawai ketika dihadapkan dengan situasi darurat tidak panik dan tangguh dalam melakukan upaya evakuasi dan pengurangan resiko bencana," kata Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau H Edwar Sanger, yang turut hadir beserta jajaran BPBD menyaksikan kegiatan simulasi memberikan tanggapan positif terhadap RSUD Petala Bumi Provinsi Riau yang berinisiatif melaksanakan kegiatan simulasi evakuasi ini.

"Tentunya BPBD Riau akan mensupport OPD maupun masyarakat dalam membangun Budaya Kesiapsiagaan dan Pengurangan Resiko Bencana BPBD Riau siap menurunkan personil untuk membantu baik sebagai narasumber maupun pendampingan. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini Ketangguhan Provinsi Riau dalam menghadapi Bencana dapat diwujudkan dan kita mampu melakukan pengurangan resiko bencana dan kegiatan ini akan kami laporkan ke BNPB sebagai bentuk partisipasi kita dalam memeriahkan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional," ujar Sanger.

Sementara, Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi Indrawansyah Syarkowi, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Diharapkan kedepan akan diperkuat satuan tugas tim medis reaksi cepat RSUD Petala Bumi Provinsi Riau.

"Selain memiliki kemampuan untuk penanggulangan kejadian bencana diinternal, kedepan kita harapkan mampu menjadi Duta Pemerintah Provinsi Riau dalam berperan aktif untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana, agar ketika bencana terjadi dan masyarakat menjadi korban negara hadir dalam memberikan pertolongan dan penyelamatan," papar Indra.***(mok)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- ‎Begini Cara Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Membina Warga Binaan di Bulan Suci Ramadhan
- Wagubri Bersilaturrahmi Bersama Jamaah Mesjid Besar Darul Hikmah Tembilahan
- Sebagian Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Sudah Bayar Sewa
- Ajukan Proposal Pembangunan Stadion Baru, Bupati Kampar Temui Sesmenpora RI
- Gubri Sampaikan Program Zakat Komitmen Prioritasnya
- PT MASS Santuni Anak Yatim dan Keluarga Pra Sejahtera
- Di Laut, Polair Bengkalis Razia Puasa Nelayan dan Bagi Takjil Gratis
- DPPPA Dukung Rencana Kegiatan FW KLA Buka Puasa Bersama Anak Yatim 
- Diduga Diracun OTK, Sejumlah Pohon di Median Jalan di Kota Telukkuantan Mati
- Kolam Renang Kalinjuhang Akan Dijadikan Taman dan Payung Quran Center
- Gubri Ingin Gemakan Wakaf Tunai di Riau
- Forkom Pemred Riau Pererat Silaturrahim dengan Buka Bersama
- PT RAPP Salurkan Bantuan Untuk Anak Yatim, Dhuafa dan Mesjid di Siak
- Sehari Gubri di Siak, Rp 880 Juta Lebih Zakat Terkumpul
- Gubri Serahkan Zakat Sebesar Rp25 Juta di Siak
- Pemprov Riau Segera Perbaiki Kerusakan Ruas Jalan Provinsi di Rohul Jelang Idul Fitri
- Sebelum Berubah BPNT, Bulog Bengkalis Salurkan Beras Otonom 700 Ton
- Pemprov Riau Siapkan Rp60 Miliar untuk THR ASN
- Mobdin tak Sesuai Peruntukan, Terus Ditertibkan dari Tangan Pejabat
- Pemko Pekanbaru Cairkan Rp37 Miliar untuk THR ASN


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com