Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Senin, 22 April 2019 18:29
Didukung Kepala Daerah dan Sejumlah Tokoh Berpengaruh, Jokowi-Ma'aruf Amin Kalah di Kuansing

Senin, 22 April 2019 18:20
Anggota KPPS Desa Kumantan Meninggal Dunia, KPU Kampar Sampaikan Belasungkawa

Senin, 22 April 2019 18:05
Palsukan Dokumen, Dua Tahanan Narkoba di Inhu Kabur dari Hotel

Senin, 22 April 2019 16:32
11.751 Pelajar SMP di Bengkalis Ikuti UN 2019

Senin, 22 April 2019 16:28
Sekda Rohul Tinjau Pelaksanaan UNBK 2019 di MTsN 3 Rohul dan SMPN 1 Rambah

Senin, 22 April 2019 16:24
Hadiri Perpisahan SMAN 1 Telukkuantan,
Ketua DPRD Kuansing Pesankan Para Siswa untuk Terus Berjuang


Senin, 22 April 2019 15:34
Kadis TPH Rohul Ajak Petani Sukseskan Upsus Pajale Sesuai Musim Tanam

Senin, 22 April 2019 15:23
Penusukan Terhadap Pesonel Polda Riau,
Satu dari Empat Tersangka Geng Motor Merupakan Residivis


Senin, 22 April 2019 15:21
PPK Mandau Akui Banyak Kekurangan di Pemilu 2019

Senin, 22 April 2019 15:14
KPK Ingatkan Komitmen Pemprov Riau Cegah Korupsi

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 4 Nopember 2018 21:37
Kelompok Sadar Wisata Desa Sungai Paku Kampar Dikukuhkan

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar meresmikan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Desa Sungai Paku. Mereka diharapkan dapat membuat sejumlah objek wisata di daerah itu menjadi destinasi para pelancong.

Bendungan Alam Sungai Paku Kampar Kiri Sajikan Keelokan Alam, Ini Pesan Kadisparbud Kampar Saat Kukuhkan Pok Darwis Alam Bendungan Riauterkini-LIPATKAIN - Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Alam Bendungan Desa Sungai Paku, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar resmi dikukuhkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Promosi Nur Azman,S.Sos, MSi, Ahad (4/11/2018) sore di Desa Sungai Paku.

Pelantikan ini dihadiri juga perwakilan dari Camat Kampar Kiri, Kapolsek Kampar Kiri, tokoh masyarakat Kampar Kiri yang juga mantan Kepala Desa Sungai Paku Ahmad Syukur, Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, tokoh masyarakat dan disaksikan ratusan pengunjung.

Pengurus Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku periode 2018-2023 yang dikukuhkan dan dilantik sebanyak 15 orang. Diantara pengurus yang dilantik adalah Ketua Ilham Rasyid, ST, Sekretaris Muhammad Rizki Ibrahim dan Bendahara Budiman.

Pengukuhan Pok Darwis Sungai Paku diramaikan dengan Festival Layang-layang yang telah dimulai sejak Sabtu (3/11/2018) dan Lomba Pembuatan Rakit Layar Hias, Ahad (4/11/2018).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Promosi Nur Azman dalam pengarahannya menyampaikan pengukuhan Pok Darwis ini diharapkan mampu menggarap potensi wisata di Bendungan Alam Sungai Paku dan membuat lokasi ini berkembang menjadi daerah tujuan wisata. Ia berpesan agar antara pengurus jangan saling iri hati sehingga objek wisata ini akan memberikan dampak ekonomi baik bagi pengurus maupun masyarakat.

Ia menambahkan, jika pariwisata bisa dikelola dengan baik maka akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. "Dari 35 objek wisata di Kabupaten Kampar, uang berputar lebih dari Rp 35 miliar dan 1,5 juta wisatawan lebih," ungkap Nur Azman. Ia menghimbau masyarakat bekerjasama dengan petinggi kampung, Polsek, camat dan bersinergi dengan pengurus Pok Darwis sehingga wisata Alam Bendungan Sungai Paku menjadi lebih maju dan lebih baik.

Nur Azman juga menyarankan agar pengurus membuat iven yang bisa menaikkan rating Pok Darwis.

"Tetapkanlah tarif yang tidak terlalu mahal. Yang paling penting ciptakan Sapta pesona yang didalamnya, bersih, indah, aman, sejuk dan yang penting ramah dan selalu tersenyum kepada pengunjung yang datang," pesan Nur Azman.

Pengukuhan Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku dan pembukaan objek wisata ini ditandai dengan pemotongan pita menuju dermaga Bendungan Sungai Paku dan pelepasan benih ikan baung.

Ketua Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku Ilham Rasyid, ST siap untuk melaksanakan amanah yang disampaikan Pemkab Kampar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Dikatakan Ilham, salah satu keinginan mereka adalah melakukan pengembangan kawasan ini dan pengembangan wahana sehingga semakin banyak masyarakat tertarik berkunjung ke Bendungan Sungai Paku.

Ia juga mengungkapkan bahwa pengurus siap bersinergi dengan seluruh pihak agar Objek Wisata Alam Bendungan Sungai Paku semakin ramai dikunjungi wisatawan. Wisata Alam Bendungan Sungai Paku memiliki keunggulan bahwa lokasi ini benar-benar terasa suasana alamnya. Keindahan alamnya didukung dengan udara yang segar. Masyarakat bisa menikmati wisata air sekaligus memancing di area ini.

Tokoh masyarakat Kampar asal Kampar Kiri yang juga mantan Kepala Desa Sungai Paku Ahmad Syukur mengungkapkan, bendungan yang dibangun sejak tahun 1978 ini awalnya dibangun untuk kepentingan irigasi bagi masyarakat Sungai Paku sekitarnya. Masyarakat banyak menggunakan air dari irigasi untuk mengalirkan air ke kolam mereka dan untuk kebutuhan MCK.

Kawasan bendungan mencapai 25 hektare. Melihat potensi yang ada dan semakin ramainya kunjungan ke daerah ini, maka pada tahun 2017, sekelompok pemuda dan masyarakat berinisiatif untuk mengelola wisata di lokasi bendungan dan waduk sehingga terbentuklah Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku.

Kini, selain memiliki potensi wisata yang luar biasa dengan segala keindahannya, Waduk Bendungan Sungai Paku juga menyimpan kekayaan alam berupa ikan air tawar dengan berbagai jenis. Masyarakat juga telah mengembangkan budidaya ikan melalui kerambah.

Bendungan ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 3,5 kilometer dari pinggir Jalan Nasional Pekanbaru-Teluk Kuantan.(man)

Loading...


Berita lainnya..........
- Atur Keberadaan Pasar Ramadhan, DPPP Akan Surati Camat dan Lurah
- Tertibkan PKL Jalan Teratai, DPPP Pekanbaru Butuh Bantuan
- Dua Klub ToastmasterPresident Distinguished Club
- Suara Petani Sawit Indonesia, Suara Pemenang
- Proyek Turap di Danau Tajwid Langgam Retak-retak
- Siap Laksanakan Replanting Generasi II, KUD Wana Bhakti Kuansing Sukses Gelar RAT
- Dua Nasabah Ukui dan Pangkalankerinci Dapat Mobil Undian Simpedes BRI
- Pengundian Panen Hadiah Simpedes‎, Nasabah Unit BRI Tanjung Medan Rohul Dapat Honda B-RV
- Riau Rangking 3 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
- Hari ini, Gubri Teken MoU Wisata Halal
- PT Pelindo 1 dan Tanjung Beruas Port Malaysia Sepakat Operasikan Roro Tahun Depan
- Roadshow 6 Kota, FIF Group Grebeg Pekanbaru
- Sosialisasi Dampak Pemancangan Tiang, Warga dan PT HKI Capai Kata Sepakat
- Pertama di Provinsi Riau,
102 Operator, Mekanik dan Sopir Dinas PUPR Rohul Ikuti Uji Kompetensi Operator Alat Berat

- RPD Kuansing Siap Mengudara Secara Permanen
- ‎Peringati HUT ke-53,
BRK Pasirpangaraian Bagi Paket Sembako dan Buka Rekening Gratis

- Triwulan Pertama 2019, Jumlah Penumpang di Terminal BRPS Pekanbaru Melonjak 
- Maret 2019, Riau Alami Inflasi 0,11 Persen
- Pertamina EP Asset 1 Lirik Field Inhu Raih Penghargaan Kehumasan dan CSR
- Dialog Sempena Hari Teater Dunia 2019, APINDO Sebut Pentingnya Sinergi Seluruh Komponen


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com