Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 19 Januari 2019 18:27
Disaksikan Wagub Terpilih, Sekdaprov Kukuhkan Ketua LAKTA

Sabtu, 19 Januari 2019 18:24
Adipura Bengkalis Kota Kecil Terbersih Akan Diarak Keliling dan Gelar Syukuran

Sabtu, 19 Januari 2019 15:51
Bupati Bengkalis: Jangan 'Sunat' Bantuan Kesejahteraan Guru Honor Madrasah

Sabtu, 19 Januari 2019 15:47
Satlantas Polres Kuansing Deklarasikan MRSF

Sabtu, 19 Januari 2019 15:38
Polres Rohil Hadiri Pertemuan Silarurrahmi PWI Rohil

Sabtu, 19 Januari 2019 14:05
Pemkab Inhil Audiensi ke Kemenristek Dikti,
Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional


Sabtu, 19 Januari 2019 14:01
Satu 'Kurir' Sabu 10 Kg di Bengkalis Bebas dari Pidana Mati

Jum’at, 18 Januari 2019 21:51
Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama Membatik ke Balai Industri Padang

Jum’at, 18 Januari 2019 21:34
Belum Miliki Identitas, Seribuan Napi Lapas Bengkalis Jadi Target Rekam KTP El

Jum’at, 18 Januari 2019 19:02
Plt Bupati Kampar Serahkan DPA 2019 kepada Seluruh OPD

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 4 Nopember 2018 21:37
Kelompok Sadar Wisata Desa Sungai Paku Kampar Dikukuhkan

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar meresmikan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Desa Sungai Paku. Mereka diharapkan dapat membuat sejumlah objek wisata di daerah itu menjadi destinasi para pelancong.

Bendungan Alam Sungai Paku Kampar Kiri Sajikan Keelokan Alam, Ini Pesan Kadisparbud Kampar Saat Kukuhkan Pok Darwis Alam Bendungan Riauterkini-LIPATKAIN - Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Alam Bendungan Desa Sungai Paku, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar resmi dikukuhkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Promosi Nur Azman,S.Sos, MSi, Ahad (4/11/2018) sore di Desa Sungai Paku.

Pelantikan ini dihadiri juga perwakilan dari Camat Kampar Kiri, Kapolsek Kampar Kiri, tokoh masyarakat Kampar Kiri yang juga mantan Kepala Desa Sungai Paku Ahmad Syukur, Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, tokoh masyarakat dan disaksikan ratusan pengunjung.

Pengurus Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku periode 2018-2023 yang dikukuhkan dan dilantik sebanyak 15 orang. Diantara pengurus yang dilantik adalah Ketua Ilham Rasyid, ST, Sekretaris Muhammad Rizki Ibrahim dan Bendahara Budiman.

Pengukuhan Pok Darwis Sungai Paku diramaikan dengan Festival Layang-layang yang telah dimulai sejak Sabtu (3/11/2018) dan Lomba Pembuatan Rakit Layar Hias, Ahad (4/11/2018).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Promosi Nur Azman dalam pengarahannya menyampaikan pengukuhan Pok Darwis ini diharapkan mampu menggarap potensi wisata di Bendungan Alam Sungai Paku dan membuat lokasi ini berkembang menjadi daerah tujuan wisata. Ia berpesan agar antara pengurus jangan saling iri hati sehingga objek wisata ini akan memberikan dampak ekonomi baik bagi pengurus maupun masyarakat.

Ia menambahkan, jika pariwisata bisa dikelola dengan baik maka akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. "Dari 35 objek wisata di Kabupaten Kampar, uang berputar lebih dari Rp 35 miliar dan 1,5 juta wisatawan lebih," ungkap Nur Azman. Ia menghimbau masyarakat bekerjasama dengan petinggi kampung, Polsek, camat dan bersinergi dengan pengurus Pok Darwis sehingga wisata Alam Bendungan Sungai Paku menjadi lebih maju dan lebih baik.

Nur Azman juga menyarankan agar pengurus membuat iven yang bisa menaikkan rating Pok Darwis.

"Tetapkanlah tarif yang tidak terlalu mahal. Yang paling penting ciptakan Sapta pesona yang didalamnya, bersih, indah, aman, sejuk dan yang penting ramah dan selalu tersenyum kepada pengunjung yang datang," pesan Nur Azman.

Pengukuhan Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku dan pembukaan objek wisata ini ditandai dengan pemotongan pita menuju dermaga Bendungan Sungai Paku dan pelepasan benih ikan baung.

Ketua Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku Ilham Rasyid, ST siap untuk melaksanakan amanah yang disampaikan Pemkab Kampar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Dikatakan Ilham, salah satu keinginan mereka adalah melakukan pengembangan kawasan ini dan pengembangan wahana sehingga semakin banyak masyarakat tertarik berkunjung ke Bendungan Sungai Paku.

Ia juga mengungkapkan bahwa pengurus siap bersinergi dengan seluruh pihak agar Objek Wisata Alam Bendungan Sungai Paku semakin ramai dikunjungi wisatawan. Wisata Alam Bendungan Sungai Paku memiliki keunggulan bahwa lokasi ini benar-benar terasa suasana alamnya. Keindahan alamnya didukung dengan udara yang segar. Masyarakat bisa menikmati wisata air sekaligus memancing di area ini.

Tokoh masyarakat Kampar asal Kampar Kiri yang juga mantan Kepala Desa Sungai Paku Ahmad Syukur mengungkapkan, bendungan yang dibangun sejak tahun 1978 ini awalnya dibangun untuk kepentingan irigasi bagi masyarakat Sungai Paku sekitarnya. Masyarakat banyak menggunakan air dari irigasi untuk mengalirkan air ke kolam mereka dan untuk kebutuhan MCK.

Kawasan bendungan mencapai 25 hektare. Melihat potensi yang ada dan semakin ramainya kunjungan ke daerah ini, maka pada tahun 2017, sekelompok pemuda dan masyarakat berinisiatif untuk mengelola wisata di lokasi bendungan dan waduk sehingga terbentuklah Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku.

Kini, selain memiliki potensi wisata yang luar biasa dengan segala keindahannya, Waduk Bendungan Sungai Paku juga menyimpan kekayaan alam berupa ikan air tawar dengan berbagai jenis. Masyarakat juga telah mengembangkan budidaya ikan melalui kerambah.

Bendungan ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 3,5 kilometer dari pinggir Jalan Nasional Pekanbaru-Teluk Kuantan.(man)

Loading...


Berita lainnya..........
- BPH Migas Beri Lampu Hijau, Meranti Bisa Jadi Kota Jargas
- 2019, Bulog Akan Serap 4 Ribu Ton Padi Petani Riau
- Penampakan Fisik Jembatan Siak IV Hampir Rampung
- Banyak Rusak dan Tidak Layak, Jumlah Halte TMP Harus Ditambah
- Kinerja Lamban, Pemko Pekanbaru Beri PT ARB Kesempatan Kedua
- Upacara K3 2018, Mayoritas Naker RI Tamat SMP dan SD
- Tahun Ini, MPP Pekanbaru Targetkan Dapat Investasi Rp2 Triliun
- Tahun Ini, Jumlah Bantuan Sapi untuk Peternak Riau Alami Penurunan
- Pertamina Laksanakan Lifting Perdana Minyak Mentah Bagian Chevron di Blok Rokan
- Awal Pekan Ini, Harga Barang Kebutuhan Turun
- Batik Bono Segera Tingkatkan Perekonomian Warga Pelalawan
- Pembuka Awal Tahun 2019,
PUPR Bengkalis Lelang 18 Paket Proyek Ratusan Miliar

- Setahun Beroperasi, 95 Bus TMP Beri Pemasukan Rp13,7 Miliar
- Mahal, Travel Agen di Pekanbaru Tolak Pembelian Tiket Pesawat Domestik
- Kenaikan Tiket Pesawat Domestik Berdampak pada Perekonomian
- Kegiatan Politik Bikin Harga Tiket Pesawat Melonjak
- BI: Temuan Upal di Dumai Terbesar di 3 Tahun Terakhir
- Di-deadline Hingga 15 Februari, CV Citra Makmur Jaya Terancam Diblacklist
- November 2018, Ekspor Riau Capai Rp 1,27 Triliun
- Pengelola Armada Roro Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera Diminta Perbaiki Fasilitas


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com