Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 19 April 2019 20:57
Catatan Rahman Rahim,
Riau Hijau, Solusi Permasalahan Lingkungan di Riau


Jum’at, 19 April 2019 20:41
Dari Tokyo ke Pekanbaru, UNIQLO Membuka Toko Pertama di Living World

Jum’at, 19 April 2019 16:31
Empat ABK Kapal BG Maju Tewas Terjebak di Bunker

Jum’at, 19 April 2019 16:06
Tentang PSU/PSL, KPU Belum Terima Rekomendasi Resmi

Jum’at, 19 April 2019 14:46
Bawa Sabu 20 Gram, Pengunjung Rutan Sialang Bungkuk Diamankan Petugas Rutan

Jum’at, 19 April 2019 12:45
Viral di Medsos Suara Prabowo Hilang 100,
KPU Dumai Akui Salah dan Minta Maaf


Jum’at, 19 April 2019 11:30
Bupati Kuansing Serahkan Dana Hibah untuk Ponpes di Gunung Toar

Jum’at, 19 April 2019 08:00
Bawaslu Riau Rekomendasikan 98 TPS Gelar PSL dan PSU

Kamis, 18 April 2019 18:59
Hari Warisan Dunia, Disbud Riau Beri Lestarikan Cagar Budaya

Kamis, 18 April 2019 17:29
Melalui Teleconference, Bupati Kampar Laporkan Pemilu di Kampar Aman dan Lancar

 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 6 Pebruari 2019 09:25
31 Tahun KSU Rejosari, Bermoda Rp94 Ribuan Kini Beromset Rp6,9 Miliar

Koperasi jelas soko guru ekonomi rakyat.KSU Rejosari, Pekanbaru membuktikan. Modal Rp94 ribuan berbiak jadi Rp6,9 miliar.

Riauterkini-PEKANBARU-Kerja keras wujudkan koperasi sehat, KSU Rejosari dari modal awal 94.500 saat ini total aset mencapai 6,9 milyar dengan volume pinjaman berjumlah 11. Milyar lebih yang disampaikan pada saat Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) tahun buku yang berakhir 31 Desember 2018.

Koperasi KSU Rejosari yang didirikan tanggal 12 april 1988 dengan jumlah anggota 18 orang, simpanan pokok Rp. 5.000, simpanan wajib Rp 250, total modal awal Rp. 94.500 dengan pinjaman yang diberikan maksimal Rp.20.000. Sekarang di usia 31 tahun telah memiliki total asset Rp. 6.9 M, dan 2 bidang tanah dan 1 buah gedung yang dibangun dengan dana hibah dari Sisa Hasil Usaha ( SHU ) Anggota. Saat ini jumlah anggota koperasi KSU Rejosari berjumlah 320 Orang, dengan simpanan wajib Rp. 10.000. dan Pinjaman maksimal 250 juta dengan NPL 1 persen.

Menurut ketua koperasi KSU Rejosari Hj. Elwi Spd mengatakan, Keberhasilan yang dicapai tidak semudah membalikan telapak tangan dengan membutuhkan perjuangan yang luar biasa untuk membangun KEPATUHAN terhadap PERINSIP Koperasi, melalui kebijakan berupa peraturan yang sudah kita mufakati menjadi komitmen yang harus di taati oleh semua anggota seperti, kepatuhan terhadap: Keanggotaan dengan system penjamin anggota lama dengan tujuan menghindari resiko.

Permodalan system simpanan khusus. Untuk menciptakan penguatan modal menuju koperasi mandiri Dua system ini terbukti menjadi senjata ampuh untuk menyamakan persepsi anggota dan penguatan modal.

Seiring dengan perkembangan teknologi “ IT “ koperasi KSU Rejosari di akses melalui internet sehingga viral di dunia usaha perkoprasian. Hal ini membuat masyarakat serta pengurus koperasi lainya ingin mengetahui lebih dekat kiat sukses keberhasilan ksu Rejosari dalam menjalankan roda perkoperasian melalui studi banding ke KSU Rejosari seperti :

Diklat baso peserta sepama se Sumatra dari Provinsi Aceh,Palembang,Bengkulu,Sumatra Barat dan Riau. Lalu, DPRD Kepulawan Bintan Dinas koperasi dan UKM Kota Pasuruan, Jawa Timur. Koperasi KSP Sejahtra Lubuk Jambi Kabupaten Kuantan Singigi. Perguruan tinggi UNRI,UIR STIE Persada Bunda. Lembaga surfer pusat Jakarta BPKP Provinsi Riau.

Penguatan modal KSU Rejosari terwujud karena adanya pembinaan dari pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru, Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Provinsi serta Kementrian Koperasi Republik Indonesia melalui LPDB, KSU Rejosari mendapat kepercayaan pinjaman sebanyak 3 milyar rupiah dan insya Allah desember 2019 lunas.

Hj Elwi mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberikan kepercayaan pinjaman, semoga KSU Rejosari kedepannya tetap diberikan kepercayaan dan insya Allah akan melunasinya tepat waktu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru H. Idrus mengatakan, koperasi harus bisa meningkatkan usaha produktif untuk meningkatkan pendapatan seluruh anggota Koperasi. Kepala dinas memberian apresiasi kepada koperasi ksu rejosari dengan adanya rapat rutin anggota setiap tahun yang di kategorikan menjadi koperasi sehat.



Saat ini di Kota Pekanbaru banyak berdiri Koperasi, namun banyak pula yang mati suri, apabila 2 tahun koperasi tidak melaksanankan RAT Kementrian koperasi dan UMKM mengambil tindakan tegas untuk membubarkan Koperasi yang bersangkutan . Keberhasilan KSU Rejosari dalam meningkatkan perekonomian ini, dapat menjadi contoh bagi koperasi lainya di kota Pekanbaru dan di Provinsi Riau.

Sementara Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau yang diwakili Kabid Koperasi H Irianto SE MM mendukukung penuh usaha yang telah dicapai KSU Rejosari yang berdampak baik untuk mensejahterakan anggotanya yang notabenya mereka pengusaha UMKM yang ada di kota pekanbaru.

Dirinya berharap kepada pemerintah pusat bisa menluncurkan kembali anggaran untuk koperasi KSU Rejosari agar cepat terwujud kesejahteraan anggota dan masyarakat. Saat ini kita melihat pertumbuhan koperasi di provinsi riau sangat meningkat tajam namun banyak koperasi koperasi yang mati suri bahkan tidak berjalan lagi. Dirinya meminta kepada pengurus koperasi – koperasi yang ada di provinsi riau bisa belajar di Koperasi KSU Rejosari dimana koperasi ini sangat sehat dengan piutang kemacetan ( NPL ) hanya 1 persen.

Untuk mewujudkan rasa syukur Pengurus KSU Rejosari memberikan santuan kepada 31 anak yatim yang ada dilingkungan Kelurahan Bambu Kuning dan Kelurahan Rejosari.***(rls)

Loading...


Berita lainnya..........
- Dua Klub ToastmasterPresident Distinguished Club
- Suara Petani Sawit Indonesia, Suara Pemenang
- Proyek Turap di Danau Tajwid Langgam Retak-retak
- Siap Laksanakan Replanting Generasi II, KUD Wana Bhakti Kuansing Sukses Gelar RAT
- Dua Nasabah Ukui dan Pangkalankerinci Dapat Mobil Undian Simpedes BRI
- Pengundian Panen Hadiah Simpedes‎, Nasabah Unit BRI Tanjung Medan Rohul Dapat Honda B-RV
- Riau Rangking 3 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
- Hari ini, Gubri Teken MoU Wisata Halal
- PT Pelindo 1 dan Tanjung Beruas Port Malaysia Sepakat Operasikan Roro Tahun Depan
- Roadshow 6 Kota, FIF Group Grebeg Pekanbaru
- Sosialisasi Dampak Pemancangan Tiang, Warga dan PT HKI Capai Kata Sepakat
- Pertama di Provinsi Riau,
102 Operator, Mekanik dan Sopir Dinas PUPR Rohul Ikuti Uji Kompetensi Operator Alat Berat

- RPD Kuansing Siap Mengudara Secara Permanen
- ‎Peringati HUT ke-53,
BRK Pasirpangaraian Bagi Paket Sembako dan Buka Rekening Gratis

- Triwulan Pertama 2019, Jumlah Penumpang di Terminal BRPS Pekanbaru Melonjak 
- Maret 2019, Riau Alami Inflasi 0,11 Persen
- Pertamina EP Asset 1 Lirik Field Inhu Raih Penghargaan Kehumasan dan CSR
- Dialog Sempena Hari Teater Dunia 2019, APINDO Sebut Pentingnya Sinergi Seluruh Komponen
- Buka Musrenbang 2020, Gubri Heran IPM Naik Tapi Pertumbuhan Ekonomi Rendah
- Gulat ME Manurung Nahkodai DPP Apkasindo


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com