Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 11 Juli 2020 14:19
Gubri Syamsuar Launching jualBuy.com, Startup Asli Lokal Riau

Sabtu, 11 Juli 2020 09:03
Abrasi Masih Ancaman Serius Pulau Bengkalis

Sabtu, 11 Juli 2020 09:03
Penipu Modus BIN Gadungan Ditangkap Polda Riau

Jum’at, 10 Juli 2020 20:57
Jelang Pilkada, Tim Bawaslu RI Bahas Tangani Sengketa di Bawaslu Bengkalis

Jum’at, 10 Juli 2020 20:13
Peduli Covid - 19, PDAM TD Duri Bagikan Puluhan Westafel Darurat ke Rumah Ibadah

Jum’at, 10 Juli 2020 18:24
Polresta Pekanbaru Ringkus Duet Pengedar Narkoba Bersenjata Api

Jum’at, 10 Juli 2020 18:21
Serap Aspirasi Warga, Mira Roza Reses Didampingi Abi Bahrun di Duri

Jum’at, 10 Juli 2020 18:17
Diterjang Longsor, 8 Rumah di Seberang Tembilahan, Inhil Ambruk ke Sungai Indragiri

Jum’at, 10 Juli 2020 16:38
Masyarakat Bengkalis Diimbau Waspadai Cuaca Panas Ekstrem Juli-Agustus

Jum’at, 10 Juli 2020 16:15
MUI Bengkalis Safari Dakwah ke Daerah Minim Sentuhan Keagamaan di Rupat

Jum’at, 10 Juli 2020 15:31
Gubri Sebut Aplikasi Mata Bansos Solusi Penyaluran Bantuan

Jum’at, 10 Juli 2020 15:18
Waka DPRD Pekanbaru Puji Respon Cepat Dishub Atasi LPJ Padam

Jum’at, 10 Juli 2020 14:38
Pijar Melayu Taja BERPIJAR Penerapan New Normal

Jum’at, 10 Juli 2020 14:10
Gubri Ingin BPKP Kawal Kinerja Pemprov Riau

Jum’at, 10 Juli 2020 13:52
Bupati Bersama Kapolres Inhil Resmikan Kampung Tangguh Nusantara



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 19 Desember 2018 10:48
Permudah Pengurusan Perizinan Publik,
DPMPSP Bengkalis Siapkan Aplikasi E-Pinter

Memudahkan pelaku usaha mengurus perizinan non perizinan, DPMPSP Bengkalis telah membangun aplikasi perizinan yaitu Elektronik Pelayanan Perizinan Terpadu atau e-Pinter sejak 2017 lalu.

Riauterkini-BENGKALIS- Memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha mengurus perizinan non perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Bengkalis telah membangun aplikasi perizinan yaitu Elektronik Pelayanan Perizinan Terpadu atau disingkat e-Pinter sejak tahun 2017 lalu.

Untuk lebih meningkatkan penerapan Aplikasi e-Pinter ini, maka DPMPSP Kabupaten Bengkalis tahun 2018 mengadakan pengembangan aplikasi tersebut secara online dan penambahan beberapa modul perizinan.

Aplikasi e-Pinter akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha yang selama ini mengurus perizinan secara manual dengan datang langsung ke Kantor DPMPSP dan menghabiskan waktu dan biaya. Maka adanya aplikasi tersebut pemohon bisa mengakses melalui website http://dpmpsp.bengkaliskab.go.id dengan cara mengklik gambar perizinan online (e-Pinter) atau http://epinter.bengkaliskab.go.id. Pemohon harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran/registrasi dengan memasukkan data sesuai identitas yang berlaku dan alamat email yang aktif, kemudian e-Pinter akan mengirimkan username dan password ke email pemohon, sehingga pemohon dapat login ke Aplikasi e-Pinter dan mengajukan permohonan perizinan yang diinginkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPSP Kabupaten Bengkalis, Basuki Rahmad, AP, M.Si didampingi Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati menjelaskan, keberadaan dan pengembangan Aplikasi e-Pinter ini juga untuk mendukung tugas pokok fungsi (Tupoksi) DPMPSP. Tidak hanya mudahnya mengurus perizinan akan tetapi masyarakat atau pelaku usaha yang merasa dirugikan, dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan pengaduan.

“Adanya Aplikasi e-Pinter ini masyarakat bisa mengajukan permohonan secara online dan tidak perlu datang ke kantor untuk mendaftarkan perizinan, kemudian pemohon juga bisa mengecek status perizinan setiap saat. Masyarakat juga dapat mengetahui apabila permohonan perizinannya ditolak atau diterima, serta SMS perizinan telah selesai dan dapat diambil. Kemudian masyarakat juga bisa menyampaikan keluhannya,” terang Basuki Rahmad kepada wartawan, Selasa (18/12/18).

Sambung pria yang pernah menjabat sebagai Camat Mandau ini, bahwa layanan Aplikasi e-Pinter baik perizinan maupun non perizinan serta layanan pengaduan berbasis web, diharapkan meningkatkan kemampuan dan kinerja DPMPSP Kabupaten Bengkalis. Sasaran utamanya adalah, dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat tercapai secara optimal. Karena informasi dan layanan yang diberikan dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja melalui media internet.

Kemudian ditegaskan Basuki, bahwa salah satu tugas pemerintah yang menjadi tuntutan masyarakat adalah terselenggaranya pelayanan publik yang baik. Perizinan merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang sangat menonjol dalam tatanan pemerintahan dan harus terus dibenahi serta ditingkatkan secara kualitas.

“Kemajuan teknologi yang pesat serta potensi pemanfaatannya yang luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat,” katanya lagi.

Kemudian, upaya ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia”. Yaitu, terwujudnya pemerintahan yang berwibawa, transparan dan bertanggungjawab serta melaksanakan kepemimpinan dengan bijak, berani dan ikhlas. Merealisasikan prioritas pembangunan daerah, yakni pemantapan birokrasi dan kelembagaan daerah yang profesional, dan berintegritas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

“Sekali lagi, Aplikasi e-Pinter adalah untuk mempermudah masyarakat, dan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap produk perizinan. Sesuai dengan motto kita, Ramah (Responsif, Akuntabel, Melayani, Arif dan Harmonis, red),” imbuh Sekretaris DPMPSP ini.

Sementara itu ditambahkan, Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati, Aplikasi e-Pinter yang sudah dibuka, selanjutnya ada format pendaftaran perizinan online. Bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemohon bisa secara mandiri dan bisa menggunakan jasa Front Office (FO) Kantor DPMPSP Kabupaten Bengkalis.

Lalu, selain dari pengurusan perizinan dengan Aplikasi e-Pinter, bisa juga melalui Sistem Perizinan Terintegrasi Secara Online atau Online Single Submission (OSS). Sedangkan khusus untuk e-Pinter, Eldawati menyontohkan, seperti pengurusan perizinan kesehatan. Pemohon bisa menyampaikan secara mandiri dengan menginput data-data atau syarat yang diperlukan untuk kemudian diajukan.

“Jika pemohon datang sendiri ke kantor layanan pihak FO juga bisa membantu, setelah itu bisa diisi formulirnya. Data yang diisikan oleh FO dibantu dengan berkas yang pemohon bawa, formulir yang harus diisi, kelengkapan yang harus dilampirkan dengan cara discan,” paparnya.

Setelah semua diisi, maka akan dikirim ke tahap pertama dari FO menuju Back Office (BO). Dari BO ini ada login tersendiri untuk dilakukan verifikasi berkas yang dilampirkan.

Nah, apabila dari pendaftaran secara mandiri, pemohon juga harus mengisi form yang sudah ditentukan. Lalu dikirim ke BO untuk diverifikasi. Kemudian, data yang masuk akan dicek termasuk apakah ada catatan atau tidak. Jika dinyatakan lengkap, permohonan bisa diproses ke jenjang berikutnya hingga terbit perizinan. Begitu juga sebaliknya jika dokumen persyaratan yang dilampirkan tidak lengkap maka akan ditolak atau dikembalikan ke pemohon.

“Jalur mandiri akan diinformasikan secara manual atau nomor telepon yang aktif. Untuk proses yang dibantu oleh FO, berkas yang diserahkan akan di cek keasliannya oleh BO,” ujarnya lagi.

Dan terkait dengan izin yang sudah diterbitkan melalui Aplikasi e-Pintar ini, pemohon atau masyarakat yang melakukan pengambilan harus membawa berkas atau dokumen asli sesuai persyaratan yang dilampirkan. Selanjutnya kembali akan dicek atau verifikasi secara intensif agar tidak terjadi kekeliruan.***(dik/advertorial)



Loading...


Berita lainnya..........
- Singapura Miliki Nilai Investasi PMA Terbesar di Riau
- Gubri Umumkan Status Siaga Darurat Karhutla Hingga 31 Oktober
- SAKIP Pemprov Riau 2019 Nilai B, Gubri Harapkan Terus Lakukan Perbaikan
- DPRD Kampar Gelar Paripurna Istimewa HUT ke 70 Kabupaten
- Usai Ikuti Program VOTED Tajaan PT CPI,
Rangga: Kini Saya Tak Lagi Bebani Orang Tua

- Keuletan Warga Sakai Menjadi Mandiri
- Program Kemitraan PT CPI dengan Universitas di Riau,
Dosen Unri ke Jepang, Mahasiswa UIR ke Korea Selatan, Jepang dan Vietnam

- Saat Mitra Bicara Cara Kerja PT CPI
- Wakil Kepala SKK Migas Kunjungi Operasi PT CPI di Dumai
- Arahan Bupati Yopi Bikin Pelayanan Administrasi Kependudukan Inhu Kian Optimal


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com