Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 16 Nopember 2019 07:42
Bupati Kuansing Sambut Baik KPK Tinjau RAD - PPK Triwulan III

Jum’at, 15 Nopember 2019 21:10
Polres Bengkalis Ringkus Pengedar Barang Haram Sabu, Pil "Kerang" dan Ganja

Jum’at, 15 Nopember 2019 19:12
IJN Buka Perwakilan di Riau

Jum’at, 15 Nopember 2019 18:19
Begini Cara Disdikpora Rohul Meriahkan Sumpah Pemuda 2019

Jum’at, 15 Nopember 2019 17:01
BPS Riau Gelar FGD Satu Data Kependudukan

Jum’at, 15 Nopember 2019 16:13


Jum’at, 15 Nopember 2019 16:09
Lurah Duri Timur Boyong Perangkatnya Antar Jenazah Siswa SMP di Mandau ke Pemakaman

Jum’at, 15 Nopember 2019 16:04
Mandi di Waduk PT Kojo, Siswa SMA di Mandau Tewas Tenggelam

Jum’at, 15 Nopember 2019 14:47
"Nganggur" 5 Tahun, Los Ikan Pasar Terubuk Bengkalis akan Difungsikan 2020

Jum’at, 15 Nopember 2019 13:10
BRK Pangkalankerinci Jelaskan  Salah Input Penyaluran Gaji Guru di Pelalawan

Jum’at, 15 Nopember 2019 10:48
Bupati Kuansing Sampaikan Amanat Menkes Dalam Peringatan HKSN

Jum’at, 15 Nopember 2019 08:34
Turun Dibanding Sebelumnya, Gubri Terima Dipa dari Presiden Jokowi

Jum’at, 15 Nopember 2019 08:11
Pemkab Kuansing Sukses Minta Pusat Bangun Tiga Puskesmas Rawat Inap

Jum’at, 15 Nopember 2019 07:47
Kejuaraan Internasional di Malaysia, Pemanah Pelalawan Rebut 2 Perunggu

Jum’at, 15 Nopember 2019 07:28
Tanam 1000 Pohon, Bupati Mirsini Puji Anak Muda Kuansing



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 23 Juni 2019 16:06
Target Rp300 Miliar,
DPRD Bengkalis Sahkan Perda Penyertaan Modal ke Bank Riau Kepri

Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar sidang paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal ke Bank Riau Kepri menjadi Perda.

Riauterkini-BENGKALIS- Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar sidang paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal ke Bank Riau Kepri menjadi Perda, Selasa (18/6/19).

Sebelum disahkan menjadi Perda, penyampaian laporan oleh Panitia Khusus (Pansus) tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penyertaan modal ke Bank Riau Kepri.

Rapat paripurna dimulai pukul 14.30 WIB. Dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Abdul Kadir, S.Ag sidang dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Administrasi Umum Maryansyah Oemar.

Setidaknya 31 dari 45 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengikuti persidangan mendengarkan laporan Pansus penyertaan modal ke Bank Riau Kepri tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Abdul Kadir mengatakan, Ranperda Penyertaan Modal ke Bank Riau Kepri diajukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada rapat paripurna 28 November 2018 lalu. Menindaklanjuti Ranperda tersebut, DPRD membentuk Pansus dan melakukan sejumlah agenda kerja.

Kerja yang ditempuh Pansus Penyertaan Modal ke Bank Riau Kepri diantaranya berkonsultasi dengan pihak kementerian terkait dan melakukan studi banding ke sejumlah pihak.

"Setelah Pansus DPRD melakukan rapat Pansus, dan berkonsultasi ke Kemendagri di Jakarta dan melakukan studi banding di luar daerah Riau maka pada hari ini melaporkan hasil kerjanya," terang Abdul Kadir.

Laporan Pansus

Ketua Pansus penyertaan modal ke Bank Riau Kepri Hendri, S.Ag dari politisi Partai Golkar asal Daerah Pemilihan (Dapil) Mandau.

Sekaligus sebagai pembicara Pansus, Hendri dalam laporannya mengampaikan adanya pelaksanaan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab. Pihaknya menganggap perlu mengoptimalkan potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu guna mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan menuju kemandirian daerah.

Pemkab Bengkalis, sebagai pemegang saham di PT. Bank Riau Kepri terakhir kali melakukan penyertaan modal terakhir kepada PT. Bank Riau Kepri sejak tahun 2012 sebesar Rp20 miliar dan hingga tahun anggaran 2018 sudah mencapai Rp121.606.200.000 atau Rp121,6 miliar lebih.

Disampaikan, Pemkab Bengkalis sudah enam tahun berturut-turut tidak melakukan penyertaan modal kepada PT. Bank Riau Kepri. Hal itu disebabkan selama dua tahun terakhir telah mengalami penurunan penerimaan deviden. Karenakan pemerintah kabupaten kota lain terus menambah penyertaan modalnya untuk meningkatkan penerimaan daerah dari deviden penyertaan modal, pihaknya Pemkab dan DPRD mengambil langkah-langkah konkrit.

"Berdasarkan pemikiran tersebutlah Pansus penyertaan modal kepada PT. Bank Riau Kepri melakukan langkah-langkah konkrit sehingga pembahasan Ranperda ini dititik beratkan kepada sejauh mana deviden pemegang saham yang akan diterima akan berpengaruh positif pada peningkatan pendapatan asli daerah," paparnya.

Penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri tidak hanya dilihat dari prospek keuntungan bagi daerah. Agar tidak salah langkah, prestasi bank ini juga menjadi perhatian Pansus dalam Ranperda yang bahas.

Dari tahun ke tahun, terang Ketua Pansus, PT. Bank Riau Kepri berhasil melakukan pembenahan-pembenahan. Sebelum berbenah total dari segi service pada tahun 2015 PT. Bank Riau Kepri berada pada urutan kedelapan. Kemudian pada tahun 2016 berhasil berada di posisi ketiga selanjutnya pada tahun 2017 prestasi PT. Bank Riau Kepri terlihat konsisten dan mampu berada pada urutan kedua.

Seterusnya, pada tahun 2018 bank berlogo tiga layar terkembang ini mampu menjadi yang terbaik dari seluruh BPD se-indonesia.

"PT. Bank Riau Kepri berhasil meraih peringkat satu nasional service excellent Bank Pembangunan Daerah (BPD) Indonesia tahun 2018. Ini menambah keyakinan pansus untuk menambah penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri," terang Hendri.

Pansus berpendapat bahwa sesungguhnya Ranperda penyertaan modal merupakan antisipasi terhadap berbagai perkembangan di masyarakat. Pada awal pembahasan panitia khusus telah mengisyaratkan dan mengingatkan akan pentingnya landasan hukum dan referensi serta regulasi rencana penyertaan modal ini.

"Sehingga Pansus meminta kepada eksekutif untuk memasukkan seluruh kewenangan daerah dalam sistem modal kode PT. Bank Riau Kepri," tegasnya.

10 Catatan Pansus

Setelah mendengar dan mengamati bahwa dalam penyertaan modal ke PT. Bank Riau Kepri oleh pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan PAD melalui penerimaan dividen pemegang saham yang nantinya akan diterima oleh pemerintah daerah, maka kesempatan yang baik itu ada beberapa catatan penting yang dikemukakan Pansus. Dan Berikut catatan Pansus :

1. Pernyataan modal Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada PT. Bank Riau Kepri baik berupa uang saham dan barang milik daerah ditetapkan dengan target sebesar Rp300 miliar

2. Penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebagai dimaksud pada poin (1) di atas penganggarannya disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah sampai tercapainya target sebesar Rp300 miliar.

3. Diminta kepada Bupati Bengkalis untuk segera menindaklanjuti Ranperda yang akan kita sepakati pengesahannya ini kedalam peraturan-peraturan teknis terutama dalam bentuk Peraturan Bupati sehingga segera dapat dilaksanakan.

4. Diminta kepada saudara Bupati Bengkalis memerintahkan kepada kepala UPTD terkait agar segera melakukan kerjasama dengan PT Bank Riau Kepri untuk seterusnya harus dipelajari dan dikaji lebih detail bagaimana agar Prima deviden pemegang saham tidak melanggar aturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Perlu adanya payung hukum yang jelas terkait dengan besaran deviden yang akan diterima oleh pemegang saham yang tentu perlu diatur secara lebih rinci dengan peraturan bupati yang diselaraskan dengan kebijakan.

6. Penggunaan modal yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah kabupaten Bengkalis menjadi tanggung jawab PT. Bank Riau Kepri.

7. Penyertaan modal yang bersumber dari deviden saham dan barang daerah yang dinilai dengan uang akan ditambah menjadi tambahan setoran penyertaan modal.

8. Meminta kepada PT. Bank Riau Kepri dalam pelaksanaan program CSR agar diperbanyak dan diprioritaskan pada pengembangan kewirausahaan serta dapat teralokasi dengan tepat sasaran.

9. Pansus meminta kepada rapat paripurna DPRD supaya rancangan peraturan daerah Kabupaten Bengkalis tentang penyertaan modal kepada PT. Bank Riau Kepri ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Bengkalis.

10. Setelah rancangan peraturan daerah ditetapkan dengan peraturan daerah kabupaten Bengkalis kepada saudara Bupati Bengkalis diminta segera melakukan sosialisasi secara menyeluruh substansi peraturan daerah ini agar ketika peraturan daerah ini dilaksanakan tidak mendapat hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya

Diharapkan ke depan dividen yang diterima pemegang saham dari pernyataan modal pada PT. Bank BTPN dapat dijadikan pendorong dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Kemudian peraturan teknis yang dibuat harus berdasarkan dasar hukum dan regulasi dari peraturan perundang-undangan yang berlaku

Semua Fraksi Sepakat

Usai pembacaan laporan Pansus tentang Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri, semua Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Bengkalis menyatakan sepakat Ranperda tersebut disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ketua DPRD menanyakan tanggapan satu persatu fraksi yang ada di DPRD.

"Izin pimpinan, kami menyetujui dan sepakat Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri disahkan menjadi Perda," ungkap Indrawan Sukmana dari Fraksi Gerindra Garuda Yaksa.

Selain laporan penyampaian penyertaan modal ke Bank Riau Kepri, diwaktu yang sama juga dilakukan penyampaian laporan pansus terhadap tiga Ranperda lainnya dan satu rekomendasi DPRD.

Tiga Ranperda dimaksud masing-masing, Ranperda tentang penyertaan modal ke PT. Bumi Siak Pusako (BSP), Ranperda tentang perubahan peraturan daerah nomor 4 tahun 1994 tentang PDAM Tirta Terubuk, Ranperda tentang pembiayaan tranportasi jamaah haji dan monitoring serta identifikasi permasalahan BUMD.

Pemkab Berikan Apresiasi

Bupati Bengkalis Amril Mukminin melalui Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis, Maryansyah Oemar memberikan apresiasi disetujuinya Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri untuk dibahas selanjutnya menjadi sebuah Perda

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada saudara ketua, para wakil ketua dan anggota dewan yang telah menetapkan beberapa Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah, " ucapnya.

Asisten menyadari, menyelesaikan sebuah Ranperda tidaklah mudah butuh kerja keras dan komunikasi inten agar hal yang dihasilkan dapat menjadi produk yang baik dan memiliki kekuatan hukum

"Kami sadari kerja keras pansus dalam menyelesaikan Ranperda dimaksud tidaklah mudah. kami juga mengharapkan kepada pimpinan dan anggota DPRD Bengkalis yang terhormat agar dapat memberikan sumbang saran dan masukkan yang konstruktif, sehingga dapat dijadikan pegangan untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkalis ke depan, " pungkas Maryansyah Oemar.

Berikut susunan Pansus Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri DPRD Kabupaten Bengkalis.

Hendri, S.Ag (Ketua), Firman (Wakil Ketua), Andriyan Pratama Putra (anggota), Ita Azmi (anggota), Syaiful Ardi (anggota), Syahrial ST (anggota), H. Asmara (anggota), H. Azmi (anggota), Susianto SR (anggota), Sofyan S.Pd.I (anggota), Febriza Luwu (anggota), Indrawan Sukmana (anggota), Zamzami Harun (anggota), Nur Azmi Hasyim (anggota), Pipit Lestary (anggota), Zulkifli (anggota).***(dik/advertorial)

Loading...


Berita lainnya..........
- Kunjungi Korban Kebakaran, Wabup Meranti Ucapkan Bela Sungkawa dan Salurkan Bantuan
- Sukses Pilot Project One Health, Bengkalis Ditetapkan Percontohan Nasional
- Pastikan Pemilu 2019 Aman, Tertip dan Lancar Bupati Bersama Forkopimda Tinjau Lapangan
- Pemkab Meranti Gelar Uji Publik KLS-RTRW
- Bupati Meranti Buka Kegiatan Sunat Masal dan Santunan Kaum Dhuafa Remaja Masjid Darul Ulum
- Riau Rangking Tiga Destinasi Wisata Halal di Indonesia Versi Muslim Travel Indeks
- Jefri Antoni, Perpaduan Politisi Terbilang dan Pengusaha Handal Negeri Pacu Jalur
- Bupati Harris Hadiri Pengukuhkan IAKMI Kabupaten Pelalawan
- Advertorial
Bahas Iuran Komite, Komisi V DPRD Riau Hearing dengan Kepala SMA

- Mendagri Pimpin Puncak Peringatan Hari Satpol PP ke-100 di Pekanbaru


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com